Batas Laut Papua – Diketahui bahwa untuk menentukan batas maritim antara pulau Papua dan Maluku, Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu. Pulau Papua adalah salah satu pulau Indonesia yang terletak di bagian paling timur Indonesia. Dengan luas 420.054 kilometer persegi untuk Pulau Papua dan 74.505 kilometer persegi, pulau ini memiliki batas laut sebagai berikut.

Batas maritim Papua dan Maluku di sebelah selatan merupakan batas lateral Laut Arafuru. Jika dapat dilihat dari sisi barat, sisi selatan dapat dilihat di atau dekat Laut Arafuru. Bagian selatan ini sebenarnya mengelilingi Pulau Papua yang berbatasan langsung dengan Laut Arafuru.

Batas Laut Papua

Batas laut di pulau Papua pertama kali berada di bagian utara Papua. Dengan kata lain berbatasan dengan Laut Filipina dimana bagian utara merupakan batas laut yang sampai ke Filipina.

Selayang Pandang Provinsi Baru

Di wilayah utara juga terdapat berbagai jenis lahan seperti hutan. Ya, seperti pulau lainnya, di wilayah Papua terdapat hutan, karena wilayah tersebut berupa bentang alam yang luas.

Hutan yang terdapat di Papua sebagai negara ini hanyalah salah satu hutan Papua, dimana hutan ini merupakan hutan pertama dan satu-satunya hutan Indonesia dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Oleh karena itu, harus dirawat dan dipelihara.

Batas laut antara Papua dan Maluku berada di sebelah barat yaitu batas antara Laut Arafuru dengan Laut Banda. Untuk perbatasan bagian barat ini, pulau papua terhubung dengan beberapa laut di sekitar pulau papua seperti laut arafuru dan laut banda.

Namun pada batas maritim Papua dan Kepulauan Maluku, Kepulauan Maluku di sebelah barat dikelilingi oleh Laut Arafuru dan Laut Banda. Di pulau Papua ada Laut Arafuru dan Laut Banda di perbatasan barat, dan di pulau Maluku juga sama. Dengan kata lain, posisi perbatasan Maluku dan Papua di sebelah barat adalah sama.

Econusa Balitbangda Dorong Kaum Muda Kompetisi Di Ajang Ilmuwan Muda Papua 2021

Di bagian selatan pulau Maluku merupakan perbatasan laut dengan pulau. Artinya, tentang Laut Banda di bagian selatan saja. Sisi lain Pulau Papua berbatasan dengan Arafuru di selatan. Batasannya cukup ketat, itu benar.

Baca Juga  Yang Bukan Merupakan Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia Dan Lingkungan Yaitu

Bagian timur pulau New Guinea merupakan perbatasan laut dengan pulau masa depan, dimana jalur ini disebut Samudera Pasifik. Dengan kata lain, Pulau Papua sebenarnya terhubung dengan salah satu lautan tersebut. Berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Selain itu, batas laut Pulau Papua dan Maluku di sebelah selatan merupakan batas lateral Laut Arafuru. Jika dapat dilihat dari sisi barat, sisi selatan dapat dilihat di atau dekat Laut Arafuru. Bagian selatan ini sebenarnya mengelilingi Pulau Papua yang berbatasan langsung dengan Laut Arafuru.

Selain perbatasan laut, terkadang terdapat dataran rendah yang memanjang hingga ke perairan pulau Papua. Salah satunya adalah pulau Papua di pesisir selatan Papua. Dataran rendah adalah daratan yang mengarah ke laut, tidak seperti dataran yang naik ke pegunungan. Sekarang, pantai itu dekat dengan laut.

Jual Buku Original Wawasan Nusantara

Batas pulau Papua disebut air surut Papua. Yakni, dataran rendah di Teluk Papua. Seperti diketahui, Teluk Papua terletak di pesisir selatan Papua Nugini. Dengan demikian, terlihat bahwa Pulau Papua berbatasan dengan pantai.

Saat ini arah Pulau Maluku dari utara berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi. Setelah pulau Papua, Maluku kini menjadi perbatasan laut pertama, yaitu laut di Pulau Sulawesi bagian utaranya.

