Ciri Khas Silat Adalah Gerakan – Gaya peperangan ini dikenal luas di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina bagian selatan, dan Thailand bagian selatan, sesuai dengan sebaran berbagai suku di pulau Indonesia.

Aspek pertahanan dalam pencak silat yaitu menggunakan pukulan dan tendangan. Pencak silat merupakan seni bela diri yang populer khususnya di Indonesia.

Ciri Khas Silat Adalah Gerakan

Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang menyelenggarakan perkumpulan pencak silat yang beroperasi di berbagai negara adalah Persatuan Pencak Silat Internasional (Persilat) yang beranggotakan Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Daftar Istilah Dalam Pencak Silat, Lengkap Beserta Penjelasannya

Pada umumnya setiap daerah di Indonesia mempunyai gaya pencak silatnya masing-masing. Misalnya saja daerah Jawa Barat yang terkenal dengan sekolah Cimande dan Cikalong, sekolah Merpati Putih di Jawa Tengah, serta sekolah PSHT, Perisai Diri, PSCP di Jawa Timur.

Di Indonesia, turnamen pencak silat nasional diselenggarakan setiap empat tahun sekali selama Pekan Olahraga Nasional (PON). Sejak tahun 1987, Pencak silat juga ikut serta dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games). Penggemar pencak silat juga banyak di luar Indonesia, seperti Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika.

Di tingkat nasional, melalui olah raga dan permainan, pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu bangsa kepulauan, bahkan kebanggaan bangsa dan persatuan bangsa.

Pada tanggal 13 Desember 2019, Pencak Silat dinyatakan sebagai bagian dari Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan oleh UNESCO.

Tanah Datar Bina Generasi Muda Lewat Silat Tradisi

Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempromosikan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia. Keuntungan diakuinya Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia adalah mendapat pengakuan internasional, mendapat kesempatan mengikuti Olimpiade dan mengungkap nilai-nilai budaya yang tampak dalam silat.

Final Pencak Silat putri 65kg – 70kg. Kiri, Amelia Roring (Indonesia – medali emas) vs Siti Rahmah Mohamed Nasir (Malaysia – medali perak). 17 November 2011 pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2011 di Taman Mini Indonesia Indah Pencak Silat Padepokan, Jakarta Timur, Indonesia.

Baca Juga  Untuk Mendapatkan Intonasi Yang Baik Dapat Dilakukan Dengan Berlatih

Asal usul kata silat tidak jelas. Kata Melayu silat mungkin ada hubungannya dengan silek Minangkabau. Karena bahasa Melayu berasal dari Sumatera, kemungkinan besar kata tersebut berasal dari Sumatera.

Indonesia menggunakan istilah pencak silat. Istilah ini digunakan sejak tahun 1948 untuk menggabungkan aliran-aliran pencak silat lama yang dimulai di Indonesia.

Pencak Silat, Seni Bela Diri Yang Mendunia

Sedangkan kata “silat” digunakan di Sumatera, Semenanjung Malaya, dan Kalimantan. Dalam perkembangannya, istilah “pencak” menekankan pada aspek seni dan penampilan gerak gemulai, sedangkan “silat” menjadi dasar kajian ilmu bela diri dalam pertarungan.

Nenek moyang masyarakat Indonesia sudah mempunyai cara menjaga diri untuk menjaga dan menjaga kehidupannya atau kelompoknya terhadap permasalahan alam.

Mereka mempertahankan diri dengan meniru gerak-gerik hewan alami, seperti monyet, harimau, ular, atau elang.

Asal muasal pencak silat di nusantara ini mungkin juga bermula dari ilmu berburu dan bertarung suku-suku asli Indonesia dengan menggunakan pedang, tameng dan tombak, misalnya pada budaya suku Nias yang tidak tersentuh oleh dunia luar. dunia sampai tanggal 20. satu abad. pengaruh.

Sejarah Pencak Silat: Kisah Marinir As & Seni Bertahan Yang Mematikan

Dari namanya terlihat jelas bahwa kata “silat” adalah yang paling umum, sehingga dapat diasumsikan bahwa seni bela diri ini menyebar dari Sumatera ke berbagai belahan Asia Tenggara.

Gaya bertarungnya tersebar dari mulut ke mulut, diajarkan dari guru hingga muri, sehingga sulit menemukan catatan tertulis tentang asal usul silat. Sejarah silat diceritakan dalam legenda yang berbeda-beda tergantung daerahnya. Legenda Minangkabau, silat (minangkabau: silek) diciptakan oleh Datuk Suri Diraja dari Pariangan, Tanah Datar di kaki Gunung Marapi pada abad ke-11.

