Contoh 1 Paragraf – ATURAN 1. Pengertian paragraf Paragraf, atau yang sering disebut paragraf, secara visual ditandai dengan spasi antar garis lebar atau pada awal garis yang menjorok ke dalam. Dari segi komposisi, paragraf yang ditonjolkan dengan kelompok garis yang diperpanjang yang lebih lebar dari barisnya disebut paragraf yang dipanjangkan, sedangkan paragraf yang ditonjolkan dengan baris pertama disebut paragraf yang menjorok ke dalam (Sugiyono, 1997: 1). Paragraf pada dasarnya adalah unit dasar tulisan, lebih panjang dari kalimat tetapi lebih pendek dari tulisan umum. Millward dalam Sugiyono (1997:2) mendefinisikan kalimat sebagai kelompok kalimat yang mengedepankan suatu pemikiran. Paragraf meliputi kalimat utama yang berisi gagasan, diikuti dengan kalimat tambahan yang memperluas, memperjelas, menganalisis, atau menjelaskan kalimat utama. Dalam hal ini, berikut ini dapat diselesaikan dalam paragraf. (1) Paragraf hanya boleh memiliki satu gagasan utama; Topik utama biasanya dinyatakan dalam kalimat topik. (2) Selain gagasan utama, paragraf juga memuat informasi lain yang terkandung dalam kalimat deskriptif atau dalam kalimat berkembang. 1

[1] Kegiatan pembangunan gedung salah satu rumah sakit besar yang berlokasi di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis (3/2) tampak sepi. Ribuan pekerja yang biasanya sibuk dengan pekerjaan konstruksi sejak pagi menghilang. Sebagian besar alat berat terlihat menganggur karena tidak adanya pekerja. Gedung 10 lantai seluas sekitar 5.000 meter persegi yang dijadwalkan beroperasi paling lambat pertengahan tahun ini terancam molor. (Kompas, 14 Februari 2005)

Contoh 1 Paragraf

[2] Pada Hari Kebangkitan, orang akan dibangkitkan di Padang Mahsyar. Ketika Allah membangkitkan seorang mukmin, Dia memunculkan yang seperti dia sebelum dia. Orang itu berjalan di depannya membimbing tangannya. Melihat sesuatu yang menakutkan, temannya menenangkannya. Ketika dia melihat hal-hal yang menyedihkan, teman-temannya menghiburnya. Kemudian, sebelum penghakiman Tuhan, dia berdiri untuk melindunginya. Di akhir persidangan, ia mendengar vonis: Adkhiluhul jannah. Bawa dia ke surga. Kemudian temannya membawanya ke tempat yang penuh dengan kegembiraan. Orang beriman itu terkesan dengan pembelaan diri temannya dan bertanya kepadanya: “Siapa kamu? Orang itu berkata: Dahulu, di dunia, setiap kali Anda menempatkan kebahagiaan pada diri Anda, Allah menciptakan makhluk seperti saya, untuk memberi Anda kebahagiaan hari ini. (MK: 29)

Baca Juga  Dalam Praktiknya Pertandingan Pencak Silat Dilangsungan Dalam

Paragraf Keilmuan Kesatuan Atau Keutuhan Gagasan Paragraf

[3] Bali kini memiliki daftar nama warganya yang tergolong pengusaha sukses. Sebagai tujuan wisata global, para pengusaha sukses ini bekerja di sektor pariwisata. Salah satunya adalah Bagus Sudibya. (Kompas, 14 Februari 2005)

[4] Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, anak usia satu tahun yang menggunakan televisi selama tiga jam sehari mendapatkan pengaruh yang berlebihan. Akibatnya, anak jadi bingung dan tidak konsentrasi saat mengerjakan sesuatu. Jadi, anak usia 0-3 tahun sebaiknya tidak menonton TV sama sekali. (Kompas, 14 Februari 2005 – dengan perubahan).

[5] Saat kita marah, kita tidak punya pilihan untuk berpikir atau bertindak: misalnya, melarikan diri, menyerang, atau melawan. Pilihannya terbatas karena saat kita marah, kita harus segera bertindak. Ketika kita diserang oleh fitnah yang buruk.

