Hakikat Sejarah – Guru Besar Filsafat Sejarah : Agus Gunawan, M.D. Pembantu : Adadi Kusmayadi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas S. Galuh

2 Sesi 1 Pengertian Filsafat Filsafat adalah ilmu dan nalar atau pembelajaran dalam mencari kebenaran hakiki. Kata filsafat berarti cinta terhadap pengetahuan dan akal. Profesor Dr. jujun s.

Hakikat Sejarah

3 Filsafat memikirkan dan merenungkan segala sesuatu secara mendalam, mendalam dan menyeluruh, serta memahami makna segala sesuatu. Filsafat merupakan hasil olah akal dan budi manusia (hati) yang mencari segala sesuatu secara serasi dan teratur serta sungguh-sungguh, mencari dan terus berlanjut hingga ditemukan kebenaran hakiki.

Sejarah Filsafat Islam Klasik

4 Secara etimologis, kata filsafat berasal dari kata Yunani philosophia – (dari philo – cinta, philosophia – cinta dan sophia – kebijaksanaan, artinya kebenaran atau kebijaksanaan tertinggi). Kata filsafat dalam bahasa Inggris, atau kata filsafat dalam bahasa Arab, berarti cinta pikiran. Kata majemuk filsafat mengacu pada penalaran dan upaya manusia untuk menemukan kebenaran atau kebijaksanaan.

5 Tujuan umum filsafat adalah untuk mencari kebenaran, bukan untuk memiliki kebenaran sampai orang yang percaya pada kebenaran mendekati kebenaran. Beberapa Definisi Filsafat: Plato (427 SM – 348 SM), Filsuf Yunani: Filsafat adalah ilmu yang berkaitan dengan pencarian kebenaran. Murid Plato Aristoteles (382 SM – 322 SM): Filsafat adalah ilmu yang mencakup metafisika, logika, retorika, etika, politik, dan estetika.

Filsafat adalah ilmu tentang alam dan hakikatnya yang sebenarnya. Immanuel Kant (1724 – 1894), filsuf Katolik: Filsafat adalah dasar dan landasan semua ilmu pengetahuan, seperti empat ilmu pengetahuan. Apa yang bisa kita ketahui? (metafisika) b. Apa yang harus dilakukan? (etika) c. Dimana harapan kita? (agama) d. Apa itu pria? (antropologi)

7 Hasbullah Bekri mengatakan bahwa ilmu filsafat adalah ilmu yang mempelajari secara mendalam segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan, alam semesta dan manusia, dan setelah menerima ilmu tersebut dapat memberikan pengetahuan tentang bagaimana manusia bertindak. Profesor Muhammad Aminamin berpendapat bahwa konsentrasi pemikiran filosofis menjadi alasan mengapa orang merasakan kejujuran dalam karakter ini.

Baca Juga  Berapakah Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Papua Barat

Hakikat Dan Objek Filsafat Sejarah

8 Singkatnya, filsafat adalah suatu usaha untuk menjadikan manusia berpikir dan berpikir dengan akal dan hati, yaitu mencari dan menemukan kebenaran hakiki (pengetahuan, kebenaran, dan hikmah) secara sistematis, menyeluruh, menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan. tata krama. . Filsafat dipelajari.

9 Hal-hal material Ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang ada dan dapat ada, konkrit dan fisik, fisik dan fisik, abstrak dan spiritual; juga ranah logika abstrak, konsep, spiritualitas, nilai-nilai agama, dan metafisika; bahkan tentang Tuhan. , yang menciptakan alam semesta. Metode Filsafat Penelitian filosofis atau metode penelitian berbeda dengan metode ilmiah, metode penelitian filosofis terdiri dari hasil analisis yang logis.

Ciri-ciri pemikiran filsafat tradisional: berwatak luas Seorang ilmuwan tidak lagi puas hanya dari sudut pandang ilmu pengetahuan, ia ingin melihat makna ilmu dalam kumpulan ilmu lain, ia ingin mengetahui hubungan antara ilmu pengetahuan dan moralitas serta hubungannya. antara sains dan agama dan apakah ilmu ini mendatangkan kebahagiaan baginya. Tidak. Tidak.

