Penting bagi pengguna smartphone atau ponsel saat ini di Indonesia untuk mengecek apakah IMEI perangkat tersebut sudah terdaftar di pemerintah melalui website Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Hal ini untuk memastikan perangkat tidak dilarang saat digunakan di Indonesia.

IMEI atau International Mobile Equipment Identity sendiri merupakan nomor identifikasi yang biasanya tertera pada perangkat mobile. Fitur IMEI penting untuk memungkinkan perangkat seluler diidentifikasi.

Fitur lain dari IMEI adalah anti-pencurian. Jika Anda dapat mengidentifikasi ponsel Anda, Anda tidak akan dapat menggunakan kartu SIM Anda di perangkat yang dicuri karena nomor IMEI ponsel Anda terkait dengan nomor telepon operator.

Jadi, jika nomor IMEI ponsel yang dicuri diblokir oleh operator, tidak mungkin menghubungkan ponsel ke nomor lain.

Mengutip dari unsyiahpress.id seperti dilansir laman imei.info, IMEI digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat dan tidak memiliki hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan.

Jaringan GSM menggunakan nomor ini untuk mengidentifikasi perangkat yang valid, sehingga dapat digunakan untuk mencegah ponsel curian mengakses jaringan di negara Anda.

Secara khusus, kode IMEI dapat mengaktifkan jaringan Global System for Mobile Communications (GSM) atau Universal Mobile Telecommunications Service (UMTS) untuk mencegah ponsel yang hilang atau dicuri membuat panggilan.

Jika Anda membeli ponsel bekas, Anda bisa mengecek keasliannya dengan melihat nomor IMEI.

Memeriksa nomor IMEI ponsel Anda juga dapat memberi tahu Anda tentang negara dan jaringan perangkat, garansi, informasi operator, dan detail serupa lainnya.

Badan penegak hukum dan intelijen dapat menggunakan nomor IMEI untuk melacak perangkat dalam jarak beberapa meter. Penyedia layanan dapat menggunakan ini untuk memasukkan perangkat yang dicuri ke daftar hitam.

Sekarang secara umum mengecek IMEI HP sebenarnya cukup mudah. Cara tercepat adalah dengan menekan *#06#, yang merupakan perintah yang menampilkan pengidentifikasi unik Anda.

Baca Juga  Kapan Vive Le Football Rilis? Ini Waktu Dan Tanggalnya

Cara lain untuk memeriksa IMEI ponsel Anda adalah dengan memeriksa kode IMEI ponsel Anda dengan memilih ‘Tentang Ponsel’ dari menu ‘Pengaturan’.

Setelah Anda menerima nomor IMEI 15 digit Anda, periksa apakah nomor tersebut terdaftar di pemerintah. Caranya cek website Kemenperin melalui https://imei.kemenperin.go.id/.

Untuk iPhone, Anda dapat memeriksa IMEI dengan cara yang tidak jauh berbeda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang dikutip dari halaman dukungan Apple:

menu USSD

Kemudian gulir ke bawah layar untuk menemukan IMEI/MEID dan ICCID. Untuk menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor untuk menyalinnya.

Periksa slot kartu SIM

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa IMEI melalui slot kartu SIM iPhone Anda. Anda dapat menggunakan metode ini untuk menemukan IMEI model seri iPhone 13 di iPhone 6s Plus.

Di sisi lain, untuk iPhone 5 hingga iPhone 6, nomor IMEI dapat ditemukan di bagian belakang iPhone, tepat di bawah iPhone.

Periksa iPhone IMEI di PC

Satu hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah membuka situs web resmi Apple ID melalui browser Anda. Caranya adalah masuk dengan ID Apple Anda di iPhone Anda.

Kemudian gulir ke bawah layar ke bagian Perangkat. Pilih perangkat untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID. Jika Anda menggunakan perangkat dengan iOS 10.3 atau lebih baru. Buka Pengaturan, lalu pilih nama Anda.

Gulir ke bawah layar untuk melihat perangkat yang masuk dengan ID Apple Anda. Kemudian ketuk nama perangkat untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID.