Bagaimana Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan – KOMPAS.com – Lari dan jogging adalah dua hal yang berbeda. Ketika kita berpikir tentang lari, yang terlintas di benak kita mungkin adalah lari 5K, 10K, atau lainnya.

Lari kemudian dianggap sebagai aktivitas jarak jauh yang membuat kita banyak berkeringat dan badan menjadi lelah.

Bagaimana Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan

Sedangkan lari cepat menggunakan lebih banyak emosi. Sprint adalah cara kita berlari dengan kecepatan penuh dan dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit.

Manfaat Stride Run Setelah Long Run

Direktur Kebugaran Kesehatan Pria dan Pelatih Bersertifikat, Ebenezer Samuel, C.S.C.S. Meski begitu, lari sebenarnya adalah sebuah perlombaan di mana kita mempercepat tubuh kita dan mengerahkan upaya terbaik dalam setiap langkah.

Berlari selama beberapa detik dapat membantu sesi lari kita. Namun berlari bukanlah hal yang mudah.

Berlari mendorong tubuh untuk mengaktifkan serat otot yang berbeda, mengaktifkan serat otot ‘fast twitch’ sebagai penguat serat otot ‘slack’ yang menjaga daya tahan lari.

Sedangkan serat otot yang bergerak lambat lebih efisien karena menggunakan oksigen untuk menghasilkan energi dalam bentuk adenosin trifosfat (ATP) yang menopang kontraksi otot lebih lama.

Squat Thrust Merupakan Salah Satu Bentuk Latihan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Maret 2018 menemukan bahwa enam sesi latihan sprint singkat dapat meningkatkan performa lari, bahkan ketika kita sudah melakukan rutinitas tersebut selama bertahun-tahun.

“Latihan balap berdampak signifikan terhadap performa lari dan meningkatkan kemampuan kita berlari dalam jangka waktu lama,” kata Samuel.

Namun, berlari bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan cara ini. Apalagi jika saat ini Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk di belakang meja dan bekerja.

Pelari jarak jauh cenderung tidak melakukan gerakan lengannya saat berlari. Pasalnya, dengan menjaga posisi tubuh bagian atas tetap diam, pelari dapat menghemat energi.

Cara Meningkatkan Kecepatan Berlari

Namun, lari bukan soal menghemat energi, tapi soal seberapa cepat kita bisa berlari. Berbagi tangan dapat membantu meningkatkan kecepatan. Jadi, cobalah belajar melenturkan lengan sekuat dan seagresif mungkin untuk membantu kecepatan lari Anda.

Baca Juga  Perbedaan Wirausaha Dan Kewirausahaan

Kombinasikan ini dengan gerakan kaki yang kuat karena tubuh bagian atas dan bawah lebih terhubung dari yang Anda kira.

Inilah salah satu cara yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk latihan: Duduklah di lantai dengan kaki di depan Anda, kontraksikan otot inti Anda.

Tanpa menggerakkan kaki, gerakkan lengan secepat dan sekuat tenaga hingga bokong mulai terangkat dari lantai dan tubuh hampir condong ke depan.

Inilah Jenis Olahraga Dan Gerakan Gerakan Yang Dapat Melatih Kecepatan Tubuh

Lakukan latihan ini selama 30 detik dan istirahat selama 30 detik selama 5 menit setiap beberapa hari untuk meningkatkan efisiensi lengan Anda saat berlari.

Jika Anda termasuk tipe pelari yang cenderung “melayang” di trotoar, Anda perlu mulai mengubahnya agar bisa berlari lebih cepat.

Berlari mengharuskan kaki kita mendarat di permukaan pada setiap langkah. Langkah-langkah ini membantu kita mendapatkan energi ekstra untuk setiap langkah.

Proses ini melibatkan otot betis yang bertindak sebagai pegas. Semakin kita mendorong, semakin besar hambatan yang ada untuk bergerak maju.

Mengenali Apa Itu Interval Training Dan Contoh Latihannya

Lutut juga penting untuk menunjang lari. Panjang lutut Anda bergantung pada cara Anda bergerak tanpa memutar panggul ke depan.

10 langkah panjang dengan teknik yang tepat akan lebih efektif dibandingkan 10 langkah cepat tanpa menyentuh permukaan.

Sebagai latihan, coba angkat lutut ke atas bergantian kiri dan kanan selama 30 detik dan lakukan tiga kali sebelum berlari atau berolahraga.

Bila hal ini terjadi, maka pergerakan betis depan akan semakin agresif. Ini juga membantu Anda mendapatkan pijakan yang kokoh di permukaan.

Pengertian Dan Contoh Latihan Daya Tahan

Otot inti atau core merupakan bagian yang penting jika ingin berlari. Otot inti yang kuat memungkinkan gerakan lengan lebih kuat dan gerakan kaki lebih alami.

Anda memerlukan postur tegak dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk setiap langkah. Postur tubuh yang benar dan stabil akan mempengaruhi performa lari Anda.

Lakukan pemanasan singkat dengan berlari selama 10 menit, lalu lari sekuat tenaga mengelilingi suatu bagian lapangan sepak bola (sekitar 9 meter), fokus untuk bergerak maju.

Kembali ke titik awal dan ulangi. Kemudian tingkatkan jarak lari Anda menjadi sekitar 18 meter, lalu kembali ke posisi awal dan ulangi.

Berikut Ini Contoh Latihan Kelincahan Yangbenar Adalah…push Upsit Upangkat Barbellari Bolak Balik

Ulangi proses ini hingga Anda mencapai 50 yard atau 45,7 meter. Kemudian istirahat selama 4 menit dan lakukan dua kali.

Kemudian mulailah jogging secepat mungkin selama 20 detik, lalu 1 menit, lakukan langkah ini sebanyak empat kali, lalu jogging selama 5 menit.

Baca Juga  Teknik Yang Digunakan Untuk Membuat Kerajinan Eceng Gondok Adalah

Dapatkan berita terkini dan berita terhangat pilihan dari Kompas.com setiap hari. Yuk gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita Terkait Mana yang Lebih Efektif, Sprint, HIIT, atau Lari Sedang? Melawan Penuaan dan Kanker, Ini 6 Manfaat Lari Bagaimana Cara Meningkatkan Jarak Lari? 25 Aturan Emas Latihan Kecepatan Lari merupakan bagian penting dalam lari. Latihan lari cepat biasanya berupa latihan interval, fartlek, dan pengulangan bukit.

Latihan Kelincahan Ini Bisa Bikin Kamu Makin Sehat Dan Gesit

Dalam konteks lari, latihan kecepatan merupakan serangkaian latihan yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan daya ledak pelari.

Artinya, dengan latihan kecepatan, kita akan memiliki kecepatan lari yang lebih baik, ketahanan terhadap kelelahan (anaerobik), dan kemampuan mempertahankan kecepatan dalam waktu yang lama.

Latihan kecepatan membantu meningkatkan kecepatan lari maksimal kita. Jenis latihan ini memungkinkan tubuh kita beradaptasi dan menjadi lebih efisien saat berlari dengan kecepatan tinggi.

Latihan kecepatan juga membantu otot terbiasa berlari lebih cepat. Hal ini dapat memberikan manfaat dalam berlari, akselerasi dan kemampuan manuver saat kita berlari.

Squat Thrust Adalah Bentuk Latihan Fisik Tanpa Memerlukan Alat, Ini Pengaruhnya

Kecepatan lari yang baik juga meningkatkan teknik lari, koordinasi tubuh, postur tubuh dan keseimbangan kita saat berlari. Dalam jangka panjang, hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi mobilitas tubuh dan mengurangi risiko cedera saat berlari.

Selain itu, lari yang teratur akan mengembangkan kekuatan mental, fokus, dan disiplin yang dibutuhkan untuk menjadi pelari yang lebih baik.

Kecepatan dapat memberikan keunggulan kompetitif yang sangat besar, termasuk bagi para pelari. Jika kita memiliki kecepatan yang baik saat berlari, kita mempunyai peluang lebih besar untuk menyelesaikan lomba dalam waktu yang baik.

Kecepatan berkaitan erat dengan waktu reaksi. Pemain dengan kecepatan yang baik dapat dengan cepat merespons perubahan situasi dan mengambil tindakan yang tepat. Jawaban yang baik akan memungkinkan kita beradaptasi dengan situasi terkini dengan cepat.

Macam Tempo Run Untuk Melatih Fisik Pelari

Pelari cepat mempunyai teknik yang lebih baik dan gerakan tubuh yang lebih efisien. Hal ini dapat membantu mengurangi energi yang terbuang, sehingga kita dapat berlari lebih lama dan lebih jauh.

Kecepatan tinggi dapat menciptakan tekanan dan mengintimidasi lawan. Ketika seseorang mempunyai kecepatan yang lebih baik dari lawannya dalam suatu perlombaan, hal tersebut dapat mengganggu rencana, pemikiran, dan strategi lawan.

Latihan kecepatan dapat memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Latihan kecepatan membakar lebih banyak kalori, meningkatkan fungsi pernafasan, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.

