Jelaskan Hubungan Antara Ketimpangan Sosial Dengan Faktor Ekonomi – Pengertian Ketimpangan Sosial – Ketimpangan sosial merupakan suatu keadaan dimana terjadi ketimpangan dalam kehidupan masyarakat. Baik itu individu atau kelompok. Dimana ketimpangan sosial muncul akibat tidak adilnya distribusi berbagai hal yang dianggap penting oleh masyarakat.

Perbedaan ini seringkali dikaitkan dengan bentuk perbedaan yang sangat nyata yang dapat dilihat dari segi keuangan masyarakat, misalnya kekayaan. Utamanya soal disparitas sektor ekonomi. Saat ini sangat mudah untuk melihat adanya kemungkinan dan peluang yang tidak setara dalam status sosial di masyarakat.

Jelaskan Hubungan Antara Ketimpangan Sosial Dengan Faktor Ekonomi

Selain hal di atas, ketimpangan juga dapat diartikan sebagai ketimpangan antara barang, jasa, hukum, dan peluang yang diterima setiap individu.

Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk

Agar kita bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan kesenjangan sosial. Maka penulis akan memberikan informasi secara detail dari para ahli mengenai pengertian kesenjangan sosial. Baca deskripsinya sampai akhir.

Chambers mengungkapkan, kesenjangan sosial merupakan gejala yang dapat ditemukan di setiap lapisan masyarakat. Gejala-gejala tersebut muncul karena perbedaan finansial atau ekonomi antar masyarakat di daerah tertentu.

Jika dilihat dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), yang dimaksud dengan kesenjangan sosial adalah ketimpangan, perbedaan, dan kesenjangan dalam sistem sosial.

Jika merujuk ke Wikipedia, ketimpangan sosial adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ketimpangan dalam hal kekayaan, pendapatan, dan perekonomian.

Pdf) Apakah Faktor Demografi Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia?

Hal ini akan menimbulkan kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Dimana mengacu pada distribusi kekayaan atau ukuran ekonomi di antara sekelompok orang.

Salah satu faktor penyebab kesenjangan sosial dan ekonomi adalah konsentrasi sumber daya alam di wilayah tersebut. Hal ini dikarenakan tingkat perekonomian suatu daerah dapat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya alam. Jika sumber daya alam dikelola dengan baik maka tingkat perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Kebijakan pemerintah dapat menjadi faktor penting dalam menciptakan kesenjangan sosial. Sebab dengan mengambil keputusan, pemerintah bisa menciptakan kesenjangan di masyarakat. Misalnya saja kekurangan pada program transfer. Dimana komunitas pendatang akan tumbuh lebih cepat dibandingkan komunitas lokal di daerah tersebut.

Baca Juga  Sebelum Menggunakan Obat Kita Harus Membaca

Hal ini terjadi karena besarnya peluang dan kesempatan yang diberikan kepada para migran. Oleh karena itu, timbul kesenjangan sosial dan ekonomi di masyarakat.

Ukbm Ketimpangan Sosial

Selain itu juga dapat digunakan untuk bersama-sama meningkatkan perekonomian. Globalisasi juga dapat menciptakan kesenjangan sosial dan ekonomi dalam masyarakat. Kesenjangan ini tercipta ketika sebagian masyarakat tidak mampu beradaptasi dengan globalisasi. Sehingga mereka akan tertinggal dan tidak memperoleh apa-apa.

Situasi demografis setiap daerah dapat dipengaruhi oleh tingkat pembangunan, kesehatan, pendidikan dan kesempatan kerja masyarakat. Dengan demikian tentunya setiap daerah akan mempunyai kondisi geografis yang berbeda-beda. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan kesenjangan sosial. Sebab produktivitas kerja setiap anggota masyarakat pada berbagai sektor tentu tidak sama.

Keadaan ini secara umum akan mempengaruhi proses pembangunan di daerah tersebut. Secara umum, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi akan lebih sulit membangun infrastruktur dibandingkan masyarakat yang tinggal di dataran rendah.

Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di dataran rendah akan mampu berkembang lebih cepat. Namun pengembangan masyarakat di daerah perbukitan akan sulit dilakukan. Hal ini yang nantinya akan menimbulkan kesenjangan sosial.