Misalnya, kami memilih keputusan cepat: balas dendam atau melarikan diri. Sebenarnya tidak banyak pilihan saat kita dilanda emosi negatif. (MK: 80 – dengan perubahan)

Contoh Paragraf Deskripsi Terpanjang Dari 2 Sampai 30 Kalimat

(1) Televisi tidak selalu berdampak buruk bagi anak. Keunggulan televisi sebagai media elektronik dibandingkan media cetak — antara lain lebih berdampak dan melibatkan lebih banyak mendengarkan sehingga lebih menarik — dapat digunakan untuk program-program saya menginspirasi anak-anak untuk lebih kreatif. Hanya saja, jika Anda terlalu banyak atau kecanduan menonton TV, Anda tetap harus berhati-hati. Perhatikan waktu menonton anak dan pilih program yang tepat. (Kompas, 14 Februari 2005)

(2) Suryani (18) adalah salah satu tenaga kerja (TKW) di Kuala Lumpur yang dianiaya oleh majikannya. TKW asal Pontianak, Kalimantan Barat bekerja sebagai PRT di sebuah rumah di Petaling Jaya sejak April 2003. Gaji yang dijanjikan 400 ringgit per bulan. Namun, semuanya sia-sia dan sia-sia. Selama 21 bulan bekerja, Suryani tidak menerima gaji sepeser pun. Bahkan, ia dilarang makan, hanya sekali sehari. Jadi masalah yang mereka hadapi pada umumnya sama, disiksa oleh majikannya, dipukuli dan tidak dibayar gajinya selama lebih dari setahun. (Kompas, 14 Februari 2005 – dengan perubahan)

(3) Industri perbankan merupakan industri yang menjual kepercayaan. Tidak ada pihak yang mau menaruh uangnya di bank jika tidak mempercayai bank tersebut. Menyimpan uang di bank merupakan tindakan yang menawarkan potensi keuntungan berupa bunga, sekaligus risiko kehilangan uang tersebut. (Kompas, 14 Februari 2005)

Baca Juga  Anggota Badan Lain Tidak Menyentuh Pasir Lebih Belakang Daripada

(4) Nosologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari bagaimana penyakit diklasifikasikan, diberikan nama dan batasannya. Walaupun terlihat sangat sederhana, nosologi sebenarnya sangat penting dan sangat kompleks. Misalnya, TBC tulang dan TBC paru-paru harus diperiksa dengan cermat selama bertahun-tahun untuk memastikan bahwa keduanya disebabkan oleh penyakit yang sama. Hal yang sama berlaku untuk kanker, yang memiliki berbagai jenis. (SG)

Contoh Paragraf Argumentasi Singkat Lengkap Dan Penjelasan

(b) Di setiap daerah aliran tsunami, perempuan biasanya memiliki beban yang lebih berat dibandingkan laki-laki.

[6] Dalam penanggulangan bencana, diperlukan dua jenis sistem telekomunikasi: suara dan data. Keduanya diperlukan untuk komunikasi, antar daerah di daerah bencana dan dari daerah bencana ke negara lain. Suara diperlukan untuk berkomunikasi di telepon. Komunikasi data diperlukan untuk mengirimkan data, teks, gambar bahkan video ke dunia luar. (Kompas, 14 Februari 2005)

[7] Ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran demam berdarah. Pertama, pemberantasan tempat berkembang biak DBD. Seperti yang kita ketahui bersama, nyamuk penyebar DBD biasanya berkembang biak di genangan air. Bahan yang mampu menahan air harus dikubur di dalam tanah. Jadi, nyamuk tidak akan bisa berkembang biak. (SG)

[7a] Cara lain untuk mencegah penyebaran demam berdarah adalah dengan menghilangkan sarang tempat berkembang biaknya nyamuk penular demam berdarah. Seperti yang kita ketahui, nyamuk…

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi Yang Baik Dan Contoh Paragrafnya

[7b] Ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran demam berdarah. Salah satunya adalah pemberantasan sarang tempat nyamuk penyebar demam berkembang biak.

