Contoh Seni Tari – 221 contoh seni tari beserta penjelasan dan asal usul daerah beserta gambarnya – Menjadi bangsa Indonesia merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena sangat kaya akan beragam seni dan budaya daerah.

Salah satu keanekaragaman budaya Indonesia yang perlu dilestarikan adalah seni tari. Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai seni tari yang khas.

Contoh Seni Tari

Keberagaman seni tari yang ada di Indonesia terus mempesona dan menjadi daya tarik budaya yang mengesankan bagi para wisatawan.

Contoh Tari Tunggal Yang Ada Di Indonesia

Setiap daerah di Indonesia mempunyai tarian khasnya masing-masing sehingga setiap suku diketahui mempunyai tarian tradisionalnya masing-masing.

Niscaya, dibalik setiap gerakan indah yang diiringi alat musik tradisional terdapat makna yang dalam. Yuk simak contoh seni tari yang ada di Indonesia berikut ini.

Tari Kechak yang diciptakan pada tahun 1930-an merupakan salah satu contoh seni tari Bali dan dibawakan oleh laki-laki.

Menurut sejarahnya, tari Kecak diciptakan oleh seorang penari Bali bernama Wayan Limbak bersama seniman Jerman Walter Spies.

Apa Saja Jenis Jenis Tari? Simak Unsur & Fungsinya!

Tari Kecak merupakan salah satu tarian daerah Indonesia yang sudah mendunia. Jika biasanya tarian ini dibawakan dengan iringan alat musik, maka kečak justru sebaliknya.

Tari Kechak yang dibawakan tanpa alat musik ini dibawakan oleh puluhan penari pria yang duduk berjajar melingkar dengan ritme tertentu dan meneriakkan kata “chak, chak, chak” sambil mengangkat kedua tangan.

Tari Gde je Banjet merupakan pertunjukan tari yang dibawakan dengan gerak tari diiringi musik dengan diiringi alat musik gamelan.

Tari Jaipong yang dapat digolongkan sebagai tari kreasi ini bermula dari ekspresi rasa kebebasan dan mulai terwujud setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Contoh Tari Kreasi Baru Di Indonesia Beserta Asal Daerahnya

Hingga saat ini, tari Jaipong masih eksis dan sering ditampilkan pada acara-acara tertentu, seperti acara resmi kenegaraan dan hari raya.

Baca Juga  Ban Mobil Dibuat Beralur Bertujuan Untuk Memperbesar Gaya

Tari Jaipong mempunyai ciri khas tersendiri yaitu adanya musik pemukulan. Seperti yang anda ketahui, tari jaipon biasanya dibawakan dengan musik pengiring yang khas yaitu daegun.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, setiap tarian mempunyai makna tersendiri melalui gerakan-gerakannya. Setiap gerak tari Jaipong mempunyai nilai dan makna tersendiri.

Misalnya, gerakan Cingeus yang penting sebagai bentuk representasi keluwesan dan kelincahan perempuan dalam perjalanan hidup.

Contoh Tarian Daerah Dan Properti Tarinya, Jawaban Kelas 5 Tema 5

Namun tarian ciptaan Syekh Muhammad Saman ini diyakini sudah ada sejak tahun 1700-an atau lebih dari 300 tahun.

Tari Saman pada mulanya dipentaskan hanya sebagai hiburan masyarakat, namun seni tari Islam ini kini sudah dikenal di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Bahkan, tari Saman telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (VBTB) atau Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO pada 24 November 2011. Kini setiap tanggal 24 November diperingati sebagai Hari Adobe Sedunia.

Tari Saman juga sering digunakan sebagai media dakwah, hal ini terlihat dari lagu dan syair dalam tarian ini yang mengandung nilai dakwah dan nasehat.

Macam Macam Tari Berdasarkan Koreografinya

Jika Anda perhatikan, tari Saman memiliki beberapa gerakan yang cukup unik, yaitu tepuk tangan dan tepuk dada yang diiringi lagu-lagu berbahasa Arab dan Aachen.

Gerakan menarik lainnya dari tarian ini adalah dua barisan penari yang bernyanyi sambil bertepuk tangan sementara penari lainnya mengoordinasikan gerakannya.

Salah satu tarian tradisional Betawi, tari Kokek merupakan hasil akulturasi budaya antara masyarakat Tionghoa, Banten, dan Betawi.

Jika melihat sejarahnya, tarian ini sudah ada sejak awal abad ke-20. Kini tari Kokek telah menjadi merek dagang dan ikon masyarakat Jakarta.

Universitas Pendidikan Indonesia

Menurut banyak keterangan, tari Cokek dikembangkan oleh para pemilik tanah Tiongkok sebelum Perang Dunia II.

Namun ada juga yang mengartikan “cokek” sebagai penyanyi yang juga penari, dan biasanya kokain disandang di bahu untuk mempercantik hari raya, saat pesta atau hajatan.

