6 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa On atau (WiFi Error)

Wifi Android Error atau Tidak Berfungsi – Sebenarnya mengenai cara mengatasi wifi android tidak bisa on bisa diperbaiki sendiri. Wifi merupakan salah satu layanan yang sering digunakan oleh penggunaan android atau smartphone, bahkan ada yang menggunakan layanan wifi ini setiap hari. Namun terkadang wifi di android tidak semuanya bisa terus digunakan, mungkin anda bisa saja menemukan keadaan dimana wifi android selalu balik lagi ke off setiap kali menyalakan wifi. Masalah seperti ini tentunya bukanlah masalah yang kompleks, karena masalah seperti ini umumnya sering terjadi kepada mereka yang menggunakan android atau smartphone. Nah lalu bagaimana solusi cara mengatasi wifi error alias tidak bisa menyala?

Penyebab wifi tidak bisa on itu sering terjadi pada hp samsung, xiaomi, oppo, lenovo, asus, vivo, sony, bahkan smartphone android lainnya, dan terjadinya masalah tersebut sehingga wifi error itu dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya hardware atau software terjadi prbolem entah karena dari faktor internal maupun eksternal. Penyebab yang pernah saya alami sendiri dimana wifi di android tidak bisa diaktifkan karena terjatuh atau terkena air hujan, sehingga dengan begitu hp android tidak bisa menghubungkan ke jaringan wifi.

cara mengatasi wifi android tidak bisa on

Oleh sebab itulah kami haloponsel akan memberikan sebuah tips solusi, dimana cara memperbaiki wifi error tidak bisa diaktifkan atau tidak bisa berfungsi seperti biasanya, sehingga pada saat mau menghubungkan jaringan WiFi ke Speedy, IndiHome, Hotspot dan lainnya tidak terdeteksi. Untuk itu silahkan kalian simak penjelasan kami mengenai cara mengatasi wifi android tidak bisa on dibawah ini.

Cara Mengatasi Wifi Error Tidak Bisa Aktif Pada Hp Android

Umumnya problem wifi yang tidak bisa on ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu dari faktor software dan faktor hardware. Apabila masalahnya terdapat pada hardware, maka anda perlu membawa android datau smrtphone ke service center terdekat. Namun jika masalahnya terdapat pada software, maka anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti cara mengatasi wifi android tidak bisa on di bawah ini.

1. Menggunakan Kode *#*#526#*#*

Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol *#*#526#*#*, anda bisa mengetikkannya pada tombol panggilan atau dial up. Apabila anda telah mengetikkannya maka akan muncul layar untuk memperbaiki wifi yang mengalami problem, anda hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai. Jika proses telah selesai, anda bisa mereboot android atau smartphone kemudian menyalakan wifi kembali.

2. Mematikan dan Menyalakan Kembali Android

Sebelum anda mematikan android, anda perlu menhapus terlebih dahulu cache yang ada di android. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti CCleaner, Clean Master, dan lainnya. Setelah cache telah terhapus, matikan ponsel dan lepas baterai, memori eksternal, serta SIM card. Kemudian diamkan sampai 20 detik, lalu sambung kembali baterai dan perangkat lainnya serta nyalakan kembali android. Setelah itu, anda bisa mencoba untuk menyalakan wifi.

3. Memakai DNS Google

Cara lain yaitu menggunakan DNS Google, dimana anda perlu pergi ke setting menu terlebih dahulu dan menunju ke wifi settings. Kemudian pilihlah advance dan pilih enable/conteng use static IP, lalu ketik Gateway, IP Address (sesuai dengan network yang digunakan), DNS 1 dan 2 (anda bisa gunakan DNS google yaitu DNS.8.8.8.8 Dns 8.8.4.4). Pilihlah tombol yang ada di sebelah kiri dan pilih save.

4. Matikan Antivirus yang Digunakan

Aplikasi antivirus memang sangat berguna bagi android, namun terkadang aplikasi ini juga bisa memblock pada perangkat yang dihubungkan. Sehingga pada saat menggunakan wifi, usakan bahwa anda mematikan antivirus pada android. Anda bisa menggunakan aplikasi Wifi Fixer, dimana fungsi aplikasi ini adalah mendeteksi semua wifi yang masuk dan bisa mengubah sinyal yang lemah menjadi kuat.

5. Melakukan Factory Reset

Cara berikutnya untuk mengatasi wifi yang tidak bisa menyala adalah kembali ke pengaturan pabrik android atau melakukan factory reset, caranya yaitu dengan membuka pengaturan dan memilih reset data pabrik setelah memilih menu cadangkan dan reset. Namun pastikan bahwa anda telah membackup semua data yang ada di android, sehingga semua data bisa dikembalikan seperti semula.

6. Mengklaim Garansi

Apabila wifi di android anda tetap tidak bisa menyala, anda bisa mengklaim garansinya ke service center ponsel. Namun anda harus memastikan bahwa kerusakan wifi bukan terjadi karena kesalahan anda sendiri, sehingga pihak service center dapat memperbaiknya.

Baca juga :

Cara mengatasi wifi android tidak bisa on tersebut sangatlah mudah diikuti oleh setiap orang, sehingga anda bisa memperbaikinya sendiri. Namun jika cara tersebut tidak berhasil, anda bisa menggunakan cara terkahir yaitu membawa android ke service center dengan mengklaim garansi. Semoga bermanfaat.

6 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa On atau (WiFi Error) | Maulana Malik Ibrahim | 4.5