Jelaskan Bagaimana Perkembangan Kedatangan Bangsa Belanda Ke Nusantara – Sejak zaman dahulu, Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat barat sangat ingin menemukannya

Tanahnya yang sangat subur akibat abu vulkanik, keberadaan laut luas yang kaya akan ikan, hutan dan keanekaragaman hayati yang melimpah, serta rempah-rempah yang melimpah, juga menjadi alasan mengapa Indonesia populer, wahai orang barat.

Jelaskan Bagaimana Perkembangan Kedatangan Bangsa Belanda Ke Nusantara

Memang, sejak zaman dahulu, Indonesia adalah kekuatan maritim yang berfokus pada perdagangan dan pertanian/perikanan. Hal ini ditunjukkan oleh kerajaan Sriwijaya yang menguasai lautan pulau dan Majapahit yang meluas sampai semenanjung Melayu.

Proses Masuk Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Barat Di Indonesia

Namun, semua kerajaan negara itu memiliki sedikit kekuatan untuk menandingi senjata dan meriam orang Eropa. Akhirnya satu orang tewas, baik oleh timah panas tentara Kompeni maupun konflik internal yang disebabkan oleh politik.

Perlawanan dari kerajaan-kerajaan Indonesia tidak sia-sia, banyak kasus dimana prajurit India menang melawan penjajah Eropa. Sumber daya mereka juga akan habis jika mereka melawan metode perang dari kerajaan pulau.

Namun, mengapa mereka ingin menghabiskan begitu banyak uang untuk menjalankan negara? Kali ini kita akan membahas secara mendalam tentang latar belakang mengapa bangsa barat sangat ingin menguasai Indonesia.

Sebelum menjelaskan alasan kedatangan bangsa barat di Indonesia, terlebih dahulu kita harus membahas alasan dibalik kekuasaan mereka.

Tolong Bantu Saya Kaka Pliss…5 Soal Doang​

Perang Salib adalah sebutan untuk serangkaian perang yang melibatkan kerajaan-kerajaan Eropa dan Turki serta para khalifah Islam lainnya di Timur Tengah.

Perang ini dikenal sebagai perang salib oleh umat Katolik dan perang suci oleh umat Islam. Perang ini berlangsung selama 200 tahun dan dibagi menjadi 7 babak perang.

Salah satu penyebab perang ini adalah pertempuran memperebutkan kota suci Yerusalem antara umat Islam dan Katolik yang menganggap kota ini suci bagi agama mereka.

Baca Juga  Notasi Sigma Brainly

Kelihatannya seperti perang, namun peristiwa ini terjadi di semenanjung Iberia antara Portugal, Spanyol, dan komunitas Muslim di Andalusia. Setelah perang yang panjang, Spanyol mampu menguasai Semenanjung Iberia dan sebagian Afrika Utara,

Sejarah Perkembangan Kolonialisme Dan Imperialisme Barat Di Indonesia

Perang ini menimbulkan konflik antara negara-negara Muslim di Timur Tengah yang menjadi jalur perdagangan antara Asia dan Eropa. Akibatnya, perdagangan dan Eropa kehilangan akses ke Jalur Sutra yang menghubungkan Cina dan India dengan Eropa.

Orang Eropa juga meningkatkan kekuatan militer mereka dan menaklukkan wilayah baru. Keduanya menjadi kekuatan pendorong di belakang kolonialisme Eropa selama berabad-abad yang akan datang.

Karena tujuan utama orang Eropa adalah perdagangan dan akumulasi kekayaan, Turki Ottoman menguasai Konstantinopel, salah satu pintu gerbang perdagangan dengan Asia, yang menjadi masalah.

Mereka tidak lagi dapat berdagang dan bepergian dengan bebas di kota dibandingkan dengan saat Konstantinopel diperintah oleh Kekaisaran Romawi Timur atau Bizantium.

Kedatangan Bangsa Eropa Ke Nusantara

Terlebih lagi, Kesultanan Utsmaniyah adalah model kerajaan Islam. Saat itu, korban perang masih ada di benak para pemimpin Eropa. Terlebih lagi, tidak ada perlakuan atau insentif khusus dari Turki Ottoman untuk pedagang Eropa, tidak seperti Bizantium.

Oleh karena itu, para pedagang Eropa harus mencari cara lain untuk mendapatkan rempah-rempah, sutra, dan barang asing dari Asia. Inilah mengapa mereka terpaksa mencari jalur alternatif ke barat.

Eropa, terutama Spanyol, Portugal, dan Inggris, memiliki semangat penjelajahan yang besar. Semangat ini dipupuk oleh kisah-kisah menarik dari perjalanan Marco Polo dan Ibnu Batutta yang berkeliling dunia dan bercerita tentang tempat-tempat yang jauh.