Pdf) Ketimpangan Pendapatan Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pada Masa Sebelum Dan Pada Saat Pandemi Covid 19 Di Indonesia

Seperti kita ketahui, kesenjangan sosial merupakan suatu hal yang buruk. Sebab, dampaknya buruk bagi kesejahteraan masyarakat. Berikut adalah beberapa akibat dari kesenjangan sosial.

Ketimpangan sosial terlihat dari meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran setiap tahunnya. Jika suatu negara didominasi oleh masyarakat miskin dan pengangguran, maka pasti pendapatan negara tersebut akan sangat rendah.

Hal ini terjadi karena daya beli masyarakat akan menurun. Sebab, tidak ada penghasilan khusus. Karena situasi ini, keuntungan perusahaan bisa menjadi yang tertinggi.

Tidak hanya menciptakan kemiskinan dan pengangguran. Ketimpangan sosial juga dapat mempengaruhi target pasar suatu bisnis. Hal ini akan mengaburkan target pasar pemilik usaha.

Contoh Contoh Soal Materi Tentang Ketimpangan Sosial, Lengkap Beserta Kunci Jawabannya

Jika perusahaan memiliki target pasar masyarakat kelas menengah ke bawah. Tentu saja hal ini akan merugikan perusahaan. Hal ini terjadi karena daya beli masyarakat yang tidak menentu.

Namun jika perusahaan tersebut memiliki target pasar kelas menengah atas. Perusahaan belum tentu untung. Karena umumnya masyarakat kelas menengah atas lebih menyukai produk luar negeri.

Meski angka pengangguran di Indonesia tinggi, namun masih banyak perusahaan yang kesulitan mencari pekerja berkualitas. Adanya kesenjangan sosial dalam masyarakat juga mempengaruhi kualitas pendidikan warga negara. Di Indonesia sendiri, banyak masyarakat yang mempunyai pendidikan di bawah rata-rata.

Baca Juga  Berikut Cara-cara Memperoleh Kewarganegaraan Indonesia Kecuali

Namun tidak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki jumlah lulusan yang cukup banyak. Namun kenyataannya banyak dari mereka yang tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan di Indonesia. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman.

Tugas 2 Sosiologi Xii

Angka kejadian kejahatan di Indonesia relatif tinggi. Faktanya, sebagian besar kejahatan saat ini dilakukan oleh peretas. Dimana hal tersebut menimbulkan kerugian pada beberapa perusahaan besar. Sebab, hacker ini berhasil meretas data-data yang dianggap penting.

Tingginya angka kriminalitas sejalan dengan tingginya kesenjangan sosial yang terjadi saat ini. Hal ini tentu tidak jauh dari masalah ekonomi atau keuangan. Seperti yang kita ketahui bersama, perekonomian merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat mendorong seseorang melakukan kejahatan.

Di bawah ini adalah berbagai bentuk kesenjangan sosial. Ada lima jenis yang umum terjadi di masyarakat. Di bawah ini penjelasan lengkapnya.

Kesenjangan sosial antara desa dan kota disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah keadaan geografis dan tipologi desa yang kurang mendukung.

Teori Dan Definisi Perubahan Sosial

Hal ini terjadi karena masyarakat di pedesaan tidak mempunyai banyak alternatif penghidupan lain seperti di kota. Misalnya, mayoritas masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Sebab, sumber pendapatan mereka hanya dari bertani. Dimana kebun mereka akan menghasilkan hasil panen. Mereka kemudian dapat menggunakan hasil panennya lagi untuk dimakan atau dijual.

Sedangkan program pembangunan masih mengutamakan sektor industri di perkotaan. Sehingga sektor pertanian di desa tersebut semakin terpuruk. Pedagang dan petani desa hanya mendapat sedikit keuntungan dari hasil panen mereka.

Keuntungan yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, tingkat kemiskinan di pedesaan jauh lebih tinggi dibandingkan di perkotaan.

Selain itu, minimnya lapangan kerja alternatif di desa juga berdampak pada perekonomian masyarakat desa. Akhirnya dia memutuskan untuk mencari pekerjaan lain di kota tersebut. Sehingga dapat menghasilkan pendapatan yang maksimal.

