Antonim Naratif – Antonim modern – Belajar ilmu linguistik merupakan suatu hal yang menyenangkan, karena tidak hanya berguna untuk memperluas pengetahuan, tetapi juga membuka pemahaman yang lebih mendalam tentang struktur bahasa dan maknanya dalam komunikasi. Selain itu, dalam dunia linguistik terdapat beragam kosakata menarik yang dapat memberikan nuansa kekayaan bahasa.

Kata yang menarik untuk dikaji lebih lanjut adalah kontemporer. Mungkin bagi sebagian orang istilah ini masih asing, apalagi jika berbicara tentang antonimnya. Oleh karena itu, pembahasan antonim modern berikut ini penting untuk diperhatikan guna memahami dinamika perubahan makna dan penggunaan kata dalam bahasa Indonesia. Ayo lihat!

Antonim Naratif

Kata “kontemporer” dalam bahasa Indonesia merujuk pada sesuatu yang berkaitan dengan masa kini atau zaman sekarang. Istilah ini digunakan untuk menyatakan kekinian, relevansi, atau karakteristik yang konsisten dengan evolusi dan norma-norma yang berlaku. Asal kata “kontemporer” sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “kontemporer”.

Kak Tolong Bantu Ya Cari Kata Sinonim Dan Antonim

Terdiri dari dua kata, yaitu “con-” yang berarti bersama-sama atau bersamaan dan “temporary” yang berarti waktu atau jangka waktu. Jadi, secara harfiah, “kontemporer” menggambarkan sesuatu yang bertepatan dalam waktu atau berhubungan dengan zaman yang sama. Penggunaan kata kontemporer sering kali menunjukkan pendapat atau ungkapan yang sesuai dengan perubahan zaman, teknologi, dan dinamika sosial.

Dalam penggunaan sehari-hari, kata “kontemporer” sering dikaitkan dengan karya dan fenomena budaya lain yang mencerminkan tren masa kini. Penggunaan istilah kontemporer membantu menyampaikan pengetahuan bahwa sesuatu atau suatu karya mempunyai relevansi dan kekinian dalam konteks waktu dan lingkungan sosial tertentu.

Sedangkan sebagai kata sifat, “kontemporer” juga dapat diterapkan pada orang atau kelompok yang hidup atau aktif pada waktu yang bersamaan. Dengan demikian, kata ini mengandung makna konsep kesamaan dalam konteks waktu dan mencerminkan semangat adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan yang terjadi disekitarnya.

Dalam bahasa Indonesia, istilah “kontemporer” mempunyai beberapa antonim yang dapat digunakan untuk menunjukkan konsep sebaliknya. Antonim yang dianggap relevan adalah “klasik”. Kata ini mengacu pada sesuatu yang tradisional, teruji oleh waktu, dan sering dianggap sebagai standar atau pola yang telah ditetapkan dalam perkembangan sejarah.

Baca Juga  Dalam Alquran Surah Annisa Ayat 65 Kata Qada Diartikan Sebagai

Modul Ajar Ipas Kelas 5

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kata “kuno” sebagai antonim dari modern. Kata ini mencerminkan sesuatu yang ketinggalan jaman atau sudah melewati masa kejayaannya, seringkali dianggap tidak sejalan dengan kejadian terkini. Dalam konteks seni atau budaya, karya-karya yang dianggap kuno tidak lagi dapat memenuhi selera atau ekspektasi modern.

Antonim berikutnya yang juga sering digunakan untuk menggantikan kata kontemporer adalah “usang”. Kata ini menyiratkan bahwa sesuatu telah melampaui kegunaannya dan tidak lagi sesuai atau berguna dalam konteks saat ini. Penggunaan antonim kuno dapat memberikan kontras dengan gagasan tentang sesuatu yang kontemporer atau kekinian.

Kata “konservatif” juga dapat digunakan untuk menunjukkan suatu sikap atau pendekatan yang cenderung mempertahankan nilai-nilai kuno atau tradisional, dibandingkan dengan semangat progresif dan inovatif yang sering dikaitkan dengan urusan modern. Antonim yang terakhir, yaitu “kuno” dapat mengandung arti sesuatu yang ketinggalan jaman, kuno, dan tidak mengikuti perkembangan zaman.

