11 Negara Anggota Asean – Bisnis.com, JAKARTA – Negara anggota ASEAN terdiri dari 11 negara, termasuk Indonesia. ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yang dikenal sebagai perkumpulan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN sendiri didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Phnom Penh, Kamboja pada 11 November 2022, Timor Timur menjadi anggota asosiasi Asean. Dalam pernyataannya, anggota Asean setuju untuk memberikan status pengamat kepada Timor Timur dan berhak berpartisipasi dalam pertemuan Asean hingga pertemuan puncak.

11 Negara Anggota Asean

Negara pertama yang menjadi anggota pendiri Asean adalah Singapura dengan Menteri Luar Negeri Sinnathamba Rajaratnam atau dikenal dengan S. Rajaratnam sebagai wakil dari Brunei Darussalam.

Mengenal 11 Negara Asia Tenggara: Kaya Akan Keajaiban Dan Keanekaragaman

Singapura mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan KTT Asean ke-13 pada 18-22 mendatang. November 2007 karena KTT diadakan di Singapura. Hasil penting dari konferensi tersebut adalah lahirnya Piagam Asean atau yang disebut Piagam Asean.

Negara Indonesia dengan Menteri Luar Negeri H. Adam Malik Batubara atau dikenal dengan Adam Malik sebagai perwakilan dari Indonesia. Diketahui, negara Indonesia mempunyai peranan penting sejak berdirinya organisasi ini.

Indonesia berperan penting dalam mengawali terbentuknya Bali Concord II sekitar akhir tahun 2003 di Pulau Bali. Bali Concord II memuat formasi tiga pilar yang dikenal dengan nama Tiga Pilar Integritas. Tiga pilar integritas tersebut antara lain ASC (Asean Security Community), AEC (Asean Economic Community), dan ASCC (Asean Socio Cultural Community).

Negara ketiga yang menjadi salah satu anggota pendiri Asean adalah Filipina dengan Menteri Luar Negeri Narciso Ruec Ramos atau dikenal Narciso Ramos sebagai wakil Filipina.

Solution: Apa Itu Asean?

Filipina punya bukti tersendiri bahwa ASEAN benar-benar bermanfaat bagi negaranya. Bukti nyata hasil Asean adalah penyelesaian dan penyelesaian konflik Sabah antara Filipina dan Malaysia.

Negara keempat yang menjadi salah satu anggota pendiri Asean adalah Malaysia dengan Menteri Luar Negeri Kapten Tun Haji Abdul Razak bin Dato’ Haji Hussein al-Haj atau dikenal dengan Abdul Razak Hussein sebagai Perwakilan Negara Malaysia.

Baca Juga  Sebutkan 3 Fungsi Gambar Ilustrasi

Salah satu tugas yang dipercayakan negara Malaysia kepada ASEAN adalah kesediaan untuk menandatangani Deklarasi Kuala Lumpur pada bulan November 1971. Selain itu, negara Malaysia juga ikut serta dalam kegiatan pembentukan kerajaan demokratis di negara Kamboja.

Negara kelima yang menjadi salah satu anggota pendiri Asean adalah Thailand, dengan Menteri Luar Negeri Thanat Khoman sebagai perwakilan dari Malaysia.

Berbagai Sumber Daya Menjadi Keunggulan Tiap Negara Asean

Thailand sendiri menjalin kerja sama di berbagai sektor. Kerja sama ini terjadi di beberapa kawasan bahkan di negara-negara di dunia. Artinya Thailand termasuk negara yang memiliki perekonomian yang bisa disebut maju.

Latar belakang terbentuknya ASEAN juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor geografis dan faktor karakteristik yang serupa hingga tujuan tercapai. Hingga saat ini, sudah ada 11 negara ASEAN yang bergabung, antara lain Timor Timur, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja yang telah bergabung dengan ASEAN.

Ada beberapa alasan mengapa ASEAN dibentuk. Alasan utamanya adalah kesamaan letak geografis. Kedua negara ASEAN tersebut terletak di kawasan Asia Tenggara, yakni terletak di sebelah selatan Tiongkok dan sebelah utara Samudera Hindia serta benua Australia.

Hal lain yang mendasar dalam pembentukan Asean adalah fokusnya pada poin-poin yang sama. Khususnya untuk memperkuat kerja sama antar negara ASEAN di kawasan Asia Tenggara di banyak bidang. Misalnya saja di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya. Tujuan lainnya adalah untuk memajukan negara dan meningkatkan perdamaian di tingkat regional.

Daftar 11 Negara Asean Terbaru 2023, Beserta Ibu Kotanya!

Dapatkan informasi lengkap di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk membantu Anda menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk melihat artikel konten premium. Negara anggota ASEAN terdiri dari 10 negara, salah satunya adalah Indonesia. ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yang dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa-Bangsa di kawasan Asia Tenggara.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Phnom Penh, Kamboja pada 11 November 2022, diumumkan bahwa Timor-Leste akan segera menjadi anggota ASEAN. Dalam pernyataannya, anggota ASEAN setuju untuk memberikan status pengamat kepada Timor Timur dan berhak berpartisipasi dalam pertemuan ASEAN hingga KTT.

Saat ini ASEAN sedang menyiapkan peta jalan berupa kriteria yang harus dipenuhi Timor Timur sebelum memperoleh status anggota penuh. Anggota ASEAN akan memberikan dukungan penuh kepada Timor-Leste melalui bantuan dan dukungan lainnya.

Perkembangan ASEAN sejauh ini telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam perannya di kawasan dan di luar kawasan. Pencapaian terpenting ASEAN adalah menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan selama lebih dari 4 dekade.

