5 Cara Mengatasi & Menghilangkan Mode Aman (Safe Mode) di Android

Cara Mengatasi & Menghilangkan Mode Aman (Safe Mode) di Android “Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony” – Ponsel android adalah smartphone yang memiliki bermacam-macam fitur di dalamnya, karena ini bertujuan untuk menyetabilkan dalam setiap pengoprasian atau penyettingan terhadap hp android itu harus selalu dilakukan oleh si pengguna. Namun terkadang pada setiap pemakaian dalam melakukan kesalahan atau juga hanya sebatas coba-coba dalam mengotak-ngatik smartphone androidnya itu sering terjadi oleh pengguna ponsel tersebut.

Salah satu contoh saya sendiri, yang waktu itu pertama kali membeli ponsel android namun saya mencoba untuk mengubah tampilan thema pada layar hp, nada dering dan juga yang lainnya, tapi ntah tau kenapa saya sangat penasaran dengan tulisan “Mode Aman atau Safe Mode. Lalu dengan rasa penasaran saya langsung mencoba mengaktifkan fitur mode aman, sehingga yang terjadi pada akhirnya ponsel android yang baru beli kemarin sore itu tidak bisa terbuka aplikasin dan fitur lainnya, sudah jelas kan sobat halokers bahwa hal seperti ini itu membuat bingung dan juga pusing kepala.

Ponsel Android yang saya gunakan pada waktu itu Samsung Galaxy J5, namun ada juga dibeberapa smartphone android lainnya yang menggunakan fitur safe mode atau mode aman dengan merek Samsung J1, Samsung J2, Samsung J3, Vivo, Xiaomi, Oppo, Sony dan type lainnya. Karena tujuan dari safe mode atau mode aman ini sebenarnya untuk melakukuan perbaikan pada sistem yang tidak bisa melakukan booting dengan normal dan juga  fitur mode aman ini aplikasi yang dapat di instal dari Play Store atau juga dari vendor tersebut. Lalu dengan adanya  fitur ini menyebabkan aplikasi android yang sudah terinstall namun tetap saja tidak bisa di tampilkan atau susah untuk pengoperasiannya.

Cara Mengatasi Mode Aman Yang tidak Bisa Hilang

Memang pada saat safe mode ini aktif maka secara tampilan android kita tidak ada yang berubah, namun pada bagian bawah smartphone android akan ada tulisan mode aman dan safe mode. Apabila seperti ini pasti sangat mengganggu pengunaan, tidak hanya itu saja tapi hal ini juga mengakibatkan semua aplikasi dan game yang ada tidak akan berfungsi. Untuk itu disini saya akan membagikan tutoria dari pengalaman saya sendiri mengenai cara menghilangkan mode aman yang susah hilang, untuk itu mari kita simak ulasannya dengan sebagai berikut :

Cara Mengatasi Mode Aman atau Safe Mode di Android Yang Susah Hilang

Pada dasarnya penyebab mode aman yang susah hilang itu bisa ditasi dengan mudah dan disini ada beberapa tips dan trik mengatasi safe mode yang membuat pengoperasian error ketika digunakan.

Masalah mode aman yang susah hilang ini bisa saja terjadi pada ponsel selain Hp samsung, misalnya di beberapa merek smartphone seperti Xiaomi, HTC, Oppo, Vivo dan vendor lainnya juga akan terjadi.

Penyebab munculnya mode aman di android itu ada banyak sekali faktornya, bisa saja karena terjadinya booting, mallware, cahce yang menumpuk dan kesalahan lainnya dari yang sengaja atau tidak di sengaja.

Maka dari itu kami berikan panduan lengkap untuk dijadikan sebagai pedoman kalian untuk bisa mengembalikan atau mendiagnosa Hp android yang selalu muncul mode aman:

1. Cara Pertama Menghilangkan Mode Aman Dengan Melakukan Restart dan Matikan Ponsel

Untuk menghilangkan safe mode di android yang akan kami pakai tips pertama adalah dengan merestart atau mematikan smartphone terlebih dahulu. Karena dengan begitu akan merefresh kembali system yang sedang beroperasi terkena virus, sehingga safe mode di android akan hilang.

  • Yang pertama Anda harus merestart ponsel android dengan cara tahan dan tekan tombol power.
  • Lalu akan keluar tampilan dan silahkan Anda pilih restart ponsel android atau juga bisa dengan menu daya mati untuk menonaktifkan ponsel.
  • Apabila sudah benar-benar mati lalu Anda hidupkan kemabil ponsel androidnya tanpa harus menekan kembail tombol-tombolnya.
  • Setelah itu perhatikan kembali dibagian bawah kiri ponsel Anda, apakah sudah hilan atau masih ada tulisan safe mode atau mode aman nya, kalau masih ada Anda coba cara yang kedua.

2. Cara Kedua Menghilangkan Mode Aman Dengan Melepas Baterai

Perlu kamu ketahui juga bahwa Mode aman ini sangat perlu sekali pada smartphone android, karena dengan adanya fitur tersebut pada saat kalian menginstall aplikasi atau game yang terdapat virus atau mallware yang berbahaya, maka akan di saring lebih dulu oleh fitur mode pesawat.

