Gambar Penyerbukan Sendiri – Penyerbukan dibagi menjadi empat jenis sesuai dengan jenis dan asal serbuk sari. Sebelumnya kita telah membahas tentang penyerbukan pada bunga, dan pada artikel kali ini kita akan membahas lebih banyak tentang jenis-jenis penyerbukan bunga. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya Otaker…

Ada empat jenis penyerbukan: penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitonogami), penyerbukan silang (allogami) dan penyerbukan silang (hibridogami). Mari kita bahas satu per satu.

Gambar Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri terjadi ketika serbuk sari dipindahkan dari benang sari ke kepala putik (bunga itu sendiri) dari bunga yang sama, biasanya metode penyerbukan ini hanya terjadi pada bunga biseksual. Penyerbukan ini juga bisa terjadi dari bunga lain, namun pada tumbuhan yang sama. Sederhananya, ini adalah serbuk sari yang jatuh pada kepala putik bunga itu sendiri.

Perkembangbiakan Tumbuhan Activity For Grade 4

Tumbuhan yang penyerbuknya biasa disebut tumbuhan penyerbuk sendiri, penyerbukan sendiri ini terjadi pada saat bunga belum mekar, biasanya bunganya tertutup, sehingga disebut juga penyerbukan tertutup (cleistogami). Penyerbukan sendiri ini menghasilkan keturunan yang identik, atau dengan kata lain, tidak ada keturunan lain. Beberapa bunga yang mengalami penyerbukan sendiri adalah marigold, kembang sepatu dan juga bunga kupu-kupu.

Bunga yang dapat melakukan penyerbukan sendiri umumnya tidak bergantung pada faktor luar dalam proses penyerbukannya, hasilnya tidak akan berubah, sehingga kemurnian ras dapat terjaga. Penyerbukan sendiri juga menghilangkan sifat resesif. Namun, breed yang diserbuki sendiri ini memiliki ketahanan penyakit yang buruk, artinya resistensi terhadap penyakit yang ada berkurang karena tidak ada gangguan genetik.

Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang dapat terjadi apabila serbuk sari yang hinggap pada atau menempel pada suatu bunga berasal dari bunga lain tetapi masih pada tumbuhan yang sama (masih dalam ekosistem yang sama). Sederhananya, serbuk sari yang jatuh di daun telinga ada di bunga lain, tetapi bunga itu masih di tanaman yang sama (pohon yang sama). Penyerbukan ini disebut penyerbukan samping, karena bunga jantan dan betina tidak berada dalam satu bunga, yaitu diperlukan dua bunga pada satu tanaman untuk proses penyerbukan.

Baca Juga  Fungsi Otot Brainly

Penyerbukan tetangga ini terjadi pada saat bunga terbuka (bunga sedang kuncup atau tidak tertutup). Jadi, penyerbukan tetangga ini disebut juga penyerbukan terbuka, karena serbuk sari dapat datang dengan bebas dari bunga yang berbeda. Perkawinan melalui penyerbukan terbuka disebut cosmogami. Penyerbukan terbuka dapat terjadi ketika putik dan serbuk sari matang pada waktu yang sama (bunga mekar) setelah bunga terbuka. Penyerbukan ini dapat terjadi antara putik dan serbuk sari dari bunga yang sama atau berbeda. Penyerbukan oleh tetangga biasanya disebut sebagai penyerbukan silang. Contoh tumbuhan yang menyerbuki tetangganya adalah sorgum, padi, kelapa, kelapa sawit, mawar merah, mawar putih, dll.

Alat Perkembanngbiakan Generatif

Penyerbukan ini terjadi ketika serbuk sari pada kepala putik berasal dari tumbuhan lain. Namun dalam penyerbukan silang tanaman lain, masih spesies yang sama. Sederhananya, serbuk sari yang hinggap pada kepala putik bunga yang berbeda berasal dari tanaman yang berbeda, tetapi masih dari spesies atau varietas yang sama. Penyerbukan ini dapat terjadi pada pohon atau tanaman yang berbeda, tetapi pada tanaman dari spesies yang sama, seperti zaitun, rerumputan, dan pohon Gandarus.

Penyerbukan silang hanya dapat terjadi antara anggota spesies yang sama. Penyerbukan, juga disebut penyerbukan silang, menghasilkan keturunan yang berbeda dalam kedua sifat dari tanaman induk. Penyerbukan silang dapat terjadi dalam banyak cara, tetapi metode utama penyebaran serbuk sari adalah angin, serangga, burung, dan hewan lainnya. Bantuan manusia juga dimungkinkan dalam proses penyerbukan silang, biasanya manusia melakukan penyerbukan silang tanaman dan menciptakan spesies hibrida.

