Follow Through Adalah Gerakan Setelah – Anggota Pemerintah Persatuan Malaysia dengan Perdana Menteri Anwar. Foto diambil pada 15 Januari 2023 di kompleks Seri Perdana. Sumber: (Anwar Ibrahim/Facebook)

Kai Ostwald adalah Yusof Issac Visiting Senior Fellow dan Associate Professor di School of Public Policy and Global Affairs dan Department of Political Science di University of British Columbia. Dia juga Direktur UBC Asia Institute dan Associate Editor of Pacific Affairs.

Follow Through Adalah Gerakan Setelah

Lima tahun terakhir belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah politik Malaysia. Malaysia memiliki empat pemerintahan baru sejak 2018 dari partai yang sama yang telah berkuasa selama lebih dari 60 tahun, dua di antaranya telah runtuh dengan cepat karena manipulasi dan pengkhianatan di balik layar. Ketidakstabilan ini telah memperburuk krisis ekonomi dan kesehatan masyarakat yang sudah parah.

Burn Lemak Paha Dengan Cepat Pake Gerakan Ini 🔥✨

Banyak yang menantikan pemilihan umum November 2022 (GE15) untuk memecahkan kebuntuan. Sebaliknya, parlemen Malaysia runtuh untuk pertama kalinya, dengan tidak ada saingan utamanya yang mendapatkan mayoritas di parlemen. Setelah negosiasi yang intens, koalisi pimpinan Anwar Ibrahim bersumpah untuk tetap berkuasa. Ini termasuk koalisi Pakatan Harapan (PH) yang progresif, koalisi UMNO Barisan Nasional (BN) yang telah lama dominan, Gabungan Parti Sarawak (GPS) blok Malaysia Timur, Gabungan Rakyat Sabah (GRS) dan Warisan. Koalisi Besar mengambil nama “Pemerintah Bersatu”. Hanya partai Islam PAS dan partai Bersatu tiruan UMNO-nya yang menjadi oposisi di bawah bendera Perikatan Nasional (PN).

Keraguan tentang keberadaan pemerintah segera muncul. Pada kenyataannya, koalisi terdiri dari orang-orang asing dengan sejarah antagonisme politik yang panjang, dan partai-partai konstituennya memiliki fitur program serupa yang dapat menjembatani perbedaan tersebut. Bahkan pemimpinnya, Anwar Ibrahim, memiliki sifat yang tidak menguntungkan karena kalah dua kali setelah mendekati jabatan perdana menteri di masa lalu.[1]

Baca Juga  Permainan Bola Voli Mini Menggunakan Net Net Adalah

Oposisi segera mulai menggoyahkan pemerintahan baru dan memperjelas niatnya. Ketua PAS Abdul Hadi Awang[2], yang memelopori langkah menggulingkan pemerintahan PH sebelumnya pada tahun 2020, dengan yakin menyatakan bahwa tidak ada yang akan melakukannya. Itu bisa mencegah rencana oposisi untuk menjatuhkan pemerintah lagi.[3]

Mampukah pemerintahan Anwar bertahan hingga pemilu 2028? Kerapuhannya nyata, dan berita utama sesekali, seperti “perang kata-kata” baru-baru ini antara elit partai atas isu “perkawinan paksa” UMNO-DAP, tidak dapat diabaikan mengingat komposisinya.[4] Namun di balik kebisingan ada beberapa faktor penstabil yang akan menguntungkan pemerintah. Secara keseluruhan, mereka percaya bahwa pemerintah koalisi memiliki setiap kesempatan untuk berkuasa dalam waktu dekat, jika tidak selama masa jabatannya.[5] Sudut pandang ini menunjukkan klaim itu.

