Jelaskan Kekurangan Dari Reproduksi Okulasi – Kemampuan memahami keberadaan dan kelestarian makhluk hidup. Untuk memahami kegunaan adaptasi, seleksi alam dan reproduksi pada organisme hidup

Lingkungan adalah sekumpulan komponen abiotik dan biotik di luar organisme yang mempengaruhi kehidupan organisme tersebut. Lingkungan hidup meliputi air (hidrosfer), daratan (litosfer), dan udara (atmosfer). Ini disebut habitat organisme. Setiap organisme mempunyai habitatnya masing-masing. Lingkungan terus berubah karena suhu, kelembaban, intensitas cahaya dan air. Perubahan lingkungan mengubah sifat habitat. Perubahan sifat lingkungan mempengaruhi kondisi organisme. Adaptasi sangat penting untuk kelangsungan hidup. Jika suatu spesies tidak dapat beradaptasi maka spesies tersebut akan punah.

Jelaskan Kekurangan Dari Reproduksi Okulasi

5 Adaptasi adalah kemampuan organisme untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan guna mempertahankan kemampuannya untuk bertahan hidup. Ada tiga cara adaptasi: adaptasi morfologi, adaptasi fisiologis, dan adaptasi perilaku.

Kisi Kisi Soal Ulangan Harian Mata Pelajaran Ipa Kelas Ix

Adaptasi morfologi berarti adaptasi bentuk dan struktur organisme terhadap lingkungan luar. Tumbuhan dan hewan mengembangkan adaptasi morfologi yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungan. Tumbuhan xerophytic mempunyai struktur fisik yang mampu menahan suhu ekstrim dan kekurangan air. Misalnya saja kaktus dan sukulen. Kaktus bisa hidup di tempat yang kering. Daun bentuk adaptif berubah menjadi duri atau sisik. Kaktus dapat menyimpan air di batangnya. Seluruh permukaannya dilapisi lilin untuk mengurangi penguapan. Sistem akarnya cukup panjang untuk menjangkau tempat yang jauh dengan air.

8 2. Tumbuhan Hidrofit Tumbuhan hidrofit adalah tumbuhan yang hidup di air. Adaptasi morfologi adalah adanya ruang udara antar sel tubuhnya untuk mengapung. Daunnya lebar, stomata terletak di permukaan atas. Contoh tumbuhan hidrofit antara lain kangkung, eceng gondok, dan teratai.

9 3. Tumbuhan Higrofit Tumbuhan higrofit adalah tumbuhan yang hidup pada lingkungan basah dan lembab. Adaptasinya adalah daun tipis dan lebar

Adaptasi morfologi meliputi penyesuaian pada tubuh hewan, seperti ukuran dan bentuk gigi, penutup tubuh, dan pergerakan hewan. Giginya disesuaikan dengan jenis makanannya, sehingga gigi karnivora berbeda dengan gigi herbivora. Penutup tubuh seperti rambut, duri, sisik, dan bulu yang tumbuh dari kulit disesuaikan dengan kondisi lingkungan untuk membantu hewan bertahan hidup.

Sistem Reproduksi Pada Tumbuhan

12 ADAPTASI FISIOLOGI Adaptasi fisiologis adalah adaptasi fungsi adaptif tubuh terhadap kondisi lingkungan luar. Misalnya: jumlah detak jantung per menit meningkat saat berlari. Saat cuaca dingin, hewan berdarah panas meningkatkan proses metabolismenya untuk menjaga suhu tubuh tetap tinggi. Orang yang tinggal di daerah pesisir memiliki jumlah sel darah merah yang lebih rendah dibandingkan orang yang tinggal di daerah pegunungan. Inilah sebabnya mengapa tekanan parsial oksigen lebih tinggi di daerah pesisir dibandingkan di daerah pegunungan. Jika tekanan parsial oksigen rendah, dibutuhkan lebih banyak sel darah merah untuk mengikat oksigen. Tekanan parsial oksigen adalah perbandingan kadar oksigen di udara dengan kadar gas lain di udara. Penggunaan insektisida secara teratur meningkatkan kekebalan serangga terhadap insektisida (menjadi resisten).

Baca Juga  Kandungan Ketumbar Yang Berfungsi Untuk Mengatasi Kontraksi Otot Perut Adalah

13 Adaptasi perilaku adalah tindakan atau tingkah laku hewan yang menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan agar dapat bertahan hidup. Adaptasi perilaku dapat merupakan hasil pembelajaran bawaan atau insting/naluri. Ada dua jenis perilaku yaitu sebagai berikut. Perilaku sosial hewan yang hidup berkelompok. Perilaku untuk dilindungi. Misalnya: babi hutan menggali lubang tersembunyi dengan kukunya saat melihat singa, trenggiling membalikkan badan saat bertemu musuh. Contoh lainnya adalah kamuflase pada bunglon dan gurita.

