Alat Yang Digunakan Dalam Perakitan Komponen Produk Rekayasa Elektronika Adalah – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Apartemen 1 | Rumah Kecil Tahan Gempa 31 Membangun rumah tahan gempa merupakan salah satu upaya untuk mencegah berbagai risiko kerugian harta benda dan korban luka akibat gempa. Oleh karena itu, pekerjaan bangunan kecil tahan gempa bersifat preventif. 2. Tujuan Pembelajaran 1 Setelah mempelajari materi, pada pembelajaran 1 siswa mampu: a. mendemonstrasikan karakteristik bahan, alat, teknik, dan metode membangun rumah kecil tahan gempa sebagai alternatif penciptaan produk yang kreatif dan inovatif; dan Gambar 1.8 Beberapa Rumah di Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Hancur Akibat Gempa Banten Sumber: Acep Nazmudin/kompas.com (2019) Diposting oleh Kompas.com, gempa bermagnitudo 6,6 SR mengguncang Banten, Jawa Barat pada Jumat, Januari . 14, 2022 menyebabkan kerusakan besar. Menurut laporan terakhir, 3.078 rumah rusak akibat gempa, di mana 1.191 rumah rusak ringan, 692 rumah rusak ringan, dan 395 rumah rusak berat. Gempa yang berpusat di 7.21 Lintang Selatan dan 105.05 Bujur Timur di Banten itu juga menimbulkan kerusakan di banyak tempat umum. Secara total, 21 tempat ibadah, 51 sekolah, 3 bangunan komersial, 17 pusat kesehatan, dan 8 kantor pemerintah hancur akibat gempa.

Alat Yang Digunakan Dalam Perakitan Komponen Produk Rekayasa Elektronika Adalah

32 Buku Pegangan Guru Prakarya: Teknik Kelas VII SMP/MTs b. menciptakan dunia desain/perekayasaan peralatan yang sesuai untuk bangunan kecil tahan gempa dengan mempertimbangkan potensi dan lingkungan dari struktur yang diusulkan. 3. Langkah-Langkah Kajian 1 Bagan alir proses kajian a. Pendahuluan • Peralihan, doa, dan penyambutan. • Asesmen klinis merupakan tes yang hanya dilakukan pada pertemuan pertama untuk mengetahui pengetahuan awal mahasiswa sebelum studi. Diagnosis dapat dilakukan dengan menggunakan wawancara singkat dengan topik berikut. 1) Siswa harus berbicara tentang lingkungan bangunan. 2) Siswa diminta menyebutkan barang-barang rumah tangga yang ada di lingkungan. 3) Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri bahan dan metode konstruksi bangunan lingkungan. • Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru agar siswa tertarik dan fokus pada pembelajaran. Contoh dari pertanyaan ini adalah “Bagaimana cara membangun rumah yang baik dan nyaman?” Jelajahi karakteristik bahan, alat, dan teknik untuk produk rekayasa dalam industri konstruksi melalui bacaan dan diskusi. Menyajikan hasil pemahaman tentang karakteristik bahan, alat dan teknik produk rekayasa konstruksi dalam bentuk peta pikiran.

Baca Juga  Buatlah Sebuah Kalimat Yang Menjelaskan Tentang Perubahan Energi

Pro’skit Pinset 1pk 125t 120mm Proskit Lurus Lancip Original/ Proskit Pinset Snless Steel Aisi410

Apartemen 1 | Rumah Kecil Tahan Gempa 33 • Di awal kegiatan, siswa akan melihat video yang diperlihatkan oleh guru, membaca poster, dan mendengarkan ceramah atau simulasi tentang dampak kerusakan akibat gempa. Bangunan tahan gempa merupakan produk alat teknik yang diperlukan untuk mengurangi kerusakan akibat gempa. Guru menciptakan kegiatan yang mendorong munculnya ide-ide siswa untuk bekerja sama menyelesaikan tugas (dimensi kerjasama). B. Kegiatan Penting • Mintalah siswa untuk belajar dalam kelompok. • Siswa diminta untuk menyelidiki karakteristik bahan, alat, teknik, dan metode untuk membangun rumah kecil di lingkungan berdasarkan model kerja tim 1. • Harus mempertimbangkan jenis bangunan siswa yang tidak tahan gempa dalam Pekerjaan. Pelat (koneksi LK1.1). • Siswa membuat laporan tingkat tinggi tentang pembangunan gedung tahan gempa, berdasarkan hasil diskusi dan hasilnya. 1. Amati arsitektur di sekitar Anda. 2. Mengeksplorasi ragam dan karakteristik material yang digunakan dalam konstruksi bangunan. Catat hasil diskusi kelompok di LK1. 3. Apakah konstruksi bangunan yang anda lihat tergolong tahan gempa? 4. Apa inspirasi Anda? Bagikan pemikiran Anda dalam diskusi! LATIHAN 1 LANGKAH Buatlah peta mental bahan-bahan teknik yang diperlukan untuk bangunan tahan gempa berdasarkan pendapat Anda.

