Indonesia Adalah Negara Yang Heterogen Apa Maksud Pernyataan Tersebut – , Jakarta Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali perbedaan yang ada di balik masyarakatnya, baik dari segi budaya maupun budayanya. Perbedaan dapat menciptakan bentuk keselarasan yang berbeda-beda dalam kebudayaan manusia.

Lalu apa yang dimaksud dengan keharmonisan sosial? Secara sederhana, konsep keharmonisan dalam hubungan yang berbeda dapat dipahami sebagai kehidupan sosial masyarakat, meskipun orang tersebut berasal dari budaya dan hubungan yang berbeda.

Indonesia Adalah Negara Yang Heterogen Apa Maksud Pernyataan Tersebut

Namun, apa yang dimaksud dengan mengintegrasikan kebudayaan ke dalam kebudayaan nasional tidaklah mudah untuk dipahami. Sebagian besar disebabkan oleh perbedaan pembangunan sosial dan ekonomi itu sendiri, namun di sisi lain banyak pula konflik yang terjadi karena adanya perbedaan tersebut.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya, Penyebab, Faktor Pendorong, Dan Penghambatnya

Untuk memahami makna budaya yang berbeda, diperlukan pemahaman dari seluruh lapisan masyarakat tentang toleransi. Melalui toleransi, kita dapat memahami arti keharmonisan dalam budaya yang berbeda.

Apa yang dimaksud dengan kerukunan antarbudaya penting untuk dipahami, apalagi mengingat Indonesia terdiri dari kelompok sosial dan budaya yang berbeda-beda. Agar lebih memahami apa arti kecocokan dalam berbagai hubungan, berikut detailnya seperti dihimpun dari berbagai tempat, Sabtu (10/6/2023).

Engkar dan Aroh menikah lebih dari 500 tahun yang lalu, keduanya berbeda agama, namun selalu hidup bersama dan hidup berkecukupan. Ini merupakan simbol kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kampung Sawah, Bekasi.

Sebelum kita membahas secara mendalam tentang arti keharmonisan sosial, ada baiknya kita terlebih dahulu memahami arti keberagaman sosial.

Tugas Nasionalisme Luas & Sempit Pkn 24

Multikulturalisme adalah suatu keadaan dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam masyarakat dan budaya. Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang beragam. Artinya Indonesia mempunyai negara dengan gaya hidup dan budaya yang berbeda.

Indonesia tidak hanya terdiri dari satu suku saja. Ada suku Jawa, Sunda, Bali, Batak, Bugis, Betawi, dan masih banyak lagi suku bangsa lainnya di Indonesia. Struktur geografis Indonesia yang besar juga mempengaruhi terselenggaranya berbagai hubungan di Indonesia.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menyampaikan Komentar Pidato

Berbagai faktor menentukan jenis hubungan di Indonesia karena berbagai alasan, mulai dari wilayah, cara komunikasi, dan sejarah. Faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan kondisi cuaca di Indonesia antara lain sebagai berikut:

Program Hutan Sedekah 2023 ada Karnaval adat bertani Desa UI, diskusi tentang hutan Indonesia. (merdeka.com/Arie Basuki)

Menentang Standar Cantik Perempuan

Untuk lebih memahami perbedaan antara masyarakat dan budaya, penting untuk mengetahui beberapa contoh. Dengan mempelajari contoh-contoh sosial dan budaya yang berbeda, kita dapat lebih memahami apa artinya mengintegrasikan budaya yang berbeda.

Rumah adat adalah rumah adat yang dibangun menurut norma atau kepercayaan masyarakat setempat, misalnya Rumah Gadang. Rumah adat di Sumatera Barat ini mempunyai corak yang unik bernama gonjong. Menara gonjong ini melambangkan meningkatnya harapan masyarakat dalam mencapai Yang Maha Kuasa.

Musik tradisional merupakan salah satu contoh berbagai bentuk interaksi manusia yang diciptakan dan diwariskan secara turun temurun dalam satu komunitas dan wilayah yang sama. Contohnya adalah Tifa, alat musik tradisional masyarakat Asmat, Papua.

