Batas Laut Pulau Sulawesi – Pulau Sulawesi atau dalam bahasa Inggris Celebes adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Kepulauan Sulawesi dikenal dengan berbagai fauna endemik yang eksotik dan langka seperti babirusa, tarsius, anoa, maleo dan masih banyak lagi lainnya.

Secara astronomis, Pulau Sulawesi terletak pada 2°08′ LU dan 170° 17′ BT, dengan luas 174.600 km². Sedangkan kondisi geografis Pulau Sulawesi pada peta meliputi batas wilayah, laut dan daratan, nama pantai, laut, dataran rendah dan pegunungan.

Batas Laut Pulau Sulawesi

Pertanyaan baru dalam bahasa lain 26. Berikut adalah contoh seorang murid Kristus yang membawa kedamaian dengan meninggalkan dirinya sendiri dan menjadi teladan bagi orang lain, seperti A. Harsoni yang menghabiskan sisa hidupnya membaca Alkitab B. Alkarib meninggalkannya pekerjaan menjadi pelayan gereja C. Benhur menjual semua kekayaannya untuk membiayai pemberitaan Injil D. Yoko menolak semua keinginannya untuk minum alkohol E. Benito mengajak Yoko untuk mengikuti kegiatan rohani di gereja27. Berikut contoh seorang murid Kristus yang memberikan hidupnya untuk selalu mengikut Yesus, yaitu … A. Novi menerima segala cemoohan karena menjadi pengikut Kristus B. Lian hidup sederhana agar bisa berbagi. dengan anak yatim piatu C. Anita bekerja keras demi kelangsungan hidup keluarganya D. Zusanne bersedia berganti pekerjaan untuk digantikan oleh orang lain E. Merry meninggalkan keluarganya untuk mengabarkan Injil ke suku-suku yang jauh. …. A. Neni menerima hukuman atas pelanggarannya B. Masni melupakan semua masa lalunya yang penuh dosa dan kotor C. Kusnidar tidak dapat membayar kerusakan yang disebabkan oleh orang-orang di sekitarnya D. Daniel mempertahankan hubungannya dengan Lilis karena cinta yang tulus E 29 Menjadi murid Kristus hari ini berarti …. A. hidup sederhana dan miskin B. meninggalkan semua pekerjaan C. menunggu akhir dunia D. mengikuti Yesus sepanjang hidupmu E. untuk melakukan kebenaran agar tidak menjadi dosa 30. Satu-satunya alasan menjadi pengikut Kristus di tengah dunia ini adalah …. A. orang telah meninggalkan dosa dalam hidupnya B. tidak ada orang lain yang akan memimpin pencarian yang benar arti kata yang mengikuti kata dan menempatkannya dalam bentuk jamak 1.Der textmarker 2.Der klassensprecher 3.Der schulleiter 4 .Der zettel 5.Der br … ief 6.Der calendar 7.Der atlas 8.Der boden 9 .Der plafond 10.Der ventilator 11.Der rock 12.Der hut 13.Der feder 14.Der taschenrechner 15.Der drucker 16 .Der schrank 17.Der sessel 18.Der papierkorb 19.Der abfalleimer 20.Der FRIEND raum PLEASE TOLONG BANTU JAWAB YA KAK!!!​ Merubah bentuk benda gas menjadi padat, contoh …. a. kristal belerang pada dinding kawah b. kapur baru d. tetesan embun pada daun. dikumpulkan besok plissss Peta Sulawesi – Sulawesi merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia dan keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan dan Sumatera. Pulau ini juga dikenal sebagai Sulawesi. Nama ini pertama kali digunakan oleh Portugis.

Baca Juga  Hubungan Antara Jatuhnya Malaka Dan Ramainya Pelabuhan Di Banten Adalah

Tolong Semua Nya Dijawab Ya Poinnya Banyak Tapi Jawabnya Yang Tepat Dan Benar Ya, Kalau Nggak Bisa

Dengan luas 174.600 kilometer persegi, Pulau Sulawesi saat ini dihuni sekitar 19 juta jiwa. Penduduk pulau ini terdiri dari beberapa suku yang didominasi oleh suku Bugis dan Toraja.

Wilayah administrasi di Pulau Sulawesi terdiri dari 6 bagian. Berikut ini adalah bagian pulau Sulawesi dan nama ibukotanya:

Pulau Sulawesi termasuk dalam kawasan Asia Tenggara dan terletak pada koordinat 2 derajat 8 menit LU (Lintang Utara) dan 120 derajat 17 menit Bujur Timur (Bujur Timur). Dalam konteks nusantara, pulau ini termasuk dalam Kepulauan Sunda Besar.

