Contoh Teks Eksposisi Tentang Pembelajaran Daring – Contoh teks eksposisi tentang pendidikan dan kesehatan beserta strukturnya kali ini berkaitan erat dengan pandemi COVID-19. Tentu saja, contoh ini adalah yang terbaru dan paling menarik untuk diulas lebih detail dalam artikel ini.

Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tentunya ada banyak jenis teks, salah satunya adalah teks ekspositori. Teks ekspositori adalah teks yang berisi informasi dan pendapat penulis tentang suatu hal disertai argumentasi pendukung. Contoh teks eksposisi dapat Anda temukan baik di media massa seperti surat kabar maupun media online.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pembelajaran Daring

Tujuan teks eksposisi adalah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan serta sudut pandang yang berbeda tentang sesuatu kepada pembaca. Dengan demikian, diharapkan pembaca memperoleh informasi baru sesaat setelah membaca sebuah teks ekspositori.

Contoh Contoh Paragraf Eksposisi Yang Bisa Dipelajari Dan Dipahami

Karena teks ekspositori termasuk dalam jenis teks informasi, maka informasi di dalamnya tidak boleh sembarangan. Tetapi harus berdasarkan fakta dan data yang benar.

Seperti jenis teks bahasa Indonesia lainnya, teks ekspositori juga memiliki struktur konstruktifnya sendiri. Ada 3 struktur teks eksposisi, yaitu:

Berisi pernyataan pendapat penulis tentang pokok bahasan yang akan dibahas. Bagian ini juga disebut sebagai pembukaan teks ekspositori.

Bagian ini berisi sejumlah argumen dan fakta yang dapat mendukung klaim penulis pada bagian sebelumnya dari tesis ini. Pada bagian ini penulis menyampaikan informasi dan wawasan yang ingin dibagikan kepada para pembaca.

Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas X (fase E)

Air minum atau air mineral merupakan salah satu hal dasar yang sangat penting dalam hal menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, air putih memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh.

Dengan meminum air putih, tubuh akan terbebas dari segala bentuk racun berbahaya. Air juga mampu memasok nutrisi penting ke sel-sel tubuh. Dengan begini tubuh akan terus terhidrasi dan saluran pencernaan pun terbantu.

Tubuh kita membutuhkan rata-rata delapan gelas air sehari. Oleh karena itu, air sangat penting bagi tubuh manusia. Tak hanya bisa membersihkan tubuh dari banyak polutan, air juga mampu mengisi ulang tubuh tanpa menambah kalori.

Baca Juga  Berikut Merupakan Kata-kata Yang Tepat Dalam Membuat Poster

Minum air putih juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fungsi ginjal. Ginjal yang baik dapat membantu mempercepat cara tubuh mengolah makanan, membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Pdf) Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Dengan Media Zoom Meeting Dan Googleclassroom Siswa Smpn 11 Jakarta

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan rutin minum 8 gelas air sehari adalah suatu keharusan. Karena ada banyak keuntungan di dalamnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menyediakan sebotol air minum, baik saat menonton televisi, membaca buku, bermain game bersama teman, maupun saat berkendara.

Pandemi virus Covid-19 telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Untuk memutus mata rantai penularan, kita harus mematuhi protokol kesehatan selama masa penyesuaian normal baru.

Protokol kesehatan merupakan aturan yang harus diikuti untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Seperti yang kita ketahui, virus Covid-19 dapat menyebar dengan sangat cepat. Untuk mengatasinya, ada beberapa protokol kesehatan yang perlu kita terapkan. Yang mana mereka?

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan, Lengkap Dengan Strukturnya

Cara utama penyebaran virus Covid-19 adalah kontak fisik. Oleh karena itu, kita harus menghindari kontak fisik sebisa mungkin.

Walaupun virus tidak dapat hidup di udara terbuka, mereka dapat hidup dan menyebar melalui tangan dan pakaian yang kita kenakan. Pada saat yang sama, virus dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain yang pernah melakukan kontak fisik dengannya.

Oleh karena itu, kita harus rajin mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun dapat membunuh virus yang dapat menginfeksi orang lain atau menyentuh benda.

Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda asing. Oleh karena itu, mencuci tangan adalah suatu keharusan saat Anda menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru ini.

Pengertian Teks Eksposisi: Ciri Ciri, Struktur, Jenis, Dan Contohnya

Meskipun kita sudah tidak lagi berada di masa PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, kita tetap perlu mengurangi aktivitas yang tidak penting di luar rumah. Membatasi diri dari keramaian dan tidak bepergian masih menjadi cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Saat terpaksa keluar rumah, kenakan face shield atau masker 3 lapis yang efektif mencegah droplet masuk ke orang lain. Biasakan untuk selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer saat keluar rumah. Hand sanitizer berfungsi untuk membersihkan tangan saat tidak ada sumber air untuk mencuci tangan.

Dengan memenuhi semua protokol kesehatan di atas selama masa adaptasi kebiasaan baru, kita tidak hanya melindungi diri kita sendiri, tetapi juga orang lain.

Dalam kondisi pandemi saat ini, dianjurkan untuk melakukan segala aktivitas di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Sayangnya, pembelajaran jarak jauh secara daring kurang efektif dan tidak sebaik tatap muka.

Contoh Rpp Daring

Alasan pertama pembelajaran online tidak efektif adalah infrastruktur teknologi di Indonesia yang masih tambal sulam. Terlepas dari pulau-pulau kecil di ujung sana, bahkan di Pulau Jawa yang besar dan padat penduduknya, masih banyak daerah yang belum terjangkau sinyal internet.

Baca Juga  Toji Stan

Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan untuk belajar online tentu tidak murah. Setiap siswa harus memiliki perangkat atau gadget pribadi yang dapat digunakan untuk belajar. Bagaimana dengan mereka yang belum memiliki ponsel? Selain itu, biaya pembelian kredit dan kutipan juga tidak bagus.

Belajar melalui konferensi video hanya dalam waktu 1 hingga 2 jam mungkin memerlukan biaya sebesar 1 hingga 2GB. Sangat disayangkan. Dalam hal ini, pemerintah juga menyalurkan bantuan melalui kartu internet yang dibagikan ke sekolah-sekolah sebagai langkah bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran.

Namun, banyak siswa yang beranggapan bahwa pembelajaran online tidak sebaik pembelajaran tatap muka. Mereka merasa kurang fokus dan kurang mampu menyerap ilmu yang diberikan. Staf pengajar juga banyak mengeluhkan masalah teknis seperti sulitnya penggunaan aplikasi, lemahnya sinyal, fungsi perangkat yang sering gagal.

Bacalah Paragraf Berikut! Media Sosial Adalah Media Online (daring) Yng Dimanfaatkan Sbgai Sarana

Terakhir, masih banyak sekolah yang belum siap mengikuti sistem pembelajaran seperti ini. Hal ini tentu wajar mengingat pandemi yang melanda datang secara tiba-tiba dan berdampak pada semua industri termasuk pendidikan.

Dengan klaim dan bukti lapangan di atas, pembelajaran online tidak seefektif pembelajaran tatap muka. Tapi apa yang bisa kamu lakukan? Tidak ada yang menginginkan bencana Covid-19 ini terjadi. Mari berhenti saling menyalahkan dan tetap saling mendukung hingga keadaan kembali normal seperti semula.

Ini adalah 3 contoh teks ekspositori dan strukturnya. Dengan membaca contoh-contoh di atas, diharapkan Anda akan lebih memahami tentang materi teks eksposisi ini.

Konten ini ditulis oleh Muhammad Anas, pendiri Educationpedia.com. Untuk ulasan teks eksposisi yang lebih lengkap, kunjungi halaman itu. Contoh essay ekspositori pada pembelajaran online banyak dicari oleh siswa saat mengerjakan tugas bahasa Indonesia. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa akan mendapatkan berbagai jenis materi, terutama tentang sastra.

Contoh Teks Eksposisi

Dalam pelajaran bahasa Indonesia akan banyak teks yang perlu dipahami. Teks yang memegang peranan penting adalah teks ekspositori. Karena teks ekspositori akan banyak digunakan untuk menjelaskan berbagai hal.