11 aset utama; Orang yang berpikir dalam filsafat menghancurkan kedudukan utamanya kecuali memandang bintang-bintang di langit. Mengapa sains benar karena sifatnya yang spekulatif? Apa standarnya? Bagaimana proses evaluasi akan didasarkan pada kriteria ini? Apakah standar-standar ini benar? Apa itu “nyata”?

Hakikat Dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Apa logikanya? Apa kebenarannya? Apa yang dianggap benar? Apakah alam teratur atau kacau? Apakah alam punya tujuan atau tidak? Apakah ada hukum yang mengatur alam dan seluruh kehidupan?

Studi Filsafat. Bidang penyelidikan atau penelitian yang dianggap filsafat sistematika antara lain: 1. Ontologi (kesatuan + logos – logika) adalah bidang filsafat yang mempelajari hakikat dan hakikat keberadaan; Eksistensi Mutlak yang mencakup keberadaan yang terbatas, tak terbatas, dan universal, kosmos dan metafisika, adalah setelah kematian dan sumber segala yang ada, yaitu Tuhan Yang Maha Esa, pencipta, pengontrol, dan penentu alam semesta.

14 2. Epistemologi (Epistème – pengetahuan + tanda – teori) adalah cabang filsafat yang mempelajari sumber, kondisi dan proses pengetahuan. Etimologi juga mencakup studi sistematis, logis, dan matematis. Epistemologi disebut juga Wissenscaftslehre.

Baca Juga  Faktorisasi Prima Dari 72 Adalah

15 3. Aksiologi (Axios – nilai, pahala + nilai – perhitungan, akal, teori) adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang makna, bentuk, tingkatan, sumber dan hakikat nilai-nilai umum. Cabang filsafat: epistemologi (filsafat ilmu pengetahuan), etika (filsafat moralitas), estetika (filsafat seni)

Berikan 4 Contoh Perpaduan Tradisi Daerah Yang Merupakan Perpaduan Unsur Local Hindu Budha Dan Islam Di

4. Metafisika 5. Politik (Filsafat Pemerintahan) 6. Filsafat Agama 7. Filsafat Pendidikan 8. Filsafat Ilmu Pengetahuan 9. Filsafat Hukum 10. Filsafat Sejarah 11. Filsafat Matematika

Dalam materialisme, esensi realitas universal, termasuk makhluk hidup dan manusia, adalah penting, dan semua realitas ini ditentukan oleh materi. Idealisme atau spiritualitas yang mengajarkan bahwa pikiran atau roh menentukan keberadaan dan kesadaran manusia. Subjek manusia mengetahui realitas dirinya dan alam semesta. Oleh karena itu, hakikat diri dan realitas adalah pikiran (pikiran atau jiwa atau ruh).

18 Realisme mengajarkan bahwa kedua aliran pemikiran ini (materialisme dan idealisme/spiritualisme) saling berhubungan. Realisme adalah gabungan antara fisika atau materialisme dan materialisme. pragmatisme; Nilai utama dari sebuah ide adalah kegunaannya dalam memecahkan masalah praktis.

19 Sesi 3 Pengertian Filsafat Sejarah. Filsafat sejarah merupakan cabang filsafat yang mempelajari hakikat sejarah secara sistematis, menyeluruh, universal, dan holistik guna memperoleh kebenaran-kebenaran penting tentang berbagai peristiwa atau kejadian sejarah.

Meluruskan Hakikat Piagam Madinah

20 Menurut para ahli filsafat sejarah, ada beberapa konsep atau pengertian filsafat sejarah: 1. W. H. Burton mengemukakan bahwa ada dua konsep filsafat sejarah di Inggris: a. Upaya untuk menemukan pola atau sistem pada peristiwa masa lalu menjelaskan mengapa peristiwa tersebut mengikuti pola tertentu. Misalnya saja naik turunnya peradaban manusia.

21 hal. Penyelidikan kritis atau studi sejarah sebagai bentuk pendidikan. Menurut W.H. Walsh disebut filsafat kritis sejarah. Sejarah, sebagai suatu kategori pengetahuan, berfokus pada studi apakah pengetahuan sejarah sesuai dengan kesimpulan umum tentang hakikat sains.

