Apa Yang Dimaksud Dengan Wilayah Negara – Tahukah Anda seberapa besar Indonesia? Cek batas wilayah Indonesia melalui darat, laut, dan udara beserta penjelasannya pada artikel geografi Kelas 11 di bawah ini.

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Susi Pudjiastuti gemar menenggelamkan kapal pencuri ikan dari negara lain yang melintasi perbatasan kita? Selain itu, penangkapan ikan merupakan tindakan pencurian

Apa Yang Dimaksud Dengan Wilayah Negara

Dilarang oleh hukum regional, serta oleh perikanan dan kedaulatan wilayah negara kita, tidak mungkin masuk tanpa izin.

Letak, Luas Dan Batas Wilayah Indonesia

Mari kita belajar tentang batas negara kita agar anda bisa mencintai dan belajar tentang negara Indonesia tercinta ini.

Tahukah Anda kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Menurut Badan Informasi Geospasial, Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 5.180.053 km2 dan terdiri dari 17.499 pulau. Dari total luas wilayah tersebut, wilayah perairan Indonesia mencapai 3.157.483 km2, dan luas daratan 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia berbatasan dengan beberapa negara baik melalui jalur darat maupun laut.

Menurut undang-undang no. 24. Sebagaimana tertuang dalam resolusi no. 43 Tahun 2008, wilayah negara Indonesia meliputi permukaan tanah, perairan, dasar laut dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk semua sumber daya yang terkandung di dalamnya. Dengan adanya pembagian batas wilayah hukum seperti ini, maka berbagai bentuk pelanggaran yang dapat terjadi seperti masuknya warga negara asing secara tidak sah ke wilayah Indonesia jelas dapat dikurangi.

Dalam menentukan batas laut Indonesia, biasanya kita menggunakan metode penarikan garis dari pantai paling bawah, beberapa mil menjelang air surut. Terdapat beberapa subdivisi pada perbatasan laut ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

Uraian No 1 Sampai 10 Tolong Kaka Yang Pintar Ppkn​

Laut teritorial adalah batas maritim yang ditarik ke lepas pantai dalam jarak 12 mil (19,3 km) dari garis pangkal. Garis pangkal yang dimaksud adalah garis yang ditarik di pantai pada saat air surut. Batasan wilayah inilah yang menjadikan wilayah maritim Indonesia menjadi satu kesatuan seperti saat ini. Perairan antar pulau sudah tidak lagi menjadi laut lepas sehingga kapal asing tidak bisa leluasa keluar masuk wilayah Indonesia.

Baca Juga  Berikut Bentuk Penyajian Data Kecuali

Apabila suatu laut yang lebarnya kurang dari 24 mil dikuasai oleh dua negara, maka cara menentukan luas daratan kedua negara adalah dengan menarik garis yang berjarak sama dari pantai luar.

Dalam batas wilayah laut tersebut, Indonesia mempunyai hak kedaulatan penuh. Negara lain bisa berlayar di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Landas kontinen merupakan lanjutan benua yang terendam air laut. Batas landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter di bawah permukaan laut. Namun jika landas kontinen sangat dangkal, batasnya diukur 200 mil dari pantai.

Materi Kd 4 Ketentuan Uud Nri

Oleh karena itu, zona laut dangkal dengan kedalaman 200 m merupakan bagian wilayah negara di zona laut tersebut. Tepi landas kontinen diukur keluar dari pantai dan jarak maksimumnya adalah 200 mil.

Sumber daya alam yang ada di landas kontinen suatu negara dapat dimanfaatkan oleh negara tersebut. Pemerintah berhak dan berwenang memanfaatkannya, seperti ikan atau produk mineral, dengan menghormati dan tidak mengganggu jalur pelayaran internasional.

Zona Ekonomi Eksklusif, atau ZEE, adalah wilayah maritim sepanjang 200 mil yang diukur ke arah laut dari garis pangkal pantai pulau terluar. Apabila ZEE suatu negara merupakan milik negara lain, maka penentuannya dapat dirundingkan antara kedua negara dan dibagi rata.

