Apakah Yang Membuat Pantun Terdengar Indah Dan Enak Didengar – Kata-kata yang Anda cari semuanya ada di buku ini. Untuk konten yang lebih bertarget, klik di sini untuk melakukan pencarian teks lengkap.

Bab 11 Kebudayaan 147 1. Pantun Pada pelajaran sebelumnya anda telah mempelajari apa itu pantun. Tentunya Anda sudah mengetahui ciri-cirinya. Bantun merupakan salah satu karya sastra kuno yang termasuk dalam puisi lama. Ban Tun merupakan karya sastra masyarakat Melayu. Selain itu, Bantun juga menjadi alat komunikasi untuk menyampaikan keinginan. Agar banton tersebut terdengar indah dan menggugah emosi pendengarnya, maka banton tersebut dibuat berima dan berima. Coba baca contoh pantun di bawah ini! Anda bisa berbicara di rumput dan menghisap nektar. Hatimu yang gelisah lenyap. Perutmu yang lapar sudah kenyang. Pergi ke pasar di pagi hari. Beli sayuran dan daging sapi. Anda telah aktif belajar sejak Anda masih kecil. Kalau sudah besar nanti kamu menjadi mandiri B. Menulis Setelah memahami kalimat-kalimatnya, jawablah pertanyaan di bawah ini! 1. Apakah “Pantum” merupakan karya sastra? 2. Dari manakah rima berasal? 3. Apa fungsi pantun? 4.Mengapa pantun berima? 5. Bagaimana cara memperindah ritme dan membangkitkan emosi pendengar? Pelatihan 2. Pembuatan Bantun Bantun merupakan karya sastra kuno. Meski termasuk dalam karya sastra, namun Bantun berbeda dengan karya sastra lainnya. Hal ini dikarenakan pantun masih terikat aturan pada saat penciptaannya. Setelah Anda mempelajari dan memahami contoh-contoh rima di atas, kini cobalah membuat rima dengan kata-kata Anda sendiri. Tulis beberapa sajak yang menyenangkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berima adalah:

Apakah Yang Membuat Pantun Terdengar Indah Dan Enak Didengar

148 SD/MI Indonesia 4 a. Sebuah bait terdiri dari empat baris. b. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, dan baris ketiga dan keempat merupakan isi. A. Berima dengan abab. 3. Berbicara 1. Menyikapi Bantun Bagi masyarakat zaman dahulu, Bantun lebih dari sekedar karya sastra kuno. Pantun juga merupakan cara berkomunikasi dengan orang lain. Banyak di antara mereka yang saling bertukar pantun saat berkomunikasi. Hal ini cukup membuktikan bahwa tingkat kebudayaan masyarakat pada masa itu sudah sangat maju. Secara umum, orang-orang pada zaman dahulu akan bertukar pantun dengan orang-orang yang seumuran. Orang tua menanggapi sajak orang tua, dan anak menanggapi sajak anak. Bahkan, kini Anda bisa mempraktikkan budaya interrima. Anda dapat berlatih merespons pantun bersama teman sekelas Anda. Kegiatan ini bisa memberi Anda banyak manfaat. Salah satunya dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas Anda. Tugas: Membuat beberapa lagu anak-anak dengan tema “gigih mengejar ilmu”. Gunakan bahasa Anda sendiri! 2. Merespon rima dengan pengucapan dan intonasi yang benar Anda dapat melakukan aktivitas merespon rima. Syaratnya, Anda harus memahami dan memahami ciri-ciri pantun. Anda telah mempelajari ciri-ciri pantun pada sesi terakhir.

