Informasi Dalam Teks Ulasan Berdasarkan Pandangan Atau Opini – Tentang Pengertian, Sifat, Jenis, Struktur, Bahasa, Cara Pembuatannya, dan Teks Resensi Dimulai dengan Contohnya akan kita pelajari pada artikel di Kelas 8 Indonesia ini.

Apakah Anda ingin berkomentar setelah menonton film atau membaca buku? Komentar tersebut bisa berupa kata-kata yang baik, seru, lucu atau sejenisnya.

Informasi Dalam Teks Ulasan Berdasarkan Pandangan Atau Opini

Oleh karena itu, mengomentari sesuatu disebut teks ulasan. Mari kita pelajari lebih lanjut teks ulasan pada artikel ini, mulai dari pengertian, struktur, jenis, bahasa.

Ciri Ciri Teks Berita Yang Perlu Diketahui Dan Dipahami

Berarti ‘pemeriksaan, interpretasi atau komentar’. Teks ulasan adalah teks yang berisi penjelasan, interpretasi, atau evaluasi suatu karya, seperti film, drama, atau buku.

Perlu diketahui, teks review yang Anda tulis harus bersifat kritis agar review tersebut memberikan kontribusi bagi pengembangan karya lainnya.

Tujuan teks resensi pada umumnya adalah untuk memberikan evaluasi atau penilaian terhadap suatu karya. Selain itu masih banyak tujuan lainnya, antara lain:

Teks resensi memiliki ciri atau ciri yang membedakannya dengan teks jenis lainnya. Berikut adalah beberapa bagian umum dari teks ulasan:

Bahan Ajar Teks Ulasan

Teks ulasan informatif adalah teks yang berisi uraian singkat, umum, dan padat mengenai suatu karya. Jenis review ini hanya menjelaskan bagian-bagian penting dari suatu pekerjaan dengan menyoroti kelebihan dan kekurangan pekerjaan yang sedang direview.

Teks review deskriptif merupakan teks yang berisi pembahasan rinci setiap bagian suatu karya. Resensi naratif sering digunakan untuk mengulas karya fiksi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai manfaat, informasi dan kekuatan dari ide yang diberikan penulis.

Teks ulasan kritis adalah ujian yang berisi kritik terhadap suatu karya dengan mengacu pada pengetahuan ilmiah tertentu. Tinjauan kritis hendaknya dilakukan secara obyektif dan kritis, tidak hanya berdasarkan pendapat reviewer.

Baca Juga  Gambar Yang Termasuk Ilustrasi Ruang Pada Majalah Adalah

Pada bagian ini, Anda harus mencantumkan identitas pekerjaan selengkap dan sejelas mungkin, seperti foto atau foto pekerjaan yang sedang direview, lengkap dengan uraian pekerjaannya.

Perbedaan Kritik Sastra Dan Esai: Pengertian, Ciri, Struktur & Contoh

Misalnya untuk buku, pengenal yang dapat dimasukkan antara lain judul buku, nama pengarang, nomor halaman, nama penerbit, tahun terbit, dan volume buku. Jika sebuah film sedang direview, Anda dapat memasukkan nama film, sutradara, aktor, penulis skenario, nama rumah produksi, dan episode di bagian pendahuluan.

Dalam kerangka orientasi ini, pentingnya pekerjaan yang diperiksa dijelaskan. Di bagian ini, Anda dapat menjelaskan popularitas karya Anda, seperti penghargaan atau penghargaan lain yang Anda terima.

Struktur ketiga, yaitu ringkasan, berisi rangkuman isi karya yang direview. Jika karya yang diresensi adalah novel, film, atau drama, maka sinopsisnya adalah cerita dari karya tersebut. Jika resensi berupa lagu atau karya nonfiksi, maka sinopsisnya merupakan rangkuman umum isi karya tersebut.

Analisisnya berupa penjelasan mengenai keberadaan unsur-unsur karya. Dalam sebuah resensi novel, film, atau lakon, analisis dapat berupa penjelasan unsur-unsur yang mendasarinya, seperti tema, tokoh, latar, dan alur. Untuk review lagu, Anda bisa memasukkan unsur analisis, seperti estetika dan komposisi.

Pengertian Teks Eksposisi: Ciri Ciri, Struktur, Jenis, Dan Contohnya

Bagian evaluasi teks ulasan berisi penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya. Kelebihan dan kekurangan yang disajikan dapat dilihat dari isi, tampilan dan bahasa yang digunakan. Pada bagian ini, Anda juga dapat menyimpulkan kesimpulan tentang evaluasi akhir pekerjaan.

Bahasa apa yang paling baik digunakan untuk menulis teks ulasan? Mari kita lihat aspek kebahasaan pada teks ulasan berikut:

Konjungsi deskriptif adalah kata penghubung yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu peristiwa dalam suatu kalimat. Seringkali, hubungan penjelas ditandai dengan kata-kata

Konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa yang berbeda. Kombinasi ini biasanya ditandai dengan kata misalnya

Struktur Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri, Dan Contohnya

Konjungsi kausal menghubungkan kata-kata yang menunjukkan adanya hubungan sebab akibat. Nama lain dari hubungan ini adalah hubungan sebab akibat atau hubungan sebab akibat. Hubungan sebab akibat ditunjukkan dengan adanya suatu kata

Baca Juga  Gerakan Yang Benar Saat Melakukan Teknik Dasar Sit Up

Sugesti atau anjuran merupakan ungkapan yang berisi saran, nasehat, atau nasehat mengenai sesuatu hal. Kalimat yang berupa saran atau rekomendasi ditandai dengan kata-kata

Teks resensi adalah teks yang berisi pembahasan atau penilaian terhadap suatu buku atau karya lain. Teks resensi disusun berdasarkan interpretasi dan pemahaman terhadap isi buku yang dibaca.

