Berikut Yang Termasuk Sumber Daya Alam Hayati Adalah – Sumber Daya Alam (SDA) yang disebut juga sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam. Sumber daya manusia digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menjamin kesejahteraan.

Sumber daya alam dibedakan menjadi dua menurut jenisnya: sumber daya alam hayati (biotik) dan sumber daya alam non hayati (abiotik). Di bawah ini penjelasan mengenai 2 jenis sumber daya alam tersebut.

Berikut Yang Termasuk Sumber Daya Alam Hayati Adalah

Merujuk pada Modul Geografi Kelas XI SMA (2020) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sumber daya alam adalah sumber daya alam yang berupa makhluk hidup.

Pendapat Mini Fraksi Pks Dpr Ri Terhadap Rancangan Undang Undang Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya

Sumber daya alam yang diperoleh dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, dan sumber daya alam yang diperoleh dari hewan disebut sumber daya alam hewani.

Dikutip dari Rumah Belajar Kemdikbud, sumber daya alam herbal merupakan sumber daya alam yang tersedia dalam berbagai jenis dan dalam jumlah banyak. Organisme jenis ini mampu menghasilkan oksigen dan glukosa melalui proses fotosintesis.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, tumbuhan mempunyai peranan penting dalam memenuhi kebutuhan pokok. Pemanfaatan sumber daya alam tumbuhan obat dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Pancasila

Bahan kayu olahan mulai dari konstruksi perumahan, furnitur, hingga bahan industri seperti kertas dan korek api.

Perhatikan Kategori Sumber Daya Alam Berikut

Selain sumber daya alam tumbuhan, sumber daya alam hewan juga sering dimanfaatkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk kebutuhan pangan.

Hewan juga digunakan sebagai sarana sosialisasi dan pengembangan budaya di masyarakat, seperti peternakan sapi di Madura.

Selain sumber daya alam hayati (biotik), terdapat juga sumber daya alam non hayati (abiotik). Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang tidak berasal dari makhluk hidup.

Mengutip Rumah Belajar Kemdikbud, sumber daya alam non hayati (abiotik) disebut juga sumber daya alam fisik. Contoh sumber daya alam tersebut adalah bahan tambang, tanah, air, udara dan matahari.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Bahan tambang mempunyai nilai ekonomi yang besar. Bahan tambang dibagi menjadi 3 kelompok menurut peruntukannya: mineral logam/bijih (Bijih), mineral energi, dan mineral industri.

Tanah merupakan hasil pelapukan batuan dan sisa-sisa bahan organik yang terurai melalui proses alam. Tanah mempunyai fungsi dan peranan penting dalam kehidupan manusia, terutama sebagai tempat tinggal manusia dan tempat dilakukannya berbagai aktivitas.

Air merupakan kebutuhan manusia yang paling penting. Jika air kekurangan, maka manusia dan makhluk hidup di bumi akan mati. Beberapa fungsi air antara lain untuk minum, mandi, dan tempat berlindung bagi hewan air.

Setiap makhluk hidup membutuhkan udara, terutama kandungan oksigen di dalamnya. Apalagi tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan oksigen.

Contoh Sumber Daya Alam Hayati Yang Perlu Dijaga, Simak Peranannya Dalam Kehidupan

Matahari merupakan sumber energi terpenting bagi manusia, tumbuhan, dan hewan. Bagi tumbuhan, sinar matahari mempunyai peranan yang sangat penting dalam melakukan fotosintesis sehingga memungkinkan tumbuhan mempunyai cadangan makanan.

Baca Juga  Letak Astronomis Vietnam

Sumber daya hayati, berikut yang termasuk sumber daya alam nonhayati adalah, berikut ini yang termasuk sumber daya alternatif terbarukan adalah, sumber daya alam hayati adalah, contoh sumber daya hayati, berikut ini yang termasuk sumber energi terbarukan adalah, minyak bumi termasuk sumber daya alam, yang termasuk sumber daya alam hayati, 10 contoh sumber daya alam hayati, pemanfaatan sumber daya alam hayati, yang termasuk sumber daya alam hayati adalah, sumber daya alam hayati dan non hayati