Keterkaitan Penyebaran Penduduk Dengan Pertumbuhan Ekonomi By Boy Anugerah

Seperti disebutkan di atas, pendidikan merupakan faktor penting dalam pembangunan masyarakat. Khususnya di bidang sumber daya manusia. Dimana dengan pendidikan yang baik masyarakat dapat meningkatkan status sosialnya dan menjadikan kehidupannya lebih sejahtera. Namun tidak semua masyarakat bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Oleh karena itu juga terjadi kesenjangan pendidikan antara masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan. Dimana pendidikan di kota lebih berkualitas dan mudah diakses. Sementara itu, masyarakat desa masih kesulitan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Apalagi infrastruktur dan jaringan komunikasi di desa tersebut masih sangat buruk. Sehingga menimbulkan kesenjangan sosial di bidang pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

Baca Juga  What Is The Function Of The Caption

Masyarakat pedesaan yang tidak mendapatkan pendidikan yang berkualitas tentu akan kalah saing dibandingkan masyarakat perkotaan. Prospek dan peluangnya mendapatkan pekerjaan juga semakin kecil. Oleh karena itu, akan sulit bagi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Ketimpangan ekonomi mempunyai banyak penyebab. Salah satunya adalah pembangunan yang tidak merata antar wilayah. Selain itu, penurunan pendapatan per kapita akibat pertumbuhan penduduk juga dapat berdampak pada ketimpangan ekonomi. Hal ini terjadi karena pertumbuhan penduduk yang terlalu tinggi akan mempengaruhi tingkat produktivitas.

Kebijakan Penurunan Ketidakmerataan

Akibat pembangunan yang tidak merata. Sehingga akan ada masyarakat yang kesulitan mendapatkan pelayanan dasar. Mulai dari pendidikan, kesehatan, air bersih dan sanitasi.

Seperti telah disebutkan di atas, mutu pendidikan dapat mempengaruhi kualitas diri atau sumber daya manusianya. Masyarakat yang tidak mempunyai keterampilan akan terjebak pada pekerjaan yang berpendapatan rendah. Oleh karena itu, akan sulit bagi mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, laju pertumbuhan penduduk yang tinggi juga dapat mempersulit masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini mungkin diperburuk oleh dampak urbanisasi yang dapat menyebabkan distribusi penduduk tidak merata.

Dengan demikian, akan banyak masyarakat pedesaan yang memutuskan keluar kota dan mencari pekerjaan. Mereka putus asa mencari pekerjaan di kota dengan keterampilan terbatas. Namun, mereka berharap dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dengan bekerja di kota.

Ketimpangan Sosial Dalam Pendidikan

Namun, dengan banyaknya pesaing kota, masyarakat pedesaan akan kalah dan semakin terpuruk. Situasi ini pada akhirnya akan membawa nasib yang lebih buruk bagi mereka.

Aset merupakan suatu bentuk kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau individu. Kekayaan tersebut dapat berupa bangunan, uang, mesin produksi, atau surat kuasa.

Hingga saat ini aset yang dimiliki badan usaha sebagian besar masih terkonsentrasi pada bidang usaha. Faktanya, tenaga kerja di Indonesia sebagian besar bekerja pada usaha mikro, kecil, dan menengah.

Hal ini akan menyulitkan usaha kecil dan menengah untuk berkembang. Faktanya, banyak usaha mikro yang akhirnya bangkrut karena kekurangan modal dan aset.

Perekonomian Di Benua Amerika

Pernahkah Anda mengunjungi daerah yang fasilitasnya masih terbatas? Misalnya, wilayah tersebut masih kekurangan listrik, sinyal internet, air bersih, transportasi, serta layanan penjemputan dan pengantaran online. Sementara itu, Anda pernah tinggal di daerah dengan akses tersebut. Pasti Anda akan menyadari betapa sulitnya hidup dalam keadaan kekurangan total.

Faktor penyebab ketimpangan sosial, jelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dan era revolusi industri 4.0 menurut pendapat anda, jelaskan hubungan antara pbx server softswitch dengan telepon sip, jelaskan hubungan antara media sosial dengan aktivitas keterhubungan, faktor yang mempengaruhi hubungan sosial, faktor pendorong hubungan sosial, faktor penghambat hubungan sosial, faktor eksternal hubungan sosial, faktor faktor hubungan sosial, ketimpangan sosial di bidang ekonomi, jelaskan hubungan mobilitas sosial dengan status sosial, faktor sosial ekonomi