Etnosentrisme Dapat Menghambat Integrasi Nasional Karena – , Etnosentrisme Jakarta masih menjadi topik yang menarik untuk dihadirkan di ruang diskusi publik. Tak jarang, istilah etnosentrisme sering dikaitkan dengan berbagai isu dan konflik politik di berbagai daerah baik di dalam maupun di luar negeri.

Istilah ini memiliki banyak persepsi dan rawan kesalahpahaman jika tidak ditafsirkan dengan benar. Indonesia merupakan salah satu negara yang berpeluang mengalami penentangan akibat fanatisme yang berlebihan.

Etnosentrisme Dapat Menghambat Integrasi Nasional Karena

Seperti diketahui, Indonesia adalah bangsa besar yang terdiri dari berbagai latar belakang. Warga negara Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama dan ras yang sangat berbeda.

Macam Macam Penyebab Etnosentrisme, Ketahui Dampak Positif Dan Negatifnya

Hal inilah yang seringkali memicu gesekan horizontal antara satu identitas dengan identitas lainnya. Padahal, salah satu pilar kebangsaan Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Keunikan yang terkandung dalam masing-masing identitas tersebut efektif menjadi kekuatan dan keunggulan bangsa Indonesia di mata dunia. Alangkah baiknya kita sebagai bangsa Indonesia mereduksi prinsip etnosentrisme untuk mencapai persatuan.

Berdasarkan perspektif kebangsaan tersebut, kali ini kita akan mengkaji tentang konsep etnosentrisme beserta faktor dan dampak negatifnya. Tentunya informasi ini akan memperkaya wawasan Anda dalam hal memahami budaya. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Etnosentrisme adalah konsep populer di kalangan akademisi terkait sosiologi dan masyarakat pada umumnya. Sosiologi sendiri merupakan cabang ilmu yang membahas tentang hubungan dan tingkah laku seorang manusia dengan manusia lainnya.

Etnosentrisme Berkait Dengan Konflik, Apa Faktor Penyebab Dan Dampaknya?

Secara lebih spesifik, etnosentrisme adalah pandangan atau persepsi yang dianut oleh seseorang atau kelompok mengenai penilaian terhadap budaya lain. Individu atau kelompok tersebut merasa bahwa budayanya dianggap lebih unggul dan lebih baik dari budaya lain. Prinsip yang satu ini lebih berkaitan dengan kesombongan yang berlebihan dari seseorang atau kelompok.

Unsur budaya merupakan sesuatu yang sering disenangi oleh seseorang atau kelompok dengan mengedepankan etnosentrisme. Beberapa unsur budaya tersebut antara lain bahasa, perilaku, adat istiadat, agama. Meski sering berkonotasi negatif, etnosentrisme sebenarnya membawa pengaruh positif juga bagi suatu bangsa.

Baca Juga  Berikut Perubahan Fisik Pada Masa Pubertas Anak Perempuan Kecuali

Secara umum, etnosentrisme tidak serta merta muncul dalam jiwa individu. Etnosentrisme terjadi karena ada beberapa faktor penyebab sebagai pemicunya.

Faktor-faktor tersebut umumnya berasal dari lingkungan sosial individu. Oleh karena itu, keadaan lingkungan sosial merupakan salah satu pembentuk sifat perilaku individu dengan bertindak dalam suatu sistem sosial. Beberapa faktor yang menyebabkan etnosentrisme antara lain sebagai berikut:

Pengertian Integrasi Nasional, Konsep, Syarat, Faktor Pembentuk Dan Penghambatnya

Faktor pertama yang menyebabkan etnosentrisme adalah sejarah. Ketika seorang individu memiliki hubungan yang erat dengan sejarah keluarga masa lalu mengenai suatu peristiwa dalam hal perkembangan identitas, maka mereka akan merasa menjadi bagian dari budaya tersebut. Identitas yang berbeda ini berupa bahasa, kebiasaan, kejadian masa lalu yang berasal dari nenek moyang kita.

Alasan munculnya prinsip etnosentrisme selanjutnya adalah multikulturalisme. Dengan kondisi lingkungan sosial yang berbeda tersebut terkadang timbul rasa konfrontasi yang berujung pada konflik. Ini mungkin terjadi ketika budaya yang berbeda bertemu.

Faktor terakhir yang menyebabkan etnosentrisme adalah situasi politik. Ketika seseorang atau kelompok ingin meraih legitimasi kekuasaan, rasa fanatisme terhadap identitas yang diasosiasikan biasanya akan muncul dengan sendirinya. Sebab, politik seringkali dipandang sebagai sarana yang tepat untuk mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompok.