Dalam bahasa Indonesia, istilah “kontemporer” mempunyai beberapa sinonim yang relevan untuk menyampaikan makna serupa. Sinonim yang umum digunakan adalah “modern”. Kata ini mencerminkan sesuatu yang berkaitan dengan masa kini, mengikuti perkembangan terkini di banyak bidang kehidupan.

Soal Tes Akademik Antonim

Misalnya, seni modern mengacu pada bentuk seni yang berkembang seiring perubahan waktu dan teknologi. Selain modern, kata “kontemporer” juga bisa dianggap sinonim dengan masa kini. Penggunaan kata ini menunjukkan sesuatu yang terkini atau terbaru dalam suatu bidang, seperti teknologi mutakhir atau informasi mutakhir.

Anda juga dapat menggunakan kata “terbaru” sebagai sinonim kontemporer. Kata ini mencerminkan sesuatu yang lebih baru dalam konteks tertentu. Misalnya, berita terkini mengacu pada informasi terkini yang relevan dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat saat ini. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan kata “saat ini” sebagai sinonim kontemporer.

Sinonim ini menunjukkan fokus pada waktu atau kondisi saat ini yang terjadi di masa sekarang. Terakhir, sinonim modern yang juga sering digunakan adalah “kontekstual”. Kata ini sekaligus menekankan hubungan sesuatu dengan konteks atau lingkungan tertentu, sehingga menimbulkan pemahaman akan relevansi sesuatu dalam rentang waktu dan keadaan tertentu.

Penggunaan kata “kontemporer” pada beberapa kalimat menunjukkan bahwa istilah ini mempunyai peran yang signifikan dalam menggambarkan dan merinci keragaman kreativitas manusia dan dinamika perubahan yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga  Kalimat Berikut Yang Mengandung Kata Tidak Baku Adalah

Sebutkan 50 Kata Adjectives Dengan Sinonim Dan Antonim Berserta Artinya!!!​

Melalui beberapa contoh kalimat di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana kata “kontemporer” digunakan untuk merujuk pada ekspresi seni, sastra, musik, dan sektor lain yang mencerminkan esensi zaman yang sedang berkembang.

Bagaimana menurut Anda, menarik bukan mempelajari antonim modern? Nah untuk penjelasan lebih spesifiknya anda bisa mengecek buku CPNS yang membahas materi ini dengan baik. Ada juga banyak contoh pertanyaan untuk membantu memperkuat pemahaman Anda. Jika Anda belum memiliki bukunya, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya, karena pembeliannya lebih praktis dan pengirimannya lebih cepat. Datang sekarang! Antonim Narasi – Narasi merupakan sinonim dari sesuatu yang bersifat naratif, biasanya berkaitan erat dengan penggunaan teks naratif. Ternyata penggunaan kata naratif banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk percakapan langsung maupun dalam kalimat dan paragraf.

Dalam bahasa Indonesia perlu anda ketahui bahwa narasi sering digunakan untuk menyebut jenis-jenis teks. Narasi identik dengan teks yang berbentuk kalimat-kalimat panjang seperti narasi untuk memperjelas pokok bahasan dan cerita yang dimaksud. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan mendongeng itu sendiri? Perlu Anda ketahui bahwa narasi berarti sesuatu yang bersifat deskriptif.

Menurut referensi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti narasi sendiri adalah kalimat atau sesuatu yang lebih dari sekedar penjabaran atau penjabaran mengenai suatu hal yang dibicarakan. Referensi lain juga menjelaskan bahwa pengertian narasi berasal dari kata kerja “berkata” dan “berkata” dimana keduanya identik dengan cerita atau dongeng.

Queer Etc.: Melampaui Identitas, Menemukan Kemungkinan Baru By Abigail A.

Narasi disebut juga narasi, apalagi penggunaan keduanya sangat berdekatan. Jadi kebanyakan orang menggunakan salah satunya. Narasi mengacu pada urutan kronologis atau peristiwa yang dapat diringkas menjadi satu kesatuan yang utuh. Sehingga orang lain akan menjelaskan dirinya dan mempengaruhi orang lain.

