Dalam Fase Pertama Hubungan Dagang Asia Eropa Dilakukan Melalui – Kata-kata yang Anda cari ada di buku ini. Untuk konten yang lebih spesifik, lakukan pencarian teks lengkap dengan mengklik di sini.

Modul Pembelajaran TAHAP F (KELAS berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia yang dapat dihubungkan atau berkaitan dengan peristiwa lain yang terjadi di dunia pada kurun waktu yang sama, antara lain penjajahan dan perlawanan, bangsa Indonesia, pergerakan nasional Indonesia, pendudukan Jepang Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia, perjuangan mempertahankan kemerdekaan, pemerintahan demokrasi liberal dan pemerintahan demokrasi terpimpin, pemerintahan orde baru dan pemerintahan reformasi. Selain itu, mereka dapat menggunakan keterampilan sejarah untuk menjelaskan, menganalisis dan mengevaluasi peristiwa sejarah serta menafsirkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya B. UNSUR HASIL BELAJAR Unsur Keterampilan Pemahaman Konseptual Pada akhir tahap Kelas XI, siswa mampu mengembangkan konsep sejarah yang dapat digunakan untuk mempelajari sejarah peristiwa; mengidentifikasi peran orang atau kelompok (masyarakat sejarah dalam penciptaan dan pergerakan sejarah; identifikasi konseptual peristiwa sejarah di Indonesia dan keterampilan menghubungkannya) atau menghubungkannya dengan peristiwa sejarah di dunia pada periode yang sama; mengidentifikasi dan menganalisis pola perkembangan, kesinambungan, perubahan dan pengulangan peristiwa sejarah; dan mengembangkan konsep diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis untuk menggambarkan peristiwa sejarah.

Dalam Fase Pertama Hubungan Dagang Asia Eropa Dilakukan Melalui

Unsur-unsur Modul Pembelajaran Keterampilan Proses Sejarah Keterampilan Berpikir Sejarah (Historical Thinking Skills) Di akhir kelas ini; menganalisis dan mengevaluasi peristiwa sejarah berdasarkan hubungan sebab akibat; menghubungkan peristiwa sejarah dengan kehidupan sehari-hari; dan menempatkan peristiwa sejarah dalam konteks zamannya. 2. Menganalisis dan mengevaluasi peristiwa sejarah dari sudut pandang masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis dan mengevaluasi peristiwa sejarah berdasarkan pola perkembangan, perubahan, kesinambungan dan pengulangan; Menafsirkan nilai-nilai atau hikmah dari peristiwa sejarah. 3. Menganalisis dan mengevaluasi peristiwa sejarah pada tingkat lokal, nasional, dan global; membuat hubungan antara peristiwa sejarah lokal, nasional, dan bahkan global. Kesadaran Sejarah Pada akhir tahap XI, siswa dapat memahami fakta sejarah dan melihat hubungan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan; menghubungkan peristiwa sejarah dengan realitas sosial dan mengevaluasi peristiwa sejarah; menafsirkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah; mengembangkan minat untuk melanjutkan atau melanjutkan studi sejarah atau pendidikan sejarah; mengembangkan kesadaran untuk mengunjungi dan memelihara situs atau situs peninggalan sejarah; dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sejarah. Ilmu Sejarah (Historical Studies) Di akhir pelajaran historiografi); Menulis biografi tokoh sejarah. Keterampilan praktis sejarah (Historical practice skill) Pada akhir kelas XI, siswa diharapkan mampu membaca buku pelajaran, buku referensi dan internet; menulis dan menceritakan kisah Indonesia yang ada kaitannya atau berkaitan dengan sejarah dunia; mengolah informasi sejarah secara non-digital dan digital dalam berbagai bentuk aplikasi sejarah, rekaman audio, dokumenter, foto, maket, vlog, timeline, storyboard, infografis, videograf, komik, poster, dan lainnya.

Baca Juga  Contoh Geguritan Gagrak Lawas

Article Text 1489 3 10 2018 0824

Modul Pembelajaran C. RUANG LINGKUP KURIKULUM 1. Penjajahan dan Perlawanan Bangsa Indonesia 2. Gerakan Nasional Indonesia 3. Pendudukan Jepang di Indonesia 4. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia D. TUJUAN BELAJAR (TP-ATP) Tujuan Pembelajaran Modul Semester Urutan program 1 . Siswa dapat menganalisis perkembangan kolonialisme di Indonesia 2. Siswa dapat menganalisis dampak kolonialisme di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya dalam kehidupan bangsa Indonesia hingga saat ini 3. Siswa dapat menganalisis perlawanan masyarakat Indonesia terhadap perlawanan terhadap penjajahan. kolonialisme 4. Siswa dapat mengapresiasi persamaan dan perbedaan pola perjuangan nasional Indonesia melawan kolonialisme 5. Siswa dapat menganalisis munculnya perkembangan gerakan nasional Indonesia 6. Siswa dapat menganalisis perkembangan berbagai organisasi pergerakan nasional Indonesia − Modul 1 − Modul 2 Semester Ganjil 7 .Mahasiswa dapat menganalisis proses perkembangan pendudukan Jepang di Indonesia 8.Mahasiswa dapat mengevaluasi dampak pendudukan Jepang di Indonesia 9.Mahasiswa dapat menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia 10. Mahasiswa dapat menganalisis penyebaran berita peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah − Modul 4 − Modul 5 Semester Genap

