Bekasi Jakarta Apa – Provinsi DKI Jakarta masih menjadi pusat pemerintahan dan ibu kota. Terbagi menjadi 5 kota dan 1 kabupaten pulau, Jakarta Timur menjadi kota dengan luas wilayah terluas (182,7 kilometer persegi atau 27,51% dari total luas wilayah. Namun kawasan ini bakal bikin kamu kaget karena balai kota sebenarnya lebih dekat dengan Bekasi lho? !

Selain rekor wilayah terluas, Jakarta Timur juga memegang rekor jumlah penduduk terluas dengan jumlah 3 juta jiwa. Oleh karena itu, kota ini memerlukan fasilitas umum, fasilitas sosial, pelayanan kesehatan, dan administrasi publik yang mampu menampung banyak orang. Semua warga harus memiliki akses terhadap fasilitas ini.

Bekasi Jakarta Apa

Namun, saya yakin ada satu lembaga pemerintah yang lokasinya kurang strategis. Khususnya bagi mereka yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur bagian selatan. Sejujurnya, sulit bagi warga untuk memasuki fasilitas tersebut.

Videografis Kebijakan Pengaturan Ganjil

Fasilitas yang saya maksud adalah pusat pemerintahan di Jakarta Timur, yakni Balai Kota. Bagi yang belum tahu, letak provinsi ini sangat dekat dengan perbatasan DKI dan Bekasi. Jaraknya paling jauh 1-2 kilometer dari Kanal Banjir Timur (BKT) dan Stasiun Cakung. Landmark ini letaknya persis di perbatasan DKI-Jakarta dengan Jawa Barat atau kawasan kota Jakarta Timur dengan Kota Bekasi.

Masyarakat yang tinggal di sekitar Kecamatan Cakung, Pulogadung, dan Duren Savit lebih mudah dijangkau karena dekat dengan Balaikota. Namun hal tersebut tentu menjadi tantangan bagi masyarakat Kabupaten Jatinegara, Kramat Jati, dan Makasar karena letaknya yang jauh. Masyarakat yang tinggal di wilayah pinggiran selatan Jakarta Timur, yakni Kecamatan Cipayung, Cirakas, dan Pasar Rebo menjadi yang paling khawatir.

Perlu Anda maklumi kalau di Jakarta sendiri, jarak lebih dari 10 atau 15 kilometer sudah dianggap jauh. Waktu perjalanan dari 45 menit hingga satu jam. Jika macet, mungkin memerlukan waktu lebih lama. Jarak kecamatan paling selatan di Jakarta Timur ini dengan balai kota sekitar 22 atau 23 kilometer. Kalau Jakarta memang jauh, apalagi dekat dengan Bekasi.

Baca Juga  Tuliskan Macam-macam Sikap Langkah Kaki Dengan Aktivitas Gerak Berirama

Bagaimana Hokimy lebih dekat ke Bekasi? Setelah membaca beberapa sumber, saya menemukan satu kebenaran. Dahulu gedung pusat Balaikota terletak di Jalan Jatinegara Timur, Kecamatan Jatinegara. Setelah itu, pada tahun 90an, pemerintah memindahkan balai kota ke Pulogebang. Penyebabnya, gedung lama sudah tidak mampu lagi menampung kegiatan operasional pemerintahan.

Kemacetan Lalu Lintas Di Perbatasan Bekasi Jakarta

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya menghubungi teman saya yang belajar geografi. Teman saya menyarankan agar pemerintah kota menerapkan model pemerintahan pusat dan pembangunan ekonomi. Pemerintah kota fokus pada Jatinegara sebagai pusat perekonomian Jakarta Timur.

Pada saat yang sama, pemerintah kota memindahkan pusat pemerintahan ke timur ke Pulogebang, Cakung di perbatasan dengan Bekasi. Dugaan lain, saat itu Jatinegara sudah padat penduduk. Lebih baik memindahkan pemerintahan ke pinggiran kota daripada memecat dan membayar kompensasi.

Nah, 2 asumsi di atas memang kurang memuaskan minat saya. Sejauh ini saya belum mendapat bukti konkrit seperti arsip yang bisa menjelaskan hal tersebut. Keingintahuan ini dapat mengarah pada penelitian geografis-historis.

Saya kaget dengan lokasi Balai Kota Jakarta Timur yang lebih dekat dengan Bekasi. Jika Anda memiliki pertanyaan “Haruskah saya berjalan lagi?” Jika Anda memiliki pertanyaan. Mungkin saya menjawab tidak perlu. Ke mana lagi Anda ingin pindah? Jakarta sudah penuh orang.

