Akibat Jika Tanggung Jawab Dilalaikan Adalah Menimbulkan – Bagaimana kabar buku ini? Anda dapat mencetak buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat Flipbook Anda sendiri.

Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI Semester Gasal 49 A. Untuk memperjelas dan menguji kemampuan berpikir logis dan kritis, cobalah memilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d! 1. Keterangan yang terdapat pada alinea pertama pasal sebelumnya adalah …. a. Penyebab terjadinya perubahan warna pada benda b. Alasan terjadinya perubahan bentuk benda c. peristiwa sublimasi 2. Berikut ini yang merupakan perubahan bentuk suatu benda kecuali …. a. fusi b. Membekukan c. Aliran 3. Winda membantu ibu menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Selain membantu ibunya, Winda juga mengamati proses penguapan pada banyak benda. Gambar yang sesuai dengan paragraf di atas adalah …. a. SM 4. Aldo menaruh kapur barus di tempat terbuka, ternyata beberapa hari kemudian kapur barus tersebut jatuh dan lepas. Peristiwa tersebut disebut….a. A. menyublim c. menguap 5. Ibu Rohmah adalah seorang penjual es krim. Gunakan konsep mengubah keadaan beku dengan memasukkan plastik air ke dalam lemari es. Perubahan wujud padat menjadi cair b. Perubahan wujud cair menjadi padat c. Mengubah wujud padat menjadi gas B. Untuk memperkuat cara berpikir rasional, logis, analitis dan analitis, cobalah menjawab pertanyaan artikel berikut dengan kemampuan berpikir Anda! 1. Setiap pagi Riko melihat rumput di depan rumahnya tergenang air. Saya tahu betul bahwa acara ini adalah kondensasi.

Akibat Jika Tanggung Jawab Dilalaikan Adalah Menimbulkan

50 Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI Semester Ganjil Apa yang dimaksud dengan gemuk? Jawaban: 2. Perubahan wujud cair menjadi padat disebut…, sedangkan perubahan wujud padat menjadi cair disebut…. tulislah kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas! Jawaban: 3. Sublimasi adalah proses perubahan dari suatu benda…menjadi…tulislah kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas! Jawaban: 4. Ceritakan dalam 3 (3) kalimat tentang pengalaman anda dalam menjemur pakaian! Jawaban: 5. Jelaskan perubahan bentuk benda pada gambar di bawah ini! Menjawab:

Hak Hak Korban Dalam Penegakan Hukum Pidana (dr. Gomgom T.p. Siregar, S.e., S.sos., S.h. Etc.) (z Library)

Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI Semester Ganjil 51 Membaca artikel tentang proses penguapan siklus air yang sangat penting bagi kehidupan. Makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa air. Kita menggunakan air untuk minum, mandi, memasak, dan mencuci. Air bertemu dengan siklus atau siklus air. Siklus air adalah aliran air yang terus menerus dari bumi ke atmosfer (udara) dan kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan (evaporasi), pengendapan (presipitasi) dan kondensasi (kondensasi). Diagram siklus air di laut, sungai dan danau akibat pengaruh panas matahari. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Proses penguapan disebut evaporasi. Uap air mengembang dan terakumulasi di udara. Seiring berjalannya waktu, udara tidak mampu lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi. Jika suhu turun, uap air berubah menjadi tetesan air. Tetesan ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi. Tetesan air di awan akan jatuh menjadi hujan. Hujan akan turun di darat dan laut. Hujan akan jatuh di darat atau air. Air hujan yang jatuh ke permukaan tanah akan mengalir ke air tanah. Selain air tanah akan mengalir dari sumur, air tanah juga akan mengalir ke danau atau sungai. Sebagian air hujan juga jatuh ke air, misalnya sungai atau danau. Kondisi ini akan menambah jumlah air di tempat tersebut. Air di sungai akan mengalir ke laut. Sebagian air di sungai mungkin akan menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan dengan uap air dari laut dan tumbuh-tumbuhan. Proses air permukaan merupakan bagian dari siklus air. Dari sini dapat disimpulkan bahwa jumlah air di seluruh bumi cenderung konstan, hanya bentuk dan keadaannya saja yang berubah. Siklus air diawali dengan penguapan air dari berbagai sumber. Uap air naik dan terakumulasi di udara. Seiring waktu, udara tidak dapat menahan uap air. Jika suhu uap air turun, uap air tersebut berubah menjadi tetesan (mengembun). Tetesan ini membentuk awan. Tetesan air jatuh seperti hujan. Kegiatan yang mempengaruhi siklus air adalah sebagai berikut. 1. Penebangan liar. Keterampilan dasar 3.1. Menemukan informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari, yang disajikan dalam bentuk lisan, tulisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan. Topik 4: Keajaiban transformasi di sekitar saya.

