Air Tidak Dipakai Untuk Mengisi Termometer Hal Ini Karena – 1. Suhu materi … menunjukkan a. Jumlah molekul zat b. Laju pertambahan volume materi c. Derajat panas atau dinginnya suatu benda d. Derajat pemuaian materi Jawab: c 2. Satuan internasional (SI) yang digunakan untuk suhu adalah … a. Celcius b. Farenheit c remour de Kelvin Pembahasan: Satuan Internasional (SI) untuk suhu adalah Kelvin, karena dalam banyak pengukuran di daerah penelitian, khususnya di daerah penelitian suhu rendah, satuan Celcius, remour, dan Fahrenheit adalah suhu. Gunakan nilai panas nol dan negatif, ini membuatnya lebih sulit. Untuk perhitungan matematis, suhu terendah ditentukan 0 Kelvin Jawaban: d 3. Suhu benda diukur dengan … a. Barometer b. Termometer c. Hygrometer D Manometer Pembahasan : – Barometer – alat untuk mengukur tekanan udara luar – Thermometer – alat untuk mengukur suhu – Hygrometer – alat untuk mengukur kelembaban udara – Manometer – alat untuk mengukur udara di ruang tertutup . pengukur tekanan Jawaban : b 4. Pernyataan berikut ini benar kecuali … a. Suhu adalah besaran turunan b. Alat pengukur suhu – termometer c. Suhu menunjukkan seberapa panas suatu zat d. Ketika suhu meningkat, molekul-molekul materi bergetar: Suhu adalah salah satu besaran utama Jawaban: a 5. Air tidak digunakan untuk mengisi termometer. Karena … a. Kandungan air konstan b. Tidak memuai bila dipanaskan c. dengan ekspansi kecil d. Air Membasahi Dinding Pembahasan: Alasan tidak menggunakan air untuk mengisi tabung termometer meliputi: – Air membasahi dinding – Tidak berwarna – Air memiliki kisaran suhu yang terbatas (0 – 100) derajat Celcius – Perubahan volume air yang sangat kecil – Menghantarkan panas Sangat buruk Jawaban : d 6. Salah satu kelebihan alkohol sebagai pengisi termometer adalah … a. Dapat mengukur suhu yang sangat tinggi b. Dapat mengukur suhu yang sangat rendah c. Tidak berwarna d. Tidak membasahi dinding tabung PEMBAHASAN : KEUNGGULAN ALKOHOL SEBAGAI TERMOMETER : – Alkohol sangat murah dibandingkan air raksa – Dapat mengukur suhu dengan sangat akurat – Dapat mengukur suhu yang sangat rendah Jawaban : b

7. Keunggulan merkuri sebagai pengisi termometer: (1) Tidak membasahi dinding (2) Penyebarannya acak (3) Mudah dikendalikan (4) Titik bekunya rendah. Pernyataan di atas benar… a. 1, 2 dan 3b. 1 dan 3c. 2 dan 4d. 4 Pembahasan Saja: Kelebihan raksa sebagai pengisi termometer: (1) mudah dilihat (2) tidak membasahi dinding (3) rentang temperatur sangat luas (-40 sampai 350°C) (4) penghantar panas yang baik Jawaban: b Titik tetap pada termometer 8 Celcius… a. Titik leleh es b. Suhu air pendingin c. Suhu air panas d. Pembahasan titik didih: Titik setel atas termometer Celcius adalah titik didih air, dan titik setel bawah adalah titik leleh air Jawaban: d 9. Rentang pengukuran termometer klinis adalah antara … (0 – 50) derajat Celcius b. (0 – 100) derajat C. (30 – 40) derajat Celcius d. (35 – 42) derajat Celcius Pembahasan: Termometer medis digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Karena suhu minimum manusia tidak pernah turun di bawah 35°C dan suhu maksimum tidak pernah melebihi 42°C, nomor skala desain berkisar dari 35 hingga 42°C Jawab: d 10. Titik didih air pada termometer Celcius adalah 100 derajat Celcius. Pada termometer Fahrenheit, sama dengan … a. 212 derajat FB. 180 derajat FC 132 derajat FD. 32 derajat F Pembahasan: Titik didih air pada skala Fahrenheit adalah 212 derajat Celcius, atau dapat dihitung dari rumus Celcius ke Fahrenheit sebagai berikut: Maka T derajat C = . 100 derajat Celcius, maka: Jawab: a 11. Suhu suatu zat adalah 25 derajat Celcius. Jika diukur dengan termometer pada skala Fahrenheit, maka suhu suatu zat adalah … a. 97 derajat FB. 95 derajat FC 77 derajat FD. 45 derajat F Jawab : c 12. Suhu suatu benda yang diukur dengan termometer adalah 60 derajat. Celcius bila diukur dengan termometer … a. 28 derajat hal. 48 derajat С 75 derajat D 80 derajat Jawaban: c 13. Titik didih air di permukaan laut adalah … derajat С. A. 76 hal. 78c 98d. 100 Pembahasan: 76 cm. titik didih air pada tekanan (tekanan udara di permukaan laut) 100 derajat Celcius Jawab : d