Tifa mempunyai ciri khas gambar seperti mobil. Gambar ini dianggap sebagai gambar suci keluarga Asmat. Bentuknya mirip wajah keluarga yang sudah meninggal. 3. Makanan tradisional

Pengertian Suku Bangsa

Banyak masakan tradisional Indonesia yang menjadi terkenal hingga ke mancanegara. Rasa lezat dan variasi di baliknya selalu menarik perhatian. Setiap daerah di Indonesia mempunyai masakan tradisionalnya masing-masing. Belum lagi ada bumbu-bumbu yang menambah cita rasa masakan tradisional ini.

Contoh keanekaragaman sosial budaya dalam makanan adalah rendang yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang disajikan sebagai hidangan khusus untuk upacara adat atau acara penting lainnya.

Setiap suku mempunyai bahasa yang berbeda-beda. Tak hanya sebagai alat komunikasi, bahasa juga menjadi salah satu cara untuk mengetahui perbedaan budaya lokal yang ada di Indonesia. Contohnya adalah Sunda, Jawa, Betawi, Malaika, Bali, Bugis, Ambai, dan lain-lain.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan tarian yang dapat mengekspresikan nilai atau keyakinannya. Contohnya adalah Tari Musyoh Papua. Lagu adat ini mencerminkan kepercayaan masyarakat Papua yang mendoakan keluarga atau warga almarhum dan berharap arwahnya dapat beristirahat dengan tenang.

Upaya Agar Keberagaman Di Indonesia Tak Menimbulkan Perpecahan

Selain itu, masih banyak contoh lain dari keluarga yang berbeda. Padahal, jenis ini bisa menjadi keuntungan tersendiri, karena banyak perusahaan pariwisata yang lahir dari faktor sosial dan budaya.

Baca Juga  Mendukung Pembangunan Nasional Merupakan Wujud Cinta Tanah Air Di Lingkungan

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa perbedaan masyarakat dan budaya juga dapat menimbulkan konflik. Oleh karena itu, kita akan dapat memahami apa arti keharmonisan dalam berbagai masyarakat dan budaya.

Protes warga PT Antam Konawe Utara yang menuntut perusahaan tetap beroperasi berujung ricuh yang menimbulkan kericuhan yang merugikan polisi dan warga.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, perbedaan sosial ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi keberagaman dapat menjadi kekuatan masyarakat, namun di sisi lain keberagaman dapat menimbulkan konflik dalam masyarakat.

Gerak Gerik Intoleran Di Sekitar Kita

Contoh konflik yang disebabkan oleh perpecahan dalam masyarakat adalah perpecahan masyarakat akibat pemilu. Perbedaan pandangan politik dan pejabat terpilih seringkali menimbulkan konflik di masyarakat.

Perbedaan pandangan dan pilihan politik tersebut seringkali berujung pada konflik mendasar, perdebatan terjadi di media sosial, bahkan ada akun khusus yang dibuat untuk mendukung setiap individu.

Perang media sosial tidak bisa dihindari dan semua orang menjelek-jelekkan kubu lawan. Ini adalah salah satu jenis konflik.

Konflik alam seperti ini menjadi penghambat pemahaman makna keharmonisan dalam berbagai masyarakat dan budaya.

Soal Mid Kelas 10

Masyarakat yang baik adalah masyarakat yang mampu menciptakan keharmonisan dalam berbagai budaya dan kebudayaan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perbedaan sosial dan budaya memang terjadi dalam masyarakat yang mempunyai jenis budaya dan tradisi yang berbeda.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerukunan adalah ungkapan perasaan, perbuatan, pikiran dan kepentingan, keselarasan dan keselarasan. Dengan kata lain, untuk dapat menciptakan suatu komunitas yang mengintegrasikan hubungan yang berbeda-beda, maka harus ada kerukunan dan keharmonisan.

Dengan kata lain, pengertian kerukunan dalam konteks sosial budaya yang berbeda adalah keharmonisan antar anggotanya, meskipun terdapat perbedaan konteks sosial budaya.

Dengan kata lain, pengertian kerukunan dalam masyarakat multikultural adalah bila masyarakat bekerja sama, rukun, harmonis, tanpa adanya konflik yang disebabkan oleh perbedaan budaya. Dengan demikian, keberagaman berarti keselarasan dan keberagaman dalam masyarakat dan kebudayaan demi menjaga persatuan dan kesatuan.

Akibat Negatif Konflik Sara & Upaya Pencegahan Dampak Gejala Sosial

Konsistensi merupakan faktor penting yang harus dijaga secara terpisah. Jika tidak, perbedaan tersebut akan menjadi ancaman dan bencana bagi negara Indonesia.

