Dalam Pembuatan Miniatur Jembatan Diperlukan Alat Potong Berupa Gunting Dan – Bagian atas jembatan berfungsi menampung beban yang ditimbulkan oleh orang atau kendaraan yang nantinya akan disalurkan ke bagian bawah. Termasuk konstruksi atas.

1) Trotoar, yaitu trotoar yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari badan jalan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pejalan kaki. Bagian jalur meliputi:

Dalam Pembuatan Miniatur Jembatan Diperlukan Alat Potong Berupa Gunting Dan

Fungsi bagian bawah jembatan adalah menerima beban yang dibawa dari atas dan disalurkan ke pondasi, akhirnya ke tanah. Konstruksi dasar meliputi:

Bab 2 Teknologi Kontruksi Miniatur Jembatan

Membangun jembatan kecil tidak selalu harus mahal. Kita bisa memulainya dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar kita, sehingga lebih hemat.

Dalam membangun jembatan kecil diperlukan alat ukur dan alat gambar berupa penggaris untuk mengukur bahan sesuai ukuran yang diinginkan dan terlihat rapi. Penggaris tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Untuk memotong bahan pembuatan jembatan mini diperlukan alat pemotong berupa gunting dan cutter agar hasilnya rapi. Saat menggunakan pemotong, Anda memerlukan alas potong. Pemotong sangat bagus untuk memotong bentuk dengan pola kecil. Pemotong dapat membentuk/menggambar bagian-bagian dengan rapi.

Pada langkah terakhir pembuatan miniatur jembatan, Anda perlu mendekorasi karya dengan memberikan sentuhan warna yang menarik dengan cara melukis secara rapi dan penuh warna, sehingga diperlukan alat berupa kuas. Kuas, seperti penggaris, tersedia dalam berbagai ukuran tergantung kebutuhan Anda.

Miniatur Candi Archives

Biasanya orang mengenal korek api sebagai alat untuk menyalakan api yang sering dijual di kedai kopi atau toko dalam kemasan atau kotak. Namun jika Anda kreatif, korek api bisa digunakan untuk membuat miniatur jembatan yang bernilai seni dan ekonomis dengan bantuan lem dan triplek atau karton.

Seringkali setelah makan es krim, kita membuang es stik ke tempat sampah tanpa berpikir untuk menggunakannya dalam karya seni kita. Dengan daya tahan, ketelitian dan kreatifitas, es stik dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pembuatan miniatur jembatan.

Balok kayu terbuat dari kayu solid yang diolah menjadi bentuk balok. Balok kayu adalah balok kayu yang digergaji berbentuk persegi panjang dengan lebar 6-8 cm dan lebar 12-15 cm. Balok ini banyak digunakan untuk pekerjaan konstruksi. Salah satunya digunakan untuk membangun jembatan kecil.

Baca Juga  Daerah Disekitar Magnet Yang Masih Dipengaruhi Oleh Gaya Magnet Disebut

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa titik yang ditempatkan paling ujung lebih lemah dalam menahan beban dari titik yang ditempatkan hampir di ujung. Untuk memperkuat titik tumpu dapat menggunakan teknik bracing. Bracing merupakan teknik penguncian untuk membuat titik tumpu menjadi lebih kaku sehingga mampu menopang beban dengan lebih baik. Bracing adalah suatu konfigurasi batang kaku yang berfungsi untuk memperkuat struktur bangunan.

B. Prosedur Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan

Langkah pertama dalam membuat miniatur jembatan adalah membuat desain. Perancangan ini merupakan gambaran umum dan pedoman bagi manusia dalam menghasilkan suatu karya atau produk. Perancangan yang akan dilakukan meliputi perancangan bentuk atau sketsa dan perancangan proses pembuatan