Dari Gambar Di Samping, Gerak Lanjutan Ataugerak Ikutan Setelah Melakukan Lemparan Padalempar Cakram

Undang-undang anti-partai, disahkan dengan suara bulat sebagai amandemen konstitusi pada tahun 2022 (Pasal 49A), merupakan tanggapan langsung terhadap ketidakstabilan beberapa tahun terakhir.[6] Ini untuk mencegah keruntuhan partai dengan meminta anggota parlemen mengosongkan kursi mereka jika mereka tidak lagi menjadi anggota partai (misalnya setelah menolak untuk mendukung pedoman partai besar). Lowongan diisi oleh pemilihan sela. Undang-undang, yang mulai berlaku sebelum GE15, akan dipicu oleh pembelot yang merusak PH pada tahun 2020, dan kemungkinan pemilihan sela mungkin telah menghalangi pembelot. Ada dua batasan yang patut diperhatikan. Pertama, undang-undang tersebut belum teruji dan memiliki celah, dan meskipun kami kurang peduli dengan konstitusionalitasnya, undang-undang tersebut menciptakan ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kedua, undang-undang melarang partai politik untuk bergabung dengan koalisi lain, sehingga membuka jalan lebar untuk mengganti Pemerintahan Sementara.

Untuk mencegah hal ini dan lebih menstabilkan pemerintah koalisi, Anwar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara koalisi konstituen tak lama setelah membentuk pemerintahan.[7] Ini menghubungkan koalisi konstituen untuk membantu Perdana Menteri dalam masalah kepercayaan, pasokan, dan legitimasi pemerintah. Ini termasuk jaminan atas isu-isu kebijakan sensitif mulai dari hak-hak Melayu dan Islam hingga kesenjangan ekonomi antara negara-negara Semenanjung dan Malaysia Timur. Memorandum tersebut bersifat simbolis dan membuka jalan bagi Anwar untuk menerima mosi percaya di Parlemen pada 19 Desember 2022. Tidak jelas apakah ini pada akhirnya akan mencegah partai meninggalkan koalisi sebelum pemilihan berikutnya. Para pengamat, termasuk presiden Dewan Pengacara Malaysia, menyebutnya sebagai “lingkaran ekstrim” yang bermasalah secara hukum.[8] Singkatnya, mekanisme formal dapat memperumit upaya makar, tetapi tidak dapat mencegahnya.

Baca Juga  Gerakan Yang Dilakukan Secara Berulang-ulang Dan Tidak Terputus-putus Adalah

82 kursi PH jauh dari mayoritas parlemen 112, sehingga Koalisi mengandalkan mitra lain seperti BN (30 kursi), GPS (23 kursi), GRS (6 kursi) dan Warisan (3 kursi). terus mengelola.[9] Setidaknya pada awal 2023, koalisi komponen ini tampaknya lebih baik ditempatkan di pemerintahan bersatu daripada di pemerintahan yang dipimpin oleh PN, sehingga membatasi insentif untuk melakukan kesalahan.

Sekarang, kompromi BN, yang pada dasarnya adalah kendaraan UMNO, sudah jelas. UMNO adalah satu-satunya partai nasionalis Malaysia dalam pemerintahan persatuan. Kehadirannya menjamin keterwakilan dalam arus utama politik Malaysia dan memperkuat kredensial Melayu-Muslim yang penting bagi legitimasi pemerintah. Pentingnya ini tercermin dalam alokasi pemerintah UMNO. Meskipun hanya memenangkan 26 kursi, UMNO memegang beberapa posisi menteri utama, termasuk wakil menteri, hukum, reformasi kelembagaan, pertahanan, perdagangan internasional, industri, urusan luar negeri, dan pendidikan tinggi. Sulit membayangkan UMNO bisa bekerja lebih baik dengan berkolaborasi dengan PN.

Prinsip Dasar Animasi Besutan Disney, Animator Wajib Tahu

Partai Melayu-Muslim: PAS dan Bersatu sama-sama memenangkan 43 kursi dan 31 kursi atas UMNO di GE15 dan tidak akan menerima kursi Perdana Menteri. Selain itu, meskipun perjanjian penyatuan Melayu sangat efektif dalam menentang pemerintahan PH pada tahun 2018, perjanjian tersebut juga tidak konsisten dalam mengatur koalisi, seperti yang terlihat pada pemerintahan Muhyiddin dan Ismail dari tahun 2020 hingga 2022[10]. Singkatnya, UMNO kehilangan posisi terdepannya dalam politik Malaysia setelah dua kekalahan elektoral berturut-turut dan tunduk pada perhitungan politik yang lebih sederhana. Nilainya yang lebih besar dalam pemerintahan koalisi menyisakan sedikit insentif untuk memilih kemitraan PN daripada kemitraan dengan PH, setidaknya di tingkat partai.[11]

