Penjelasan atau Pengertian Kartu Prabayar dan Pascabayar

Apa Itu Kartu Prabayar atau Apa Yang Dimaksud Dengan Kartu Prabayar? – Bagi orang yang belum mengetahuinya pasti bingung mengenai kalimat prabayar dan pascabayar pada kartu yang digunakannya seperti 3, telkomsel, xl, indosat dan juga lainnya. Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui apa itu kartu prabayar, namun tak sedikit juga yang sudah mengetahuinya. Kartu prabayar jelas berbeda dengan pascabayar. Prabayar merupakan kata yang berasal dari ‘pra’ yang berarti sebelum dan ‘bayar’. Bagi Anda yang baru menggunakan handphone setidaknya harus tahu pengertian kartu prabayar.

Sebelum dapat menggunakan kartu prabayar perdana, Anda diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi form yang tersedia. Pengisian akan dipandu secara urut sesuai petunjuk. Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah Anda harus mengisi identitas sesuai yang dimiliki, tidak boleh sembarangan ataupun palsu. Akan tetapi jika kamu sudah memiliki kartu prabayar dan pada saat registrasi kartu menggunakan identitas yang salah, silahkan lihat cara registrasi ulang kartu prabayar. Karena baru-baru ini pemerintah membuat peraturan baru mengenai masalah tersebut. Dan mari kita lanjut ulasan mengenai pengertian lengkap kartu prabayar berikut ini.

apa itu kartu prabayar

Pengertian Kartu Prabayar Kartu Tri, Telkomsel, Indosat dan Lainnya

1. Pengertian Kartu Prabayar

Secara umum, prabayar berarti Anda harus membayar terlebih dahulu sebelum menggunakan satu atau beberapa layanan. Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar sangat jelas, yaitu dari segi pembayaran.

Apabila menggunakan kartu prabayar, maka Anda harus melakukan transaksi pembayaran terlebih dahulu. Misalnya ketika ingin melakukan telefon, akses internet ataupun SMS, Anda harus membeli pulsa di awal.

Agar Anda dapat memahami lebih detail, mari bandingkan kartu prabayar dengan pascabayar. Jika Anda menggunakan kartu pascabayar, maka Anda dapat menggunakan suatu layanan tanpa membayar di awal. Tetapi tagihan akan diperoleh setelah Anda menggunakan layanan tersebut.

2. Beberapa Contoh Kartu Prabayar di Indonesia

Banyak provider yang menyediakan kartu prabayar di Indonesia saat ini. Kartu prabayar notabene lebih banyak diminati daripada kartu pascabayar. beberapa provider besar di Indonesia antara lain: Telkomsel, Indosat Ooredo, Smartfren, Axis, XL dan 3.

Masing-masing provider tersebut sudah memiliki banyak pelanggan dari berbagai kalangan. Mereka biasanya memilih provider sesuai dengan kebutuhan dan daya beli. Tak sedikit pula pemilihan kartu didasarkan pada wilayah tmpat tinggal, karena tidak semua provider menampilkan performa bagus di tempat berbeda.

Berbeda dengan kartu prabayar, kartu pascabayar biasanya digunakan oleh orang dewasa yang sudah berkecukupan dan mampu mengontrol pengeluaran dengan baik. Mereka yang memiliki jabatan khusus dan dapat menghabiskan pulsa puluhan hingga ratusan ribu per bulan biasanya menggunakan prabayar.

3. Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar

Cara kerja kartu prabayar pada telkomsel, 3, xl dan lainnya memiliki perbedaan, namun hal itu tidak akan ada yang merugikan si penggunannya. Selain tiu kartu prabayar ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang sudah bisa kamu simak ulasannya dengan sebagai berikut ini.

Kelebihan yang dimiliki antara lain :

  • Cocok digunakan untuk Anda yang fluktuatif dalam pemakaian pulsa
  • Menawarkan banyak promo
  • Penggunaan pulsa dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tidak ingin menggunakan layanan maka tak perlu mengisi pulsa, demikian sebaliknya.

Sedangkan kekurangan kartu prabayar yaitu :

  • Penggunaan pulsa relatif lebih mahal, karena ada biaya tambahan ketika isi pulsa
  • Harus mengalami masa-masa pulsa habis ketika tidak diisi ulang.

Baca juga :

Demikianlah pejelasan mengenai apa itu kartu prabayar yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa untuk melakukan registrasi kartu sesuai dengan identitas Anda yang sesungguhnya agar terhindar dari penyalahgunaan pihak lain dalam bentuk apapun. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait:

arti dari kartu prabayar, arti maksud kartu prabayar, pegertian kartu perdana prabayar, pengertian kartu prabayar, pengertian kartu prabayar adalah, perbedaan kartu prabayar dan pascabayar indosat 2017
Penjelasan atau Pengertian Kartu Prabayar dan Pascabayar | Maulana Malik Ibrahim | 4.5