Di ZEE, negara yang bersangkutan mempunyai kewenangan untuk mempelajari, memanfaatkan, dan mentransformasikan seluruh sumber daya alam, hayati, dan nonhayati yang ada di atas permukaan tanah, di daratan, dan di bawah laut untuk kesejahteraan negara. Sedangkan negara lain mempunyai kebebasan untuk memasang dan memasang kabel atau pipa bawah laut.

Tugas 2 Mlie4a Adelia Indah Sari 190102382

Mengenai kegiatan Indonesia di ZEE diatur dalam UU No. 26. Pasal 5 Tahun 1983 tentang ZEE. Di ZEE, Indonesia mempunyai hak-hak sebagai berikut:

Batas darat adalah batas negara yang terletak di darat dan berbatasan langsung dengan wilayah lain serta dapat berupa objek geografis seperti hutan, pegunungan, dan daerah lain, dengan atau tanpa akses ke sana menurut persetujuan Negara tetangga.

Baca Juga  Pancen Utama Pangjejer Acara Nyaeta

Indonesia sendiri mempunyai perbatasan darat langsung dengan 3 negara yaitu Papua Nugini (berbatasan dengan Provinsi Papua), Timor Timur (berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur) dan Malaysia (berbatasan dengan provinsi Kalimantan Barat dan Timur).

Perbatasan udara suatu negara terbagi menjadi 2, yaitu perbatasan horizontal dan vertikal. Batas-batas ini ditentukan oleh klaim masing-masing negara dan lebih mudah untuk dilanggar karena sulit dipelihara dan lebih mahal untuk dipelihara. Pembatasannya juga dipengaruhi oleh kegunaannya untuk penerbangan, komunikasi dan satelit cuaca.

Bagaimana Definisi Batas Wilayah Menurut Uu Nomor 43 Tahun 2008​

Menurut Konferensi Chicago tentang Penerbangan Sipil (1944) dan Perjanjian Luar Angkasa (1967), batas udara vertikal negara tersebut belum dapat ditentukan, melainkan pada ketinggian 110-130 km.

Batas udara horizontal Indonesia mempunyai luas yang sama dengan luas wilayah darat, darat, dan laut Indonesia.

Oiya, penjelasan di atas tentang luas dan pembagian batas wilayah di Indonesia sudah anda pahami bukan? Mengapa Anda benar-benar perlu mengetahui topik ini? Nah, sebagai warga negara yang baik dan tentunya sebagai pemimpin masa depan bangsa, perlu anda ketahui bahwa ini adalah upaya NKRI untuk menjaga kedaulatan wilayahnya!

Tidak mengizinkan orang asing menggunakan wilayah kami dan sumber dayanya secara bebas karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman adalah hal yang memalukan. Untuk lebih memahami materi batas wilayah Indonesia anda dapat membuka ruang belajar untuk melihat video selengkapnya!

Enklave Dan Eksklave

Penulis konten dan kinerja konten. Saya harap Anda menikmati apa yang saya tulis dan mempelajari satu atau dua hal! :DWilayah adalah suatu wilayah yang dilindungi oleh perseorangan atau kelompok dari pihak luar. Namun dalam konteks administratif, wilayah biasanya dibagi berdasarkan tingkat pemerintahan. Misalnya desa, daerah, kota, desa, dan sebagainya.

Penetapan kewenangan atas suatu wilayah seringkali disertai dengan penetapan batas-batas geografis. Batas teritorial suatu negara juga menentukan ruang lingkup hukum nasional dan otoritas negara.

Kekuasaan atas wilayah merupakan hal yang utama dalam pembentukan suatu negara. Suatu negara tidak akan ada tanpa adanya wilayah. Oleh karena itu, konstitusi setiap negara seringkali memuat ketentuan mengenai wilayah dan perbatasannya.

Negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang bercirikan kepulauan yang wilayahnya batas-batas dan hak-haknya ditentukan dengan undang-undang.

Karakteristik Negara Kesatuan, Lengkap Dengan Penjelasannya

Mengutip komentar Jurnal Lex et Societatis (Vol. V, n. 4, 2017), Pasal 1 Konvensi Montevideo 1933 juga dengan jelas mengatur syarat-syarat pembentukan suatu Negara.