Baca Juga  Apa Maksud Beriman Kepada Allah Melalui Asmanya Jelaskan

Mudah] Cara Membuat Puisi Yang Bagus Dan Unsur Unsurnya

Bab 11 Budaya 149 Setelah mengetahui dan memahami ciri-ciri ritme, langkah selanjutnya adalah mencoba mempraktikkan aktivitas respon rima. Kegiatan respon prosodik harus dilengkapi dengan pengucapan dan intonasi yang benar. Contoh: Q: Buah yang berduri itu bukan mentimun. Pagar besinya kuat. Daripada duduk dan bermimpi. Jadi apa yang ada di dalamnya? Menjawab: Mentimun memang enak. Nikmati mereka duduk di teras. Duduklah sendiri dan jangan bermimpi. Lebih bermanfaat saat membaca Al-Quran. Tugas. Cobalah membaca pantun di bawah ini dengan pengucapan dan intonasi yang benar! Kemudian jawablah pantun tersebut secara lisan dalam bahasamu sendiri! Pertanyaan : Jawaban : Sarapan pagi ……………………………. …. .. .. .. .. Rendang ikan dengan terasi dan bumbu…………………… .. .. … …..Agar tidak mengalami kerugian di kemudian hari…………. …. …… …………. ………………………….. kita harus Kegiatan apa yang dilakukan? 1. Bagilah kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat siswa! 2. Berimalah dengan jawabannya! 3. Bacalah hasil tugas kelompok di kelas! D. Mendengarkan 1. Mendengarkan pengumuman yang dibacakan dengan lantang Pernahkah Anda mendengar pengumuman yang dibacakan dengan lantang? Pengumuman tersebut dapat dibaca di lingkungan sekolah, lingkungan komunitas, atau bahkan toko. Tujuan dari pembacaan pengumuman adalah untuk menginformasikan kepada penghuni lingkungan mengenai suatu hal. Untuk lebih memahami tentang pengumuman, diperlukan sebuah contoh. Dengarkan pengumuman di bawah ini dan salah satu teman Anda akan membacanya dengan cermat!

150 Tugas SD/MI 4 Bahasa Indonesia Coba sampaikan kembali apa yang baru saja kalian dengar tentang pengumuman “Pengorbanan HUT Ke-63 Kemerdekaan Republik Indonesia”! Kirimkan konten iklan dalam bahasa Anda sendiri! Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-63, besok Kamis, 17 Agustus 2008, seluruh siswa diwajibkan datang ke sekolah untuk mengikuti acara pengibaran bendera. Setelah panji, akan ada beberapa pertandingan yang dimainkan. Oleh karena itu, setiap kelas telah menyiapkan perwakilan kelas untuk mendaftar ke wali kelas masing-masing. Setiap perlombaan akan dijelaskan oleh kepala sekolah masing-masing kelas. Beginilah cara pengumuman itu ditafsirkan. Kami berterima kasih kepada semua siswa atas minat mereka. Pimpinan SDN 1 Masih Bergerak Maju Umar Bakri, S.Pd 2. Menyampaikan kembali isi pengumuman yang telah dibaca Seperti kita ketahui bersama, pengumuman pada dasarnya berisi berita. Pasti ada inti cerita dalam berita. Jika Anda membaca pengumuman tersebut dengan cermat, Anda dapat menemukan inti pesannya. Ketika Anda telah menyelesaikan aktivitas mendengarkan dan membaca pengumuman, langkah selanjutnya adalah mengomunikasikan apa yang Anda dengar. Sedangkan untuk meneruskan kembali isi pengumuman dapat dilakukan dengan memperhatikan intisari berita dalam pengumuman tersebut. Kemudian, komunikasikan kembali pesan tersebut dengan kata-kata Anda sendiri. Setelah mendengar contoh bacaan dari iklan di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini! 1. Apa cakupan bacaan dari iklan di atas? 2. Mengapa siswa harus datang ke sekolah? 3. Kapan kompetisi sekolah dimulai? 4. Siapa saja yang dapat didaftarkan oleh siswa sebagai perwakilan kelas? 5. Siapa yang mengumumkannya? kereta

Baca Juga  Nilai Mutlak Adalah

Bab 11 Budaya 151 ○○○○○○○○○○○○○○○○○○ ○○○○○○○○○○○○○○○○○○○ ○○○ ○○○○ ○○ ○ ○○○○○○○○○○○○○○○○○ ○ 1. Membaca intensif dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman terhadap wacana. 2. Bantun termasuk dalam daftar karya sastra kuno. 3. Pada zaman dahulu ritme digunakan sebagai alat komunikasi antar masyarakat. 4. Kegiatan gotong royong biasanya dilakukan dengan orang yang seumuran atau dengan teman. 5. Ciri-ciri pantun adalah sebagai berikut: satu bagian terdiri atas empat baris. b. Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, dan baris ketiga dan keempat merupakan isi. C. Berima dengan abab. 6. Secara umum pengumuman memuat berita tentang suatu hal. 7. Tujuan pembacaan pengumuman adalah agar sesuatu diketahui oleh penduduk suatu lingkungan. 8. Dalam menyampaikan isi pengumuman yang telah dibaca, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: mendengarkan baik-baik isi pengumuman. b. Mohon memperhatikan berita utama yang terdapat dalam pengumuman. C. Komunikasikan pesan dengan kata-kata Anda sendiri. Ringkasan 123456789012345678901234567890 123456789012345678901234567890 12345678901234567890123456789012345678901234567890 12345678 901234567890123456789012345678901234567890 901234567890 123456789012345678901234567890 Refleksi Apakah Anda sudah memahami dengan baik isi bab ini? Jika belum, jangan sungkan untuk bertanya kepada gurumu. Anda bisa belajar melalui sumber belajar lain seperti koran, majalah atau internet.