Antonim mempunyai arti yang berlawanan atau mempunyai arti yang berlawanan dengan kata yang bersangkutan. Dalam bahasa Indonesia sendiri, banyak antonim yang melekat pada setiap kata, sehingga hampir semua kata mempunyai antonim di dalamnya. Antonim memudahkan seseorang untuk memahami dengan benar arti dan lawan kata dari sebuah kata.

Baca Juga  Tuliskan Cara Menegakkan Hak Dan Kewajiban

Hanya ada satu kata yang dapat mewakili kata naratif yang akan digunakan, yaitu deskriptif. Banyak orang yang menganggap narasi dan deskriptif adalah dua hal yang sama, padahal dari segi makna jelas berbeda. Narasi berarti sesuatu yang bersifat deskriptif, namun deskriptif bukanlah sesuatu yang bersifat deskriptif.

Arti deskriptif lebih kepada menggambarkan sesuatu secara rinci dan lengkap. Bagi Anda yang ingin menjelaskan sesuatu yang lebih dari sekedar penjelasan detail dan lengkap, bisa menggantinya dengan kata-kata deskriptif. Penggunaan antonim memiliki manfaat untuk mengurangi penggunaan kata yang sama secara berulang-ulang dan membuat kalimat menjadi lebih efektif.

Pdf) Kelas Kata Antonim Dalam Bahasa Banjar

Selain mempunyai antonim, perlu anda ketahui bahwa narasi sendiri mempunyai banyak pilihan kelompok kata yang dimasukkan sebagai sinonim. Bagi anda yang belum paham, sinonim adalah kumpulan kata yang mempunyai kesamaan arti. Jadi ketika digunakan untuk menggantikan kata yang dimaksud tidak akan ada masalah.

Kelompok kata yang termasuk dalam sinonim naratif adalah tuturan, tuturan, lisan, ujaran, kata-kata, firman, kalam, penceritaan, cerita, eksposisi, uraian, penjabaran, lukisan, penjabaran, penjelasan, tafsir, uraian, penjabaran, penceritaan, eksposisi, pameran, narasi, sejarah, cerita, fabel, drama, asal usul, sejarah, gambar, sketsa, dan lain-lain.

Kelompok kata kedua yang termasuk dalam sinonim naratif adalah anekdot, fiksi, esai, prosa, rencana, kronik, dan hikayat. Semua sinonim tersebut mempunyai arti yang mirip dan sama dengan narasi, hanya saja Anda harus selalu menyesuaikan dengan konteks dan fungsi dalam kalimat tersebut. Tujuannya agar kalimat-kalimatnya tidak ambigu dan tetap efektif dibaca.

Manfaat penggunaan sinonim dalam sebuah kalimat adalah menghindari penggunaan diksi yang berulang dan berlebihan. Pengulangan pernyataan ini pada artikel atau artikel yang diterbitkan sebaiknya dihindari karena akan menyebabkan terdeteksinya plagiarisme. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan jika sampai terjadi.

Kisi Kisi Un 2011 2012 By Muhammad Qamaruzzaman

Ingin memahami lebih jauh tentang penggunaan kata naratif? Lebih mudahnya lihat langsung dari contoh kalimat di bawah ini!

Memahami antonim dan sinonim suatu kata dalam bahasa Indonesia sangatlah penting karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru kita. Hanya memasukkan satu kata baru namun dengan unsur antonim dan sinonim menambah kosa kata baru dalam ingatan kita, apalagi materi seperti ini juga masuk dalam ujian resmi seperti CPNS.

Bagi anda yang ingin belajar lebih luas dan lebih fokus, jangan lupa untuk membeli buku CPNS yang bisa anda dapatkan dengan mudah hanya di sini. Tersedia banyak pilihan buku terbaik dengan harga dan diskon yang sangat menarik. Lihat dan beli semuanya sekarang!

Struktur naratif, paragraf naratif, prosa naratif, naratif, sejarah naratif, puisi naratif, antonim, teks naratif, definisi naratif, arti naratif, analisis naratif, pengertian naratif