3 Metil 1 Butena – Hallo sahabat KLC hari ini kita akan membahas tentang isomer senyawa hidrokarbon, yuk simak dan pelajari bersama! Mari belajar dari video pembelajaran KLC. Tentu saja Anda bisa belajar dimana saja dan pastinya akan lebih menyenangkan dan menarik. Silakan berpartisipasi dalam materi dan video pembelajaran ini.

Hallo sobat KLC kembali lagi ke materi atau berita pelajaran kimia. Kali ini kita akan membahas beberapa senyawa hidrokarbon yaitu isomer. Bagi sebagian orang yang tidak berkecimpung dalam bidang kimia, kata “isomer” terasa aneh. Isomer adalah senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi struktur kimianya berbeda.

3 Metil 1 Butena

Hidrokarbon seperti alkana, alkana dan alkuna mempunyai struktur kimia yang berbeda, yaitu alkana dengan struktur molekul C.

Solved: Tolong Di Bantu Kak Pake Cara Kak Ini Buat Saya Belajar Remedial Kak No 9 Ya Kak Yang Berieorer Senyawa Adalan Peniana 3 Elil Neksana 3 Retil Pentana 3 Dimetil Bulana 4 Dimetil Nereana 2,2,3 Trimetil

. Senyawa hidrokarbon bisa saja mempunyai struktur molekul yang sama tetapi strukturnya berbeda. Misalnya antara n-butana dan 2 metil propana.

Dengan mengamati kedua senyawa di atas, kita dapat melihat bahwa butana dan 2 metil propana mempunyai jumlah atom C dan H yang sama, sehingga membentuk struktur atom C.

, tetapi strukturnya berbeda. Singkatnya, isomer adalah senyawa hidrokarbon yang memiliki jumlah C dan H yang sama tetapi memiliki struktur dan nama yang berbeda.

Baca Juga  Bersua Adalah

Kata kerangka sudah mengacu pada apa yang memisahkan dua senyawa yang bersifat isomer. Artinya yang membedakan dua senyawa yang bersifat isomer adalah strukturnya. Contohnya termasuk n-butana dan 2 metil propana yang secara kimiawi serupa, namun secara struktural berbeda. Demikian pula 1-butena dan 2-metil-1-propana mempunyai struktur yang sama yaitu C.

Lat 1 Kimia Pm S Turunan Alkana Docx1693957878

Posisi isomer merupakan isomer yang berbeda pada posisi kedua ikatannya. Seperti yang kita ketahui, alkena dan alkuna memiliki ikatan rangkap, yaitu alkena memiliki dua cincin pada strukturnya dan alkuna memiliki tiga cincin pada strukturnya. Alkana dan alkuna dapat mempunyai isomer posisi seperti ini, sedangkan alkana tidak. Misalnya antara 1 butena dan 2 butena, kedua senyawa tersebut mempunyai rumus molekul yang sama yaitu C.

Namun letak kedua sambungan tersebut berbeda. Pada 1-butena ikatan rangkap terdapat pada posisi ke-1 sedangkan pada 2-butena ikatan rangkap terdapat pada posisi ke-2.

Ketika Anda mendengar kata geometri, pasti Anda berpikir tentang matematika, bukan? Di sini isomer geometri dikelompokkan menjadi stereoisomer yang perbedaannya terletak pada konfigurasi 3 dimensi dan bergantung pada rotasi molekul. Isomer geometri terbentuk karena perbedaan posisi gugus fungsi yang dihubungkan melalui ikatan rangkap. Artinya isomer geometri hanya ada pada alkana.

Isomer geometri sering disebut isomer cis-trans, karena memungkinkan susunan pada posisi cis dan trans. Apa yang dimaksud dengan posisi cis dan trans? Misalnya, 1-butana memiliki isomer cis dan trans sebagai berikut.

Struktur Dari 3 Metil 1 Butena

Seperti terlihat pada gambar di atas, ikatan rangkap senyawa ini menghubungkan dua gugus yang berbeda yaitu CH

Berada pada sisi yang sama dengan atom H. Ini menunjukkan bahwa ini adalah isomer di mana atom atau kelompok atom berada pada sisi yang sama.

Baca Juga  Apa Persamaan Keadaan Politik Vietnam Dengan Laos

Atom hidrogen lain yang lebih kecil akan mengikuti seperti yang ditunjukkan pada trans-2-butena sehingga gugus fungsi yang sama akan berada pada posisi berikutnya, yang disebut isomer trans.

Penting untuk diingat bahwa isomer cis-trans dapat terjadi jika alkana memiliki dua atom atau gugus berbeda pada setiap karbon dari ikatan rangkap.

Tata Nama Dan Sifat Senyawa Alkena

Perlu Anda ketahui bahwa daftar ini walaupun terlihat berbeda konversinya, namun nyatanya akan mempengaruhi sifat-sifat senyawa.

Buku MANTAP Semester II tahun ajaran 2020-2021 tersedia untuk semua kelas mulai dari SD hingga SMP. Isinya semakin menarik. Ayo buruan tempati seluruh cabang KLC.

Halo, bagi yang ingin meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris dan matematika agar bisa berprestasi, KLC mempunyai layanan khusus untuk itu yaitu English Skills and Skills Kalkulator, khusus untuk siswa SD kelas 1-6. Karena 10 pertemuan untuk kemampuan bahasa Inggris dan berhitung masing-masing hanya Rp 150.000. Ayo tunggu apa lagi? Bergabung sekarang! Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care KLC di: 0366 5502359 (Bangli) 0366 5551599 (Klungkung) 0821 3875 6149 (WhatsApp Chat Only) 0813 3939 9049 (WhatsApp38t Only) 9App Only 941 Chat 330 Bro 6 Pro 236 Chat) Chur

2 metil 2 butena h2, 2 metil 1 pentena, 3 metil 2 pentanol, 2 3 dimetil 2 butena, 2 metil 3 pentanon, 2 metil 1 3 butadiena, 3 metil 1 pentuna, 2 metil 2 butena, 3 metil 1 butanol, 2 isopropil 3 metil 1 pentena, 2 metil 1 butena, 2 metil 3 pentena