Bentuk pulau Sulawesi sangat unik. Beberapa orang mengatakan bentuknya menyerupai anggrek dengan semenanjung yang panjang dan rata. Namun jika dilihat dari peta, bentuk pulau Sulawesi terlihat seperti huruf “K”.

Berdasarkan Paragaraf Tersebut Dapat Disimpulkan B

Selain perbatasan laut, Pulau Sulawesi juga memiliki perbatasan darat yang meliputi Pulau Kalimantan di sebelah barat, Filipina di sebelah utara, pulau Maluku di sebelah timur, serta pulau Flores dan Timor di sebelah selatan.

Tanjung dan teluk merupakan landmark yang banyak dijumpai di Pulau Sulawesi. Ada tiga teluk besar yang cukup terkenal yaitu teluk Tomoi, Tolo dan Bone. Tiga teluk memisahkan semenanjung utara (Semenanjung Minahasa), semenanjung timur, barat dan selatan.

Pulau Sulawesi memiliki garis pantai yang panjang. Bagian tengah pulau bergunung-gunung, dan titik tertingginya 3478 meter di atas permukaan laut. Di pulau ini terdapat Selat Makassar yang dikenal dengan Garis Wallace yang memisahkan spesies hewan di Indonesia bagian timur dan barat.

Bagian dalam Pulau Sulawesi berupa pegunungan tinggi yang sebagian besar bersifat non vulkanik. Terdapat gunung berapi aktif di semenanjung utara Sulawesi yang memanjang dari utara hingga Kepulauan Sangihe, seperti Gunung Lokon, Gunung Awu, Gunung Soputan, dan Gunung Karangetang.

Baca Juga  Bahasa Dari Surat Pribadi Bersifat

Melihat Kondisi Geografis Pulau Sulawesi

Saat ini Indonesia secara administratif terbagi menjadi 34 provinsi, 6 diantaranya berada di Pulau Sulawesi, yaitu:

Selain pulau besar, provinsi di Sulawesi juga mencakup pulau-pulau kecil dan gugusan pulau di sekitarnya, seperti Kepulauan Selayar, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Kepulauan Togean, Kepulauan Banggai, Kepulauan Buton, dan Kepulauan Peleng.

Kepulauan Selayar, bagian dari provinsi Sulawesi Selatan, membentuk semenanjung yang membentang dari bagian barat daya Sulawesi hingga Laut Flores. Pulau Sangihe dan Talaud yang membentang dari utara ke timur laut merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara.

Sedangkan Pulau Buton dan pulau-pulau sekitarnya merupakan bagian dari provinsi Sulawesi bagian tenggara. Gugusan pulau antara Sulawesi dan Maluku yang meliputi Kepulauan Togean di tengah Teluk Tomini, Pulau Peleng dan Kepulauan Banggai merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Tengah.

Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta​

Dengan garis geografis yang terdiri dari pegunungan, lembah dan danau, penduduk pulau sulawesi terdiri dari berbagai suku bangsa. Di Sulawesi Selatan sebagian besar penduduknya berasal dari suku Bugis, sedangkan Sulawesi Utara didominasi oleh suku Minahasa.

Menurut teori rekonstruksi lempeng, pulau Sulawesi terbentuk dari proses tumbukan antara lempeng Asia dan lempeng Australia dengan busur kepulauan yang semula berada di Samudera Pasifik. Tabrakan diperkirakan terjadi antara 13 dan 19 juta tahun yang lalu.

Akibat proses tumbukan tersebut, bagian “perut” pulau Sulawesi memiliki lanskap pegunungan, banyak sungai, besi dan emas. Pulau ini juga merupakan pulau dengan geologi paling kompleks dan unik di dunia.

Pulau di sepanjang pulau Kalimantan ini memiliki keunikan tersendiri dari sebagian besar pulau lain yang terdapat di kawasan biogeografis Wallace. Pulau ini tidak sepenuhnya samudera, melainkan pulau komposit di zona tabrakan antara Asia dan Australia.

Workshop Masa Depan Provinsi Kepulauan

Sementara itu, ahli geologi lainnya mengatakan bahwa pulau Sulawesi sebenarnya pernah bersatu dan kemudian terpisah akibat tumbukan lempeng benua. Tabrakan ini memisahkan Sulawesi Barat dari Tanah Sunda pada masa Eosen atau kurang lebih 45 juta tahun yang lalu.