Dear Warga Bekasi, Ini Info Penting Selama One Way Arus Balik Berlaku Di Tol

Mau tidak mau, perjalanan Anda yang tinggal jauh dari kantor Wali Kota masih panjang. Namun, untungnya jalan menuju kantor Wali Kota Jakarta Timur jarang macet. Kalau mau naik angkutan umum, saya sarankan naik Transjakarta Koridor 11. Stasiun ini terletak di depan pintu masuk kantor. Jika bosan, pergilah ke Bekasi untuk bermain. Dekat dengan…

Terminal adalah platform konten buatan pengguna (UGC) yang memungkinkan orang menulis tentang apa pun. Kirimkan esai Anda secara mandiri KOMPAS.com – Menjelang akhir bulan puasa, banyak orang yang mudik ke kampung halaman atau kota untuk menghilangkan rasa rindu akan kampung halaman, kerinduan terhadap keluarga. Tahun ini, salah satu kota yang ditunjuk sebagai rumah mereka adalah Bekasi.

Namun, daripada harus ke rumah di Bekasi, kita bisa belajar lebih jauh tentang sejarah kota ini, terutama asal usul nama kota tersebut.

Nama Bekasi sendiri erat kaitannya dengan masa kerajaan Tarumanegara. Saat ini wilayah Tarumanegara berada di sebelah timur Banten, Jakarta, Bogor, Bekasi, Citarum.

Sanggar Indra Kusuma Dari Kota Bekasi Tuai Pujian Di Pagelaran Pesona Seni Budaya Di Sarinah Thamrin Jakarta

Raja Tarumanegara yang paling terkenal adalah Purnawarman. Pada masa pemerintahannya, Purnavarna membangun saluran irigasi sepanjang 11 km yang disebut Chandrabhaga.

Nama saluran irigasi tersebut kemudian menjadi dasar nama Bekasi. Pasalnya Chandrabhaga berasal dari dua kata Sansekerta yaitu Chandra dan Bhaga.

Baca Juga  Bukti Penyebaran Agama Islam Di Nusantara Dilakukan Secara Damai Adalah

Kata Bhagasasi sering diucapkan sebagai Bhagasi. Seiring berjalannya waktu dan dalam bahasa daerah, kata ini menjadi Bekasi.

Sebagai referensi, saluran irigasi yang dibangun Purnawarman kini dikenal juga dengan nama Sungai Bekasi. Sedangkan wilayah disekitarnya dikenal dengan sebutan wilayah Jawa Barat, Bekasi.

Depok Bekasi Tangerang Bogor Diusulkan Masuk Jakarta Raya, Dinilai Bisa Selesaikan Masalah Ini

Akhirnya lahirlah nama Bekasi. Jadi, selain mudik di hari raya Idul Fitri, kamu juga bisa menceritakan kisah ini kepada anak-anak atau orang-orang tersayang.

Dapatkan berita pilihan harian dan berita terhangat dari Kompas.com. Gabung di grup Telegram Update Berita Kompas.com, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda. Browser Anda mungkin sudah ketinggalan jaman dan tidak kompatibel dengan situs web kami. Anda dapat menemukan daftar browser web terpopuler di bawah.

Entah gagasan menjadi bagian dari Kawasan baru Bogor Raya atau penggabungan dengan Jakarta, masyarakat Bekasi dan Depok nampaknya dibuat bingung dengan statusnya yang “hanya” kota satelit.

Kendaraan melintas di bawah rel kereta api dan jalan layang di sepanjang sebagian jalan Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat pada 14 Mei 2019. (Antara/Risiko Andrianto)

Kota Bekasi: Kota Satelit Yang Jadi Hunian Kaum Urban Dan Sentra Industri

Randa Gusti, warga kota satelit Bekasi, mengatakan ia menghabiskan lebih banyak waktu di ibu kota untuk bekerja dan bersantai dibandingkan daerah lain di Wilayah Administratif Jawa Barat – Bekasi.

Dikenal sebagai pusat industri, Bekasi terletak 25 km dari Jakarta dan 130 km dari Bandung, ibu kota Jawa Barat.

Randa yakin kota ini bisa tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan pemerintah daerah. Oleh karena itu, ketika muncul ide pembentukan provinsi baru bernama “Bogor Raya”, ia langsung ikut berdiskusi dan mengatakan lebih baik bergabung dengan Jakarta daripada Bekasi.

“Akan lebih mudah untuk mengintegrasikan transportasi umum karena banyak orang dari Bekasi yang bekerja di Jakarta seperti saya,” kata pria berusia 29 tahun ini, seraya menambahkan bahwa hal ini juga lebih masuk akal karena Bekasi lebih dekat ke Jakarta dibandingkan dengan Bogor.

Pemkab Bekasi Bebaskan Biaya Bphtb Bagi Pemohon Ptsl Mulai 2024

Hal senada juga diungkapkan Wahyu Hadi Chusnanto tentang Kota Depok, tempat ia tinggal selama lima tahun terakhir setelah pindah dari Jakarta, namun pekerja swasta berusia 37 tahun itu mendaftarkan keluarganya di ibu kota yang prosesnya lebih mudah dan kantor kelurahan lebih mudah dijangkau. lebih nyaman.