Penyerbukan silang memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah dapat meningkatkan daya tahan keturunan terhadap penyakit dan perubahan lingkungan. Kemudian benih yang diperoleh dari hasil penyerbukan silang memiliki vigor dan vitalitas yang sangat baik. Kerugian dari penyerbukan silang ini adalah, kemungkinan karena rekombinasi gen, sifat-sifat yang baik dapat ditambahkan dan sifat-sifat yang tidak diinginkan dapat dihilangkan.

Penyerbukan serbuk sari campuran ini berasal dari jenis tanaman yang berbeda, tetap sama, tetapi dengan karakteristik yang berbeda. Dalam penyerbukan ini, serbuk sari jatuh pada kepala putik bunga lain dari varietas berbeda. Penyerbukan silang biasanya menghasilkan kultivar atau spesies baru. Sederhananya, penyerbukan silang terjadi ketika serbuk sari suatu bunga menempel pada kepala putik bunga tanaman lain, dan itu hanya bisa terjadi pada tanaman yang masih berdekatan. Tumbuhan yang melakukan penyerbukan hibrida antara lain mawar merah dengan mawar putih, lili kuning dengan lili merah jambu, jambu merah dan jambu putih.

Baca Juga  Deskripsikan Tentang Sosok Abdul Latif Dengan Baik

Ipa Bagian2 Bunga

Nah Otaker.. ini penjelasan tentang cara atau jenis penyerbukan, semoga penjelasan ini bisa menambah pengetahuan sobat semua. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain. Salam dari Sabang sampai Merauke.

Jenis Penyerbukan Jenis Penyerbukan Jenis Penyerbukan Ciri Penyerbukan Sendiri Gambar Proses Penyerbukan Bunga Jelaskan Jenis Penyerbukan Ciri Proses Penyerbukan Silang Nama Proses Penyerbukan dan Pembuahan. Sebutkan jenis-jenis penyerbukan penyerbukan silang penyerbukan tertutup Penyerbukan sendiri Penyerbukan tetangga Penyerbukan autogami Penyerbukan autogami adalah proses penyerbukan sendiri atau pemindahan polen dari stamen ke stigma. Proses ini terjadi terutama pada bunga yang sama atau antara bunga yang berbeda, namun tetap pada tumbuhan yang sama.

Contoh proses penyerbukan yang hanya terjadi pada satu tanaman adalah ketika serbuk sari bunga A juga jatuh pada kepala putik bunga A. Penyerbukan sendiri hanya terjadi pada bunga lengkap, yaitu mengandung serbuk sari dan benang sari.

, penyerbukan sendiri terjadi ketika serbuk sari dipindahkan ke kepala putik bunga yang sama. Bentuk penyerbukan sendiri ini dapat terjadi pada tanaman hermafrodit atau dioecious yang mengandung organ reproduksi jantan dan betina pada bunga yang sama.

Apa Yang Dimaksud Penyerbukan Autogami? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dalam penyerbukan sendiri, ketergantungan pada faktor eksternal yang menyebabkan penyerbukan berkurang. Tumbuhan jenis ini bergantung pada angin atau serangga kecil yang mengunjungi bunga itu sendiri.

Bunga yang diserbuki biasanya memiliki kepala putik dengan panjang yang sama untuk memfasilitasi transfer serbuk sari. Penyerbukan autogami dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

• Autogami adalah proses penyerbukan sendiri di mana serbuk sari dipindahkan dari benang sari bunga ke kepala putik bunga yang sama.

• Geitonogami – dalam proses penyerbukan sendiri, benang sari dipindahkan dari satu benang sari satu bunga ke kepala putik bunga lain, tetapi pada tanaman yang sama.

Jenis Penyerbukan Worksheet

, autogami, geitonogami, dan xenogami adalah 3 metode reproduksi tumbuhan. Autogami dan heitonogami adalah dua metode penyerbukan sendiri, sedangkan xenogami adalah metode yang digunakan untuk penyerbukan silang.

Perbedaan antara autogami dan geitonogami adalah autogami terjadi ketika butiran serbuk sari diendapkan pada kepala putik bunga yang sama. Geitonogami terjadi ketika butiran serbuk sari dari antera satu bunga disimpan di bunga lain dari tanaman yang sama.

