Apa Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Flora Dan Fauna Indonesia – Indonesia dengan iklim tropisnya terkenal memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Diperkirakan 10% atau lebih dari 25.000 spesies tumbuhan dunia terdapat di Indonesia. Sementara itu, Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 200.000 spesies satwa liar, termasuk mamalia, burung, reptil, dan serangga.

Sebaran flora dan fauna di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga wilayah besar: Barat (Asiatis), Tengah (Peralihan) dan Timur (Australis)²⁴.

Apa Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Flora Dan Fauna Indonesia

Bagian barat terdiri dari pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Flora di wilayah ini umumnya mencakup varietas seperti karet, kapur barus, kemenyan, merentia, dan mahoni.

Keragaman Flora Indonesia Worksheet

Bagian tengah atau peralihan disebut Zona Wallace dan mempunyai flora dan fauna yang berbeda dengan bagian barat dan timur.

Ada empat faktor utama yang mempengaruhi persebaran tumbuhan dan hewan di Indonesia: iklim, edafik (kondisi tanah), biotik (interaksi antar organisme) dan fisiografi (kondisi)¹⁶⁸.

Iklim mempengaruhi persebaran flora dan fauna melalui suhu udara, kelembapan, angin, dan curah hujan¹⁶. Misalnya, wilayah dengan suhu tidak ekstrem umumnya cocok untuk ditinggali berbagai jenis tumbuhan dan hewan

Bahan kimia tanah sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Kesuburan tanah bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Hal inilah yang membedakan jenis dan keanekaragaman tumbuhan di berbagai daerah⁶.

Preorder) Pengelolaan Sumber Daya Hayati

Interaksi antar organisme juga mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Misalnya predator dan mangsa, parasit dan inang, serta persaingan antar spesies.

Sebaran flora dan fauna di Indonesia sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti iklim, kondisi tanah, interaksi antar organisme dan kondisi lingkungan. Dengan memahami permasalahan tersebut, kita akan bisa lebih menghargai sumber daya alam Indonesia. Nah, temukan berbagai jenis keanekaragaman hayati di dunia! Mulai dari jenis tumbuhan dan hewan hingga sebaran berdasarkan bioma dan wilayah, selesaikan makalah Biologi Kelas 10 berikutnya! –

Anda tahu, kan? Ternyata, setiap negara punya tumbuhan dan hewan yang berbeda-beda lho! Hal ini menunjukkan bahwa dunia kita memiliki keanekaragaman hayati. Apa itu keanekaragaman hayati?

Baca Juga  Jelaskan Perbedaan Antara Reklame Dalam Ruang Dengan Reklame Luar Ruang

, Apa yang menyebabkan perbedaan flora dan fauna di setiap negara? Oleh karena itu, persebaran berbagai jenis tumbuhan dan hewan di dunia dipengaruhi oleh berbagai faktor

E Lkpd Tingkat Keanekaragaman Hayati Dan Persebarannya Di Indonesia (pertemuan I) Online Exercise For

, kali ini kita akan belajar tentang keanekaragaman hayati dunia, termasuk berbagai flora dan fauna, serta sebarannya.

, ada yang tahu apa itu bioma? Bioma adalah suatu kawasan yang berisi organisme hidup dengan kondisi dan karakteristik lingkungan yang hampir sama (mirip).

Tentu saja bioma yang terbentuk di suatu wilayah pasti berbeda dengan bioma di wilayah lain. Dalam hal ini, berbagai faktor mempengaruhi iklim, suhu udara dan curah hujan.

, salah satu tumbuhan yang umum hidup di daerah gurun adalah kaktus. Hal ini tentu berbeda dengan kawasan hutan hujan tropis yang curah hujannya tinggi. Flora di kawasan itu juga akan jauh lebih beragam.

Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Dan Di Dunia

Bioma tundra ditemukan di Arktik dan mencakup Kanada, Siberia, Rusia, dan Finlandia. Bioma tundra memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Penuh pepohonan, bahkan sebagian besar tertutup salju. Mengapa? Pasalnya, wilayah tundra hanya mendapat sedikit sinar matahari. Jadi musim dingin akan lebih lama dibandingkan musim panas. Oleh karena itu, salju dan gunung es sering dijumpai di kawasan ini.

Ditumbuhi pepohonan, namun banyak jenis tanaman yang masih tumbuh di sana. Tumbuhan yang dominan di kawasan ini antara lain lumut dan tumbuhan berbunga kecil seperti saxifraga dan adas.