Silek kemudian dibawa dan dikembangkan oleh para perantau Minang dari Asia Tenggara. Begitu pula dengan legenda asal usul silat gaya cimande yang menceritakan tentang seorang wanita yang meniru gerak-gerik harimau dan kera dalam pertarungan. Pada umumnya setiap daerah mempunyai para pesilat (pesilat) yang dibanggakannya, seperti Prabu Siliwangi sebagai pesilat Sunda Pajajaran,

Sejarah perkembangan silat tercatat pertama kali ketika penyebarannya sangat dipengaruhi oleh tirani Islam pada abad ke-14 di nusantara. Saat itu, pencak silat diajarkan bersamaan dengan pelajaran agama di surau atau pesantren. Silat menjadi bagian dari latihan spiritual.

Aliran Cingkrik Goning: Asal, Pencipta, Dan Gerakan Silat Khas Betawi

Menurut budaya banyak suku di Indonesia, pencak silat merupakan bagian penting dalam upacara adat mereka. Misalnya seni tari Randai yang tak lain adalah gerak sutera Minangkabau yang sering ditampilkan dalam berbagai acara dan kegiatan kebudayaan Minangkabau. Prosesi pernikahan adat Betawi memiliki ritual “mendobrak pintu”, sebuah produksi silat Betawi, yang dikemas dalam sebuah auditorium kecil. Acara ini biasanya diadakan menjelang akad nikah, yaitu sebuah drama kecil dimana rombongan mempelai pria dalam perjalanan menuju rumah mempelai wanita bertemu dengan seorang jawara (prajurit) setempat yang konon sedang jatuh cinta pada mempelai wanita. Maka terjadilah pertarungan karate di tengah jalan antara pendekar di jalan dengan pendekar yang menemani mempelai pria, yang tentu saja dimenangkan oleh pengawal mempelai pria.

Baca Juga  Berikut Yang Bukan Merupakan Struktur Teks Berita Adalah

Silat kemudian berkembang dari seni bela diri dan tarian tradisional dan menjadi bagian dari latihan pertahanan negara untuk menghadapi penjajah asing.

Sejarah perang melawan penjajah Belanda, pendekar angkat senjata seperti Panembahan Senopati, Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, Teungku Chik di Tiro, Teuku Umar, Tuanku Imám Bonjol dan pendekar wanita sejenisnya. seperti Sabai Nan Aluih, Cut Nyak Dhien dan Cut Nyak Meutia.

Yaitu masyarakat pulau sumatera dan semenanjung malaka, serta masih banyak suku lain yang menggunakan lingua franca melayu di berbagai wilayah jawa, bali, kalimantan, sulawesi dan pulau lainnya, yang juga mengembangkan ilmu bela diri ini.

Terpesona! Pendekar Jepang Peragakan Gerakan Pencak Silat: Tangguh Saat Bermain Cambuk Dan Bola Api

Menyadari pentingnya memajukan peran pencak silat, mereka merasa perlu adanya organisasi pencak silat nasional yang dapat mempersatukan sekolah-sekolah pencak silat di seluruh Indonesia. Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) didirikan pada tanggal 18 Mei 1948.

Pada tanggal 11 Maret 1980, Persatuan Pencak Silat Internasional (Persilat) didirikan oleh Eddie M. Nalapraya (Indonesia), yang merupakan presiden IPSI saat itu.

Banyak perkumpulan nasional antara lain Persatuan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Indonesia, Persatuan Silat Nasional Malaysia (PESAKA) di Malaysia, Persatuan Silat Singapura (PERSIS) di Singapura, dan Persatuan Silat Brunei Darussalam (PERSIB) di Brunei. Ada banyak sekolah karate di Amerika dan Eropa. Silat kini sudah resmi mengikuti kompetisi internasional, khususnya SEA Games.

Komposisi pencak silat dan padepokan (tempat pertunjukannya) berbeda-beda menurut bidang yang ditekankan. Banyak sekolah menelusuri asal-usulnya dari pertarungan binatang liar. Seni bela diri harimau dan monyet adalah contoh dari aliran tersebut. Ada juga yang berpendapat bahwa pencak silat dan olah raga, aspek fisik dan pernafasan, merupakan awal mula perkembangan silat. Aspek olah raga dan pencak silat inilah yang menjadikan pencak silat populer di Eropa.