Belakangan, Christopher Columbus berlayar lagi ke barat untuk menjelajahi India, dan meskipun ia menemukan Amerika, ia tetap membawa pulang banyak harta karun.

Pdf) Perkembangan Pesantren Dan Madrasah Di Indonesia Dari Masa Kolonial Sampai Orde Baru

Oleh karena itu, orang Eropa saat ini mengasosiasikan perjalanan dengan kekayaan dan kemuliaan. Ini membawa negara-negara Eropa lainnya berlomba untuk menjelajahi dan menguasai dunia baru.

Pakeha sudah maju. Salah satu kemajuannya adalah pengetahuan tentang kapal dan navigasi menggunakan bintang.

Teknologi baru memungkinkan kapal-kapal Eropa menyeberangi Samudra Atlantik dalam cuaca buruk dan gelombang besar. Selain itu, kapal ini juga mampu mengangkut makanan dan barang lain yang dibutuhkan untuk menjangkau tempat yang jauh.

Keterampilan navigasi yang ditingkatkan memungkinkan para petualang Eropa menemukan jalan mereka. Sekarang, tersesat di laut dan menghilang lebih jarang dari sebelumnya.

Baca Juga  Poin Yang Harus Ada Dalam Penutup Kecuali

Jelaskan Proses Masuknya Agama Katolik Dan Kristen Di Indonesia Brainly

Selain itu, ilmu fotografi sudah sangat maju sehingga para petualang dapat menyimpan peta yang akurat dari tempat-tempat yang mereka kunjungi.

Jika petanya salah, terserah pemburu untuk memperbaikinya sendiri, menjelajahi lebih banyak, dan memastikan peta Eropa benar.

Ekspedisi perdagangan Cina yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho termasuk di antara kampanye perdagangan terbesar di dunia di Asia dan Afrika pada masanya.

Kapal perang China membawa ratusan kapal besar saat itu. Tujuan dari kendaraan tersebut adalah untuk menyebarkan pengaruh China di negara-negara sekitar dan memfasilitasi kerja sama ekonomi dengan China.

Soal Ujian Tengah Semester Worksheet

Diharapkan China mampu mengembangkan ekonominya tanpa dipengaruhi oleh negara lain. Hal ini sesuai dengan cara yang telah dilakukan China dan Amerika saat ini, yaitu penggunaan investasi secara kolonial.

Perjalanan Zheng He membantu membangun infrastruktur perdagangan yang baik di Afrika dan Asia. Ada juga manfaat besar bagi China dan pembentukan hubungan perdagangan bersama di kawasan Afrika-Arab-India-China.

Jaringan perdagangan dan pertukaran ide yang difasilitasi oleh pelayaran ini memainkan peran penting dalam menginspirasi orang Eropa. Belakangan, mereka meniru konsep ini pada masa kolonial, meski dengan gaya militer.

Pesatnya perkembangan ekonomi dan perdagangan antar wilayah Eropa setelah tahun-tahun kelam menjadikannya salah satu tujuan Eropa.

Yang Merupakan Penyebab Dari Kemunduran Voc Adalah

Eropa pada saat itu tidak mampu menghasilkan sumber daya alam yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonominya yang berkembang pesat. Oleh karena itu, diperlukan perdagangan untuk mendatangkan barang dari daerah tersebut.

Namun, satu-satunya pelabuhan perdagangan yang kuat di timur, yaitu Aleksandria dan Konstantinopel, dikuasai oleh Ottoman dan negara Islam lainnya. Ini menyulitkan orang barat untuk menemukan rute perdagangan lain yang lebih murah.

Ya, saat itu kekhalifahan Utsmani dan keluarga besar pedagang Venesia menguasai perdagangan di Laut Mediterania. Kontrol ini menghasilkan lebih sedikit keuntungan dari pedagang Eropa, karena Venesia dan Turki Ottoman mengambil alih keuntungan tersebut.

Tujuan utama kolonialisme barat dapat diwakili oleh slogan emas, kemuliaan dan Injil. Slogan ini menggambarkan tiga hal utama yang diharapkan orang Eropa dari aktivitas kolonialnya, yaitu pendapatan, kekuasaan, dan penyebaran agama.

Jelaskan Bukti Empirik Prinsip Perubahan Dan Keberlanjutan Dalam Sejarah Yang Masih Berlangsung Pada Masa Kedatangan Bangsa

Emas sendiri memiliki hasrat untuk mengumpulkan kekayaan dan menumbuhkan perekonomian bangsa. Orang Barat dalam hal ini mencari rempah-rempah dan sutera dari Timur karena kedua barang ini sangat mahal bila dijual.