Namun pada saat safe mode ini mau di nonaktifkan itu selalu muncul tulisannya, sehingga tulisan mode aman tidak mau hilang walaupun sudah saya matikan. Nah ada cara yang kedua untuk solusi mengatasi error tersebut dengan melepas Baterai ponsel, yuk baca langkahnya dengan berikut ini:

  • Yang pertama seperti biasa Anda mematikan ponsel Anda dengan menekan tombol power.
  • Kemudian akan keluar tampilan baru, lalu pilih matikan daya.
  • Setelah itu cabut dengan paksa batterai, kartu dan juga memori ponselnya.
  • Tunggu beberapa detik, lalu pasang kembali perangkat yang tadi dilepas.
  • Berikutnya nyalakan ponsel Anda, dan perhatikan kata safe mode dan mode aman dibawah tampila ponselnya, apakah masih ada tulisan mode aman atau sudah hilang, nah apabila masih belum hilang juga Anda coba dengan cara yang ketiga.

3. Cara Ketiga Menghilangkan Mode Aman Yaitu Menghapus Aplikasi error

Jika kalian sudah menggunakan kedua cara diatas namun mode aman di hp samsung masih tetap saja tidak mau hilang, besar kemungkinan penyebabnya ada pada aplikasi android.

Penyebab terjadinya error yang jika faktor ada pada aplikasi, berarti ponsel kalian mengunduh aplikasi yang tidak dikenal seperti aplikasi android di luar Playstore, sehingga hal seperti ini menutup kemungkinan smartphone Anda itu telah di root. Baca cara root android dengan benar.

Lalu bagaimanakan solusi untuk mengetahui ada aplikasi android yang mengakibatkan error seperti safe mode tidak bisa hilang di android? Caranya sangat mudah sekali Anda tinggal cek saja di aplikasi Google Playstore.

  • Caranya silahkan buka Playstore
  • Lalu di menu bagian pojok kiri atas klik opsi Aplikasi Saya dan Game
  • Kemudian di situ akan ada tab pembaharuan yang mana akan keluar tulisan “hapus aplikasi berbahaya”
  • Silahkan kalian hapus aplikasi android yang berbahaya itu dan jika sudah tinggal restart saja ponsel kamu

Pertanyaan lagi gimana sih jika pada aplikasi Playstore tidak ada tulisan “hapus aplikasi berbahaya?”, jika seperti ini kemungkinan masalhanya terdapat pada aplikasi yang terakhir kalian unduh, dan jika sudah mengetahui tinggal segera lakukan tindakan penghapusan kembali.

4. Cara Keempat Ngilangin Tulisan Mode Aman Dengan Menghapus Cache

Secara logika apabila sampah itu menumpuk pada suatu tempat yang terbatas kapasitasnya, maka yang akan terjadi adalah sampah itu akan berceceran kemana-mana. Nah, sama halnya juga sampah atau cache smartphone android, jika tidak segera di hapus maka yang akan terjadi ngeblank atau error.

Namun sebenarnya cache pada ponsel itu bisa dimanfaatkan untuk memenuhi performa loading pada browser ataupun aplikasi dan game, jadi dengan adanya cache tersebut kita tidak usah melakukan pencarian ulang atau bermain game dari awal, karena cache ini bersifat histori yang sudah terjadi tapi bisa di ulangi.

Namun di sisi lain adanya cache pada sebuah aplikasi atau game itu bisa memberatkan proses pengoperasian pada smartphone android, tentunya karena diakibatkan cache yang menumpuk sehingga kapasitas RAM tidak bisa menampungnya lagi.

OK untuk membersihkan cache bisa menggunakan aplikasi atau dengan cara manual, seperti contoh cara manual simaklah dibawah ini.

  • Silahkan buka pengaturan
  • Lalu scroll ke bawah dan pilih menu Penyimpanan
  • Lalu silahkan cari opsi Cache Data
  • Jika sudah menemukannya silahkan di pilih
  • Berikutnya tinggal hapus cache dan langsung ponsel android di restart

5. Cara Kelima Untuk Keluar Dari Safe Mode Dengan Factory Reset (Setelan Ulang) Android

Mungkin bagi saya ini adalah cara yang terakhir untuk mengembalikan safe mode yang sulit untuk hilang pada android, karena biasanya hal ini disebabkan terlalu banyak aplikasi yang Anda instal, untuk itu cara ini bisa Anda gunakan untuk mengembalikan mode aman di android Anda. Cara yang terakhir disebut dengan Mode Recovery atau juga bisa disebut dengan factory reset (Kembali ke pengaturan Pabrik), maka dari itu mari kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Yang pertama Anda buka Pengaturan atau Setting.
  • Setelah itu pilih Setel Ulang atau Cadangan.
  • Kemudian pilih “kembali ke pengaturan pabrik”
  • Dan ikuti terus petunjuk-petunjuknya, karena saya tidak perlu menjelaskan disini soalnya Anda akan dipandu oleh ponsel pintar Anda.

Dengan cara ini otomatis Anda akan lega pikirannya, karena mengatasi mode aman atau safe mode sudah hilang di ponsel android Anda.

Baca juga :

Hanya itu yang dapat kami sajikan kepada Anda mengenai “Cara Mengatasi Mode Aman Yang tidak Bisa Hilang” Semoga dengan ulasan singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda dan juga semuanya. Oleh karena itu saya juga sangat berterimakasih karena Anda sudah mengunjungi website kami.

Pencarian Terkait:

cara menghilangkan mode aman, mode aman, https://haloponsel com/cara-mudah-mengatasi-mode-aman-safe-mode-di-semua-android/, cara menonaktifkan mode aman, mode aman tidak mau hilang, cara menghilangkan mode aman di hp samsung, menghilangkan mode aman, cara menghilangkan mode aman di samsung, cara mematikan mode aman, mode aman samsung
5 Cara Mengatasi & Menghilangkan Mode Aman (Safe Mode) di Android | Maulana Malik Ibrahim | 4.5