Gambar Benua Asia – Seperti yang Anda ketahui ada 5 benua besar di bumi. Dari lima benua, Asia merupakan benua terbesar di dunia.

Benua Asia dapat disebut sebagai benua terluas karena mencakup seperempat luas permukaan bumi. Seiring dengan ukurannya, benua Asia memiliki banyak hal dan keistimewaan.

Gambar Benua Asia

Dikutip dari buku “Modul Ilmu Pengetahuan Sosial” karya Tenya Kurniawati dkk, Benua terluas di bumi adalah Asia, dengan luas 44.000.000 km², menempati seperempat permukaan bumi. Luas benua Asia empat kali lebih besar dibandingkan benua Eropa.

Fakta Benua Asia Dan Polemik Panjang Geografis Secara Politik

Secara astronomis, benua Asia terletak antara 26 derajat Bujur Timur (BT) sampai 170 derajat Bujur Timur (BT) dan 11 derajat Lintang Selatan (LS) sampai 80 derajat Lintang Utara (LU).

Sedangkan secara geografis benua Asia ditutupi oleh tiga benua yaitu Eropa, Australia dan Amerika. Benua Asia juga dibatasi oleh tiga samudera, yaitu Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Arktik.

Luas daratan yang luas membuat angin yang bertiup di Asia Tengah bersifat kering. Iklim utama di Asia terbagi menjadi iklim tropis, iklim subtropis lembab, iklim sedang, iklim kutub dan iklim gurun.

2. Banyak keajaiban dunia di Asia seperti Tembok Besar China, Candi Borobudur, Taj Mahal, Ka’bah.

Benua Asia (20)

3. Negara-negara dengan jumlah penduduk besar seperti Cina, India, india, Pakistan, Bangladesh dan Jepang terletak di Asia.

Baca Juga  Diisi

4. Benua Asia juga merupakan tempat lahirnya agama-agama besar yaitu Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu.

5. Benua Asia mempunyai gunung, bukit dan pegunungan tertinggi di dunia yaitu Himalaya, Everest dan Dataran Tinggi Tibet.

Ras Mongoloid, ras ini banyak terdapat di Asia Timur dan Asia Tenggara seperti Cina, Jepang, Korea, Vietnam dan Thailand.

Peta Benua Asia Ilustrasi Stok

Ras Kaukasia, ras ini menempati sebagian besar Asia Barat seperti Arab, Kuwait, Irak, Iran, Suriah, Turki, Pakistan, dan India.

Selain karakteristik penduduknya, aktivitas ekonomi penduduk di Asia juga berbeda-beda. Ada tiga sektor ekonomi yang sangat menonjol: pertanian, kehutanan, dan pertambangan.

Sektor ekonomi utama penduduk Asia adalah budidaya padi dan gandum. Beberapa negara juga mengandalkan perekonomian utama mereka dari minyak bumi, yang telah terdaftar sebagai No. 1 oleh Kementerian. AHU-0016336.AH.01.12 Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Tetap waspada terhadap aktivitas offline dan online | Dapatkan pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik

Ciri-ciri Asia dan benua lainnya tentu berbeda. Amerika memiliki iklim dan populasi yang khas dari Asia, serta berbatasan dengan benua Asia. Sebagai salah satu benua terbesar di dunia, berikut gambaran mengenai ciri-ciri benua Asia.

Peta Benua Asia Vektor Stok Oleh ©olinchuk 10640338

Asia adalah salah satu benua terbesar di dunia. Benua Asia luasnya sekitar 43.998.920 kilometer persegi, mencakup sekitar 1/3 luas daratan.

Benua Asia terbagi menjadi 5 wilayah yaitu Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Utara, dan Asia Tenggara. Ciri khas benua Asia Selatan berbeda dengan kawasan benua Asia lainnya, masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri. Indonesia sendiri bersama Singapura, Thailand, dan beberapa negara lainnya merupakan bagian dari kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Baca Juga  Malaikat Memiliki Iman Yang

Benua Asia mempunyai 5 jenis iklim ditinjau dari iklimnya, yaitu iklim subtropis lembab, iklim tropis lembab, iklim dingin, iklim gurun, dan iklim kontinental.

Dari segi jumlah penduduk, Asia mempunyai jumlah penduduk terbesar dibandingkan benua lain. Populasi benua Asia saat ini sekitar 4 miliar jiwa. Beberapa negara di benua Asia dengan jumlah penduduk terbesar adalah Tiongkok, India, india, Pakistan, Bangladesh, dan Jepang.

Perhatikan Peta Berikut! Berdasarkan Gamb

Asia merupakan salah satu benua dengan lautan terluas. Salah satu laut terbesar di Asia adalah Laut Cina Selatan.

Selain lautnya yang terluas, benua Asia juga mempunyai gurun pasir terluas lainnya. Beberapa gurun tersebut adalah Gurun Gobi, Gurun Taklamakan, dan Gurun Ordos.

Keistimewaan benua Asia lainnya adalah keberadaan Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Terletak di perbatasan Nepal dan China, gunung ini mencapai ketinggian 8.850 meter di atas permukaan laut.

Berikut beberapa gambaran tentang ciri-ciri benua Asia. Bagi yang ingin mengikuti Olimpiade Sains Nasional atau Kompetisi Online, Anda dapat mengikuti dan mengikuti berbagai Olimpiade dan Kompetisi Sains yang diselenggarakan sebagai anggota.

Batas Batas Wilayah Benua Asia Beserta Iklim Di Benua Asia

Negara di benua asia, daftar negara benua asia, atlas benua asia, peta benua asia timur, peta benua asia tenggara, gambar peta benua asia lengkap, gambar peta benua asia, negara benua asia, gambar benua asia tenggara, benua asia, peta benua asia lengkap, peta benua asia