Sulit membayangkan bahwa Uni Malaysia Timur berada dalam posisi yang lebih baik di bawah pemerintahan yang dipimpin oleh PN daripada kesepakatan dengan PH saat ini. Politik identitas adalah faktornya. Keanekaragaman etnis Malaysia Timur lebih mudah diakomodasi dalam kerangka pluralistik multiras PN daripada kerangka Melayu-Muslim terbuka PN. Ini menyoroti kesulitan yang dihadapi PN.[12] menggandakan retorika

Baca Juga  Siapa Tuhan Sebenarnya

(supremasi Melayu dan Muslim) dapat memperkuat posisinya di antara mayoritas Melayu di semenanjung itu, tetapi melemahkan upaya merayu Malaysia Timur. Presiden PAS Abdul Hadi Awang, yang kini menjadi salah satu anggota PN yang paling populer dan vokal, terus menggunakan taktik ini. Selain politik, Anwar sangat memuji para pemimpin Malaysia Timur dan agenda pemerintahan bersatu. Wakil Perdana Menteri Fadilla Yusuf dari Sarawak GPS Coalition (bersama Zahid dari UMNO); GPS menerima 5 posisi menteri yang berbeda dan GRS menerima 1. Selain itu, unsur-unsur Perjanjian MA63, yang pada tahun 1963 menetapkan syarat penyatuan negara bagian semenanjung Sabah, Sarawak dan sebagian besar ditinggalkan, dihidupkan kembali oleh pemerintah federal untuk mengatur hubungan dengan Malaysia Timur. Kepemimpinan Malaysia Timur sekarang memiliki lebih banyak otonomi dan suara yang lebih besar dalam politik federal daripada yang dimilikinya selama beberapa dekade. Meskipun hal ini tidak menghubungkan GPS, GRS dan Warisan dengan kesatuan pemerintahan, hal ini mengurangi insentif untuk mencari alternatif.

Ada banyak tanda-tanda ketegangan antara PAS dan monarki Malaysia.[13] Alasannya tidak sulit ditebak. Meskipun monarki tidak memiliki kekuatan politik formal, sultan secara konstitusional diakui sebagai penjaga Islam di Malaysia, memiliki pengaruh yang cukup besar dan memastikan sentralitas simbolik. PAS tampaknya merambah wilayah ini karena mereka secara teratur mengajarkan masyarakat tentang Islam dan terkadang secara langsung bertentangan dengan Sultan, merusak status mereka. Misalnya, tahun lalu terlihat dua keputusan konservatif penting oleh organisasi yang dipimpin PAS melawan sikap monarki yang lebih inklusif.[14] Baru-baru ini, Hadi secara terbuka menentang perintah raja dengan menyebarkan pesan-pesan politik di masjid-masjid.[15]

Jump Shoot Adalah Teknik Dalam Permainan Bola Basket, Kenali Manfaat Dan Tipsnya

Ketegangan memiliki konsekuensi simbolis dan prosedural. Raja telah berulang kali menyerukan diakhirinya politik partai dan sebaliknya ingin memfokuskan upaya untuk memecahkan masalah mendesak negara. Ia juga berharap agar Anwar menjadi Perdana Menteri terakhir yang dilantik sebelum akhir masa jabatannya.[16] Dukungan simbolis ini memperkuat legitimasi pemerintahan koalisi. Ini juga harus menimbulkan kekhawatiran di antara beberapa anggota PN dan pihak-pihak yang berpotensi salah arah tentang legitimasi pemerintahan pengganti jika niat Hadi untuk menggulingkan pemerintahan Anwar membuahkan hasil. Terakhir, perlu dicatat bahwa Perdana Menteri ditunjuk oleh Raja dan setiap upaya untuk mengubah pemerintahan (untuk menunjukkan mayoritas parlementer) memerlukan audiensi dengan Raja.

Terakhir, pemerintahan koalisi 2018 lebih berhati-hati dibandingkan PH sebelumnya.

Gerakan sholat setelah ruku adalah, follow through and overlapping action, follow through, gerakan yang dilakukan setelah olahraga adalah