Baca Juga  Variabel Bebas Terikat Dan Kontrol

Menurut konvensi tersebut, agar suatu negara dapat diakui menurut hukum internasional, harus dipenuhi 4 syarat, yaitu:

Oleh karena itu, wilayah merupakan salah satu aspek yang harus ada dalam konstitusi suatu negara. Jika tidak ada listrik di beberapa daerah, negara tersebut tidak diakui keberadaannya.

Pengakuan oleh dunia internasional penting bagi suatu negara untuk menegakkan hukum nasional dan bekerja sama dengan negara lain. Dengan adanya wilayah, suatu negara dapat menentukan di mana masyarakatnya tinggal dan menyelenggarakan pemerintahannya.

Syarat Dan Tata Cara Memperoleh Kewarganegaraan Ri

Secara umum wilayah suatu negara dibagi berdasarkan ciri-ciri geografisnya, yaitu daratan, perairan teritorial, atau lautan dan udara. Selain itu, terdapat juga kategori wilayah ekstrateritorial yang ditentukan oleh otoritas politik.

Batas-batas semua jenis wilayah negara ditentukan berdasarkan aspek geografis dan dapat juga berdasarkan kesepakatan. Batas geografis dapat berupa koordinat lintang dan bujur, batas buatan maupun batas alam. Pada saat yang sama, perjanjian dapat berbentuk konvensi atau kontrak.

Kutipan dari buku kelas modul PPKN

Wilayah perairan atau samudra adalah lautan yang berada dalam wilayah suatu negara. Jenis wilayah ini disebut juga laut teritorial, meliputi perairan di luar bumi.

Kenalan Dengan 5 Nama Organisasi Internasional Ini, Yuk!

Berdasarkan ketentuan Perjanjian Jamaika atau Perjanjian Multilateral tentang Laut Teritorial yang dibuka pada tanggal 10 Desember 1982, aturan penetapan batas laut adalah sebagai berikut:

Tidak semua negara mempunyai laut teritorial. Swiss, Zambia, Afghanistan, dan Laos adalah contoh negara yang tidak memiliki laut teritorial.

Wilayah merupakan tempat tinggal dan menjalankan administrasi pemerintahan. Batas tanah dapat diukur dengan menentukan batas alam (gunung, sungai), garis lintang dan garis bujur, serta batas buatan. Batasan tersebut kemudian ditegaskan melalui kesepakatan kedua belah pihak

Wilayah udara adalah wilayah udara yang berada di atas permukaan wilayah daratan dan lautan suatu negara. Luas udara biasanya diukur ke atas tegak lurus hingga tak terhingga.

Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (wbk) Dan Wilayah Birokrasi Dan Bersih Melayani (wbbm) Di

Misalnya, menurut situs Kementerian Pertahanan Indonesia (Kemhan), Indonesia diatur berdasarkan Konvensi Internasional tentang Penerbangan Sipil (Konvensi Chicago tentang Penerbangan Sipil 1944). Indonesia bergabung pada tanggal 27 April 1950 dan mengakui kedaulatan penuh dan eksklusif setiap negara atas wilayah udara teritorialnya.

Namun ada negara yang menetapkan batas wilayah udaranya berdasarkan kesepakatan karena timbul dari persaingan teknologi penerbangan. Misalnya Iran dan Amerika Serikat.

Wilayah ekstrateritorial adalah suatu wilayah yang diakui oleh hukum internasional sebagai wilayah suatu negara, meskipun terletak di negara lain.

Apa yang dimaksud dengan negara, apa yang dimaksud dengan dropshipper, apa yang dimaksud dengan sifilis, apa yang dimaksud dengan erp, apa yang dimaksud dengan dropship, apa yang dimaksud dengan purin, apa yang dimaksud dengan reseller, apa yang dimaksud dengan hipnoterapi, apa yang dimaksud dengan diabetes, apa yang dimaksud dengan gestun, apa yang dimaksud wilayah ekstrateritorial, apa yang dimaksud dengan gonore