Dari definisi tersebut juga dapat dipahami bahwa keharmonisan dalam hubungan yang beragam adalah tercapainya kesatuan dan keutuhan meskipun terdapat perbedaan sosial.

Hal ini dapat tercapai bila seluruh lapisan masyarakat mempunyai rasa toleransi, dan mau bekerja sama menjaga persatuan. Oleh karena itu, keberagaman dapat dicapai dengan meningkatkan pengetahuan toleransi menjaga diri.

Baca Juga  Paragraf Pertama Teks Eksplanasi Berisi

Dari definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa kerukunan dan keberagaman dalam masyarakat adalah cara hidup masyarakat antar budaya yang berbeda, yang dicapai dengan mengetahui adanya persatuan dan kesatuan serta kesabaran.

Masyarakat Heterogen Modal Besar Indonesia Praktikkan Toleransi

* Benar atau salah? Untuk memverifikasi keaslian informasi yang dibagikan, silakan menghubungi nomor verifikasi WhatsApp 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata-kata yang diperlukan. budaya dan agama, dapat menjadi sumber daya yang besar di Indonesia untuk menjalani kehidupan yang penuh toleransi.

Yenny Wahid pada gala perdana kampanye Salam mengatakan: “Dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, kami berjanji perbedaan yang ada akan mempersatukan kita semua. Perbedaan adalah kekuatan, keberagaman adalah semangat kita menuju pembangunan bersama”. Konferensi dengan Teater Djakarta, Jakarta, Jumat.

“Kita punya banyak uang sebagai orang yang berbeda untuk bisa bertahan, karena sejak kita lahir, kita punya hal yang berbeda.

Baca juga: Yenny Wahid: Hidup Penuh Lemon, Potret Wanita Kuat Hadapi Penyakit Ini.

Rangkuman Pendidikan Kewarganegaraan Semester 1

Sayangnya, menurut Yenny, masih banyak manifestasi kebencian rasial dan agama di ruang publik, baik secara fisik maupun di media sosial.

Menurut Yenny, setiap anak dilahirkan dengan pikiran terbuka dan hati yang murni, serta bebas berkomunikasi dengan siapa pun tanpa batasan melalui kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kata dia, ketidaksabaran sebenarnya merupakan fenomena lingkungan.

Kata Yenny, “Kalau lingkungannya tidak terima, dia akan tumbuh menjadi orang yang tidak terima. Kalau lingkungannya terima, dia akan bisa menyelesaikan konflik, menghargai hal yang berbeda.”

Untuk itu, Yenny mengatakan, penting untuk mengisi ruang publik dengan cerita-cerita yang mengajarkan toleransi agar anak-anak khususnya tumbuh dengan baik.

Dewi Selviyana 2001036125 Tugas Pkn Artikel

“Keberlanjutan itu ibarat bunga yang perlu dipelihara agar bisa tumbuh,” kata Yenny. Oleh karena itu, kata dia, setiap orang mempunyai tanggung jawab untuk merawat bunga tersebut.

“Keberlanjutan itu tidak seperti tanaman yang bisa tumbuh dengan sendirinya. Namun, ia adalah bunga yang perlu dirawat. Kalau dibiarkan, tanpa perawatan, tanpa perawatan, maka yang akan tumbuh bukanlah bunga melainkan pohon”. Yenny.

Untuk itu, Yenny mengatakan Wahid Foundation didukung oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan Google Indonesia untuk memperkuat keberlanjutan Indonesia, salah satunya melalui kampanye Salam. Kampanye tersebut melibatkan 10 sineas yang terpilih untuk membuat film pendek dengan pesan perdamaian dan toleransi.

“Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung proyek ini. Saya harap ini bisa menjadi sumber bagi kami

Alvia Loviani Reg A D4 Gizi

Bagian yang berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian pernyataan tersebut terdapat pada bagian, informasi yang terdapat pada iklan tersebut adalah, lowongan yang tersedia pada iklan tersebut adalah, apa yang di maksud erp, fungsi yang dimiliki komponen komputer tersebut adalah, tujuan pembuatan reklame tersebut yang benar adalah, alur yang digunakan dalam cerita tersebut adalah, voc adalah negara dalam negara jelaskan maksud pernyataan tersebut, apa yang di maksud deposito, apa yang dimaksud dengan heterogen, maksud iklan layanan masyarakat tersebut adalah, apa yang dimaksud heterogen