Air Tidak Dipakai Untuk Mengisi Termometer Hal Ini Karena

14. Titik tetap bawah termometer Celcius dibuat dengan merendam tangki dalam … a. Larutan garamb. Es mencair c. Campuran es dan garam d. Air Mendidih Pembahasan : Pada termometer Celcius, titik tetap bawahnya adalah es yang mencair (titik lebur es) dan titik tetap atas adalah air mendidih (titik didih air) Jawaban: b 15. Termometer Fahrenheit menunjukkan angka yang sama dua kali. Angka yang ditunjukkan oleh termometer Celsius pada suhu … a. 20 derajat Celciusb. 40 derajat 80 derajat 160 derajat Jawaban : d 16. Jika suhu suatu zat menurut termometer Celsius adalah 27 derajat Celcius, maka suhu menurut Kelvin adalah … a. 27 K hal. 127 Kc 300K d 400 K Jawab : c 17. Tanda dengan suhu terendah pada skala termometer… a. 0 K b. 0 derajat Celcius c 0 derajat R d 0 derajat F Pembahasan : Untuk mencari suhu terendah, kita ubah skala suhu menjadi skala Celcius, maka: (1) Kelvin ke Celcius (2) Remor ke Celcius (3) Fahrenheit ke Celcius Jadi , suhu terendah adalah -273 derajat C = 0 K Jawaban : a 18. Suhu suatu zat yang diukur dengan termometer Fahrenheit adalah 55 derajat F. Jika diukur dengan termometer Kelvin, maka suhu suatu zat adalah … a. 285,8 Kb 385,8Ks 485,8K d 585,8 K Jawaban: a 19. Suhu suatu zat adalah 333 K. Jika diukur dengan termometer skala Fahrenheit, suhu suatu zat adalah … a. 140 derajat FB. 150 derajat Fc 160 derajat Fd 170 derajat F Jawab : a 20. Sebagai titik acuan pada termometer Fahrenheit … a. Titik leleh es b. Titik didih es adalah c. Suhu tubuh orang sehat d. Campuran es dan garam: Termometer Fahrenheit memiliki beberapa fitur berikut: 1. Termometer menggunakan merkuri sebagai pengisi 2. Referensi yang lebih rendah (titik 0 derajat F) adalah suhu campuran es dan garam yang mencair. 3. Termometer atas. standar (titik 96 derajat F) adalah suhu tubuh orang sehat Jawaban: c 21. Dalam termometer medis, suhu tubuh manusia yang paling rendah diambil sebagai titik awal untuk mengukur suhu tubuh manusia, yaitu .. . A. 25 derajat Celciusb. 27°C 35°C 42°C Termometer merupakan alat ukur yang handal untuk mengukur suhu tubuh maupun suhu ruangan. Merujuk pada Buku IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VII A Agung Wijaya, dasar kerja termometer biasanya adalah perubahan volume akibat kalor. Namun sekarang sudah banyak termometer yang mengandalkan komponen elektronik.

Baca Juga  Cinta Tanah Air Merupakan Perwujudan Pengalaman Pancasila Sila Ke

Panduan Pengguna Termometer Dahi Conaircare Ith93

Termometer yang paling umum dalam kehidupan sehari-hari adalah termometer cair. Alat ukur yang dikembangkan oleh fisikawan Jerman Gabriel de Fahrenheit menggunakan empat satuan pengukuran: Celcius, Reamer, Fahrenheit, atau Kelvin.

Biasanya, termometer cair terdiri dari wadah berbentuk tabung bulat yang dilengkapi dengan tabung sempit atau kapiler. Kemudian berisi bahan pengukuran dalam bentuk merkuri.

Seperti yang diutarakan oleh Pemimpin Redaksi Kavan Pustaka dalam bukunya Easy Fisika SMP Kelas 2, keunggulan merkuri sebagai pengisi termometer antara lain:

Berikut pro dan kontra alkohol sebagai pengisi termometer dari Global Warming and Climate Change karya Albayo Sapta Hari (2019):

Soal Suhu Dan Pemuaian

Berdasarkan informasi dari buku IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VII A karya Agung Vijaya, termometer cair dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia. Skala termometer ini berkisar dari 35 ° C hingga 42 ° C, karena suhu tubuh manusia bervariasi dari suhu ini. Ukurannya yang sempit membuat termometer ini sangat akurat.

Termometer laboratorium lebih panjang dari termometer suhu tubuh. Biasanya, alat ukur ini menggunakan air raksa atau campuran alkohol, sehingga dapat mencapai suhu di atas 100 °C dan di bawah 0 °C. Namun termometer jenis ini kurang lengkap.

Termometer Sixbellani menggunakan merkuri, alkohol cair, dan uap alkohol sebagai alat ukur. Biasanya termometer ini digunakan di stasiun pemantau cuaca.

Laserliner 082 046 Titik Kondensasi Plus Termometer Inframerah Instruksi Manual

Gas yang dipakai untuk mengisi balon adalah, telinga adin tidak dapat mendengar bunyi hal ini disebabkan karena, kulkas tidak dingin karena lama tidak dipakai, air tidak dapat digunakan sebagai pengisi termometer karena, tangki kloset duduk tidak mengisi air, raksa digunakan untuk mengisi termometer karena, termometer untuk suhu air, termometer untuk mengukur suhu air, susu baik diminum untuk pertumbuhan tulang dan gigi hal itu karena susu banyak mengandung, cara mengisi lutut yang kosong karena sperma berkurang, air raksa digunakan sebagai pengisi termometer karena, hal yang dilakukan untuk mengisi kemerdekaan

Baca Juga  Sebutkan Karakteristik