Baca Juga  Berikan Contoh Makanan Hewani Dan Nabati

Latihan kecepatan biasanya dilakukan setelah fase dasar atau saat level stamina sudah mencapai level yang baik. Artinya kita harus melatih stamina terlebih dahulu sebelum mulai melatih kecepatan.

Deretan Latihan Untuk Meningkatkan Daya Ledak

Latihan membangun kecepatan sebaiknya dilakukan pada saat tubuh kita dalam keadaan baik dan sehat. Jika Anda sedang dalam masa pemulihan dari cedera atau telah melakukan latihan intensif lainnya, sebaiknya hindari membebani tubuh Anda dengan latihan intensitas tinggi.

Selain itu, latihan kecepatan perlu dilakukan secara merata saat latihan untuk perlombaan. Latihan kecepatan tidak boleh terlalu jauh atau terlalu dekat dengan hari perlombaan.

Terakhir, setiap pelari memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Beberapa pelari mungkin memerlukan lebih banyak latihan kecepatan untuk meningkatkan kecepatannya, sementara pelari lainnya mungkin memerlukan lebih banyak latihan kekuatan.

Secara umum, latihan kecepatan harus menjadi bagian rutin dari setiap program olahraga yang Anda adakan.

Bahan Ajar Pages 1 4

Dalam latihan kecepatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan latihan yang kita lakukan efektif dan aman. Di sini Anda perlu memperhatikan.

Pemanasan yang baik penting sebelum memulai latihan kecepatan. Pemanasan sebaiknya mencakup gerakan-gerakan berat seperti jogging lambat, lompat pendek, dan jalan kaki untuk mempersiapkan tubuh secara fisik dan mental.

Teknik lari yang baik penting saat melatih kecepatan. Fokus pada postur tubuh lurus, lengan di depan dan belakang, langkah yang baik, dan pendirian yang benar.

Mulailah dengan kekuatan yang sesuai dengan kemampuan Anda lalu tingkatkan secara bertahap. Jangan mencoba berlari dengan kecepatan tinggi sekaligus tanpa membangun tubuh secara bertahap, karena dapat meningkatkan risiko cedera.

Bentuk Latihan Kebugaran Untuk Meningkatkan Kelincahan Adalah Latihan Fisik

Kecepatan saat latihan hendaknya disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan masing-masing pelari. Jangan berolahraga terlalu cepat karena dapat menyebabkan kelelahan berlebihan dan risiko cedera.

Setelah pelatihan, berikan banyak waktu untuk pemulihan. Meregangkan otot dan melakukan pendinginan dengan benar setelah berolahraga dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan mempercepat pemulihan.

Selain itu, jangan langsung duduk setelah lari karena bisa berbahaya bagi jantung dan tubuh setelah lari cepat.

Baca juga: Alasan Tidak Langsung Duduk Setelah Lari adalah karena tubuh bisa menjalani proses pendinginan dan mengembalikan darah ke jantung. | Jangan langsung duduk setelah berlari.

Bentuk Latihan Daya Tahan Yang Bagus Untuk Kebugaran

Ubah kecepatan latihan untuk mencegah kelelahan, dan berikan stimulus berbeda pada tubuh. Bergantian antara lari interval, lari fartlek, dan latihan kecepatan tinggi lainnya.

Baca Juga Cara Melatih Kecepatan/Kecepatan Lari 10km (Lompat 500an) | Latihan kecepatan 10 km dan 500 lompatan untuk meningkatkan kecepatan lari selama lari 10 km. | Lompat 500.

Apa latihan untuk meningkatkan kecepatan? Ada beberapa jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan lari. Berikut beberapa contoh latihan yang dapat membantu meningkatkan kecepatan.

Latihan interval misalnya seperti lari cepat 100 meter, dilanjutkan jalan kaki atau jog break selama 30-60 detik, sebelum lari lagi.

Presentasi Penjasorkes Program Latihan Kebugaran Jasmani.

Fartlek adalah latihan cepat yang menggabungkan lari dan joging ringan dalam interval tidak teratur. Latihan fartlek membantu meningkatkan kecepatan, kekuatan otot.

Latihan meningkatkan kecepatan bersepeda, jelaskan bentuk latihan kecepatan anggota tubuh, bentuk bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan, bentuk bentuk latihan kecepatan, bagaimana cara meningkatkan kecepatan membaca, latihan meningkatkan kecepatan lari, latihan untuk meningkatkan stamina, bentuk bentuk latihan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan adalah, salah satu bentuk latihan kecepatan adalah, sebutkan bentuk bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan, latihan meningkatkan kecepatan