Seperti disebutkan di atas, teks ekspositori banyak digunakan untuk berbagai tujuan. Namun, tahukah Anda apa itu teks eksposisi? Mengutip buku Report of Observation Text and Expository Text of Hotimah (2022), teks ekspositori adalah teks yang isinya memuat informasi dan pengetahuan yang terkandung secara singkat, padat, dan jelas.

Jadi apa tujuan dari teks eksposisi? Memang, teks eksposisi memiliki tujuan utama menjelaskan beberapa informasi kepada pembaca untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang lebih rinci.

Berbeda dengan jenis teks lainnya, teks ekspositori memiliki struktur tersendiri. Struktur teks ekspositori terbagi menjadi tiga yaitu tesis, argumentasi dan juga reinterpretasi. Berikut penjelasannya!

Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur & Contohnya

Dalam beberapa tahun terakhir, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini dilakukan secara daring di masa pandemi.

Baca Juga  Nama Dataran Rendah Di Pulau Kalimantan

Sayangnya, banyak kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Masalah-masalah ini membuat belajar bersepeda menjadi tidak efektif.

Masalah utama yang dihadapi saat belajar online adalah internet. selain itu banyak siswa yang mengeluh karena tidak dapat memahami pelajaran dengan baik. Tindakan korektif perlu dilakukan oleh semua pihak termasuk guru, siswa, orang tua dan pemerintah agar sistem ini dapat berjalan dengan baik.

Pembelajaran daring memiliki banyak kendala. Juga, sistem ini bekerja kurang efisien. Oleh karena itu, tindakan korektif diperlukan untuk setiap masalah pembelajaran online selama pandemi.

Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Pembelajaran Daring

Nah, itulah contoh teks eksposisi tentang pembelajaran online. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang pelajaran bahasa Indonesia. (jauh) 3.3. Mengidentifikasi teks eksposisi yang didengar atau dibaca 4.3. Menyusun isi presentasi lisan atau tulisan 3.4. Menganalisis struktur dan bahasa teks eksposisi 4.4. Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur, dan bahasa.

Teks ekspositori adalah teks atau berisi informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat dan rinci yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan informasi-informasi-representasi, sehingga dapat menambah pengetahuan pembaca.

, adalah bagian teks yang memuat pendapat (tesis) penulis. Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembukaan. Tesis harus dalam bentuk aka dan juga harus disampaikan dengan frase aka. 2.

, adalah bagian yang berisi alasan-alasan yang dapat menguatkan argumentasi pengarang untuk menguatkan atau menolak suatu gagasan. Argumen berupa pendapat dan juga disampaikan dengan kalimat, pendapat.

Pdf) Dina Mardiana, Dkk. Prosiding Senada (seminar Nasional Daring) Pendekatan Berbasis Genre Bermuatan Wacana Artefak Dalam Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar

Unsur tuturan atau unsur tuturan eksposisi ekspositori adalah ciri linguistik yang digunakan dalam produksi eksposisi ekspositori. Adapun ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi adalah sebagai berikut: 1.

Kata ganti atau pronoun adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau kata benda. Pronomina dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu pronomina personal dan pronomina bukan personal. A.

(perubahan orang) yaitu satu orang. Contohnya adalah he, him, you, you, I, brother, his, -mu, -ku, si-., dan Persons Plural Contoh seperti ki, we, you, them, audience, par.

(diubah menjadi bukan persona) yaitu kata ganti penunjuk, misalnya, itu, di sini, siu, di sana. dan kata ganti tanya, misalnya apa, di mana, siapa.

Unsur Utama Teks Eksposisi: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Jenis

Ini adalah kata yang merujuk pada objek, baik yang berwujud maupun abstrak. Dalam sebuah kalimat, itu ditempatkan sebagai subjek. Dilihat oleh

Teks eksposisi tentang sampah, tentang teks eksposisi, contoh teks eksposisi tentang sampah, buku tentang pembelajaran daring, contoh teks eksposisi tentang, contoh teks eksposisi tentang lingkungan, media pembelajaran teks eksposisi, contoh teks eksposisi singkat, contoh teks eksposisi tentang politik, 10 contoh teks eksposisi, contoh teks eksposisi, teks eksposisi tentang pendidikan