) berkecambah (diaktifkan kembali) di musim dingin dan musim panas. Jadi, di musim dingin, tanaman ini akan tidur

Pdf) The Biodiversity Of Flora In Indonesia

Bioma ini ditemukan di antara bioma tundra dan hutan beriklim sedang, termasuk Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, dan Kanada. Bioma taiga merupakan bioma dengan luas terluas dibandingkan bioma lainnya,

! Jenis tanaman utama yang tumbuh adalah tumbuhan runjung, seperti pinus, cemara, juniper, cedar, dan balsam. Temukan

, baik di musim dingin maupun musim panas. Selain itu, wilayah bioma taiga terbesar berada di Rusia, 5.800 km dari Samudera Pasifik hingga Pegunungan Ural.

Bioma gurun ditemukan di Afrika Utara (Gurun Sahara), Australia (Gurun Bali Besar) dan Asia Barat (Gurun Gobi). Ciri utama bioma gurun adalah curah hujan yang sangat sedikit, sehingga lingkungannya kering dan suhunya ekstrim. Ketika mendengar kata gurun pasti yang terbayang di benak anda adalah tempat yang sangat panas, biasanya memang demikian, namun suhu yang panas bukanlah ciri khas gurun, karena ada gurun yang bersuhu dingin seperti gurun antartika.

Baca Juga  Gerakan 30 September 1965/pki Dilakukan Dengan Tujuan

Tumbuhan Hutan Hujan Tropis: Keajaiban Keanekaragaman Hayati

Segala jenis tanaman bisa hidup di sana. Hanya tanaman yang beradaptasi dengan lingkungan kering yang bertahan, termasuk kaktus dan tanaman semusim seperti alang-alang, jujube, sagu hitam, dan semak kreosot.

Karena biasanya mempunyai akar yang panjang dengan jaringan bunga karang untuk penyimpan air dan jaringan parenkim untuk penyimpan air. Selain itu terdapat daun kecil atau duri untuk mengurangi penguapan air. Faktanya, tanaman kaktus memiliki kemampuan menyerap air saat musim hujan dan menghemat penggunaannya di musim panas.

Bioma padang rumput (stepa) ditemukan di Cina bagian utara, Asia tengah, dan Amerika Utara bagian barat.

Bioma padang rumput (stepa) memiliki tingkat curah hujan yang rendah, cukup untuk menahan air bagi tanaman seperti rumput dan tanaman lain sehingga mengurangi penguapan air.

Flora & Fauna Di Indonesia: Karakteristik & Contohnya

Biasanya tumbuhannya berukuran kecil, namun banyak juga yang tinggi dan besar, misalnya Titanka atau Pua Raimondi yang terdapat di Peru.

Bioma sabana ditemukan di Afrika tengah dan selatan, Brasil tengah, Australia utara, Nusa Tenggara timur, dan pantai barat Madagaskar. Bioma sabana memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Bioma ini sekilas mirip dengan bioma padang rumput, karena di kawasan tersebut banyak tumbuh rumput. Yang membedakannya dengan bioma padang rumput adalah kawasan bioma sabana ditumbuhi semak dan pepohonan seperti kayu putih, akasia, dan gebang.

, berdasarkan lima bioma, merupakan interpretasi sebaran fauna berdasarkan bioma tundra, taiga, gurun, padang rumput, dan sabana. Nah, soal sebaran faunanya ya? Simak pembahasannya dibawah ini,

Sebutkan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keragaman Jenis Flora Di Indonesia

Awalnya, naturalis, antropolog, dan biologi kelahiran Inggris Alfred Russel Wallace memelopori klasifikasi sebaran fauna dunia. Ia membagi fauna dunia menjadi enam jenis wilayah (regional). Namun kemudian wilayah ini berkembang menjadi sebelas wilayah seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagikan sebelas satwa liar di dunia? Ini termasuk Nitic, Neotropis, Palaarctic, Afrotropical, Oriental, Australia, Oceanic, Sahara-Arab, Sino-Jepang, Malagasi dan Panama.

Tidak bisa? Ya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesamaan iklim dan vegetasi, percampuran fauna akibat konsolidasi daratan sebelum zaman Pleistosen, serta adanya zona transisi (batas antar zona) yang memungkinkannya berpindah. fauna.