34 Buku Pegangan Guru Prakarya: Teknik Kelas VII SMP/MTs c. Kegiatan Penutup • Siswa mendapat kesempatan untuk melakukan refleksi pembelajaran. Contoh soal adalah sebagai berikut. 1) Menurut Anda, apa yang membuat pelajaran ini menarik? 2) Apa yang Anda tidak mengerti dalam pelajaran hari ini? 3) Masalah apa yang Anda hadapi dalam pekerjaan akademik saat ini? 4) Apa akhir pelajaran hari ini? 5) Bagaimana sikap Anda jika berada di daerah bencana? • Siswa mendengarkan petunjuk guru tentang rencana pembelajaran pertemuan berikutnya. • Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa. D. Tindak Lanjut Jika ada siswa yang menghadapi masalah belajar, penanganan selanjutnya yang dapat dilakukan guru adalah menyesuaikan pengajaran atau memberikan instruksi dan dukungan khusus (scaffolding). Bagi siswa dengan prestasi akademik tinggi, kepatuhan adalah memberikan dukungan. Studi selanjutnya harus memperhitungkan perbedaan dalam pembelajaran siswa. e. Kegiatan Pembelajaran Alternatif Kegiatan pembelajaran alternatif dapat digunakan pada saat keadaan guru dan/atau siswa tidak mampu melaksanakan bentuk pembelajaran pokok karena berbagai sebab. Jika siswa merasa kesulitan untuk membuat peta pikiran, guru dapat menggunakan konten sebagai gantinya. Jika siswa merasa kesulitan untuk mengamati dan mendalami bangunan gempa, guru dapat mengalihkan objek pengamatan ke bangunan lain, misalnya bangunan panggung atau bangunan bilik di sekitar siswa. Isi metode pendidikan alternatif sama dengan pendidikan utama.

Baca Juga  Bagaimana Susunan Rangka Pada Sayap Burung

Apartemen 1 | Bangunan Kecil Tahan Gempa 35 4. Analisis/Penilaian a. Keberhasilan pendidikan diukur dengan dua ukuran sebagai berikut. • Penilaian diri. • Penilaian kelompok. B. Jenis Penilaian Keterampilan yang dinilai: • Proyek. • Secara lisan, ketika berbicara tentang bangunan kecil yang tahan gempa, jenis, karakteristik, dan konstruksinya. • Menulis, membuat peta pikiran. C. Penilaian • Penilaian perilaku. • Penilaian pengetahuan. • Penilaian keterampilan. 5. Pemikiran tentang Pendidikan 1 a. Apa yang telah dipelajari siswa dan kegiatan pendukung apa yang telah disediakan? B. Apa yang tidak diketahui siswa dan apa yang harus mereka praktikkan? E. PELAJARAN 2 DAN 3 Alokasi Waktu: Pembelajaran 2 dan 3 = 2 kali pertemuan = 4 jam x 40 menit

36 Buku Panduan Guru Krakter: Teknik Kelas VII SMP/MTs 1. Bahan Bangunan: Pencegahan Merancang bangunan agar tahan gempa merupakan salah satu langkah untuk mencegah resiko hilangnya material dan teknis pasca gempa. Oleh karena itu, membuat bahan bangunan tahan gempa merupakan langkah preventif. Untuk membangun bangunan yang tahan gempa diperlukan desain yang baik dengan memikirkan bahan, alat, dan teknik untuk mencapai kinerja ketahanan produk. Gambar 1.9 Bangunan tahan gempa untuk rumah berkubah di Sleman Yogyakarta Sumber: Kania Dekoruma/dekoruma.com (2018) Pasca gempa tahun 2016 di Daerah Istimewa Yogyakarta, banyak pihak mencoba membangun teknologi tahan gempa. Salah satu teknologi baru tersebut adalah rumah dome di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kubah itu disumbangkan oleh pemerintah AS. Bangunan ini tidak memiliki sambungan yang lemah sehingga mampu menahan gempa dan angin yang mencapai 450 km/jam. Rumah kubahnya terlihat seperti rumah Eskimo Igloo. Model bangunan rumah dome mirip dengan rumah dome “Teletubies” di film seri anak-anak. Karena keunikannya, kawasan bangunan kubah dijadikan tempat tujuan wisata.

