Cara Kompres Ukuran File Word Jadi Kecil Tapi Tidak Merusak Kualitas

Cara Kompres Ukuran File Word – Microsoft word adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat sebuah dokumen. Biasanya Ms. Word digunakan untuk membuat sebuah laporan, tugas kuliah, atau file-file penting dalam dunia perkantoran.

Semakin banyak isi yang termuat dalam Ms. Word maka semakin besar pula ukuran file dari Ms. Word itu sendiri. Kebanyakan orang ingin menggunakan file word ini dalam ukuran kecil, meskipun isi yang termuat di dalamnya sangat banyak.

cara mengecilkan file word online

Misalnya saja gambar, jadi cara mengecilkan ukuran file word 2010 tanpa gambar itu akan menjadi lebih kecil, karena apabila yang termuat dalam file word terdapat gambar maka akan sangat memengaruhi ukuran word, sehingga menjadi lebih besar dan akan banyak menyita tempat hardisk tersebut. Iya kalau filennya hanya satu, kalau ratusan?, sayangkan hardisknya yang harusnya dapat digunakan untuk menyimpan file-file lain, hanya dapat menyimpan file word saja.

Mungkin bagi sebagian orang tidak masalah, jika kapasitas hardisknya besar. Tapi bagi yang lainnya space hardisk yang kecil akan membuat mereka berpikir bagaimana caranya agar file word mereka dapat diubah menjadi ukuran yang lebih kecil untuk menghemat tempat.

Disamping itu ukuran file word yang terlalu besar juga sering menimbulkan masalah lho gan. Salah satunya adalah ukuran file word yang terlalu besar tidak dapat dikirim melalui email. Sebab email memiliki kapasitas terbatas untuk ukuran pengiriman sebuah file, sehingga kamu perlu sekali memperkecil ukuran file word.

Dan pernahkah kalian mengikuti salah satu lomba atau kegiatan yang syarat salah satunya adalah dengan mengupload karya atau persyaratan lainnya, yang dibatasi oleh ukuran file?, misalnya “file yang di upload maksimal 20 mb”, akan tetapi file kalian lebih dari yang ditentukan.

Oleh karena itu satu-satunya solusi adalah dengan mengkompres atau mengecilkan ukuran file word kalian.
Nah, mimin punya solusinya nih bagaimana cara kompres file word menjadi ukuran yang lebih kecil, dan tentunya tidak banyak menyita ruang hardisk pada laptop atau komputer kalian.

Cara Mengkompres File Word Online

1. Tools Neuxpower

Mungkin bagi kalian yang jarang mengkompres file word, akan sedikit asing dengan Tools Neuxpower. Yaps, tools ini memang bukanlah tools bawaan dari Ms. Word, namun tools ini dapat di peroleh melalui compress file word online.

  • Buka browser kalian dan klik link diatas ya
  • Jika sudah terbuka pilih Free Online Tool, yang terletak pada bagian bawah
  • Lalu upload file yang akan kalian compress dengan cara klik ikon tanda tambah atau kalian dapat melakukan drag and drop
  • Lalu pilih file word >> kemudian klik Open. Tunggu hingga proses compress selesai
  • Jika sudah selesai akan muncul download, kalian tinggal download dan bandingkan ukuran file sebelum dan sesudah di compress

2. Mengkompres Isi dari file Word

Bagi kalian yang hobi membuat laporan, seperti laporan praktikum, laporan pekerjaan, laporan organisasi, atau laporan proyek, tentu kalian akan banyak memasukkan gambar dalam file word tersebut. Agar file word tersebut ukurannya tidak besar, kalian dapat mengkompres gambar-gambar tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil.

  • Caranya adalah buka file word kalian, klik gambar yang terdapat pada file word.
  • Pastikan gambar klik bottom format
  • pilih compress picture, kemudian akan muncul windows kecil, hilangkan tanda centang pada pada bagian Apply only to this pictures. Hal ini dilakukan agar anda tidak melakukan compress gambar satu persatu.
  • Selanjutnya pilih opsi E-mail (96 ppi): minimize document size for sharing
  • Lalu kilik OK
  • Kemudian save file word, bandingkan dengan ukuran file word sebelumnya, maka ukurannya akan lebih kecil

Baca juga :

Itulah tips dan trik cara mengecilkan ukuran file word online menjadi lebih kecil, dan pastinya dengan kapasitas file dokumen pdf pada Microsoft Word 2007, 2008 dan 2010 itu akan meringankan beban space memori pada Pc. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di haloponsel.com

Cara Kompres Ukuran File Word Jadi Kecil Tapi Tidak Merusak Kualitas | Maulana Malik Ibrahim | 4.5