Baca Juga  2 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menentukan Jadwal Yaitu

Pelaksanaan Ktt Ke 42 Asean Di Labuan Bajo, Indonesia Pada 9 11 Mei 2023

Peran dan keberhasilan ASEAN harus terus diperkuat, baik secara internal maupun eksternal. Piagam ASEAN diterapkan secara internal dan pencapaian Komunitas ASEAN dipercepat pada tahun 2015.

Sementara itu, terdapat kerjasama eksternal dengan mitra pembicara mengenai berbagai isu, program dan kegiatan di berbagai bidang. Hal ini menjadikan Asia Tenggara salah satu kawasan paling dinamis di dunia.

Berdasarkan berbagai perkembangan yang telah terjadi, ASEAN dapat bergerak maju dan secara umum dapat berperan nyata dalam komunitas bangsa-bangsa di tingkat global. Hal ini dapat dicapai melalui kontribusi ASEAN dalam menyelesaikan permasalahan di tingkat regional dan global.

Negara anggota ASEAN terdiri dari 10 negara, namun kabarnya akan ditambah satu negara yaitu Timor Timur, berikut daftar negara ASEAN diantaranya:

Laman Resmi Republik Indonesia • Portal Informasi Indonesia

Kamboja merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Ibu kota Kamboja terletak di Phnom Penh. Hari Kemerdekaan Kamboja selalu dirayakan pada tanggal 9 November dan mata uangnya adalah Riel (KHR).

Laos merupakan anggota ASEAN dengan luas wilayah 237.955 kilometer persegi dan satu-satunya negara yang tidak memiliki daratan. Kepala negara Laos adalah presiden dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri Halo, apa kabarmu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Penasaran seperti apa kondisi di negara-negara ASEAN? Yuk, pelajari lebih lanjut dengan membaca artikel Geografi Kelas 8 dibawah ini!

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

, bagus sekali, negara kita salah satu pendirinya. Setelah berdirinya, lima negara lain bergabung, termasuk Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei, Darussalam dan Vietnam.

Ayo Sebutkan 11 Negara Yang Termasuk Dalam Anggota Asean!😊

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas lautan sekitar 5.060.100 km² dan luas daratan sekitar ± 4.817.000 km². Berdasarkan letak astronomisnya, kawasan ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara di ASEAN beriklim tropis karena letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Berdasarkan letak geografisnya, ASEAN terletak di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia. Nah tahukah kamu kalau negara-negara ASEAN punya bentuk geografis yang unik, yuk kita bahas!

Baca Juga  Patung Tersebut Termasuk Patung

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan dilintasi garis khatulistiwa. Indonesia mempunyai relief yang beraneka ragam bentuknya dan dilintasi oleh dua wilayah yaitu Pasifik dan Mediterania. Selain itu, Indonesia diapit oleh tiga lempeng besar dunia, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia berpotensi mengalami letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Malaysia terdiri dari dua wilayah utama, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat ditutupi dengan formasi batuan. Malaysia Timur umumnya sempit, berawa dan memiliki sungai yang pendek dan berkelok-kelok. Malaysia terletak di lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng sehingga aman dari bencana geologi.

Gambar Peta Asean 11 Negara Yang Mudah Digambar Dengan Jelas: Panduan Lengkap

Tahukah anda kalau Singapura mempunyai luas wilayah yang hampir sama dengan Provinsi DKI Jakarta yaitu kurang lebih 664 km2. Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, serta Laut Timur dan Barat Indonesia. Kondisi alam Singapura umumnya relatif datar. Namun di beberapa tempat Anda akan menemukan perbukitan, hutan hujan tropis, dan rawa-rawa di sekitar pantai. Wilayah ini juga cenderung aman dari bencana geologi karena tidak berada pada batas lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Pulau Luzon dan Mindanao adalah dua pulau terbesar di sana. Ada juga banyak gunung berapi aktif di Filipina. Negara ini dilintasi pegunungan Sirkum Pasifik dan terletak di antara lempeng Eurasia dan Filipina. Artinya, Filipina berpotensi terkena dampak gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Thailand memiliki topografi berupa permukaan tanah yang berpotongan dengan sungai di tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan, pegunungan dan perbukitan di utara, serta banyak perbukitan di selatan. Daerah yang menjadi pusat aksi di negara ini biasanya berada di dataran rendah yaitu Sungai Chao Phraya. Thailand terletak di lempeng Eurasia namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga berpotensi terkena dampak tsunami dan gempa bumi.

Laos terletak di lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Thailand dan Myanmar di barat, Tiongkok dan Vietnam di utara, Vietnam di timur, dan Kamboja di selatan. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dapat mengakses wilayahnya tanpa berlayar melalui laut, oleh karena itu disebut sebagai “negara terkurung daratan”. Sebagian besar wilayah Laos merupakan pegunungan dan wilayah lainnya merupakan dataran tinggi.

Sejarah Berdirinya Asean Yang Diinisiasi Oleh 5 Negara

Myanmar dibentuk oleh dua lipatan gunung di barat dan satu blok patahan di timur. Keduanya tersusun dari utara ke selatan. Pegunungan bagian barat meliputi Perbukitan Letha, Perbukitan Chin, dan Pegunungan Arakan Yoma yang ditutupi hutan lebat. Myanmar terletak di lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengannya

Nama anggota negara asean, sebutkan negara anggota asean, peta negara anggota asean, kepala negara anggota asean, gambar bendera anggota asean, lambang negara anggota asean, jumlah anggota negara asean, anggota negara negara asean, negara anggota asean terbaru, bendera anggota asean, bendera anggota negara asean, negara anggota asean sekarang