Cara Menyederhanakan Bilangan Berpangkat – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata root? Mungkin Anda membayangkan sebuah pohon yang ditopang oleh akar yang kuat. Namun, pernahkah ada yang memikirkan tentang akar dalam bentuk matematika? Jadi yang kita bahas kali ini adalah bentuk akar dalam matematika ya. Jadi, apa yang dimaksud dengan bentuk akar?

Dalam matematika, bentuk akar merupakan operasi aljabar yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan bilangan. Bentuk akar mempunyai sifat khusus dan dapat dirasionalisasikan. Apa sajakah sifat-sifat tersebut dan bagaimana merasionalisasikan bentuk akar? Yuk cari tahu detailnya di bawah ini!

Cara Menyederhanakan Bilangan Berpangkat

Bentuk radikal adalah akar suatu bilangan rasional yang hasilnya berupa bilangan irasional. Yuk, masih ingat bilangan rasional dan irasional? Kalau lupa bisa baca artikelnya di link ini ya. Bentuk akar adalah bentuk lain untuk menyatakan bilangan dalam pangkat pecahan. Bilangan bentuk akarnya akan diberi tanda “√”, atau bisa juga disebut dengan tanda akar.

Cara Mengerjakan Pangkat Desimal (dengan Gambar)

Dan masih banyak lagi. Saya bertanya, apakah √25 merupakan bentuk akar atau bukan? Hai! Jawabannya bukanlah bentuk akarnya. Untuk apa? Ingat definisinya, bentuk akarnya adalah bilangan irasional, jadi kita bisa menyederhanakan √25 menjadi √5.

Seperti halnya bilangan eksponensial, bilangan radikal juga mempunyai sifat-sifat tertentu lho! Sifat ini memudahkan kita melakukan operasi aljabar pada bentuk akar nantinya. Ciri-ciri bentuk ROOT antara lain sebagai berikut:

Baca Juga  Sebutkan 3 Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Udara

Nah, setelah memahami pengertian bentuk akar dan sifat-sifatnya, yuk cari tahu cara merasionalkan bentuk akar, yuk! Sebenarnya apa yang merasionalkan bentuk akar?

Untuk memudahkan penggunaan bentuk akar dalam operasi aljabar, sebaiknya bentuk akar ditulis dalam bentuk yang paling rasional (paling sederhana). Metode rasionalisasi bentuk akar harus memenuhi persyaratan tertentu. Kondisi tersebut antara lain sebagai berikut:

Solution: Kisi Kisi Pas Ganjil Ix Tahun 2023 Rev

Nah, kalau misalnya kita menemukan suatu bentuk yang belum sederhana? Bagaimana cara menyederhanakan formulir ini? Oke tenang, saya akan jelaskan sebagai berikut.

Jadi, jika sudah ketemu bentuk dan bilangan primanya positif, tinggal nyatakan bentuk pangkatnya saja.

Hal tersebut masih tidak mudah karena pangkat bilangan dasar atau pangkat x lebih besar dari indeks akar (5 > 2). Jadi, untuk menyederhanakan bentuknya, kita hilangkan saja pangkat x.

Jika Anda menemukan bentuk seperti itu, Anda dapat menyederhanakannya dengan mengalikan jumlah pecahan dengan bentuk akar yang sama dengan penyebutnya. Apa yang dimaksud dengan wujud dasar sahabat? Bentuk akar berpasangan berarti bentuk akarnya sama, hanya tanda operasinya saja yang berbeda. Nah, penjelasan lebih detailnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini!

Bilangan Berpangkat, Akar Dan Logaritma

Untuk menyederhanakan bentuk akar, kita bisa mengalikannya dengan bentuk akar yang sama dengan penyebutnya. Dan namanya adalah √x, artinya padanannya juga √x. Jadi solusinya akan seperti ini,

Wah kalau misalnya kita menemukan pertanyaan seperti ini? Tenang saja, kamu masih ingat dengan sifat bentuk akar di atas kan? Jika ada pecahan pada akarnya, maka dapat direpresentasikan seperti ini,

Nah, setelah dijelaskan soalnya, sepertinya kasus nomor 2 (yang penyebutnya ada akarnya), jadi langkah selanjutnya yang bisa diselesaikan seperti kasus nomor 2 ya sob. iya sudah! Benar, kita kalikan dengan bentuk akar persekutuan dari penyebutnya. Langsung saja ke contoh pertanyaannya ya?