Baca Juga  Apa Saja Keunggulan Dari Produk Dalam Poster Tersebut

52 Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI Semester Ganjil 2. Jalan beton atau aspal khususnya jalan pedesaan. Cara menghemat air sebagai berikut. 1. Matikan mesin setelah digunakan. 2. Gunakan air bekas mencuci beras atau sayuran untuk menyiram tanaman. 3. Jangan mencuci mobil setiap hari. 4. Gunakan air seperlunya. A. Untuk menilai dan menguji kemampuan berpikir logis dan kritis, cobalah memilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d! 1. Daur air adalah aliran (perputaran) air yang terus menerus dari bumi ke atmosfer (udara) dan kembali lagi ke bumi. Arti kata sik adalah …. a. Lipat b. Ubah c. Siklus 2. Laut, sungai dan danau mengalami penguapan. Garis bawah mempunyai arti yang sama dengan …. a. Penguapanb. kondensasi c. curah hujan 3. Gagasan pokok alinea ketiga adalah….a. Terjadi penguapan b. terjadi kondensasi c. Curah hujan 4. Karena siklus air terjadi di lingkungan. Pertanyaan yang benar menurut jawaban di atas adalah …. a. Mengapa jumlah air di dunia selalu konstan? B. Mengapa jumlah air di dunia selalu berubah? C. Mengapa terjadi proses penguapan? 5. Kalau kita menjemur pakaian yang basah, maka bisa jadi kering, termasuk acara… a. B. Penguapan c. sublimasi B. Untuk memperkuat cara berpikir logis, kritis dan kritis, cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan artikel berikut dengan kemampuan berpikir Anda! 1. Jelaskan pengertian siklus air! Jawaban : 2. Air di laut, sungai dan danau yang dipanaskan oleh sinar matahari menguap. Jelaskan pengertian proses penguapan! Menjawab:

Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI Semester Gasal 53 3. Jelaskan proses terjadinya hujan! Jawaban: 4. Sebutkan kegiatan manusia yang mempengaruhi siklus air! Jawaban: 5. Ceritakan pengalaman Anda dalam menghemat air di rumah Anda! A: Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemanasan global, bacalah artikel di bawah ini dengan seksama! Pemanasan Global Pemanasan global merupakan peristiwa peningkatan suhu rata-rata di atmosfer dan permukaan bumi. Menurut berbagai penelitian, suhu di Bumi saat ini menunjukkan peningkatan yang signifikan, sekitar 0,6°C dalam satu abad terakhir. Peningkatannya mungkin terlihat kecil, namun dampak pemanasan global sangat besar bagi bumi dan kehidupan di bumi. Kita bisa mengamati dan mengetahui gejala atau tanda pemanasan global. Gejala pemanasan global adalah perubahan musim yang menyulitkan kita untuk memperkirakan seringnya terjadi angin puting beliung, tanah longsor, pemadaman listrik dan banjir, serta kekeringan di wilayah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penyebab Pemanasan Global Banyak para ahli yang memberikan komentar mengenai penyebab atau faktor terjadinya pemanasan global. Menurut para ahli pemanasan global terjadi karena meningkatnya gas rumah kaca di atmosfer yang menimbulkan panas, tidak hanya itu masih banyak penyebab pemanasan global lainnya yang perlu kita ketahui untuk mengatasinya adalah sebagai berikut. 1. Efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah proses dimana atmosfer menghangatkan planet ini. Efek rumah kaca terjadi karena panas yang dipantulkan di permukaan bumi terperangkap oleh gas-gas yang ada di atmosfer, sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa, melainkan dipantulkan ke bumi. 2. Peningkatan gas rumah kaca. Gas mempunyai sifat isolasi panas, sehingga panas yang dipantulkan dari permukaan bumi tidak dapat diteruskan ke cahaya karena gas tersebut merupakan gas rumah kaca. Gas yang paling berperan adalah karbon dioksida (CO2). Penyebab peningkatan karbon dioksida adalah pembangkit listrik tenaga batu bara, pembangkit bahan bakar fosil, dan pembangkit listrik tenaga gas alam. 3. Penggunaan CFC yang berlebihan pada lemari es dan AC. Dalam sistemnya, lemari es dan AC menggunakan CFC berupa freon yang berfungsi sebagai pendingin. CFC ini sangat berbahaya bagi Bumi karena dapat membakar lapisan ozon bumi sehingga menyebabkan suhu bumi meningkat.

Baca Juga  Berikut Ini Merupakan Contoh

54 Bahasa Indonesia Kelas 3 SD/MI Semester Ganjil 4. Pencemaran kendaraan berbahan bakar bensin. Kendaraan merupakan penyebab terbesar terjadinya pemanasan global. Polusi yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar bensin seperti sepeda motor, mobil dan kendaraan lainnya menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah yang berlebihan. 5. Pencemaran metana dari pertanian, perkebunan dan peternakan. Metana dapat berasal dari bahan organik anaerobik hasil penguraian bakteri seperti di sawah, sedangkan pada hewan ternak seperti usus hewan, peningkatan produksi ternak berarti peningkatan gas metana. 6. Deforestasi. Hutan bertugas menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Jika hutan dirusak oleh penebangan dan pembakaran, yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida yang diserap hutan semakin sedikit dan semakin banyak karbon yang terkonsentrasi di atmosfer. . 7. Pemborosan listrik. Sebagian besar listrik yang kita gunakan berasal dari pembakaran bahan bakar fosil dan batu bara yang menghasilkan karbon dioksida. 8. Populasi kendaraan terus bertambah. Dengan bertambahnya jumlah kendaraan, maka karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut akan meningkat dan tentunya menyebabkan pemanasan global. 9. Membakar terlalu banyak sampah. Pembakaran

Soal Tema 8