Padahal, etnosentrisme seringkali dikaitkan dengan berbagai dampak negatif yang terjadi jika digunakan secara berlebihan. Berbagai dampak negatif tersebut secara tidak langsung dapat memecah belah persatuan bangsa. Beberapa dampak negatif dari etnosentrisme adalah sebagai berikut:

Modul_ips_kelas Xi_2_all Program

Melebih-lebihkan budaya seseorang atas budaya lain jelas dapat menimbulkan konflik antar sesama warga. Apalagi jika pemahaman etnosentrisme tidak hanya melekat pada satu individu saja.

Ketika konflik muncul karena etnosentrisme, yang terjadi selanjutnya adalah sulitnya mengintegrasikan budaya yang berbeda. Budaya yang berbeda ini sebenarnya bisa saling melengkapi sehingga tidak menimbulkan konflik yang berarti.

Ketika seorang individu memiliki pemahaman etnosentrisme dalam jiwanya, hal ini juga dapat menurunkan kualitas pengembangan keilmuan. Karena seorang individu akan lebih mengutamakan sisi subjektivitas daripada objektivitas.

Etnosentrisme tidak hanya soal pengaruh negatif, ternyata etnosentrisme juga bisa membawa banyak dampak positif. Tentu saja, efek positif ini bisa terjadi jika etnosentrisme tidak dibesar-besarkan. Beberapa dampak positif tersebut antara lain:

Faktor Pendukung Integrasi Nasional Dan Penghambatnya

Ketika seseorang memahami etnosentrisme, otomatis ia akan memiliki jiwa yang kuat untuk mempertahankan identitasnya. Ini umumnya disebut patriotisme.

Baca Juga  Apa Fungsi Sutet Pada Sistem Transmisi Energi Listrik

Etnosentrisme diperlukan untuk menciptakan rasa mengetahui dan memiliki budaya secara utuh. Dengan sikap etnosentrisme, kebudayaan dapat dipertahankan karena kini rentan tergerus oleh proses globalisme dan modernisme.

Dampak positif selanjutnya adalah mampu mempertahankan multikulturalisme sebagai identitas bangsa. Karena Indonesia tidak lain adalah didirikan dengan filosofi lain tetapi tetap satu.

4 Youtuber Berkonten Indonesia-Korea Bertemu Jokowi di Seoul Kenakan Batik Compact, dari Keluarga Kimbab Hingga Amelia Tantono Sebelum membahas faktor penghambat integrasi bangsa, mari kita bahas pengertian istilah tersebut. Secara umum, istilah integrasi nasional adalah penyatuan atau pembauran suatu bangsa dengan tujuan menjadi satu kesatuan yang utuh.

Pengertian Etnosentrisme, Faktor Penyebab, Dan Dampaknya Yang Perlu Diketahui

Dalam pengertian politik dan antropologi, integrasi nasional adalah penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial yang ada dalam satu kesatuan wilayah nasional dan pada akhirnya membentuk identitas nasional itu sendiri.

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan Perguruan Tinggi pada Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (2016:54), integrasi nasional adalah kumpulan, asimilasi dan integrasi pembulatan dari aspek yang berbeda.

Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari berbagai golongan yang juga meliputi ras, suku, agama dan berbagai golongan lainnya. Hal ini cenderung menghambat integrasi karena perbedaan yang begitu mencolok.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau atau kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau dan juga hamparan lautan luas yang memisahkannya. Luas daratan Indonesia juga menjadi penghambat integrasi nasional Indonesia.

Ulangan Ppkn Ghevira Mikyal Azzahra X Ips 4

Istilah etnosentrisme adalah fanatisme suatu kelompok etnis yang berpandangan bahwa budaya mereka lebih baik dari budaya lain yang dapat mengancam integrasi nasional.

Luasnya wilayah Indonesia yang dipisahkan oleh laut cenderung membuat pembangunan tidak merata. Akibatnya, kondisi kehidupan, perkembangan dan kemajuan terlihat sangat berbeda. Keadaan ini tentu saja akan menimbulkan rasa ketidakpuasan di kalangan penduduk di daerah tertentu.

Faktor lainnya adalah budaya asli Indonesia yang mulai terhambat dan nilai-nilai budaya bangsa yang melemah. Kondisi ini terjadi akibat pengaruh budaya asing yang cenderung tidak sesuai dan berpotensi menghambat integrasi nasional.