14 Mimikri adalah kemampuan untuk meniru penampilan, suara, dan perilaku hewan lain, salah mengira hewan tersebut sebagai predator atau hewan beracun atau berbahaya. Migrasi juga merupakan suatu bentuk adaptasi perilaku dengan berpindah dari suatu daerah ke daerah lain dan sebaliknya. Jika suhu lingkungan rendah, hibernasi akan tidur dalam waktu lama. Fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan sangat lambat sehingga hanya memerlukan sedikit energi/makanan. Misalnya saja kelelawar, ular, dan beruang kutub.

15 SELEKSI ALAM Kondisi lingkungan terus berubah, misalnya akibat bencana alam, perubahan iklim, atau aktivitas manusia. Hanya organisme yang mampu bertahan terhadap perubahan lingkungan yang tetap stabil. Organisme yang tidak dapat bertahan hidup akan mati. Alam memilih jenis organisme hidup. Artinya alam tidak memberikan organisme yang tidak memiliki kemampuan beradaptasi. Seleksi alam adalah proses adaptasi organisme terhadap perubahan alam

Contoh Soal Dan Pembahasan Materi Perkembangbiakan Pada Tumbuhan

16 Organisme yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya mencari lingkungan baru yang sesuai dengan karakteristiknya. Organisme yang dapat beradaptasi dengan lingkungan baru hidup. Jika perubahan karakteristiknya sangat drastis, adaptasi tersebut dapat memunculkan spesies/spesies baru. Dengan demikian, adaptasi dan seleksi alam dapat menciptakan spesies baru

17 Charles Darwin ( ), seorang ilmuwan Inggris yang mendirikan teori evolusi modern. Ia mendalilkan bahwa organisme modern berevolusi dari organisme sebelumnya melalui proses seleksi alam. Makhluk hidup yang mampu beradaptasi terhadap perubahan alam akan tetap stabil, sedangkan makhluk tak hidup akan musnah. Banyak ilmuwan menentang teori evolusi Darwin karena tidak memberikan cukup bukti. Namun, penemuannya berdampak besar pada kehidupan, ilmu bumi, dan pemikiran modern. Charles Darwin

Baca Juga  Sebutkan Anggota Ktn Beserta Wakilnya

Perburuan ilegal, penangkapan ikan, perusakan habitat, dan pencemaran lingkungan dapat mempercepat laju seleksi tidak alami. Akibat rusaknya habitat, banyak satwa liar yang terpaksa bermigrasi ke kawasan yang tidak sesuai dengan lingkungan alaminya.

Laju reproduksi adalah kemampuan suatu organisme untuk bereproduksi. Organisme dengan kapasitas reproduksi tinggi dapat menghasilkan banyak keturunan dalam waktu singkat, seperti tikus, reptil, dan serangga. Organisme dengan kapasitas reproduksi rendah memiliki keturunan lebih sedikit dan siklus reproduksi lebih lama, seperti harimau, gajah, dan badak bercula satu. Reproduksi pada tumbuhan dan hewan dapat dilakukan secara vegetatif atau aseksual dan generatif atau seksual.

Judul Ujian Akhir Semester

Pembelahan sel terjadi dalam beberapa tahap. Mitosis terjadi pada sel tubuh, yaitu pembelahan sel yang menghasilkan sel anak dengan jumlah kromosom yang sama dengan sel induk. Sel germinal mengalami meiosis, yaitu pembelahan sel yang menghasilkan sel anak dengan setengah kromosom sel induk. Pembelahan ini terjadi pada proses pembentukan sel germinal. Pada organisme uniseluler, reproduksi terjadi melalui pembelahan sel langsung. Pembelahan sel langsung mengacu pada pembelahan sel tanpa melalui tahapan seperti mitosis dan meiosis.

Perkembangbiakan aseksual pada tumbuhan sering disebut dengan perkembangbiakan vegetatif. Regenerasi vegetatif pada tumbuhan dapat terjadi secara alami maupun buatan yaitu oleh manusia. 1) Perkembangbiakan tumbuhan secara alami Perkembangbiakan tumbuhan secara alami adalah tidak berkembang biaknya suatu tumbuhan tanpa campur tangan manusia. Contohnya adalah sebagai berikut. Spora vegetatif adalah sel yang berubah fungsinya dan menjadi alat reproduksi. Ditemukan pada pakis, lumut dan jamur. Spora terbentuk di sporangia.

