Berdasarkan Letak Astronomisnya Benua Afrika Dan Benua Asia Sama-sama – Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Dalam hal kepadatan penduduk, benua Afrika menempati urutan ketiga setelah Asia dan Eropa. Benua Afrika disebut juga “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya berkulit hitam.

Wilayah Afrika terdiri dari pegunungan, gurun, lembah dan cekungan. Pegunungan di selatan dan timur lebih tinggi dibandingkan pegunungan di utara dan barat. Gunung tertinggi adalah Kilimanjaro (6.010 meter) di Tanzania. Afrika Utara memiliki Sahara, gurun terluas di dunia. Sungai-sungai di Afrika termasuk Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia (6.690 km). Afrika memiliki beberapa danau besar, termasuk Danau Victoria, Danau Tanganyika, dan Danau Malawi.

Berdasarkan Letak Astronomisnya Benua Afrika Dan Benua Asia Sama-sama

Tumbuhan Afrika dapat dibedakan menjadi tumbuhan dataran tinggi, tumbuhan hutan hujan tropis, dan tumbuhan padang rumput. Tanaman khas Afrika antara lain papirus, akasia, dan kurma. Jenis hewan yang ada di Afrika antara lain gajah, kera, zebra, burung singkong, dll.

Sebutkan Letak Letak Nama Nama Benua Sesuai Dengan Gambar Peta Diatas

Pada tahun 1998, Afrika memiliki populasi sekitar 763 juta jiwa. Mayoritas penduduk Afrika berkulit hitam. Orang kulit hitam Afrika dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu orang kulit hitam Sudan yang memiliki kulit lebih gelap dan orang kulit hitam Bantu yang memiliki kulit lebih terang dibandingkan orang kulit hitam Sudan. Bahasa seragam di benua Afrika adalah Swahili, bahasa lain yang banyak digunakan adalah bahasa Arab.

Secara astronomis, benua Asia terletak antara 11° Lintang Utara dan 80° Lintang Selatan, serta 26° Bujur Timur (E) dan 170° Bujur Timur (E). Pada dasarnya setiap benua di permukaan ini mempunyai letak dan wilayah perbatasannya masing-masing.

Baca Juga  Desakan Energi Awal Yang Dibutuhkan Untuk Berubah Dinamakan

Agar Anda lebih memahaminya, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai luas, letak, dan batas-batas benua di dunia. Simak pernyataan lengkapnya di bawah ini!

Ada ahli geografi yang membaginya menjadi 7 benua, ada pula yang mengatakan ada 6 benua dan 5 benua, namun pada artikel kali ini kami akan menjelaskan 6 benua yang ada di dunia.

Interaksi Antarnegara Asia Dan Negera Lainya

Secara umum benua di dunia meliputi Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Antartika. Dalam hal ini bukan berarti pandangan 7 atau 5 salah.

Alasannya adalah kita dapat belajar dari interaksi dan sifat-sifatnya. Batas benua dapat dipandang sebagai batas linier antara benua lain, baik secara astronomis maupun geografis.

Dikutip dari E-Module IPS Paket B Setara SMP/MTs yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Arti dari posisi astronomi adalah menentukan posisi suatu tempat berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur.

Dalam hal ini letak astronomis benua ditinjau dari garis lintang dan garis bujurnya dan dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Geografi Benua Amerika

Sedangkan letak geografis adalah letak suatu tempat yang ditentukan berdasarkan perbandingan letak sebenarnya dengan letak wilayah di benua lain.

Benua Asia merupakan benua terbesar dan terluas di dunia. Menurut Modul IPS Kelas IX Edisi PJJ karya Tenia Kurniawati dan Andri Setiawan, benua Asia luasnya 44.000.000 kilometer persegi. Dengan kata lain, luas benua Asia dapat dikatakan seperempat luas permukaan bumi.

Benua Asia terbagi menjadi enam wilayah yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Utara. Diantaranya, Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara.

Seperti telah disebutkan, secara astronomis benua Asia terletak pada 26°BT – 170°BT dan 11°LU – 80°LS.

Mengenal Letak Benua Afrika, Karakteristik, Pembagian Wilayah, Dan Negara Negaranya

Garis lintang adalah garis khayal yang memanjang secara horizontal mengelilingi bumi. Sebaliknya, garis bujur adalah garis vertikal imajiner yang mengelilingi bumi.

Amerika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Benua Amerika luasnya kurang lebih 42.057.100 kilometer persegi. Subdivisi regional Amerika meliputi Amerika Utara, Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia.

Benua Biru merupakan julukan benua Eropa karena sebagian penduduknya bermata biru. Benua Eropa mempunyai luas 10.355.000 kilometer persegi.

Benua Eropa terbagi menjadi beberapa wilayah yaitu Eropa Barat, Eropa Selatan, Eropa Timur, dan Eropa Utara.

Baca Juga  Jelaskan Tentang Pencarian Identitas Diri Pada Masa Remaja

Batas Wilayah Benua Asia Beserta Kawasannya

Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Amerika. Benua Afrika mempunyai luas kurang lebih 30.319.000 kilometer persegi.

Benua itu sendiri membentang dari utara ke selatan. Meliputi sebagian Afrika Timur, Tengah, Barat, Selatan dan Utara.

Letak astronomis benua ini cukup unik. Dwi Sumpani Wati menjelaskan dalam modul Menjelajah Ilmu Sosial Jilid 3, letak benua merupakan wilayah yang dilintasi oleh tiga garis lintang besar, yaitu garis khatulistiwa (0°), garis utara (23,5° LU) dan 23,5° LU.

Secara astronomis, benua Eropa terletak pada 37°21’LU – 34°50’LS dan 17°32’W – 51°24’BT.