Pertanyaan baru tentang Art Blackpink Grup vokal wanita asal Korea beranggotakan 5 orang. Istilah musik untuk sekelompok suara yang terdiri dari 5 orang…g. disebut PADA. Mahmud “PADA.” Apa artinya ini?? Siapa yang suka dengan lagu “Buang Spamah” yang tekniknya mencetak bahan cair dikenal juga dengan judul Mengapa seorang konduktor harus pandai membuat musik, vokal dan instrumental Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Unit 3 Miniatur Jembatan Gantung 131 1. Konteks Fungsi Produk Jembatan merupakan bangunan penting yang memudahkan aktivitas transportasi manusia. Dalam membangun jembatan, diperlukan konstruksi yang tepat. Jembatan gantung adalah salah satu produk konstruksi yang paling efisien. Agar suatu produk teknik konstruksi jembatan dapat sesuai fungsinya maka diperlukan suatu desain jembatan yang sesuai. Perancangan yang benar harus memperhatikan jenis bahan, alat dan teknik agar fungsionalitas produk dapat tercapai. 2. Tujuan Pembelajaran Kegiatan 2 dan 3. Siswa dapat menciptakan ide perancangan/rekayasa teknologi yang sesuai untuk miniatur jembatan gantung dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap dikembangkan dalam model. 3. Diagram Alir Tahap 2 dan Tahap 3 untuk proses pengajaran a. Pendahuluan • Peralihan, doa, dan pemberkatan pembuka. • Pada kegiatan pertama, siswa menonton video, membaca cuplikan berita, dan mendengarkan demonstrasi atau simulasi tentang jembatan. Jembatan gantung merupakan salah satu produk rekayasa teknologi yang ideal. Guru merencanakan kegiatan yang dapat merangsang ide siswa untuk membuat desain jembatan gantung secara detail (dimensi penalaran kritis). • Membuat gambar desain untuk produk rekayasa kecil konstruksi jembatan gantung. • Menyusun jadwal pembuatan miniatur kajian Literasi dan mendiskusikan desain miniatur jembatan.

Baca Juga  Aunty Artinya

132 Panduan Guru Kerajinan Tangan: Teknik SMP/MTs Kelas VII b. Kegiatan Pokok • Siswa diminta belajar secara berkelompok. • Siswa membuat gambar desain miniatur jembatan gantung. • Siswa diminta menyusun jadwal kerja mini proyek jembatan gantung pada lembar kegiatan 3.2 (LK 3.2). Contoh tugas: 1. Melihat pembangunan jembatan gantung berdasarkan pencarian di internet. 2. Buatlah desain kecil jembatan gantung. Tuliskan hasil diskusi kelompok pada LK 3.2. 3. Pemahaman apa yang Anda peroleh dari diskusi tersebut? Jangan berbicara di forum diskusi kelas. DISKUSI TUGAS KELOMPOK 2 c. Kegiatan Akhir • Siswa diberi kesempatan untuk melakukan refleksi atas pembelajarannya. Di bawah ini adalah contoh pertanyaan refleksi. 1) Apa yang paling Anda sukai dari pelajaran hari ini? 2) Apa yang belum kamu pahami pada pelajaran hari ini? 3) Kendala apa saja yang anda alami saat melakukan kegiatan mengajar hari ini? 4) Apa kesimpulan dari pembelajaran hari ini? • Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan pembelajaran yang direncanakan pada pertemuan berikutnya. • Siswa dan guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama.

Prakarya Vii Semester 1

Unit 3 Miniatur Jembatan Gantung 133 d. Tindak lanjut Jika ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, dapat dilakukan dengan pengajaran remedial atau bimbingan dan bantuan khusus (scaffolding). Siswa yang kecepatan belajarnya tinggi ditindaklanjuti dengan pemberian pengayaan. Pendidikan berkelanjutan harus mempertimbangkan gaya belajar siswa yang berbeda. e. Kegiatan Pembelajaran Alternatif Kegiatan pembelajaran alternatif dapat digunakan apabila guru dan/atau siswa tidak dapat melaksanakan kegiatan mengajar karena berbagai sebab. Jika siswa kesulitan dalam menggambar desain jembatan gantung, guru dapat menggantinya dengan gambar jembatan lengkung sederhana atau desain jembatan kayu. Jika siswa kesulitan dalam menjadwalkan kegiatan penyelesaian proyek jembatan gantung mini, guru dapat menyediakan tabel jadwal proyek untuk digunakan setiap siswa. Komponen-komponen dalam tata cara kegiatan pengajaran alternatif sama dengan pengajaran pokok. 4. Penilaian/Penilaian a. Prestasi belajar dinilai dengan menggunakan penilaian sebagai berikut. • Penilaian individu. • Penilaian kelompok. B. Di bawah ini adalah jenis-jenis Penilaian Kompetensi. • Proyek. • Secara lisan, mendiskusikan konstruksi jembatan, jenis, karakteristik, dan teknik konstruksi. C. Kriteria Penilaian • Penilaian Sikap. • Penilaian pengetahuan. • Penilaian keterampilan.

