Jarak Pengambilan Awalan Pada Lompat Harimau Adalah – 1. Membakar kalori 2. Mengoptimalkan fungsi jantung 3. Melatih kelenturan 4. Mendukung metabolisme 1. Kurang pengertian 2. Keberanian 3. Kurang memberi contoh

Disebut juga lompat harimau atau lompat harimau atau pegas harimau merupakan salah satu gerakan senam lantai. Keberhasilan lompatan harimau bergantung pada beberapa faktor, termasuk pegangan yang tepat.

Jarak Pengambilan Awalan Pada Lompat Harimau Adalah

Seperti dilansir Irwansayer dalam bukunya Physical Education, gerakan melompat harimau merupakan pengembangan dari gerakan melompat ke depan. Namun, melompat ke udara dalam lompatan harimau lebih dari sekadar lompatan ke depan.

Remedial Penjaskes Raditya Xi Iis 4

Sementara itu, penelitian Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengemukakan dua perspektif. Pertama, lompat macan merupakan pengembangan dari gerakan berguling ke depan. Lompatan harimau dan gerakan ke depan tidak jauh berbeda, hanya berbeda pada gerakan ke atas sebelum membalik.

Pendapat kedua, lompatan harimau adalah gerakan melompat yang mirip dengan gerakan harimau saat menerkam mangsanya, yang dilanjutkan dengan gerakan berguling ke depan.

Dapat disimpulkan bahwa lompat macan merupakan suatu gerakan dimana ia melangkah maju dengan mekanisme berjalan, kemudian mendarat dengan kedua tangan dan dilanjutkan dengan tendangan ke depan. Dalam latihannya, gerakan melompat harimau dapat dilakukan dengan menggunakan rintangan, misalnya kotak atau teman yang membungkuk.

Karena gerakan lompat harimau merupakan salah satu bentuk olah raga, tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan. Di bawah ini adalah manfaat lompat harimau.

Baca Juga  Opo Wae Titikane Teks Pawarta

Senam Lantai Tanpa Gambar

Gerakan lompat harimau ini mampu membakar kalori Anda. Sebab gerakan-gerakan tersebut memerlukan tenaga yang besar, berlari, melompat, dan menendang ke depan. Tentu saja saat latihan, gerakan ini akan diulangi. Dengan membakar kalori sebanyak itu, tubuh pasti akan terasa bugar dan langsing.

Olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan jantung karena memerlukan banyak kekuatan dan ketelitian saat mendarat, sehingga otot jantung lebih terlatih. Olahraga teratur pasti akan membuat jantung Anda tetap sehat dan berfungsi lebih baik.

Lompat harimau memerlukan ketangkasan, kelenturan, ketangkasan dan kecepatan gerak. Semakin banyak Anda berlatih, tubuh Anda akan semakin fleksibel.

Saat Anda melakukan lompatan harimau, Anda akan menggerakkan seluruh tubuh Anda, yang akan membuat tubuh Anda bekerja lebih baik. Oksigen dan nutrisi makanan akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh sehingga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Dinas Pendidikan Sma Negeri 1kotanopan

Sebelum melakukan latihan lompat harimau, Anda perlu mengetahui teknik dasarnya. Teknik ini dimulai dari postur tubuh, cara menahannya hingga posisi akhir. Di bawah ini adalah teknik dasar lompat harimau yang dilansir dari penelitian UNY dan majalah Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Binaguna (STOK).

Dari penjelasan teknik dasar diatas ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar gerakan lompat macan berhasil. Menurut laporan penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, beberapa hal ini patut Anda perhatikan.

Langkah ini membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri. Orang tidak berani melompat karena takut terluka. Namun, dengan pemahaman teknik yang baik, hal ini tidak akan terjadi.

Orang-orang takut untuk melompati harimau karena kurangnya contoh. Terkadang, jika hanya melihat gambar atau membaca deskripsinya, orang masih takut untuk mencobanya. Maka diperlukan keteladanan dari guru untuk mendemonstrasikan gerakan lompatan harimau.

Baca Juga  Sebutkan 3 Perbuatan Sunnah Yang Berkaitan Dengan Salat Jumat

Presentasi Senam (autosaved) Rol Depan, Belakang, Tiger Sprong

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang gerakan latihan lompat harimau di lantai, beserta teknik dan alasan keberhasilan dan kegagalan lompat harimau. Semoga bermanfaat ya.