Kemuliaan adalah semangat untuk menguasai wilayah-wilayah baru dan meraih kejayaan bagi rakyat dan bangsa. Selama ini, budaya militer sangat ditingkatkan sehingga negara yang memiliki negara paling banyak dan memenangkan perang dianggap yang terbesar.

Baca Juga  Salah Satu Bentuk Pengembangan Teknik Menggambar Adalah Seni

Injil mengilhami negara-negara barat untuk menyebarkan agama Katolik ke seluruh dunia. Vatikan mendorong negara-negara Barat untuk menyebarkan agama Katolik melalui perbuatan baik Tuhan.

Jadi, 3 roh inilah yang menjadi fondasi kolonialisme barat pada abad-abad berikutnya. Ini juga mengarah pada perolehan mutiara dari timur yang akan kita bahas di bawah ini.

Ips Peristiwa Dalam Kehidupan

Kepulauan Maluku kaya akan rempah-rempah. Oleh karena itu, orang-orang barat ingin berdagang dan akhirnya menguasai wilayah ini.

Alasan utama di balik memperoleh mutiara dari timur adalah alasan ekonomi. Rempah-rempah pada waktu itu sangat mahal di pasar Eropa. Selain menghangatkan badan, masakannya terasa lebih enak dan bisa digunakan untuk mengawetkan tisu.

Oleh karena itu, siapapun yang menguasai perdagangan wewangian dapat menguasai perdagangan dunia. Hal inilah yang melatar belakangi kedatangan bangsa barat di Indonesia.

Jadi, kita telah membahas banyak alasan mengapa negara-negara barat mulai menjajah, di Asia dan Amerika. Sekarang, kita akan membahas mengapa mereka memilih Indonesia.

Peristiwa Peristiwa Penting Yang Terjadi Kedatangan Bangsa Belanda Di Indonesia Adalah

Secara umum, ada 4 alasan utama mengapa bangsa Eropa memilih Indonesia sebagai sasaran penjajahan. Faktor-faktor ini meliputi:

Indonesia terletak strategis untuk memfasilitasi perdagangan dari Cina dan Jepang ke Afrika dan Eropa. Semua kapal yang ingin mengangkut barang dari Cina dan Jepang harus melewati Selat Malaka terlebih dahulu ke India dan Afrika, lalu ke Eropa.

Oleh karena itu, semua negara Eropa yang menguasai Indonesia, khususnya Selat Malaka serta laut Natuna dan Jawa, dapat menguasai jalur perdagangan yang sangat penting.

Selain itu, Indonesia merupakan negara yang terkurung daratan yang sebagian besar merupakan daerah aliran sungai. Ini memudahkan negara-negara barat untuk menjajah tanah dan mempertahankan wilayah mereka dengan kapal tanpa harus mengeluarkan uang untuk membangun benteng dan mengumpulkan tentara.

Sejarah Perkembangan Hotel Di Indonesia

Atau EIC yang mengatur India dan Semenanjung Malaya. Perusahaan ini menangani hampir semua perdagangan yang terjadi di negara India.

Anda tahu kapal angkatan laut Inggris yang mengejar Jack Sparrow dan teman-temannya di film Pirates of the Caribbean. Sekarang inilah implementasinya

Di dunia nyata, EIC tidak tertarik dengan peristiwa ekonomi di sekitar Karibia dan Amerika. Namun, perusahaan ini adalah salah satu perusahaan terbesar pada masanya.

Perdagangan Pantai Timur sangat menguntungkan, hanya perusahaan perdagangan yang memiliki kapal sendiri. Contoh lain yang sangat kita kenal adalah VoC yang menguasai hampir seluruh wilayah Indonesia saat itu.

Jelaskan Sejarah Masuknya Agama Kristen Ke Indonesia

Perdagangan dari timur yang sangat menguntungkan ini menjadi salah satu alasan di balik kedatangan orang barat di Indonesia.

Alasan lain mengapa orang barat ingin menguasai Indonesia adalah untuk menguasai kekayaan rempah-rempah negeri ini.

Proses kedatangan bangsa spanyol ke indonesia, awal kedatangan bangsa belanda ke indonesia, proses masuknya bangsa belanda ke indonesia, jelaskan latar belakang kedatangan bangsa eropa ke indonesia, peta kedatangan bangsa belanda ke indonesia, kedatangan bangsa portugis spanyol dan belanda ke indonesia, kedatangan bangsa barat ke nusantara, sejarah kedatangan bangsa belanda ke indonesia, kedatangan bangsa belanda ke indonesia, jelaskan kedatangan nenek moyang bangsa indonesia ke wilayah nusantara, kedatangan bangsa belanda, jelaskan awal kedatangan bangsa belanda ke indonesia