Seiring berjalannya waktu, kokek diartikan sebagai tari pergaulan yang diiringi orkes gambang kromong dengan penari wanita yang disebut wayan kokek.

Para tamu yang menyaksikan pertunjukan juga berkesempatan untuk menari mengikuti kokaka. Biasanya masyarakat suku Betawi menyebutnya dengan “ngibing kokek”.

Soal Sas Seni Tari Kelas 7 Smp/mts Semester 1 Kurikulum Merdeka Tahun 2023 2024

Pementasan tari Cokek biasanya diawali dengan pertunjukan wayang golek. Dimana para penari akan berbaris memanjang, melangkah maju mundur mengikuti irama gambang-kramong.

Jika dilihat dari fungsinya, Tari Cokek merupakan salah satu bentuk tari pergaulan Betawi sebagai perpaduan nilai-nilai budaya Betawi dan masyarakat luar.

Pada awalnya, tari Tortar bukanlah suatu bentuk tarian, melainkan pelengkap dari gondang atau uning-uningan yang didasarkan pada filosofi tradisional.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Gagasan Pendukung

Representasi Tortor (rumah besar) ini sebelumnya hanya digunakan untuk upacara adat sakral serta persembahan kepada roh leluhur.

Tarian Tradisional Korea

Bagi masyarakat Batak, tari Tortor tidak hanya sekedar tarian hiburan saja, namun sudah menjadi bagian dari identitas suku Batak.

Hal ini terlihat dari permainan Tortor yang selalu ditampilkan dalam setiap pertunjukan adat Batak, baik sedih maupun gembira.

Dimana nama setiap gerakan akan ditentukan oleh gerakan tubuh. Misalnya saja ada Pangurdot, sebuah gerakan Tari Tortor yang menggunakan seluruh anggota tubuh.

Tarian tortor juga diiringi oleh berbagai alat musik khas Sumatera Utara yang disebut magondang. Alat musik tersebut terdiri dari gondang, ogung, oloan, saruna, gardang, ihuton, pangora, doal, hesek dan taganing.

Muhammad Ihsan Al Aziz, Pengarang Di Presiden Informasi

Jenis tari Tortor sendiri sangat beragam, namun bisa dikatakan setiap penari akan menari dengan bantuan ulas dan diiringi alat musik tradisional gondang.

Tari Serimpi yang terkenal dengan gerakannya yang lembut merupakan tarian tradisional daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah yang telah berkembang selama ratusan tahun.

Pada mulanya tari Serimpi mulai berkembang secara eksklusif di lingkungan dalam keraton pada masa Kerajaan Mataram Islam, tepatnya pada masa Sultan Agung Hanjakrakusuma.

Sejarah tari Serimpi tidak lepas dari kondisi politik Mataram itu sendiri. Termasuk ketika kerajaan harus terpecah menjadi dua bagian, yakni Surakarta dan Yogyakarta.

Tari Remo Dari Jawa Timur: Asal Usul, Makna, Dan Komposisinya

Secara umum tari Serimpi terbagi menjadi dua jenis, yaitu tari Serimpi gaya Yogyakarta dan tari Serimpi gaya Surakarta.

Keduanya mempunyai ciri khas masing-masing, misalnya saja tari Serimpi gaya Yogyakarta yang dikenal dengan Serimpi Babul Laiyar, Serimpi Dempel, dan Serimpi Genjung.

Beberapa jenis tari Serimpi antara lain Padhelori ciptaan Sultan Hamengkubuwon VI dan VII, Serimpi Sangupati ciptaan Pakubuvana IX, dan tari Serimpi Anglirmendhung ciptaan Mangkunegara I.

Tarian ini diperkenalkan oleh para pengamen jalanan dan hasilnya adalah perpaduan budaya yang berujung pada lahirnya tari topeng khas Chirebon.

Seni Tari Lenggang Dara

Setelah ajaran Islam masuk ke Indonesia, tarian khas Cirebon ini pun ikut berpengaruh. Pada tahun 1470, pada masa Sunan Gunung Jati, Cirebon menjadi pusat penyebaran agama Islam.

Sebelumnya, tari topeng dibawakan di panggung terbuka berbentuk setengah lingkaran. Pertunjukan tari topeng biasanya diadakan di halaman dengan bantuan penerangan berupa obor.

Tarian Reog yang dikenal dengan nama Barongan ini melibatkan singo barong, yaitu sosok bertopeng harimau berhiaskan bulu merak berukuran sangat besar yang ditarikan dengan gerakan berputar-putar.

Hal ini juga tercatat dalam prasasti Kerajaan Kedira tahun 1045 Masehi. Sejarah terciptanya seni tari Panarog Reag juga dikaitkan dengan peristiwa dan legenda setempat.

Keberagaman Budaya: Fungsi Dan Contoh Tari Daerah Di Setiap Wilayah Di Indonesia

Kata “Reog” berasal dari kata “Riiokun” yang berarti khusnul khotimah yang diambil dari kisah perjuangan Raden Katong mengalahkan Ki Ageng Kutu.

Baca Juga  Dampak Negatif Redistribusi Yang Tidak Merata Ditunjukkan Oleh Angka

Hal ini tidak jauh dari makna tarian tradisional yang bercerita tentang peperangan ini. Namun ada pula yang mengartikan tari Reog sebagai sindiran terhadap Ki Ageng Kutu Raja Braviai V yang tunduk kepada istrinya.

Sedangkan properti yang digunakan juga berbeda-beda pada setiap penari. Para penari Borongan akan mengenakan kostum bergambar kotoran besar berwarna merah seberat 30-50 kg dan topeng Sing Borong.

Tarian ini awalnya merupakan bentuk pemujaan terhadap dewi padi dan dibawakan pada saat panen sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang melimpah.

Kolaborasi Pertunjukan Budaya

Ritual ini dilakukan dengan mempersembahkan makanan di atas serangkaian piring yang dibawa oleh sekelompok wanita.

Ketika ajaran Islam muncul, Tari Piring tidak serta merta dihilangkan. Seperti halnya tarian tradisional lainnya, tari Piring juga mengalami penyesuaian sehingga unsur-unsur yang bertentangan dengan ajaran Islam dihilangkan.

Tari piring kini terkenal tidak hanya di daerah Minangkabau tetapi juga di berbagai daerah yang dihuni oleh masyarakat Melayu.

Hal ini tercermin dari gerakan-gerakan tarian ini yang meniru cara para petani bercocok tanam agar dapat memperoleh hasil panen yang melimpah.

Memahami Pola Lantai Tari Piring Serta Properti, Makna Dan Busananya

Dipimpin oleh wanita cantik dengan pakaian cantik, tari piring diiringi alat musik Saluang dan Talempong menambah kemeriahan dan kegembiraan.

Seni tari ini biasanya ditampilkan secara berpasangan atau berkelompok, dengan gerak tari yang berbeda-beda. Setidaknya Tari Piring memiliki 20 jurus yang masing-masing jurusnya mempunyai arti berbeda.

Tari Pendet merupakan tarian tradisional Bali yang digunakan sebagai persembahan kepada leluhur atau Bhatara-Bhatara.

Tarian ini sangat populer pada tahun 1970an dan 1980an, pada saat belum ada invasi besar-besaran terhadap tari modern dari luar.

Gelar Pementasan Karya Tugas Akhir, Seni Tari Uts Siap Cetak Lulusan Seniman

Tari Pendet, salah satu tarian selamat datang tertua di Pulau Bali, awalnya menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan spiritual masyarakat Hindu Bali.

Tarian ini sering ditampilkan sebagai pelengkap upacara piodalan di pura atau tempat suci keluarga untuk mengungkapkan rasa syukur, hormat dan kegembiraan dengan menyambut kehadiran para dewa yang turun dari kahyangan.

Kesenian tari ini dibawakan dengan iringan gamelan gong kebiyar dengan laras pelog dan gamelan gong semar pegulingan dengan laras slendro.

Tarian liontin biasanya dibawakan oleh penari wanita dengan mengenakan pakaian adat Bali yang mengenakan bokor atau kanang sari dengan bunga, uang logam, hia dan makanan untuk konsumsi sehari-hari.

Pengertian Tari Tradisional Lengkap Beserta Macam Macam, Unsur, Dan Fungsinya

Pakaian adatnya sendiri terdiri dari ikat pinggang prada, antenga (cerik) dan songket kamben. Sedangkan alat peraga tari Pendet biasanya menggunakan alat-alat upacara seperti sangku, mangkuk perak, kendi dan lain sebagainya.

Namun lama kelamaan tarian ini mulai digunakan untuk menyambut kedatangan orang lain. Kini tari Pendet sering dipentaskan sebagai bagian dari promosi pariwisata di Pulau Dewata Bali.

Merupakan gabungan kata “Ca” yang berarti satu dan “Ci” dari kata “Ciang” yang berarti lawan atau cobaan,

Tari Caci merupakan proses penentuan tingkat kematangan pemuda Flores melalui uji ketangkasan dalam pertarungan satu lawan satu.

Tarian Tradisional Indonesia Yang Indah, Penuh Makna, Dan Bisa Disaksikan Dari Rumah!

Hingga saat ini, tari Caci selalu dibawakan oleh pemuda setempat untuk menguatkan diri

Contoh seni tari nusantara, contoh seni tari modern, contoh apresiasi seni tari, contoh makalah seni tari nusantara, contoh seni tari tradisional, contoh rpp seni tari, contoh proposal seni tari tradisional, contoh soal seni tari, seni tari, contoh gambar seni tari, contoh laporan seni tari, contoh makalah seni tari