Faktor Yang Mempengaruhi Ciri Khas Kerajinan Suatu Daerah Yaitu – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Sehingga kita dapat dengan mudah menemukan kerajinan tangan khas suatu daerah, contohnya kerajinan tangan. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan yang berbeda-beda? Setidaknya ada 3 faktor yang mempengaruhi karakteristik kerajinan daerah yaitu budaya, letak geografis dan sumber daya alam. Mengapa demikian? Inilah penjelasannya.

Dikutip dari buku Sosiologi Keperawatan oleh Dr. Noorlasoamo, M.Kes, dkk (2009:12), kata kebudayaan secara umum berasal dari bahasa Sansekerta buddhiyah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi dan akal). Oleh karena itu, budaya memiliki arti hal-hal yang berkaitan dengan akal. Budaya adalah hasil dari pengembangan pikiran dan energi. Sehingga budaya itu adalah kreativitas, tujuan dan rasa.

Faktor Yang Mempengaruhi Ciri Khas Kerajinan Suatu Daerah Yaitu

Budaya merupakan faktor penting dalam kerajinan khas suatu daerah karena kerajinan merupakan cerminan dari budaya suatu daerah. Karena kerajinan dari setiap daerah di Indonesia memiliki bentuk dan corak yang berbeda-beda.

Pemasaran Global (global Market): Pengertian, Manfaat Dan Contohnya

Letak geografis adalah keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuk permukaan bumi. Geolocation juga menunjukkan status lokasi dibandingkan dengan lokasi lainnya.

Selain letak geografis yang berbeda, kondisi alam di wilayah tersebut juga berbeda. Kesimpulannya, bahan yang digunakan berbeda atau sedikit berbeda dengan daerah lain.

Sumber daya alam adalah semua sumber daya yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda. Hal ini menjadikan kerajinan daerah unik dan tidak ditemukan di daerah lain.

Baca Juga  Subhanallah Walhamdulillah Wala Ilaha Illallah Wallahu Akbar Wala Haula Wala Quwwata Illa Billah

Misalnya, di daerah pegunungan sering dijumpai danau atau lahan basah. Tempat-tempat ini sering menghasilkan banyak tanaman yang bisa dijadikan kerajinan, contohnya tanaman eceng gondok. Sementara itu, cangkang kerang lebih mudah ditemukan di daerah pesisir. Sehingga sangat mudah bagi kita untuk menemukan kerajinan khas daerah pesisir yang terbuat dari kerang.

Prakarya Kelas 8 Semester 2

Ada 3 faktor yang mempengaruhi karakteristik kerajinan daerah di Indonesia. Apakah ada kerajinan khusus di daerah Anda? (MZM)

Faktor yang mempengaruhi perubahan cuaca suatu wilayah, faktor yang mempengaruhi kelarutan suatu zat, faktor yang mempengaruhi kecemasan, faktor yang mempengaruhi belajar, faktor yang mempengaruhi menopause, faktor yang mempengaruhi k3, faktor yang mempengaruhi sistem perekonomian suatu negara, faktor faktor yang mempengaruhi, faktor yang mempengaruhi tabungan, faktor yang mempengaruhi stres, faktor yang mempengaruhi permintaan, faktor yang mempengaruhi produktivitas