134 Panduan Guru Kerajinan Tangan: Teknik SMP/MTs Kelas VII 5. Refleksi Kegiatan Pembelajaran 2 dan 3 a. Apa saja yang telah dikuasai siswa dan kegiatan pengayaan apa saja yang telah mereka berikan? B. Apa yang belum dikuasai siswa dan kegiatan apa yang perlu mereka latih kembali? F. KEGIATAN BELAJAR 4, 5, DAN 6 Alokasi Waktu : Kegiatan pembelajaran 4, 5, dan 6 = 3 pertemuan = 6 jam pelajaran x 40 menit 1. Konteks Fungsi Produk Jembatan gantung merupakan salah satu produk konstruksi yang relevan. Agar produk rekayasa konstruksi jembatan dapat menjalankan fungsinya, diperlukan desain jembatan yang tepat. Perancangan yang tepat harus memperhatikan jenis bahan, alat dan teknik agar produk dapat dibuat dengan baik. Miniatur jembatan gantung harus memperhatikan jenis bahan, alat dan teknik sehingga dapat tercapai fungsi produk yang ekonomis. Jembatan gantung umumnya mempunyai kabel-kabel utama yang dipasang pada setiap ujung jembatan. Beban pada jembatan gantung diubah menjadi tegangan pada kabel utama. Kabel merupakan material utama dalam perancangan struktur jembatan gantung. Jembatan gantung terdiri dari kabel-kabel utama atau biasa disebut kabel gantung. Fungsi kabel induk (main cable/suspension cable) adalah untuk menopang kabel suspensi dan menyalurkan beban dari kabel suspensi ke tower (tower/pylon) (Rahman, 2019).

Baca Juga  Berapa Berat Cakram Untuk Putra Senior

Unit 3 Jembatan Gantung Mini 135 Kabel gantung pada jembatan gantung harus disambung pada setiap ujung jembatan karena semua beban terikat pada kabel utama. Kabel utama ditancapkan ke dalam tanah. Menara-menara jembatan gantung berfungsi untuk menopang beban kabel utama dan kabel gantung serta menopang lantai jembatan gantung. 2. Tujuan Pembelajaran Kegiatan 4, 5, dan 6 Siswa dapat menciptakan ide perancangan/rekayasa teknologi miniatur jembatan gantung dengan mempertimbangkan potensi dan dampak lingkungan yang siap dikembangkan dalam model. 3. Tahapan Pembelajaran 4, 5, dan 6 Diagram Alir proses pengajaran a. Pendahuluan • Peralihan, doa, dan pemberkatan pembuka. • Pada kegiatan pertama, siswa fokus menunjukkan contoh gambar desain miniatur jembatan gantung. Guru merencanakan suatu kegiatan yang dapat merangsang ide dan keterampilan siswa untuk membuat miniatur jembatan gantung (dimensi penalaran kritis). • Memberikan hasil produk rekayasa konstruksi sederhana untuk miniatur jembatan gantung. • Jelaskan kelebihan dan kekurangan produk teknik konstruksi sederhana yang Anda buat. Membuat produk teknik konstruksi sederhana berupa miniatur jembatan gantung.

136 Panduan Guru Kerajinan Tangan: Teknik SMP/MTs Kelas VII b. Kegiatan Pokok • Siswa diminta belajar secara berkelompok. • Siswa membangun jembatan gantung kecil sesuai dengan jadwal proyek yang telah dibuat sebelumnya. • Siswa melakukan prosedur pembuatan jembatan gantung kecil sesuai desain dan jadwal

Spektek Mlp Kab. Pidie

Miniatur jembatan gantung, miniatur jembatan ampera, pembuatan jembatan, miniatur jembatan suramadu, pembuatan miniatur, miniatur jembatan, miniatur jembatan kereta api, pemeriksaan gonore diperlukan spesimen berupa, alat yang tidak diperlukan dalam proses pembuatan batik adalah, miniatur jembatan barelang, gunting potong, miniatur jembatan ampera palembang