Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Pc atau Laptop

Cara mengatasi error 0xc00007b – Sistem operasi Windows saat ini telah menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer atau laptop di seluruh dunia. Dengan versi yang beragam pada Windows terbaru yang diluncurkan dalam rentang waktu yang cukup singkat, jumlah pengguna Windows untuk tiap-tiap versi saat ini masih cukup banyak. Beberapa di antaranya masih memakai Windows 7 dan Windows 8. Namun tidak sedikit juga yang sudah melakukan pembaruan ke Windows 10.

Tidak peduli versi mana yang akan digunakan, kode error 0xc00007b merupakan salah satu jenis kode error yang cukup sering muncul di perangkat dengan sistem operasi Windows. Kode error ini biasanya muncul saat Anda akan menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu. Tentunya kode error tersebut memiliki pesan atau arti tertentu yang wajib dipahami agar kita dapat segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya.

cara mengatasi error 0xc00007b

Kode Error 0xc000007b

Kode error 0xc00007b adalah suatu kode error yang disebabkan karena direktori program yang belum lengkap, file komponen yang belum sesuai, atau kerusakan direktori program. Kode error 0xc00007b dapat muncul karena beberapa hal yaitu sebagai berikut.

  • Sistem operasi pada perangkat baru saja diperbarui
  • Salah menginstal file DLL
  • Mencoba menjalankan program untuk Windows 32 bit pada sistem operasi Windows 64 bit

Ketika Anda menghadapi error dengan kode 0xc00007b ini, biasanya akan muncul dialog box yang ditampilkan pada layar komputer dengan pesan bahwa aplikasi tersebut tidak dapat dimulai dengan benar. Klik OK untuk menutup aplikasi. Ketika Anda menekan tombol Ok, aplikasi yang ingin dijalankan tersebut tentu akan segera ditutup. Sayangnya Anda tidak memiliki opsi lain selain menutup aplikasi tersebut

Kode error 0xc00007b adalah sebuah kode error yang sangat menyebalkan dan sangat menghambat Anda dalam melakukan aktivitas yang diinginkan. Kode error ini bisa saja muncul pada aplikasi apapun, termasuk game. Namun kebanyakan masalah tersebut muncul pada aplikasi game dan membuat game tersebut tidak bisa dibuka sampai masalah kode error tersebut terselesaikan.

Bagi para pengguna perangkat Windows di laptop atau PC, Anda mungkin sudah pernah menjumpai pesan kode error 0xc000007b. Kode error ini biasanya akan muncul saat Anda menjalankan game atau software dan terjadi sesuatu yang tidak beres pada game atau software tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena data corrupt atau karena faktor yang lain. Ketika masalah ini terjadi, Anda tentu ingin segera memperbaiki masalah tersebut. Di bawah ini, kita akan mengulas beberapa cara untuk memperbaiki kode error 0x00007b Windows 10 64 bit.

Cara Memperbaiki Error 0x00007b Windows 7, 8 dan 10

Ada beberapa tahapan atau langkah yang harus kalian lakukan agar bisa memperbaiki error 0xc000007b di komputer, dan silahkan coba satu persatu tutorial yang sudah disiapkan berikut ini:

1. Restart Perangkat

Cara yang paling mudah untuk dilakukan dan kadang menjadi solusi untuk semua kode error Windows Anda. Cukup restart laptp atau PC Anda. Ketika perangkat sudah direstart, biasanya sistem tersebut akan mulai lagi dari awal sehingga perangkat pun kembali normal dan kode error tidak muncul lagi. Beberapa aplikasi seperti aplikasi game memerlukan perangkat direstart setelah proses instalasi agar dapat bekerja dengan normal.

2. Download .NET Framework

Kebanyakan kode error 0xc000007b muncul karena Microsoft.NET Framework yang tidak kompatibel atau Net Framework yang digunakan versinya sudah terlalu tua. Untuk memperbaiki kode error tersebut agar tidak muncul lagi, Anda dapat mendownload .Net Framework versi yang terbaru. Kemudian run as administrator. Klik kanan di bagian ikon dan run as administrator

3. Re-Install

Anda dapat mencoba uninstall game yang menyebabkan kode error kemudian install ulang software atau perangkat game tersebut. Setelah itu, jalankan lagi untuk memeriksa apakah kode error tersebut masih muncul lagi atau tidak. Seharusnya setelah software game diinstall ulang, kode tersebut sudah tidak muncul lagi dan kembali normal.

4. Update Sistem Operasi

Munculnya kode error tersebut dapat disebabkan karena sistem operasi Windows yang Anda gunakan saat ini belum mendukung software yang Anda install. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengupdate sistem operasi ke versi yang lebih tinggi atau versi terbaru.

5. Menginstall DirectX Terbaru

Ketika Anda menginstall game, biasanya ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi baik dari segi hardware maupun software. Anda sebaiknya menginstall ulang DirectX ke versi yang terbaru di mana hal ini biasanya merupakan syarat utama dalam proses instalasi game.

6. Menggunakan CHKDSK

Cara yang satu ini biasanya digunakan untuk memeriksa apakah ada bagian Windows disk yang tidak bekerja. Untukmemeriksanya, Anda dapat masuk ke menu Run dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan kode chkdsk c:/f/r.
Dengan beberapa cara di atas, kode error tersebut biasanya sudah dapat ditangani dan tidak akan muncul lagi sehingga sistem sudah kembali normal.

Cara Mengatasi 0xc00007b di PES 2017 dan PES 2018

Salah satu perangkat lunak atau game yang biasanya mengalami error tiba – tiba disebabkan karena adanya pesan error 0xc00007. Kemunculan kode error ini tentu membuat siapapun menjadi panik dan bingung mengenai hal yang harus dilakukan. Kode error yang muncul ketika software mengalami masalah kadang berbeda – beda. Selain error 0xc00007b, kode error yang muncul adalah xinpul 3, d3dx9, dan masih banyak lagi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini di antaranya adalah menginstall Runtime, install directx, ganti crack, update net framework, menggunakan error 0xc000007b rar dan lain sebagainya. Jika semua cara yang disebutkan di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu menggunakan Aio Runtimes. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti.

  1. Download aplikasi Aio Runtimes. Anda bisa googling untuk mendapatkan aplikasi ini secara gratis
  2. Ekstrak dan lakukan instalasi aplikasi aio runtimes
  3. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Jika diperlukan restart, Anda dapat melakukan restart pada perangkat komputer Anda.
  4. Selesai, kode error pun tidak akan muncul lagi dan Anda dapat kembali bermain PES 2017 dengan nyaman

Jika cara tersebut masih belum juga berhasil, maka Anda dapat uninstall game PES 2017 tersebut lebih dulu. Sebelum uninstall, jangan lupa untuk membackupmaster league. Setelah itu, install lagi. Jika sudah diinstal, jangan memasukkan apapun kecuali kode crack game PES 2017. Selanjutnya Anda baru menginstall aplikasi Aio Runtimes. Jika Anda menjalankan PES 2018 dan mengalami masalah yang sama, cara mengatasi pes 2018 error 0xc00007b hampir sama.

Baca juga :

Jika Anda kesulitan untuk memperbaiki kode error tahap demi tahap, saat ini sudah ada aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki kode error tersebut secara otomatis. Anda dapat download fix error 0xc00007b 32bit atau download fix error 0xc00007b 64-bit. Nantinya Anda hanya perlu meendownload dan menjalankannya untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Pc atau Laptop | Maulana Malik Ibrahim | 4.5