Modul Pembelajaran E. PROFIL SISWA PANCASILA Dengan mempelajari sejarah pada Tahap F diharapkan outcome mahasiswa memiliki profil kepribadian mahasiswa dalam Pancasila, yaitu: 1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia 2. Keberagaman global 3 Kami bekerja sama. Kolaboratif 4. Mandiri 5. Penalaran Kritis 6. Kreatif F. RASIONALISASI Pembelajaran dengan materi tentang kolonialisme di Indonesia akan memperkuat rasa nasionalisme dan membuat siswa mampu mengkaji sejarah secara kritis. Dengan mempelajari topik ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan konsep sejarah, keterampilan berpikir sejarah, keterampilan penelitian, keterampilan praktis dan tumbuhnya kesadaran sejarah. G. PRASARANA Sarana dan prasarana pembelajaran yang terintegrasi dalam modul ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKPD), materi pembelajaran, lembar penilaian pembelajaran, foto/dokumen sejarah, video YouTube, media sosial lainnya, Power Point dan modul pembelajaran. H. SISWA SASARAN Siswa reguler/umum dengan nilai rata-rata minimal pada penilaian awal I. MODEL/METODE PENGAJARAN Penggunaan model pengajaran sejarah di kelas disesuaikan dengan topik yang diajarkan. Model pembelajaran yang diterapkan dapat menggunakan model yang berbeda-beda melalui metode tanya jawab, diskusi, pertunjukan dan penelitian. Semua model pembelajaran dilakukan secara offline. J. GLOSARIUM − Kolonialisme: upaya negara-negara yang berkuasa untuk memperluas wilayah untuk menguasai suatu wilayah atau wilayah untuk memperoleh sumber daya. Kolonialisme biasanya dilakukan oleh negara-negara yang mempunyai kekuasaan lebih dibandingkan negara lain. − Pahlawan: adalah orang yang dibedakan berdasarkan keberanian dan pengorbanan dirinya dalam membela kebenaran, atau pejuang pemberani.

Baca Juga  Jutek Adalah

A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan kolonialisme di Indonesia 2. Mahasiswa mampu menganalisis dampak kolonialisme dalam bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya dalam kehidupan bangsa Indonesia selama ini B. TUJUAN BELAJAR PERSIAPAN 1. Guru menyiapkan modul belajar sebagai pedoman pembelajaran sejarah 2. Guru menyiapkan alat dan alat untuk mempelajari sejarah 3. Guru menyiapkan catatan kehadiran, catatan pembelajaran dan catatan 4. Guru melakukan penilaian awal sebagai tindak lanjut bahan untuk proses pembelajaran selanjutnya. C. PENILAIAN PELATIHAN 1. Penilaian awal Penilaian awal dilakukan pada awal pelatihan. Prosesnya berlangsung dengan mengajukan serangkaian pertanyaan atau probing question kepada siswa terkait dengan topik yang akan dipelajari. Dari analisis evaluasi awal ini akan diketahui: a. Pemahaman awal siswa terhadap topik b. Gaya belajar siswa c. Bakat individu dan minat siswa 2. Penilaian formatif Pelaksanaan penilaian formatif sesuai dengan LKS harian yang diberikan kepada siswa pada setiap pertemuan. Untuk lebih jelasnya penggunaan LKS dapat dilihat pada bagian LK (Lembar Kerja) terlampir. 3. Penilaian Sumatif Penilaian sumatif dilakukan pada akhir topik pembelajaran. Setelah Anda menyelesaikan seluruh topik yang dibahas dalam materi kolonialisme di Indonesia, selesaikan penilaian sumatif. Untuk lebih jelasnya format soal pada penilaian sumatif ini dapat dilihat pada file terlampir. D. PENGAYAAN DAN PEMULIHAN 1. Pengayaan Siswa mengikuti program pengayaan jika tingkat keberhasilannya melebihi 90%. Dalam program pengayaan ini, siswa diminta untuk mendalami materi terkait poin-poin penting pembahasan. 2. Remedial Mahasiswa mengikuti program remedial jika kinerjanya kurang dari 70% dengan cara mempelajari kembali materi mata kuliah dan mengikuti kembali uji kompetensi pada aspek penilaian formatif.