Xenogami juga terjadi ketika serbuk sari dari satu bunga diendapkan pada stigma bunga yang berbeda secara genetik dari spesies yang sama.

Penyerbukan autogami memberi banyak peluang bagi tanaman untuk mewariskan sifat-sifat yang tidak menguntungkan ke generasi berikutnya. Misalnya, tanaman A tidak berkecambah dengan cepat saat autogami. Fitur ini diwarisi dari tanaman sebelumnya.

Baca Juga  Jenis Poster Yang Tujuannya Untuk Mempromosikan Produk Adalah Poster

Penyerbukan Sendiri Tanaman Bunga Pollen, Indian Paintbrush S, Tanaman Herba, Daun, Rumput Png

Dapat disimpulkan bahwa penyerbukan autogami adalah penyerbukan sendiri yang terjadi pada tumbuhan yang sama. Hasilnya adalah keturunan yang identik secara genetik yang tidak berkontribusi pada evolusi.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan (berhenti berlangganan) dari buletin kapan saja menggunakan halaman kontak kami Penyerbukan tanaman biasanya dilakukan melalui berbagai perantara. Tidak hanya manusia dan hewan, tumbuhan juga merupakan salah satu makhluk hidup yang ada di bumi.

Penyerbukan adalah transfer serbuk sari dari kepala bunga jantan ke kepala bunga betina. Pertemuan serbuk sari dan jamur menyebabkan kerusakan gamet pada tanaman reproduksi.

Jenis penyerbukan ini berasal dari serbuk sari bunga. Ini mengacu pada serbuk sari itu sendiri, yang jatuh di kepala putih bunga. Ciri-ciri bunga menyerbuk sendiri antara lain bunga sempurna.

Perhatikan Gambar Berikut.penyerbukan Yang Terjadi Pada Gambar Disebut Penyerbukana. Penyerbukan

Ada organ reproduksi jantan dan betina dalam satu bunga. Misalnya mangga, jambu biji, rambutan, bunga turi, kembang sepatu, bunga telang, dll.

Penyerbukan tetangga adalah proses di mana serbuk sari berasal dari bunga lain. Tapi bunganya masih ada di tanaman. Karena bunga jantan dan betina tidak berada di bunga yang sama, terjadilah penyerbukan silang.

Jadi, penyerbukan membutuhkan 2 bunga per tanaman. Mampu melakukan proses penyerbukan. Misalnya pada jagung, beras, kelapa, mawar, dll.

Penyerbukan silang adalah bentuk penyerbukan yang lebih kompleks. Ini berarti bahwa serbuk sari mendarat di kepala putik bunga lain. Penyerbukan tanaman yang berbeda, namun serupa.

Pdf) Inbreeding Depression Pada Progeni Hasil Penyerbukan Sendiri Dan Outbreeding Depression Pada Hasil Penyerbukan Silang Jarak Pagar (jatropha Curcas L.)

Misalnya pada tanaman kamboja, melinjo, pinus, dll. Faktanya, hampir semua tanaman dapat diserbuki silang. Tapi tetap dengan bantuan orang.

Penyerbukan silang adalah proses pemindahan serbuk sari dari bunga lain ke tanaman lain. Tumbuhan ini memiliki jenis yang berbeda atau setidaknya memiliki satu ciri khas. Serbuk sari jantan jatuh pada kepala putik (betina) bunga lain dari varietas berbeda.

Kemudian ia merilis varietas atau jenis baru. Misalnya mawar merah dan mawar putih, lili kuning dan lili merah muda, atau yang lainnya.

Berdasarkan mediatornya, proses penyerbukan pada tumbuhan terbagi menjadi empat jenis. Untuk melakukan ini, pelajari tentang beberapa jenis penyerbukan berdasarkan mediator di bawah ini.

Mengenal Macam Macam Penyerbukan Dan Contohnya Pada Tumbuhan

Jenis penyerbukan ini dilakukan dengan bantuan hembusan angin. Dalam proses ini, penyerbukan terjadi ketika angin meniupkan serbuk sari. Jadi, selain tangkainya, nanti bisa masuk stigma.

Penyerbukan angin biasanya terjadi pada tumbuhan berbunga

Penyerbukan sendiri adalah, gambar penyerbukan tetangga, penyerbukan sendiri, contoh tanaman penyerbukan sendiri, penyerbukan adenium, contoh penyerbukan sendiri, pengertian penyerbukan sendiri, gambar penyerbukan, penyerbukan, penyerbukan sendiri pada bunga, gambar penyerbukan bunga, penyerbukan buah naga