[8] PTSD dapat diobati. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki masalah ini, penyakit ini dapat berkembang dan menjadi kronis. Seiring berjalannya waktu, penyakit ini dapat mengubah kepribadian seseorang, seperti menjadi mudah depresi, minder, merasa terasing atau terisolasi. Perubahan kepribadian ini bisa terjadi dua tahun setelah kejadian. Bagi anak-anak, gangguan seperti itu malah menghambat konsentrasi dalam belajar. (Kompas, 14 Februari 2005)

[9] Mbah Marto tidak banyak tahu tentang kota kelahirannya. Dia tidak tahu mengapa desanya disebut Desa Kedunggalar. Ia tidak tahu mengapa Sangkanurip, salah satu sungai di desa itu, kini mengering. Dia juga tidak tahu mengapa nenek moyangnya pertama kali tiba di desa tersebut. Meski sudah tua, Mbah Marto tetap siap. Begitu bangun pagi, tanpa minum kopi terlebih dahulu, ia membawa anak-anak anjing itu ke peternakannya. Dia terus melambai

Baca Juga  Tujuan Pembuatan Patung Dekorasi Adalah

Latihan 1: Putuskan apakah paragraf berikut memenuhi persyaratan kesatuan atau tidak. Jika tidak, sesuaikan paragraf ini dengan mempertimbangkan kebutuhan unit.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Beragam Tema. Disertai Pengertian!

(1) Akhir-akhir ini tersiar kabar rencana penggabungan Bank Tabungan Negara (BTN) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) atau Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dari ketiga bank tersebut, hanya BTN yang tidak menerbitkan sahamnya. Karena itu, tidak banyak informasi yang didapat dari manajemen BTN. Namun dapat dicatat bahwa contoh merger alias merger tentu tidak akan “mengibarkan” bendera BTN, dan mencoret nama bank lain. Tergantung bagaimana ini terdengar, pariwisata.

Namun, kesuksesan yang diraih tidak hanya untuk Bali sendiri. Menurut laporan, pariwisata Indonesia menyumbang $5 miliar per tahun. Dari jumlah tersebut, Bali menambah dua miliar rupiah hingga 3 meter yang masih kuat. Navratilova, sekarang pemain tenis baru telah muncul ‘kelahiran kembali’ dari pemain tenis terkenal.(SG ) Latihan 2: Buat kalimat topik berikut dalam paragraf, dengan mengingat kata-kata grup.

(c) Banjir di banyak kota di Jakarta seringkali disebabkan oleh praktik pembuangan sampah yang tidak benar.

[10] Omzet telepon genggam (ponsel) diperkirakan mencapai US$370 juta atau Rp 3,3 triliun per tahun. Estimasi tersebut berdasarkan jumlah penjualan ponsel resmi yang tercatat di Badan Pusat Statistik dibandingkan dengan estimasi jumlah penjualan ponsel di pasar lokal. Sebagian besar ponsel di pasaran diduga dibeli secara ilegal. (Kompas, 14 Februari 2005)

Contoh Konjungsi Antarkalimat Yang Benar

[11] Adi dan Boy adalah dua teman dekat. Setiap hari Adi dan Boy terlihat bersama. Adi yang selalu mengantar Boy ke sekolah karena jarak rumah Adi lebih jauh dari Boy. Adi dan Boy juga selalu siap membantu teman-teman Adi dan Boy ketika teman-teman Adi dan Boy dalam kesulitan. Guru Adi dan Boy senang dan bangga melihat tingkah Adi dan Boy seperti ini. Karakter dan perilaku Adi dan Boy selalu dijadikan panutan bagi siswa lainnya. Namun Adi dan Boy tidak sombong atau sombong karena pujian yang sering diterima Adi dan Boy. (TIDAK)

[12] Lima menit kemudian, sebuah truk dengan tangga dan tabung tiba di rumah sakit. Sebuah tangga dinaikkan di atas jendela kamar Bopsy di lantai 3. Empat belas pria dan dua petugas pemadam kebakaran menaiki tangga untuk memasuki kamar Bopsy. Dengan izin ibunya, mereka memeluk dan memeluknya dan membisikkan betapa mereka mencintainya. (MK: 76)

2 Tag HTML.pptParagraph Dasar Untuk membuat paragraf baru, masukkan teks ke dalamnya

Contoh cerita fantasi 1 paragraf, contoh paragraf deskriftif, contoh paragraf narasi, 1 paragraf, contoh 1 paragraf deduktif, contoh paragraf, contoh cerpen 1 paragraf, contoh karangan narasi 1 paragraf, contoh 1 paragraf induktif, paragraf deskripsi contoh, contoh menulis paragraf, contoh paragraf teks eksplanasi