22 2. Buku A. Marwick “The Nature of History” mempunyai tiga pengertian tentang filsafat sejarah: A. Teori tingkat tinggi yang mempengaruhi timbulnya peristiwa-peristiwa sejarah (arus utama) atau kekuatan utama sejarah sebagai realitas objektif masa lalu.

Baca Juga  Cara Menyederhanakan Bilangan Berpangkat

23 hal. Menjelaskan asumsi dasar dan anggapan yang digunakan para sejarawan dalam menyikapi suatu sejarah tertentu dengan mendalami teori sebab akibat dan konsep pembangunan. C. Sama halnya dengan metodologi sejarah, yaitu proses praktis yang dilalui sejarawan dalam meneliti, meneliti, dan menulis sejarah.

Storyboard Demokrasi القصة المصورة من قبل 79f5a673

24 3. Menurut G. Collingwood, yaitu jenis-jenis pemikiran sejarah dalam perkembangan gagasan sejarawan. Gegel (akhir abad ke-18) dikaitkan dengan penemuan hukum-hukum yang mengatur sebab-sebab terjadinya peristiwa. Filsafat sejarah pada hakikatnya merupakan gambaran tentang apa yang dihasilkan dan ditentukan oleh penelitian sejarah dan ilmu sejarah.

25 Filsafat merupakan penyelidikan yang menyeluruh dan menyeluruh, sehingga filsafat sejarah melakukan penyelidikan reflektif untuk mengungkap landasan peristiwa sejarah. Filsafat sejarah mengkaji dan mempelajari seluruh aspek sejarah agar dapat benar-benar memahami sejarah dengan baik.

26 Sesi 4 Pembagian Filsafat Sejarah Menurut titik tolak dan metodenya, filsafat sejarah dibagi menjadi tiga bagian: 1. Filsafat sejarah spekulatif yang menganggap sejarah, filsafat sejarah dalam arti sempit (filsafat de Ihirtoire) sebagai landasannya. atau pola umum sejarah sebagai proses atau aliran dan struktur dan berusaha mencari makna.

Pola-pola perubahan sejarah, atau mekanisme-mekanisme yang menggerakkan aliran atau pergerakan sejarah, merupakan arah dari proses sejarah

Sebutkan Dan Jelaskan 4 Hakikat Sejarah Beserta Contohnya

28 2. Filsafat sejarah kritis atau sejarah teoritis (Theoritische atau Theoris der Geschichtwissenschaft atau bagian analitis dari filsafat sejarah) dapat menerimanya sebagai fakta yang sebenarnya sebagai unsur penulisan sejarah, yaitu sebagai unsur penulisan sejarah. Misalnya, filsafat ilmu membahas topik-topik yang berkaitan dengan pemahaman sejarah, penafsiran sejarah, dan objektivitas sejarah.

3. Filsafat praktis adalah filsafat yang didasarkan pada alasan-alasan praktis yang berkaitan dengan kajian masa lalu. Permasalahan pokok dalam filsafat sejarah a. Apa hakikat sejarah? B. Apa sejarah mengemudi causa prima? C. Apa sifat gerakan sejarah? D. Apa fokus dan tujuan utama langkah selanjutnya? e. Apa peran manusia dalam sejarah? F. Apa kegunaan atau makna sejarah?

30 a. Hakikat Sejarah Hakikat teori dan filsafat sejarah adalah bahwa sejarah memandang perkembangan, perkembangan, evolusi ini (B.Croce) merupakan hasil pemikiran atau gagasan para sejarawan yang memberikan jawaban-jawaban kecil. Bagian dari sejarah adalah segala sesuatu yang berbentuk sejarah.

31 Secara umum, semua sejarah mempunyai sejumlah pernyataan atau gagasan yang dibuat oleh para sarjana di bidang sejarah

Bab 1 Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Hakikat sejarah sebagai, hakikat yoga, belajar hakikat, hakikat kematian, hakikat dan ruang lingkup sejarah, hakikat umrah, hakikat nafas, pengertian hakikat sejarah, hakikat dan sejarah matematika, hakikat ilmu sejarah, hakikat taqwa, hakikat