Bab 2 Perakitan Produk

Apartemen 1 | Rumah Kecil Tahan Gempa 37 2. Tujuan Pembelajaran 2 dan 3 Mahasiswa mampu merancang/ merekayasa peralatan yang diperlukan untuk rumah kecil tahan gempa dengan cara pemotongan menentukan potensi dan dampak lingkungan yang akan dimodelkan. 3. Pendidikan Tingkat 2 dan 3 Flowchart penelitian. Lakukan riset terhadap bacaan dan diskusikan cara membangun rumah mungil tahan gempa. • Menghasilkan gambar desain teknik untuk rekayasa gempa. • Menciptakan peluang untuk membangun rumah kecil yang tahan gempa. A. Pendahuluan • Peralihan, doa, dan penyambutan. • Pada kegiatan pertama, siswa menonton video, membaca rilis berita, dan mendengarkan ceramah atau simulasi tentang dampak bencana gempa. Guru membuat kegiatan yang mendorong ide siswa untuk bergotong royong membangun rumah kecil tahan gempa (banyak kerjasama). B. Kegiatan Penting • Mintalah siswa untuk belajar dalam kelompok. • Siswa membangun rumah kecil tahan gempa. • Siswa diminta menyusun jadwal pembangunan rumah kecil tahan gempa berdasarkan lembar kerja.

Baca Juga  Apakah Kamu Sudah Menulis Dengan Kalimat Efektif

38 Buku Pegangan Guru Prakarya: Teknik Kelas VII SMP/MTs Contoh kegiatan: • Siswa diberi kesempatan berpikir tentang pembelajaran. Contoh soal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut. 1. Apa yang Anda sukai dari pelajaran hari ini? 2. Apa yang tidak Anda pahami dalam pelajaran hari ini? 3. Masalah apa yang Anda hadapi dalam melakukan sesuatu sekarang? 4. Apa akhir pelajaran hari ini? 1. Perhatikan konstruksi bangunan kubah tahan gempa seperti tampak pada gambar di bawah ini. Sumber : www.dekoruma.com (2018) 2. Membuat perencanaan bahan, alat dan teknik yang digunakan untuk membangun rumah kecil yang tahan gempa. 3. Bangun rumah kecil tahan gempa. Catat hasil diskusi kelompok di LK1.2. 4. Apa inspirasi Anda? Ungkapkan pendapat Anda dalam diskusi. KELOMPOK 2 PERIODE HUKUM

Apartemen 1 | Rumah Mungil Tahan Gempa 39 c. Penampilan Akhir • Siswa mendengarkan instruksi guru tentang bagaimana mempersiapkan pertemuan berikutnya. • Siswa dan guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa d. Perlakuan demi perlakuan jika ada siswa yang mengalami kesulitan belajar adalah melalui pengajaran remedial atau berupa pengajaran dan dukungan khusus (scaffolding). Tindak lanjut bagi siswa berprestasi akademik tinggi dilakukan dengan memberikan dukungan tambahan. Studi selanjutnya harus memperhitungkan perbedaan dalam pembelajaran siswa. e. Kegiatan Pembelajaran Alternatif Kegiatan pembelajaran alternatif dapat digunakan ketika guru dan/atau siswa tidak dapat melakukan pembelajaran utama karena berbagai alasan. Jika siswa merasa kesulitan untuk membuat gambar gempa jenis kubah, guru dapat menggantinya dengan gambar rumah jenis lain. Ya

Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah, alat ukur komponen elektronika, contoh produk rekayasa elektronika, dalam rangkaian elektronika komponen thermistor berfungsi sebagai, komponen elektronika adalah, komponen dalam elektronika, alat yang digunakan untuk mewarnai gambar adalah, komponen alat elektronika, wirausaha produk rekayasa elektronika praktis, alat alat yang digunakan dalam senam lantai, komponen yang digunakan dalam pembangkit listrik energi surya adalah, produk rekayasa elektronika