Baca Juga  Kesimpulan Cerita Dalam Alur Naskah Menurut Aristoteles Adalah

Baiklah, agar kalian bisa menguasai materi ini dengan lebih baik, berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh soal. Kamu bisa melakukannya sendiri atau berdiskusi dengan teman sekolahmu ya.

Sederhanakan Bentuk Pangkat Berikut A. (2p)³ B.(3m²n⁵)³ C.( 4m³n⁴)²:(64mn²)³

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian bentuk akar dalam matematika, sifat-sifatnya dan cara menghitungnya. Jangan lupa latihan soalnya ya. Jika ingin mempelajari materi ini lagi, gunakan saja ruang belajar. Anda bisa belajar sambil menonton video animasi lengkap dengan soal, diskusi dan rangkumannya. Ayo belajar menjadi hebat!

Artikel ini pertama kali dibuat oleh Karina Dwi Adistiana dan diupdate oleh Hani Ammariah pada 27 Juli 2021. Artikel ini ditulis bersama Dav Jia. Dav Jia adalah tutor akademis dan pendiri LA Math Tutoring, sebuah perusahaan bimbingan belajar privat yang berbasis di Los Angeles, California. Dengan pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun, Dav bekerja dengan siswa dari segala usia dan tingkatan di banyak mata pelajaran, serta konseling penerimaan perguruan tinggi dan persiapan ujian untuk SAT, ACT, ISEE, dan banyak lagi. Setelah mencapai nilai matematika sempurna 800 dan nilai bahasa Inggris 690 pada SAT, Dav dianugerahi Beasiswa Dickinson dari University of Miami, dan lulus dengan gelar Bachelor of Business Administration. Selain itu, Dav juga pernah bekerja sebagai instruktur video online untuk perusahaan buku teks seperti Larson Texts, Big eas Learning, dan Big eas Math.

Membagi bilangan eksponensial sebenarnya tidak serumit yang Anda bayangkan. Asalkan bilangan pokoknya sama, Anda hanya perlu memperkecil pangkat bilangan tersebut dan menjaga bilangan pokoknya tetap sama. Jika sulit untuk memahaminya, mulailah membaca Langkah 1 untuk panduan sederhana membagi eksponen.

Baca Juga  Gerakan Mengayun Lengan Berguna Untuk Melatih Kelenturan

Artikel ini ditulis bersama Dav Jia. Dav Jia adalah tutor akademis dan pendiri LA Math Tutoring, sebuah perusahaan bimbingan belajar privat yang berbasis di Los Angeles, California. Dengan pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun, Dav bekerja dengan siswa dari segala usia dan tingkatan di banyak mata pelajaran, serta konseling penerimaan perguruan tinggi dan persiapan ujian untuk SAT, ACT, ISEE, dan banyak lagi. Setelah mencapai nilai matematika sempurna 800 dan nilai bahasa Inggris 690 pada SAT, Dav dianugerahi Beasiswa Dickinson dari University of Miami, dan lulus dengan gelar Bachelor of Business Administration. Selain itu, Dav juga pernah bekerja sebagai instruktur video online untuk perusahaan buku teks seperti Larson Texts, Big eas Learning, dan Big eas Math. Artikel ini telah dilihat 225.451 kali.

Sederhanakan Bentuk Bentuk Berikut Dengan Menggunakan Sifat Bilangan

Cara menyederhanakan bilangan berpangkat kelas 10, menyederhanakan bilangan berpangkat pecahan, rumus menyederhanakan bilangan berpangkat, cara menyederhanakan bilangan, cara menyederhanakan bilangan aljabar, menyederhanakan bilangan berpangkat, cara menyederhanakan operasi bilangan berpangkat, contoh soal menyederhanakan bilangan berpangkat, cara menyederhanakan aljabar berpangkat, menyederhanakan operasi bilangan berpangkat, menyederhanakan bilangan, cara menyederhanakan bentuk aljabar berpangkat