, mau tahu apa saja jenis fauna yang ada disetiap daerah tersebut? Di sini saja kita akan memeriksa lima dari sebelas wilayah distribusi satwa liar di dunia. Jadi kalian bisa menyaksikan pembahasan enam situs lainnya di ruang ujian ya?

Ragam Fauna Indonesia Bagian Timur

Daerah sekitarnya termasuk Amerika Utara (AS, Alaska, Kanada, Meksiko utara) dan Greenland. Arktik Dekat berisi beberapa bioma seperti taiga, padang rumput, dan hutan gugur.

Baca Juga  Tuliskan Langkah-langkah Untuk Mencari Makna Kata Kerukunan Pada Kbbi

, karena wilayah sekitarnya terletak di daerah bersuhu rendah, sebagian besar hewan yang hidup di wilayah ini memiliki bulu yang sangat tebal untuk melindungi mereka di musim dingin, seperti muskox dan kambing gunung.

Selain itu, terdapat jenis satwa liar lainnya seperti kalkun, bison, karibu, aligator Mississippi, buaya, dan kardinal merah. Eh, ada juga cukup banyak gurun di wilayah dekat Arktik ini, tepatnya Gurun Mojave, jadi ada satwa liar gurun seperti rubah, antelop, anjing hutan, dan singa gunung.

Zona Neotropis meliputi wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan (tanah Meksiko, Kepulauan Karibia, dan Florida). Iklim wilayah di Amerika Selatan ini sebagian besar tropis dan sedang. Hewan yang ditemukan di kawasan tersebut antara lain armadillo, alpaka, llama, kelelawar penghisap darah, piranha, anaconda, burung beo, dan katak pohon Brazil.

Alfred Russel Wallace: Pionir Ilmu Pengetahuan Dan Penjelajah Keanekaragaman Hayati

Palaearctic merupakan wilayah dengan wilayah terluas di antara wilayah lainnya. Zona Palaearctic meliputi benua Eropa, Rusia, dekat Kutub Utara, Himalaya, Kepulauan Inggris, Tibet, Cina bagian utara, Korea, Selat Bering, Afrika bagian utara, dan hampir seluruh Asia bagian barat.

Karena wilayahnya yang luas, faunanya juga sangat beragam dan hidup sesuai dengan kondisi kawasan dan kemampuan adaptasinya. Satwa liar termasuk panda, panda merah, unta, rusa, beruang kutub, yak, serigala dan kukang.

Kita juga bisa menyebut Zona Afrotropis Ethiopia. Wilayah ini ditemukan di sebagian besar Afrika (kecuali Afrika Utara dan gurun Sahara) dan di pulau-pulau di bagian barat Samudera Hindia. Hewan yang ada di kawasan ini sebagian besar merupakan hewan bertulang belakang (bertulang), seperti gajah afrika, jerapah, singa, hyena, lemur, zebra, gorila, babon, dan antelop.

Wilayah timur meliputi India, Indochina (Kamboja, Laos, Vietnam) dan Indomalaya (Malaysia, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Filipina). Kalau kita lihat wilayahnya, sebagian besar beriklim tropis ya. Selain itu, terdapat banyak hutan hujan tropis dengan keanekaragaman hayati terbesar.

Docx) Flora Fauna Indonesia

Primata (owa, orangutan, surili, siamang, lutung dan kera), satwa air tawar (lumba-lumba sungai Indus dan Gangga), mamalia besar (gajah, banteng, tapir, badak, rangkong) merupakan satwa yang umum ditemukan di wilayah timur. , Tupai raksasa India, kukang, aneka aves (burung cacar, kopi zika, batu bersiul).

Sekarang kita telah mengetahui apa saja jenis dan sebaran tumbuhan dan hewan yang ada di bumi berdasarkan bioma dan wilayah wilayahnya. Tentu saja jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di suatu daerah akan bergantung pada kondisi lingkungan di daerah tersebut,

Ok, materi kita kali ini sudah selesai. Semoga bermanfaat ya!

Faktor yang mempengaruhi flora dan fauna, faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di indonesia, faktor yang mempengaruhi flora dan fauna di indonesia, faktor yang mempengaruhi keberadaan flora dan fauna, faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna, keanekaragaman hayati di indonesia flora dan fauna, keanekaragaman flora dan fauna di indonesia, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna, faktor yang mempengaruhi persebaran flora fauna, keanekaragaman flora dan fauna, fauna dan flora indonesia, faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna