Contoh Serat Tekstil Yang Berasal Dari Hewan Adalah – Serat hewani dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat. Bulu hewan kasar atau wol biasanya digunakan sebagai bahan baku serat tekstil. Hewan ini dapat ditemukan di daerah beriklim sedang hingga dingin.

Di Indonesia produksi tekstil sebagian besar berbahan dasar serat hewan, salah satunya adalah kepompong ulat sutera. Namun, serat dari hewan lain kurang populer dan lebih banyak diimpor. Hal ini dikarenakan hewan yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia tidak memiliki bulu atau bulu yang lebat.

Contoh Serat Tekstil Yang Berasal Dari Hewan Adalah

Wol diperoleh dari kulit domba dan merupakan serat keriting yang relatif kasar dengan sisik di permukaannya. Penampilan serat bervariasi tergantung pada jenis domba.

Materi Ajar Pengetahuan Serat

Serat yang lebih halus, lebih lembut dan lebih hangat cenderung memiliki lebih banyak sisik. Pada saat yang sama, serat yang lebih tebal, lebih kasar, dan kurang hangat memiliki sedikit sisik.

Serat sutera berasal dari air liur ulat sutera saat mereka menjadi kepompong. Rel sutera ini memiliki daya jual yang besar yang tidak ditemukan pada serat lainnya. Saat Anda membuat pakaian dari sutra, terasa sejuk saat disentuh dan memiliki daya serap keringat yang baik. Namun, serat sutera bisa menguning saat terkena terlalu banyak sinar matahari.

Serat ini berasal dari alpaka, anggota keluarga unta, yang mirip dengan llama. Ada dua jenis serat alpaka. Yang pertama adalah huacaya, serat alpaka yang menghasilkan serat lembut seperti spons dengan kerutan alami, menjadikannya benang elastis yang cocok untuk dirajut. Yang lainnya adalah suri, yaitu serat bebas kerut yang cocok untuk bahan tenun. Kelompok serat hewani (protein) terdiri dari serat alami dan buatan. Wol dan sutera termasuk dalam kelompok serat alam, sedangkan vicara dan wol susu termasuk dalam kelompok serat buatan.

Wol adalah bahan tekstil yang terbuat dari wol domba. Australia adalah penghasil wol terbesar di dunia (30%), diikuti oleh Rusia (14%) dan Selandia Baru (11%). Negara lain yang juga memproduksi wol adalah: Prancis, Amerika Serikat, Spanyol, Afrika Selatan, dan Italia. Wol dipakai di Yunani, Babilonia, dan Mesir sejak 4000 SM. Wol dari Asia Tengah dan Asia Kecil melewati Sungai Efrat dan kemudian dibawa ke negara lain hingga menjadi terkenal di dunia. Domba dari Asia, Afrika, Yunani, dan Italia, yang menghasilkan wol halus, diyakini dibawa ke Spanyol oleh orang Tunisia pada abad sebelum masehi. Domba ini dicampur dengan darah domba lokal untuk menghasilkan domba merino yang terkenal saat ini.

Baca Juga  Berikut Adalah Jenis-jenis Dari Biaya Kecuali

Macam Macam Serat Dari Hewan Dan Pemanfaatannya

Kualitas bahan wol sangat dipengaruhi oleh jenis, pola makan, umur dan metode pengolahan domba serta iklim negara tersebut. Kualitas wol juga sangat dipengaruhi oleh cara wol dipanen, misalnya wol terbaik berasal dari bagian samping dan bahu, sedangkan morels dan kaki memiliki kualitas yang lebih buruk. Properti wol terbagi dalam tiga kategori: wol halus, wol sedang, dan wol kasar atau karpet.

Wol halus berasal dari domba / domba merino Spanyol. Pada abad ke-18, ras domba merino menyebar ke seluruh dunia, tetapi dalam hampir 150 tahun, kualitas domba merino Spanyol telah menurun hingga tidak lagi menjadi produsen wol halus. Pada tahun 1765, breed Merino Jerman (Saxon dan Silensia) menghasilkan wol halus, tetapi perkembangan Merino-Saxon tidak berlangsung lama, tetapi Merino-Saxon memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan domba di Australia, Amerika Serikat. dan negara lain. Itu masih hari ini. Jenis merino yang tersedia dan ditanam adalah merino Australia. Pada tahun 1797, Australia membeli domba Merino Spanyol dan domba Merino Jerman (Saxon), dan setelah bertahun-tahun kawin silang, 80% domba Merino Australia dikawinkan hari ini. Kondisi iklim dan tanah yang menguntungkan memungkinkan domba ini berkembang dengan sangat cepat.

Wol sedang berasal dari wol Inggris, yang lebih panjang dan lebih berkilau dari wol halus. Ada 30 ras domba di Inggris Raya dan wol yang diproduksi meliputi: wol ringan, wol, dan campuran wol.

Wol gloss adalah jenis wol yang terbuat dari wol domba Lincoln dan Leicester. Serat wool yang dihasilkan domba ini umumnya panjang, kuat dan berkilau serta dapat dipintal menjadi benang yang dapat dibuat menjadi bahan yang kuat dan tahan aus.

Mengenal Serat Hewan Dan Jenis Jenis Serat Lainnya

Down adalah jenis wol yang terbuat dari wol domba Southdown. Serat yang dihasilkan lebih pendek, lebih halus dan kurang berkilau dibandingkan wol yang mengkilap. Serat dipintal menjadi benang dan sering digunakan dalam tekstil halus, selimut, atau pakaian rajut.

Wol silang adalah wol yang dihasilkan dari wol domba persilangan, diperoleh sebagai hasil persilangan domba merino Rambouillet dengan domba berbulu panjang. Serat domba jenis ini sedikit lebih panjang, tetapi domba ini dipelihara untuk diambil dagingnya.

Baca Juga  Bahasa Inggrisnya Bando

Wol shaggy biasanya berasal dari domba di Asia, seperti India, Pakistan, dan Timur Tengah. Wol jenis ini diproduksi oleh domba dengan ekor yang tebal, panjang dan lebar. Domba ini biasanya hidup dalam kondisi murni. Ada juga domba kecil berekor panjang, seperti falka hitam Skotlandia. Warna bulunya berubah dari hitam menjadi putih, hitam di bagian luar dan tipis di bagian dalam.

· Wol daur ulang, yang diperoleh dari potongan dan kain wol baru yang telah ditenun atau dikempa dengan cara dihancurkan di mesin untuk mendapatkan serat wol lagi, yang kemudian dipintal dan ditenun kembali menjadi kain. Karakteristik wol ini antara lain serat pendek, kelembutan rendah, kekuatan rendah, dan kesulitan kompresi karena kurangnya banyak sisik.

Mengenal Kerajinan Tekstil Dan Contohnya

· Wol hasil regenerasi juga disebut wol bekas, yang diperoleh dengan memecah wol bekas menjadi kain tua. Bersihkan dan pilih kain sebelum menjelaskan. Sama sekali tidak kuat, jadi serat wol atau kapas baru tercampur selama pemintalan.

Selain wol domba, serat hewani yang digunakan untuk membuat kain antara lain bulu kambing seperti mohair dan cashmere, bulu unta seperti alpaka, unta dan llama, serta bulu hewan terutama kelinci angora. Serat ini sering dicampur dengan wol untuk efek khusus, seperti menambah estetika, dan terkadang digunakan untuk keperluan khusus, seperti bulu kambing untuk kuas.

Mohair adalah serat yang diekstraksi dari wol domba angora. Domba ini telah dibiakkan selama ribuan tahun di provinsi Turki di Angola dan sekarang ditemukan dalam jumlah besar di Afrika Selatan dan Amerika Serikat. Serat mohair berwarna coklat karena bercampur dengan kotoran, tetapi setelah dikukus menjadi putih halus dan berkilau serta dapat dengan mudah diwarnai dengan warna-warna cerah. Bentuk seratnya hampir sama dengan wol, hanya saja sisiknya lebih tajam. Lebih sulit dipintal daripada wol karena permukaan seratnya licin. Sifat serat mohair hampir sama dengan wol. Serat mohair digunakan untuk kain bulu (selimut), pakaian musim panas, kain rajutan, serta penutup kursi dan karpet.

Cashmere diperoleh dari cashmere sheep yang ditemukan di Tibet, Mongolia, China bahkan pegunungan Himalaya. Domba kasmir lebih besar dari domba Angora dan memiliki bulu yang lebih lurus. Rambut beruban atau putih dan rontok setahun sekali.

Mengenal Istilah Kain Tekstil Zaman Voc: Baftas Sampai Zijde

Alpacas dan vicuna berasal dari keluarga unta, banyak dibiakkan di Amerika Latin, yang seratnya sepanjang 20-30 cm, halus dan lembut, berkilau putih dan hitam.

Vicuna, diperoleh dari bulu unta, unta liar kecil yang hidup di hutan Amerika Selatan. Memiliki serat yang paling lembut dan halus diantara serat hewani lainnya. Seratnya pendek, sangat mengkilap dan berwarna coklat muda.

Baca Juga  Batas Wilayah Eropa

Alpacas mirip dengan unta, hanya lebih kecil dan dengan bulu yang lebih halus. Warnanya putih, krem, dan mengkilap. Hampir sekuat wol.

Serat Llama diperoleh dari hewan seperti unta yang hidup di Andes antara Peru dan Bolivia. Timbangan tidak terlihat jelas. Meski seratnya tipis, kebanyakan memiliki medula. Warnanya bervariasi dari putih hingga hitam, tetapi biasanya berwarna cokelat.

Bahan Alat Penangkap Ikan

Rambut kuda, diperoleh dari rambut surai dan ekor. Seratnya keras, halus, panjang, berwarna coklat kemerahan. Bulu kuda digunakan sebagai campuran serat kapas dalam produksi pelapis.

Bulu kelinci anggora diperoleh dari kelinci anggora yang dibiakkan di Cekoslovakia, Jepang dan Perancis. Seratnya sangat halus, lembut dan berwarna putih. Anda bisa mencukur empat kali setahun. Serat ini biasa digunakan untuk membuat topi, pakaian rajut, dan menyatu dengan serat wol atau nilon.

Selain cukup mahal untuk diproduksi, pasokan wol lebih sedikit dibandingkan dengan permintaan. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, para ahli mulai membuat serat protein buatan yang berperilaku dan terlihat seperti wol asli. Para ahli di bidang tekstil melakukan berbagai percobaan dan akhirnya berhasil menemukan beberapa bahan dasar seperti susu, jagung, kedelai dan kacang tanah yang dapat dibuat serat wol buatan. Bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan bahan kimia untuk menghasilkan wol buatan seperti wol susu dan wol Vicara.

Wol susu adalah percobaan yang dilakukan pada tahun 1935 oleh ahli tekstil Italia Ferreti, di mana serat buatan yang disebut Lanital atau Aralac (AS) dibuat dari bahan keju, yang menghasilkan wol buatan yang disebut wol susu.

Kualitas Bulu Domba Merino

Bila dilihat di bawah mikroskop, struktur serat wol terdiri dari kutikula luar, korteks dalam, dan medula tengah. Medula biasanya ditemukan di wol kasar, sedangkan bagian luarnya adalah kutikula. Amati bentuk serat wol di bawah mikroskop, penampang bulat hingga lonjong dan penampang membujur seperti sisik. Jika diperhatikan lebih dekat, serat wol, seperti kapas, berwarna agak kecoklatan.

· Pakaian wol harus disikat setelah digunakan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Gunakan sikat yang lembut namun kuat untuk membantu rambut berdiri dan bangkit kembali.

· Gantung pakaian beberapa saat untuk menghilangkan kerutan dan kembali ke bentuk semula. Menggantung pakaian di atas uap panas mempercepat kerontokan

Katun adalah bahan tekstil yang diperoleh dari serat, serat tekstil adalah, serat goni berasal dari, polyester termasuk bahan tekstil yang berasal dari serat, serat jute berasal dari, serat alam yang digunakan untuk tekstil terdiri atas serat yang berasal dari, serat hewan berasal dari, sebutkan bahan serat tekstil alami yang berasal dari binatang, serat rami berasal dari, hewan yang berasal dari australia, kain sutra merupakan produk tekstil yang berasal dari serat, hewan yang berasal dari papua