“Jika saya harus memilih opsi, saya ingin Depok pergi ke Jakarta. “Jakarta memiliki administrasi yang lebih baik, investasi dan fasilitas yang lebih baik,” kata Wahew.

Baca Juga  Tendangan Bebas Yang Diberikan Setelah Terjadi Pelanggaran Disebut

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Bupati Bogor Ade Yasin menjajaki gagasan pembentukan provinsi baru bernama Bogor Raya, terpisah dari Jawa Barat, sebagai jawaban atas keinginan masyarakatnya. Mereka mengusulkan agar kota dan wilayah Bogor, Sukabumi dan Bekasi, serta Cianjur, Depok, Karawang dan Subang bisa menjadi bagian dari provinsi baru tersebut.

Situs Lorem Ipsum Dolor amet. Situs Lorem Ipsum Dolor amet. Lorem Ipsum Dolor sit amet.Lorem Ipsum Dolor sit amet.Jakarta dan Kota Bekasi adalah dua kota terkenal di Jakarta dan Jawa Barat. Jika Anda ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke kawasan Kota Bekasi, maka artikel ini cocok untuk Anda. Sebelum melanjutkan, perlu diketahui bahwa jarak keduanya relatif dekat, yakni sekitar 23,9 km.

Viral! Sering Dibully, Bekasi Ternyata Lebih Nyaman Dibanding Pinggiran Kota Jakarta Lainnya

Sebagai kota terbesar di Indonesia, Jakarta dan Bekasi memiliki mobilitas yang tinggi. Banyak orang mengunjungi kedua tempat ini untuk berbagai keperluan seperti administrasi dan manajemen.

Secara geografis, kota Bekasi terletak di sebelah tenggara kota Jakarta. Dan seperti yang telah disebutkan di atas, jarak Jakarta-Bekasi sangat dekat yaitu sekitar 23,9 km. Dari titik kedatangan anda menuju Kota Bekasi atau sebaliknya akan anda tempuh dengan waktu tempuh hingga 51 menit.

Setelah membahas jarak Jakarta ke Kota Bekasi, kita akan membahas petunjuk perjalanan kedua orang tersebut. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Kota Bekasi, Anda dapat menggunakan berbagai jenis transportasi seperti tur, mobil pribadi, dan bus antar kota.

Jika Anda ingin menggunakan bus antar kota, Anda bisa memilih rute Jakarta – Kota Bekasi. Penumpang dikenakan tarif yang relatif murah untuk menaiki bus antar kota.

Sinergi Dki Jakarta Jawa Barat Bekasi Bangun Mrt

Selain bus, Anda juga bisa menggunakan alat transportasi lain yaitu kereta api. Selain nyaman, waktu keberangkatan kereta juga dijamin tepat waktu dan tidak terjadi keterlambatan mendadak. Anda juga bisa memilih jenis kereta api yaitu kelas eksekutif, ekonomi, atau bisnis.

Bagi yang bepergian dengan kereta api dari Jakarta, Anda bisa memulai perjalanan dari empat tujuan berbeda. Berikut penjelasannya:

Rute 1 melalui Jatinegara. Waktu keberangkatannya sekitar pukul 17.05 dan bisa menggunakan jalur Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Setelah keluar dari Terminal K02 Bekasi, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Terminal Bekasi – Pondok Gede. Dan berhenti di stasiun terakhir yaitu Kemang Pratama. Jika Anda memilih menempuh rute ini, Anda perlu menyiapkan uang untuk membeli tiket kereta api, yaitu sekitar.

Anda bisa mencoba jalur 2 yang bisa dimulai dari Jatinegara pada pukul 17.05. Anda bisa menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Setelah keluar dari Stasiun Bekasi, Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui Terminal Bekasi – Pondok Gede. Anda akan melanjutkan perjalanan pada 18.08. Untuk perjalanan selanjutnya Anda akan menggunakan Terminal Bekasi – Pondok Gede. Dan dia sampai di Kemang Pratama.

Bekasi Jadi Kota Konsumsi Tertinggi Setelah Jakarta

Anda bisa mencoba jalur 3 yang bisa dimulai dari Jatinegara pada pukul 17.16. Anda bisa menggunakan Jatinegara – Manggarai – Cikarang. Dari Terminal Bekasi

Loker jakarta bekasi, ada apa di bekasi, jakarta bekasi, jakarta cheese factory bekasi, damri jakarta bekasi, travel jogja bekasi jakarta, krl jakarta bekasi, tarif grab jakarta bekasi, harapan indah bekasi apa, travel jakarta bekasi, tiket kereta jakarta bekasi, bus jakarta bekasi