Selanjutnya, pada masa Miosen awal atau sekitar 20 juta tahun yang lalu juga terjadi dorongan ke arah timur. Tabrakan ini melibatkan beberapa fragmen mikrokontinental yang terpisah dari pulau New Guinea dengan margin vulkanik aktif di Sulawesi Barat.

Baru-baru ini, muncul hipotesis baru yang menyatakan bahwa fragmen tambahan tersebut merupakan hasil tumbukan antara Sulawesi Barat dan Titik Sula yang merupakan ujung barat sabuk lipatan Variscan purba. Tabrakan terjadi selama Miosen.

Baca Juga  Dengan Daya Tahan Jantung Dan Paru Yang Baik Maka Tubuh

Diduga nama “Sulawesi” sendiri berasal dari kata sula yang artinya pulau dan mesi yang artinya besi karena pulau ini banyak mengandung besi selain nikel, emas dan gas alam. Padahal, pengeboran gas LNG di wilayah Banggai merupakan yang terbesar di Indonesia.

Peraturan Presiden Tentang Rtr Pulau

Menurut sejarahnya, sejak dahulu kala, pulau ini memiliki tradisi perdagangan bijih besi yang merupakan hasil tambang di sekitar Danau Matano dekat Sorowako, Luwu Timur.

Namun, ada cerita lain tentang asal usul nama Sulawesi. Ditransmisikan, nama ini berasal dari peneliti Muslim terkenal, Ibnu Battuta. Suatu hari, dalam pengembaraannya, Ibnu Battuta datang ke sebuah pulau dan melihat banyak kopra (kelapa kering) berserakan.

Ibnu Battuta yang waktu itu tidak mengetahui bahwa buah itu adalah kelapa, menyebutnya salalas syai, artinya “menyebar”. Dari peristiwa itulah muncul nama Sulawesi yang masih digunakan sampai sekarang.

Sebelum menggunakan nama Sulawesi, pulau ini dikenal dengan nama Celebes. Nama ini digunakan ketika bangsa Portugis datang pada abad ke-14 hingga ke-15 Masehi. Adapun asal muasal nama ini, ada dua tradisi yang sama-sama diyakini masyarakat Sulawesi hingga saat ini.

Di Lautan Kita (harus) Berdaulat

Sejarah awal menyebutkan bahwa dahulu kala ada sekelompok orang yang diyakini sebagai keturunan Portugis yang berlayar ke Sulawesi. Saat pertama kali datang, mereka mendekati penduduk yang sedang membuat kapal dan menanyakan nama tempat tersebut.

Namun, warga mengira orang Portugis itu menanyakan benda yang dipegangnya. Warga spontan menjawab: “Sele’ bessi” yang berarti engsel besi. Kemudian pemimpin rombongan Portugis tersebut menyebutkan bahwa lokasi yang mereka kunjungi bernama “Celebes”.

Riwayat lain mengatakan bahwa percakapan serupa terjadi antara para pelaut Portugis dan Raja Gowa yang mereka temui saat singgah di Makassar. Ketika sang pelaut datang menemuinya, Raja Gowa sedang membersihkan keris atau sele’ dalam bahasa setempat.

Ketika para pelaut menanyakan nama pulau tempat mereka berada, raja yang tidak mengerti bahasa Portugis itu menjawab “Sele’ bessi” yang berarti keris besi. Raja mengira Portugis sedang mencari apa yang kemudian dipegangnya.

Tuah Peta Laut Baru Indonesia

Entah cerita mana yang benar, yang pasti, sejak itu Portugis mengenal pulau Sulawesi dengan sebutan Sele’ bessi. Namun, karena mereka tidak bisa mengucapkan sele’ bessi, mereka menyebutnya Celebes.

Versi lain menyebutkan bahwa Celebes sendiri merupakan kamus bahasa Portugis asli yang berarti “sulit dicapai”. Mungkin ada benarnya juga, mengingat Pulau Sulawesi dikelilingi lautan dengan ombak yang sangat besar sehingga sulit dijangkau oleh para pelaut.

Sehubungan dengan perang melawan penjajah, isla

Gambar pulau sulawesi, bentuk pulau sulawesi, laut sulawesi, pulau sulawesi, batas pulau, pulau bira sulawesi, batas laut pulau sumatera, batas laut di pulau sumatera, legenda pulau sulawesi, batas laut pulau sumatra, batas laut, sketsa pulau sulawesi