Berbeda dengan menafsirkan teks lain yang lebih berfokus pada kepentingan diri sendiri, penulisan resensi sering kali berfokus pada kepentingan orang lain. Hasil pemahaman ini kemudian akan dipaparkan ke publik. Untuk menyusun teks tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Struktur Teks Ulasan Serta Pengertian Ciri, Jenis, Dan Contohnya

Setelah memahami seluruh penjelasan di atas, sekarang coba lihat contoh teks ulasan di bawah ini dan analisis strukturnya serta cari unsur kebahasaannya.

Atheis adalah salah satu novel terbaik yang memenangkan Penghargaan Tahunan Pemerintah Indonesia tahun 1969. RJ Maguire menerjemahkan novel tersebut ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya membawanya ke layar perak pada tahun 1974 dengan judul yang sama.

Dalam novel ini diceritakan kehidupan tokoh Hassan. Sejak kecil ia dididik sebagai anak yang bertakwa. Dia sangat taat beribadah. Demikian pula, orang tuanya juga merupakan pengikut Islam yang ketat. Orang tua Hasan menyekolahkannya di Mulo. Di sekolah itu ia bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Rukmini. Hubungan keduanya erat. Mereka saling mencintai. Rupanya kisah cinta mereka tidak bertahan lama. Orang tuanya, Rukmini, disuruh kembali ke Jakarta. Seorang saudagar kaya akan melamarnya. Ia mengikuti nasehat orang tuanya dan menerima lamaran pengusaha kaya itu meski tidak ada cinta dalam pernikahannya.

Kejadian ini membuyarkan pikiran Hasan. Dia kecewa. Untuk menghapus bayang-bayang Rukmini dalam hidupnya, ia bergabung dengan tarekat yang sudah lama diikuti orang tuanya. Ia menjadi lebih khusyuk dalam beribadah. Namun hidupnya berubah saat bertemu dengan teman lamanya Rusli. Temannya datang bersama seorang gadis cantik bernama Kartini. Dia adalah wanita modern dan interaksinya bebas. Dia juga seorang janda. Terlihat Hasan naksir Kartini sejak pertemuan itu. Sebab, sifat Kartini hampir mirip dengan Rukmini.

Baca Juga  Bahan Untuk Membuat Rumput Maket Adalah

Perlawanan Terhadap Tipikor Dalam Pembayaran Belanja Negara

Karena Haasan mencintai Kartini, ia pun bergaul dengan teman-teman Kartini. Haasan mencoba menginformasikan kepada Kartini dan Rusli melalui pidatonya. Namun Rusli juga mengagumi Hasan karena pandai bicara. Tanpa disadari, pikiran Rusli terlintas di kepala Hasan. Awalnya Hassan terdiam. Namun keyakinan Anwar mulai goyah saat bertemu dengan seorang atheis bernama Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan sangat luas.

Sejak saat itulah pemahaman Hassan tentang agama mulai berubah. Dia mulai meragukan keberadaan Tuhan. Lambat laun Hasan menjauh dari agama. Interaksinya menjadi lebih bebas. Ia menikah dengan Kartini. Pernikahan mereka didasarkan pada cinta timbal balik. Pernikahan mereka menjadi tidak bahagia. Kehidupan rumah tangga mereka kacau. Lambat laun hubungan Kartini menjadi bebas. Seiring berjalannya waktu, Hassan menjadi iri karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat. Haasan yakin Kartini selingkuh.

Peristiwa ini menyadarkan Hasan terhadap agama. Dia merasa menyesal dan bersalah atas apa yang telah dia lakukan. Pergaulannya dengan teman-temannya yang tidak beriman kepada Tuhan membuatnya tersesat dan meragukan keberadaan Tuhan. Haasan memutuskan untuk menceraikan Kartini dan dia kembali ke rumah, dia meminta maaf kepada ayahnya. Dia tiba di desa dan menemukan ayahnya sakit parah. Ternyata ayahnya tak mau memaafkan Hasan, bahkan hingga kematiannya. Ayah Hasan tetap teguh.

Hasan mengira hal itu terjadi karena aktivitas Anwar. Dia marah pada Anwar dan ingin membunuhnya. Suatu malam dia melaksanakan rencananya. Lalu dia mencari Anwar. Jam malam diberlakukan karena situasi saat itu belum aman. Sungguh malang nasib Hasan. Dia ditembak sebelum dia dapat mencapai tujuannya. Namun, sebelum meninggal, ia sempat mengingat Allah berulang kali.

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur Dan Ciri

Novel ini mengajarkan banyak hal kepada pembacanya. Kita harus berjalan bersama orang lain. Jangan biarkan pergaulan palsu menyesatkan Anda, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Hendaknya kita selalu mengikuti agama dan selalu percaya akan adanya Tuhan.

Apa itu, apakah Anda lebih memahami tentang teks resensi atau review? Ada yang masih bingung atau ingin melihat contoh teks review karya lain?

Penulisan konten dan kinerja konten. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! 😀

Contoh teks opini, teks opini bahasa inggris, teks opini editorial, teks ulasan film atau drama, teks opini, berdasarkan informasi, contoh teks editorial atau opini, struktur teks opini, contoh teks opini dalam bahasa inggris, contoh informasi opini, fakta dan opini dalam teks iklan, berikut informasi salah satu gejala penyakit flu berdasarkan teks kecuali