Modul Sejarah Indonesia Kelas XI MAN 1 BEKASI CERDAS CERIA vii INDEX INDEX ……………………………. .. …………………………… .. ………… … …………………… . ……………………….. … vii DAFTAR ISTILAH …………. … ………………………….. ………… …. . …………………………………………… .. . …………………………………………viii KONSEP PETA… .. . …………………………………………. . …………………………………….. …… ….. …………………… ……… ……….. . ..ix PENDAHULUAN………………………….. . …………………………………….. ….. . …………………………………. ……… .. ……… ….. ……. 2 A. Identitas modul ………. … …….. … ……. ….. ………………. ….. ………. … ……… ………………. …. ….. …….2 B. Uraian singkat tentang bahan ……. ……………. …….. …. ……….. .. …………… …………………. .. ……… .. ………….2 C. Petunjuk penggunaan modul ……………. ……….. .. …………………………….. ………. … …………… …3 D. Bahan pelajaran ……………. …….. … ………………….. …….. …….. .. …… … …………………………….. ….. .. .. .3 KEGIATAN STUDI 1. …………………………………………… .. . …. ………………………….. ………. .. . ………………………….. 4 MENJELAJAHI LAUT………… .. ……… ……………………….. ………. .. …………………………………. …. .. .. .. ………. 4 A. Tujuan pembelajaran………………………….. .. …………………………….. … ………… .. ……. ………………….3 B. Deskripsi bahan …. ……… .. …….. …………………… …………. .. …………………… ……… … ….. .. .. ……………3 C.Ringkasan ……….. …….. …. ….. .. …………………………………. … …. … .. …………………………………………… … … . .. ……….. 6 KEGIATAN BELAJAR 2………………………….. .. .. . ……………………………………………. .. .. ………… ……………………. ….. 9 KEDATANGAN ORANG BARAT KE INDONESIA………………………………………….. …. … …. …. ……… 9 A. Tujuan Pembelajaran…………………. ….. . …………………………………………… .. .. .. …………………………..9 B. Deskripsi materi ……… . .. ……………………………………….. ………………………………………… .. ……. ….. ………………. …..9 C. Ringkasan …….. .. ……. ….. ………………………….. …. …………. ………… …………………… ……… .. …….. ……………….. 14 KEGIATAN BELAJAR 3 ………… .. .. ……………………………… ………. … ………………………………………. ………… … .. ….17 KOLONIALISME DAN IMPERIALisme BARAT……………………………. … …………………………..17 A. Tujuan pembelajaran……….. ….. . ………………………………………….. .. …….. ………….. …… ……………….. .. .. …… ….17 B. Deskripsi materi …. ……… …………….. . …. …. …………… …………………… . ……….. …………… 17 C. Ringkasan ……… ….. … . ……………………………………… … . . …………….. ………………………….. . ……………. .. ……32 GERAKAN NASIONAL INDONESIA ……………… .. .. …………. …………………………….. . 33 A. Tujuan Pembelajaran …………………… ……….. …… …… ………………………….. ………. .. …………. 34 B. Uraian Materi ……. …………… …….. .. ……… ……………. …………… …….. ………. ….. ………… …………… …..34 C. Ringkasan …………. .. ……….. …………… …….. ……………….. ………… …. ………. … ……………….. ……..54 D. Latihan ………… …… ……………………… …. …………. …… …………………………….. ………… ……. ….. …………………… ………. ……. … ..55 EVALUASI …………………… ………. ……… … …… ………………………….. ………………. .. ….. …. …………….. …………………. .. ….. ………….. 56 REFERENSI ….. …………………. ……. …………….. ………… ………….. … …………… …… …………………… .. …………… …… …57 BUKU ELEKTRONIK KOLEKSI SEJARAH ………………. .. ……………….. ………………………… …………… ……. ……. .. ………………. …..58 MATERI LAMPIRAN MATERI LAMPIRAN ……. ……. …… .. ……………… …………….. …… ……. ……………….. …………… …….. ……………. …60

Baca Juga  Peran Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Gerakan Non-blok Adalah

Cerita Orang Banjar Menjadi Leluhur Orang Madagaskar Dan Komoro

Modul Sejarah Indonesia Kelas Milik VOC Impor: Membeli barang dari luar negeri Kolonialisme: Memahami penguasaan atas wilayah lain Lingua franca: Bahasa pemersatu Reconquesta: Semangat balas dendam terhadap umat Islam

Kelas Modular Sejarah Indonesia

Modul Sejarah Indonesia Kelas XI MAN 1 BEKASI CERDAS CERIA 2 PENDAHULUAN A. Identitas Mata Pelajaran Modul : Sejarah Indonesia Kelas/Semester :

Apa yang harus dilakukan pada fase kritis dbd, asia eropa tour, hubungan indonesia dengan india terjadi pertama kali melalui, fase pertama hiv, yang pertama dilakukan dalam program kasir adalah, peta eropa dan asia, peta asia eropa, fase kehamilan trimester pertama, batas eropa dan asia, asia eropa, gejala fase pertama hiv, hubungan pertama