152 Bahasa Indonesia SD/MI 4 Selesai di buku kerja. A.Pilihlah jawaban yang paling benar! 1. Ritual Perang Pisang Tenganan merupakan salah satu… permainan anak Bali b. Salah satu ritual adat tahunan Bali Salah satu lagu daerah Bali d.Salah satu nama tokoh adat Bali 2. Upacara Perang Pisang Tenganan dilaksanakan sejak… a. Dua tahun yang lalu B. Beberapa bulan setelah hujan C. Di zaman modern D. Zaman nenek moyang mereka 3. Sebutan Kentongan khas Bali adalah… a. c.c. Kegagalan Teluk Kurkul D. klutuk 4. Kemumu jatuh serasi dari semak. Lanjutan yang benar dari penggalan puisi di atas adalah… a. Kesulitan dan kebahagiaan kita rasakan C. Meski ilmu setinggi status, hidup lebih bersinar. Mengapa tidak berdoa maksudnya b. Memutar roda sepeda D. Sejak kecil ia aktif mempelajari sungai. Ketika sudah dewasa, ia menjadi mandiri 5. Di bawah ini salah satu ciri pantun adalah… a. Bersajak b-a-b-a b. Satu bait terdiri atas empat baris c. Baris pertama dan kedua merupakan isi d. Baris ketiga dan keempat berjumlah 6 buah. Periklanan pada dasarnya terdiri dari… a. Berita tentang sesuatu C. Cerita masa lalu B. Donasi langsung D. Beberapa Pantun 7. Salah satu langkah dalam mengkomunikasikan isi pengumuman adalah… a. Mendengarkan pengumuman yang dibacakan b. Menunggu penjelasan dari orang lain C. Meminta klarifikasi dari pembaca iklan d. Simak baik-baik isi pengumumannya 8. Berikut contoh pengumuman dalam dunia bisnis… Pengumuman berita duka B. Pengumuman daftar harga C. Pengumuman anak hilang D. Pengumuman evaluasi pemenang○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○○ ○○○○○ ○○ ○○○○○○○○○○○○○○○○○ ○ ○ ○○○○○○○ ○ ○○○○○○○○○○○○ ○

Baca Juga  Jelaskan 3 Hal Yang Memperkuat Hubungan Dalam Suatu Keluarga

Pantun Nasihat Terbaik Yang Penuh Makna Mendalam

Bab 11 Budaya 153 9. Berat mobil tidak akan pernah berkurang. Ekspresi marah di hati sapi. Pikiran penasaran tidak pernah pergi. Seekor ayam terlihat memakai topi. Puisi di atas lebih cocok dibaca dengan nada… A. Happy Point Angry Bay Sad D. Surprise 10. Inilah kelebihan budaya interrima, yaitu… a. Menghilangkan permasalahan dalam hidup B. Meningkatkan pahala C. Meningkatkan imajinasi dan kreativitas D. Cari tahu ciri-ciri sahabat B dan isikan bagian yang kosong dengan benar! 1. Kegiatan membaca yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman wacana lebih dalam adalah… 2. Puisi berima…. 3. Baris ketiga dan keempat bait tersebut terdapat… 4. Iklan lowongan kerja, termasuk pengumuman di lingkungan… 5. Kegiatan saling berima sering dikaitkan dengan… 6. Manfaat melakukan kegiatan membaca intensif adalah. .. 7. Iklan yang isinya menceritakan sesuatu kepada masyarakat di suatu daerah tertentu dimasukkan dalam pengumuman… 8. Dalam satu bagian, nuansa Pantone terdiri dari garis-garis… 9. Setelah mendengarkan pengumuman, langkah selanjutnya adalah… 10. Pada zaman dahulu, pantun adalah… C. Ajukan pertanyaan di bawah ini! 1.

Dj yang enak didengar, musik yang enak didengar, murottal yang enak didengar, cara membuat suara enak didengar, lagu rohani yang enak didengar, yang enak didengar, sholawatan yang enak didengar, apakah pantun, lagu tiktok yang enak didengar, lagu enak yang didengar, lirik lagu yang enak didengar, equalizer yang enak didengar