Sasaran Gerakan Memukul Adalah

Namun banyak yang berpendapat bahwa esensi pencak silat hilang atau memudar ketika pencak silat masuk ke dunia olahraga. Oleh karena itu, sebagian ahli silat tetap fokus pada bentuk tradisional atau spiritual pencak silat dan tidak mengikuti Persilat sebagai anggota dan otoritas yang diakui organisasi pencak silat dunia.

Baca Juga  Berikut Ini Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pernapasan Manusia Kecuali

Warna kuning pada logo IPSI mempunyai arti bahwa IPSI mengedepankan kepribadian dan kesejahteraan lahir dan batin sebagai jalan menuju kejayaan rumah tangga dan masyarakat. Pada logo IPSI, bentuk perisai segi lima melambangkan IPSI yang berlandaskan ekologi Pancasila dan bertujuan untuk mewujudkan manusia Pancasila sejati. Sedangkan sayap Garuda yang berwarna kuning dengan otot berwarna merah melambangkan ketangguhan masyarakat Indonesia yang berlandaskan kesucian, keutuhan, dan kekuatan. IPSI berdiri pada tanggal 18 Mei 1948 yang berarti lebar 18, pena 5 halaman dan 4 halaman serta 8 halaman.Adanya pita merah putih melambangkan bahwa IPSI merupakan ikatan pemersatu sekolah berbagai jenis pencak silat berdasarkan bahasa Indonesia masyarakat, bahasa dan negara.

Persekutuan Pencak Silat Internasional (Persilat) didirikan pada tanggal 11 Maret 1980 di Jakarta. Persilat sendiri telah meraih status sebagai organisasi Pencak Silat internasional di dunia.

Tempat bermain diletakkan di atas tanah, ditutup dengan kasur yang tingginya tidak melebihi 5 (lima) cm. Keset ini memiliki permukaan datar dan tidak memantulkan cahaya, dapat dilapisi dengan alas anti selip, dan berukuran 10m x 10m. Warna kasur warna dasar hijau muda, ada garis putih sesuai permintaan.

Tertarik Budaya Jawa Barat, Direktur Nei Australia Belajar Pencak Silat Sang Maung Bodas Sukabumi

Samsak adalah sebuah peralatan yang biasanya digantung dan digunakan sebagai alat bantu olah raga. Tas ini digunakan untuk latihan pukulan, tendangan, dan pukulan dasar.

Body Protector adalah alat untuk melindungi tubuh pada saat bertanding. Pelindung tubuh yang digunakan dalam kompetisi memiliki landasan berwarna merah atau biru.

Sekelompok pejuang PSHT yang mengalami kemajuan melalui berbagai tingkatan mulai dari magang (yang memakai banyak sabuk) hingga veteran/warga negara (yang memakai sabuk hitam).

Tendangan lurus dilakukan dari posisi berdiri dengan bertumpu pada satu kaki. Selanjutnya, berlutut dan angkat lutut serta luruskan kaki bagian bawah, kenakan bagian dalam jari kaki ke arah sasaran. Lalu kita tekuk salah satu tangan, lalu tangan tersebut menutupi tubuh bagian bawah dan atas.

Bikin Bangga! 5 Film Ini Menampilkan Pecak Silat Dalam Adegan Pertarungannya

Tendangan setengah bulan harus dilakukan dengan posisi awal berdiri dengan ditopang oleh satu kaki. Kemudian tekuk sedikit lutut dan luruskan ujung kaki yang akan menendang. Dengan bantuan kaki, kaki penendang diangkat dari bawah ke atas gawang, kemudian tangan harus menutupi tubuh bagian atas dan bawah.

Tendangan jejag dilakukan dengan cara berdiri dengan satu kaki sebagai tumpuan. Setelah itu lutut sedikit ditekuk kaki yang melakukan tendangan, kemudian dengan bantuan kaki ditekan ke arah lawan, dan tangan harus menutupi bagian atas dan bawah.

Tendangan samping adalah serangan satu kaki. Saat melakukan permainan menyamping ini, arah lintasan lurus ke depan, sasaran diletakkan di tumit. Dalam olah raga ini, solnya biasanya ditujukan ke seluruh tubuh

Gerakan dasar pencak silat, gerakan silat cimande, gerakan silat harimau, gerakan silat harimau minangkabau, gerakan dalam pencak silat, gerakan silat macan putih, gerakan silat pagar nusa, gerakan silat, gerakan dasar silat, gerakan silat tapak suci, gerakan silat harimau putih, gambar gerakan silat