Kondisi Alam Benua Australia, Iklim, Dan Letak Astronomis Geografis

Benua Australia disebut juga negara kontinental karena hanya ada satu negara di benua utama yaitu Australia. Hal ini menjadikan Australia sebagai benua terkecil di dunia dengan luas sekitar 6.008.500 kilometer persegi.

Antartika adalah benua di ujung selatan bumi. Benua Antartika luasnya kurang lebih 13.720.000 kilometer persegi. Pada dasarnya Antartika merupakan daratan yang selalu tertutup oleh es.

Sebab, dataran benua Antartika sangat dingin. Apalagi benua ini dikelilingi ribuan pulau.

Nah, berikut informasi dan penjelasan astronominya: Benua Asia terletak antara 26° 170° BT dan 11° 80° LS, sesuai dengan penggambaran batas benua di belahan dunia lain, termasuk Afrika. . dari enam benua. Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah benua Asia.

Peta Benua Afrika Lengkap: Letak, Daftar Negara, Dan Ibu Kotanya

Secara geografis benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Lebih dari 800 juta orang tinggal di benua Afrika. Jumlah ini setara dengan sepertujuh populasi bumi.

Menurut ahli paleoantropologi, benua Afrika merupakan tempat kelahiran manusia modern (Homo Sapien). Ian Tattersall

Letak astronomis benua Afrika berada antara 35° Lintang Selatan – 38° Lintang Utara dan 17° – 57° Bujur Timur. Sedangkan secara geografis, benua Afrika terletak di sebelah selatan benua Eurasia.

Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah berbeda yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Di bawah ini adalah daftar 54 negara di kawasan tersebut yang dikutip oleh Worldometers.

Nigeria; Pantai Gading; Guinea Bissau;

Etiopia; Mozambik; Zimbabwe;

Republik Demokratik Kongo; Republik Afrika Tengah; Guinea ekuator;

Letak Benua Afrika Di Peta Dunia: Penjelasan Lengkap Dan Detail

Benua Afrika lebih unik dibandingkan benua lain di dunia dalam hal umur dan geologi. Secara geologis, benua Afrika berusia 3,8 miliar tahun.

Baca Juga  Bagaimana Caranya Melestarikan Dan Mengembangkan Tari Yang Ada Di Indonesia

Terdapat banyak dataran rendah di wilayah utara dan barat benua Afrika. Wilayah Afrika bagian selatan dan timur kini dicirikan oleh banyak dataran tinggi.

Dataran tinggi di selatan dan timur benua sebagian besar berada di dekat pantai. Artinya wilayah selatan dan timur benua biasanya memiliki garis pantai yang sempit.

Tanah di wilayah barat dan selatan benua mengandung banyak batuan, terutama batuan beku gneiss dan basal, yang terbentuk antara 2 dan 3,6 miliar tahun yang lalu.

Benua Asia (20)

Di benua Afrika juga terdapat 2 dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Afrika Bawah di utara dan Dataran Tinggi Afrika Atas di selatan. Plato adalah dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut.

Dataran tinggi adalah hasil dari erosi dan sedimentasi tanah. Umumnya merupakan daratan yang relatif datar dengan ketinggian lebih dari 700 meter.

Benua Afrika terkenal dengan beberapa sungai yang sangat panjang. Salah satu sungai yang paling terkenal adalah Sungai Nil. Dengan panjang 6.650 kilometer, Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia.

Sungai Nil memisahkan sembilan negara di Afrika: Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan Mesir.

Pertanyaan Yang Berikut!sebutkan Letak Astronomis Benua Asia, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Eropa

Selain Sungai Nil, sungai panjang lainnya seperti Zambezi, Niger, Kongo dan Zaire juga dikutip dalam buku tersebut.

Ada juga banyak danau besar di benua Afrika. Danau terbesar di Afrika adalah Danau Victoria (Victoria Nyanza) dengan luas 68.870 kilometer persegi.

Selain itu, danau-danau besar lainnya di Afrika antara lain Danau Tanganyika (luas 32.900 kilometer persegi), Danau Malawi (luas 29.600 kilometer persegi), Danau Albert (luas 2.220 kilometer persegi) dan Danau Kivu (luas 2.220 kilometer persegi).

Sebagian besar benua Afrika beriklim tropis. Hal ini menyebabkan suhu lebih hangat di Afrika namun suhu lebih dingin di Tenggara.

Lk Ips 9 Benua Asia Amerika

Wilayah Afrika dapat dibagi menjadi lima tipe iklim berbeda berdasarkan suhu dan curah hujan. Penjelasan detailnya di bawah ini.

Iklim ini terjadi di pantai barat Afrika, di Ledoc Zaire, di dataran tinggi Kenya, dan di Uganda. Iklim khatulistiwa memiliki suhu yang lebih tinggi dan relatif konstan. Curah hujan dan kelembapan juga tinggi di iklim ini.

Iklim ini ditandai dengan curah hujan yang tinggi di musim semi dan musim dingin yang kering. Di wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa iklim, baik di utara maupun selatan, curah hujan akan berkurang dan musim kemarau akan memanjang. Iklim sabana tersebar luas di kedua sisi ekuator iklim.

Afrika mempunyai iklim gurun dengan curah hujan yang sangat sedikit. Oleh karena itu, suhu di iklim pegunungan sangat tinggi. Pada pertengahan musim panas, hujan turun sepanjang tahun di wilayah tersebut, sering kali disertai badai petir (

Kawasan Di Benua Afrika Beserta Negara Dan Ibu Kotanya

Iklim ini terjadi di seluruh Gurun Sahara, Gurun Libya, dan Gurun Nusia di Afrika Utara. iklim ini