Meski cenderung sulit, bukan tidak mungkin menjaga integrasi nasional yang baik. Kesadaran masyarakat dan pemerintah diperlukan untuk mengatasi hambatan integrasi nasional tersebut. Kode promo Webtoon 23 Februari 2023 yang masih aktif merupakan salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Webtoon. Dengan menggunakan kode promo Webtoon yang aktif pada tanggal 23 Februari 2023, Anda dapat mendaftar atau memesan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Webtoon. Anda dapat menemukan kode promo Webtoon aktif 23 Februari 2023

Baca Juga  Jelasna Kepriye Tata Carane Maca Teks Pawarta

Try Out Ppkn Xii

Tautan video viral Mandut di TikTok menggemparkan dunia media sosial. Dengan ratusan bahkan ribuan pengguna membuat camilan tradisional Indonesia versi mereka sendiri, hidangan penutup virtual ini sangat populer. Jadi apa itu Mandut? Ini pada dasarnya adalah pangsit lengket manis yang biasanya dikukus dan diisi dengan tepung beras

Kita semua pernah melihatnya di media sosial: sensasi viral yang dikenal sebagai “Mandut Ninu Ninu”. Ini dimulai sebagai tantangan TikTok yang dengan cepat menjadi viral, dan tampaknya semua orang bergabung dengan tantangan tersebut sekarang. Tapi apa keseluruhan cerita di baliknya? Asal usul tantangan “Mandut Ninu Ninu” berasal dari penyanyi Indonesia Titi DJ yang merilis

Jika Anda belum melihatnya, video viral Ninuninu Mandut menggemparkan dunia TikTok, dan untuk alasan yang bagus! Direkam oleh duo Australia Kiri dan Nikita, video ini menampilkan upaya terbaik mereka dalam tarian tradisional Mandut dan pasti akan membuat Anda tersenyum. Mandut, diyakini berasal dari Ukraina, juga dikenal sebagai “tari korsel”,

Bagi banyak dari kita, ungkapan “Mandut Ninuninu og Palu” telah menjadi meme ikonik berkat kebangkitan TikTok dan Twitter. Baru-baru ini, kedua kata tersebut menjadi viral karena semakin banyak orang yang mengenalinya sebagai frasa khas TikTok. Ungkapan “Mandut Ninuninu dan Palu” pertama kali muncul pada 2019 ketika pengguna TikTok dan Twitter mulai

Sebutkan 3 Faktor Penghambat Integrasi Nasional

Nama Mandut Ninuninu dan Palu nampaknya menjadi misteri bagi banyak orang, tapi apakah itu berarti mereka belum masuk arus utama? Meskipun benar bahwa nama tidak menjadi viral di TikTok dan Twitter seperti kebanyakan tren terpanas, duo Mandut Ninuninu dan Palu telah melakukan sesuatu yang sangat luar biasa. Mandut Ninuninu adalah

Virus Ninu Ninu Mandut adalah epidemi kesehatan digital terbaru yang melanda dunia media sosial dan menggemparkan di TikTok. Untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang seberapa serius virus ini, lihat video virus Ninu Ninu Mandut yang beredar di TikTok ini. Virus Ninu Ninu Mandut merupakan malware jenis baru yang tersebar luas

Pernahkah Anda mendengar seseorang berbicara tentang “membayar pajak secara pribadi” dan bertanya-tanya apa artinya? Jangan khawatir: Anda tidak sendiri. Konsep membayar pajak, terutama jika menyangkut diri sendiri, bisa membingungkan dan menakutkan. Masalahnya, “membayar pajak sendiri” hanyalah cara lain untuk menggambarkan bagaimana seseorang membayar pajak. Itu artinya

Tinggal di wilayah metropolitan yang luas bisa menjadi berkah sekaligus kutukan, terutama jika menyangkut perjalanan dengan mobil. Di satu sisi, bagus untuk memiliki variasi

Faktor Penghambat Integrasi Nasional, Ini 5 Di Antaranya

Cara mewujudkan integrasi nasional, integrasi nasional adalah, contoh integrasi nasional, keputihan dapat menghambat kehamilan, syarat integrasi nasional, integrasi nasional wikipedia, video integrasi nasional, materi integrasi nasional, integrasi nasional, contoh makalah integrasi nasional, keputihan dapat menghambat menstruasi, ancaman integrasi nasional