Di sebelah timur adalah pulau Maluku yang merupakan perbatasan laut dengan Laut Halmahera. Untuk perbatasan, Papua berbatasan dengan salah satu lautan ini. Dengan begitu, perairan Halmahera terhubung dengan Pulau Maluku.

Sama halnya dengan Pulau Maluku yang dikelilingi oleh daratan di sebelah utara yaitu Laut Seram, sebelah selatan berbatasan dengan Timor Leste dan Laut Arafuru, sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini, dan sebelah barat berbatasan dengan pulau Sulawesi. .

Batas Wilayah Indonesia: Astronomis Dan Geografis

Batas-batas tersebut tidak hanya batas laut, tetapi juga batas darat antara pulau Maluku dan Papua. Dengan cara itu, beberapa perbatasan laut dan darat dikelilingi oleh lautan atau pulau-pulau pesisir.

Batas maritim antara pulau Papua dan Maluku ini adalah posisi bintang, yaitu 0 derajat 20′ Lintang Selatan hingga 10 derajat 42′ Lintang Selatan. Dan berada di antara 131 derajat bujur timur (BT) dan 151 derajat bujur timur (BT). Oleh karena itu, wilayah maritim kepulauan Papua dan Maluku dikelilingi banyak lautan.

Semua itu merupakan pertanda dari keadaan geografis pulau Maluku dan pulau Papua yang dikenal memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit. Namun, tanahnya cukup luas untuk dinikmati masyarakat Papua dan Maluku. Perbatasan telah menjadi salah satu bidang terpenting dalam pemerintahan.

Baca Juga  Komponen-komponen Yang Harus Ada Dalam Hubungan Internasional Kecuali

Bagaimana cara menambah berat badan bayi yang bugar dalam 1 bulan? 5 Cara Menghitung Tipe Rumah dan Pertimbangan Harga JAKARTA, – Batas laut Indonesia dengan 10 negara tetangga tidak ditentukan. Penetapan batas laut memerlukan kesepakatan antara negara-negara yang terlibat, sehingga akan memakan waktu. Perjanjian perbatasan harus dirundingkan dengan hati-hati, karena begitu perjanjian disepakati, perjanjian itu mengikat dan tidak dapat diubah.

Indonesia Kirim Nota Diplomatik Ke Papua Nugini Atas Penembakan Nelayan — Benarnews Indonesia

Ada tiga jenis batas laut yang diatur dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) tahun 1982, yaitu laut teritorial, landas kontinen, dan zona ekonomi eksklusif (ZEE). Negara memiliki hak untuk mengklaim perairan teritorial hingga 12 mil laut dari perbatasan mereka. Selain itu, negara berhak mengklaim wilayah selebar 200 mil laut dari perbatasan, yaitu permukaan laut (ZEE) dan laut (landas kontinen).

Di wilayah laut tersebut, negara memiliki hak atas properti nyata di sana, dan pengelolaannya mandiri. Sumber daya kawasan ZEE yang meliputi perikanan dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sumber daya landas kontinen digunakan dalam kaitannya dengan sumber daya mineral oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Laut teritorial seluas 12 mil laut dari perbatasan semula memberikan Indonesia hak untuk mengklaim empat negara yang memiliki hak yang sama atas wilayah tersebut. Keempat negara tersebut adalah Malaysia, Singapura, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Zona ZEE dan garis daratan 200 mil laut dari garis pangkal yang berhak diklaim Indonesia saat ini, bertentangan dengan klaim sembilan negara tetangga, termasuk Australia, Filipina, India, Malaysia, Palau, Papua Nugini, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

Batas Wilayah Indonesia

Gambar kapal sandar di pelabuhan utama Pelabuhan Tanjung Priok yang dioperasikan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Data Kementerian Luar Negeri Indonesia menunjukkan bahwa hingga Januari 2019, 55,88 persen dari total panjang batas laut teritorial Indonesia belum ditentukan. Ada pula 45,35 persen panjang batas ZEE dan 29,22 persen panjang batas darat belum selesai.