26 b) Batang dan tangkai umbi-umbian berada di dalam tanah dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Umbi batang berbeda dengan umbi akar, yaitu umbi batang mempunyai tunas, sedangkan umbi akar mempunyai tunas. Contoh Umbi-umbian adalah Kentang, Dahlia dan Gadung.. Kentang Ubi Jalar Gadung Dahlia

27 c) Transformasi batang dan daun, yaitu bagian tengah daun terlipat dan terlipat, tebal, lunak dan berdaging. Contohnya adalah umbi wortel.

Macam Macam Perkembangbiakan Vegetatif Buatan

Rimpang mirip dengan akar, tetapi ruasnya mirip dengan batang. Pada ujung kuncup itu terdapat daun yang berubah menjadi sisik pada setiap ruasnya, dan pada pangkal setiap sisik terdapat mata kuncup. Misalnya lengkuas, kunyit, mantis dll

Baca Juga  Jelaskan Tujuan Utama Tentara Sekutu Datang Ke Indonesia

Perkembangbiakan dengan pembungaan terjadi pada beberapa jenis tumbuhan, seperti pisang, bambu, dan tebu. Tunas yang tumbuh dari organ selain batang disebut tunas adneksa, contohnya tunas akar pada sukun dan tunas daun pada cemara dan cemara.

Perbanyakan vegetatif buatan dilakukan dengan bantuan manusia. Hal ini dilakukan untuk mempercepat masa panen dan memperoleh keturunan yang ciri-cirinya benar-benar sesuai dengan induknya.

Berdasarkan asal bagian tubuhnya, pemotongan dibedakan menjadi pemotongan batang dan pemotongan daun. Cara pemotongan batang adalah dengan memotong batang menjadi potongan-potongan pendek. Stek batang sering digunakan untuk perbanyakan tebu dan singkong. Stek daun berasal dari daun yang telah dipotong-potong kemudian ditanam. Contoh tanaman hias yang dapat diperbanyak dengan cara stek daun adalah Begonia sp.

Dinas Pertanian Dan Pangan

34 b) Okulasi, yaitu menggabungkan dua tanaman identik yang berbeda sifat dan memperoleh tanaman baru. Tujuannya untuk menciptakan pabrik dengan produktivitas tinggi. Misalnya, jika Anda ingin mencampurkan tanaman mangga asli dengan rasa yang ringan namun akarnya kuat dan mangga madu yang buahnya manis dan padat namun akarnya tidak sekuat itu.

35 c) okulasi, yaitu menyambung batang dengan pucuk tanaman sejenis untuk memperoleh tanaman baru. Tanaman dengan sistem perakaran yang tumbuh baik dipilih sebagai tanaman akar. Selain itu, herba diekstraksi dari batang/cabang tanaman yang diketahui kualitas buah atau bunganya.

Keluarkan bola dari batang/cabang dan taburkan tanah di atasnya. Potongan tersebut harus membersihkan kambiumnya. Setelah beberapa saat, akar yang dipotong muncul di atas kambium. Tanaman yang biasa ditanam antara lain jambu biji, mangga, dan jeruk

37 e) Pembengkokan dilakukan dengan cara membengkokkan atau memelintir beberapa cabang tanaman hingga mencapai tanah. Akar tumbuh pada bagian yang mencapai tanah. Untuk merangsang pembentukan akar, Anda bisa mengisi dahan dengan tanah. Duckweed sering digunakan untuk memperbanyak apel, bunga liar, dan bunga kertas.

Bahan Ajar Pembiakan Tanaman Secra Vegetatif

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan dan dilanjutkan dengan pembuahan. Reproduksi ini melibatkan peleburan gamet jantan dan betina. Gamet terbentuk di organ bunga pada tumbuhan. Bunga merupakan alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan berbiji.

41 Berdasarkan kelengkapan bagian-bagian bunganya, bunga dibedakan menjadi bunga berbunga penuh dan bunga tidak lengkap. Bunga yang indah, bila bunga itu mengandung permata

Jelaskan 3 cara menjaga kesehatan organ reproduksi, jelaskan 2 cara reproduksi aseksual pada porifera, jelaskan 5 cara dalam menjaga kesehatan alat reproduksi, jelaskan penyebab terjadinya penyakit pada sistem reproduksi, jelaskan cara reproduksi bakteri, kelebihan dan kekurangan okulasi, jelaskan penyakit pada sistem reproduksi manusia, jelaskan reproduksi bakteri, jelaskan cara menjaga kebersihan alat reproduksi, jelaskan 5 cara menjaga kesehatan organ reproduksi, jelaskan alat reproduksi pada pria, jelaskan macam macam sistem reproduksi pada hewan