Laut teritorial Indonesia seluas 12 mil laut diklaim oleh empat negara, Malaysia, Singapura, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Sejak 1969, Indonesia telah menyepakati 18 perjanjian perbatasan dengan delapan negara tetangga, yang sebagian besar mencakup landas kontinen atau wilayah laut, karena bukan negara yang rawan konflik akibat pertambangan.

Baca Juga  Pada Periode 1959-1966 Dikenal Sebagai Periode

Batas Laut Indonesia: Laut Teritorial, Batas Landas Kontinen, Dan Zona Ekonomi Eksklusif (zee)

Dulu, nelayan umumnya bekerja di perairan teritorial dan jarang berkelana ke ZEE. Saat ini, nelayan bisa menjangkau wilayah laut yang jauh dari daratan, sehingga lebih cepat mengidentifikasi wilayah yang terkena ZEE. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia merupakan negara yang paling maju dalam penyelesaian masalah perbatasan.

Dalam merundingkan kesepakatan batas laut, perhatian utama Indonesia adalah melimpahnya sumber daya di kawasan, seperti minyak, ikan, dan pengetahuan navigasi. “Setelah mengumpulkan informasi itu, kami akan memberikan perbatasan yang dapat ditetapkan secara hukum. Jika sumber daya tidak banyak, misalnya, kami tidak boleh berjuang (memperjuangkan hak teritorial kami),” kata Direktur Hukum dan Internasional. Kesepakatan oleh Kementerian Luar Negeri, Damos Agusman dalam pertemuan di kantornya. di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Di wilayah yang batas lautnya tidak jelas, terutama di wilayah yang tumpang tindih klaim teritorial beberapa negara, dapat terjadi konflik antar negara yang memiliki kepentingan ekonomi. Penegakan hukum lebih mudah jika batas laut jelas.

“Dengan batas yang jelas, penegakan hukum tidak masalah. Ekonomi tidak masalah. Kita (Indonesia) tentu punya cadangan minyak di perbatasan. Kalau perbatasan jelas, akan lebih aman dan nyaman.” melakukan hal-hal di sana,” kata Damos.

Crossword Ips Online Exercise For 8

“Kita juga lebih mudah menegakkan hukum untuk kejahatan transnasional dan perdagangan manusia, misalnya, karena kewenangannya jelas. Di mana batasnya tidak jelas, kewenangannya juga tidak jelas,” lanjut Damos.

Namun, gangguan tidak terlihat di mana-mana di mana batas laut tidak jelas. Indonesia, misalnya, tidak memiliki kesepakatan batas laut dengan Timor Leste, tetapi tidak pernah berkonflik dengannya. Sengketa batas laut di Filipina tidak jarang terjadi.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menekankan pentingnya negosiasi dan penerapan pengaturan independen antar negara yang memiliki klaim batas laut. Dalam regulasi itu bisa mengatur, misalnya bagaimana pemanfaatan sumber daya laut.

Hikmahanto mencontohkan, misalnya Indonesia dan Vietnam tidak memiliki kesepakatan batas ZEE atau peraturan sementara yang mengatur kegiatan di wilayah yang tumpang tindih. “Akibatnya, nelayan Vietnam bisa menangkap ikan di wilayah yang dicakup dan akan dianggap illegal fishing oleh otoritas Indonesia. Terakhir,” ujarnya.

Kondisi Geografi Pulau Papua Dan Maluku Berdasarkan Peta

Dalam pengaduan tersebut, kedua pihak berwenang mengatakan bahwa mereka memiliki kekuatan untuk melindungi tanah mereka atau kegiatan para nelayan mereka. “TNI AL KRI Tjiptadi-381 menganggap kewenangannya sendiri untuk melakukan penyitaan terhadap kepala nelayan Vietnam. Namun di sisi lain, otoritas Vietnam termasuk kapal Viet Nam Coast Guard (menyebabkan Kabupaten).

Batas wilayah laut indonesia, batas laut sumatera, batas laut indonesia, batas laut internasional, batas laut, batas laut pulau sumatera, laut papua, batas wilayah papua barat, batas wilayah laut, peta batas laut indonesia, batas negara papua nugini, batas laut teritorial