Jelaskan Pengertian Jaringan – Secara umum klasifikasi jaringan komputer ada 5 jenis yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Management Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet dan Wireless. Pada dasarnya konsep jaringan komputer jenis ini sama yaitu menghubungkan berbagai perangkat jaringan secara bersamaan sehingga dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Satu-satunya perbedaan adalah lokasi geografis (area jangkauan dan lokasi jaringan) dan teknologi yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel yang berbeda, alamat IP berdasarkan kelas dan sistem keamanan yang berbeda). Berikut ini adalah definisi UMUM LAN, WAN dan MAN serta padanannya di Internet.

Jaringan Area Lokal, atau LAN, adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan sebagainya. Contoh jaringan area lokal adalah komputer yang terhubung satu sama lain di sekolah, bisnis, warnet, dan antar rumah tetangga yang masih mencakup jaringan area lokal.

Jelaskan Pengertian Jaringan

Keuntungan menggunakan jaringan komputer jenis LAN ini adalah sangat ekonomis dalam biaya operasi, sangat ekonomis dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer cepat karena mencakup area kecil atau area lokal, dan tidak perlu mendirikan perusahaan telekomunikasi. menyalakan sistem LAN.

Kakkkkkkk Jawabbbbb Sampai No 6 Yaaaaaaaaaa Pleaseeee ​

Kerugian dari penggunaan LAN jenis ini adalah cakupan jaringannya kecil, sehingga komunikasi di luar jaringan sangat sulit, dan area yang dicakup oleh transfer data tidak begitu luas.

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan kompleks dibandingkan jaringan komputer jenis LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jaringan komputer MAN jenis ini sering digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lain. Untuk membangun jaringan MAN, perusahaan telekomunikasi seringkali perlu menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya termasuk jaringan Departemen Pendidikan antar kota atau wilayah dan jaringan supermarket modern yang terhubung ke kota.

Kelebihan dari jaringan komputer jenis MAN ini antara lain mencakup area jaringan yang luas sehingga komunikasi menjadi efisien, lebih mudah untuk melakukan bisnis dan keamanan dalam jaringan lebih baik.

Kelemahan dari jaringan komputer MAN jenis ini adalah membutuhkan biaya operasional yang lebih besar, dapat menjadi sasaran cookies untuk keuntungannya sendiri, dan pemeliharaan jaringan MAN membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca Juga  Salah Satu Manfaat Kerjasama Internasional Adalah

Internet, Intranet Dan Ekstranet

Wide Area Network atau WAN, merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan kompleks dibandingkan jaringan komputer jenis LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN sering digunakan untuk menghubungkan jaringan ke negara lain atau dari satu benua ke benua lain. Jaringan WAN dapat berisi berbagai jenis jaringan komputer LAN dan WAN karena banyaknya variasi jaringan komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel serat optik dan terkubur di bawah tanah atau melalui saluran bawah air.

Kelebihan dari jenis jaringan komputer WAN adalah area yang dicakup oleh jaringan lebih luas dibandingkan dengan jenis jaringan komputer LAN dan MAN, pertukaran informasi akan bersifat pribadi dan terkendali karena komunikasi dari satu negara ke negara lain membutuhkan keamanan yang lebih dan juga lebih aman. mudah untuk dikembangkan. dan mempermudah berbisnis.

Kekurangan jaringan WAN seperti biaya operasional yang dibutuhkan lebih tinggi, adanya resiko pencurian data penting, pemeliharaan jaringan WAN lebih sulit.

Internet adalah jaringan komputer global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi mudah. Internet dapat dikatakan sebagai kombinasi dari berbagai jenis jaringan komputer dan subjek jaringan dan jenis yang saling berhubungan.

Jaringan Penguat Kolenkim Dan Sklerenkim

Keuntungan dari jenis jaringan ini antara lain komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan lain akan lebih mudah, distribusi informasi akan lebih cepat, transmisi informasi akan lebih cepat dan mudah, dan akan menjadi platform untuk menghasilkan pendapatan.

Kerugian dari jaringan jenis ini antara lain meluasnya kejahatan dunia maya atau cybercriminal, pornografi yang meluas, penjualan barang ilegal seperti obat-obatan terlarang, dan potensi pencemaran nama baik karena publikasi informasi palsu.

Wireless adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan media untuk mentransfer data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan adalah gelombang radio, infra merah, bluetooth dan microwave. Jaringan nirkabel dapat diaktifkan pada jaringan LAN, MAN atau WAN. Jaringan nirkabel ditujukan untuk kebutuhan mobilitas tinggi.

Kelebihan dari jaringan wireless jenis ini adalah mudah terhubung ke jaringan tanpa dibatasi oleh kabel, terutama bagi pengguna yang membutuhkan banyak mobilitas dan tidak terlalu membutuhkan kabel jaringan.

Jurusan: Teknik Komputer Jaringan ( Tkj )

Kerugian dari jaringan nirkabel jenis ini seperti transfer data ke pengguna lebih lambat daripada menggunakan jaringan nirkabel, membutuhkan banyak keamanan karena orang di luar jaringan dapat meretas ke dalam jaringan nirkabel. Banyak orang saat ini bergantung pada Internet, baik untuk komunikasi, untuk mencari informasi. dan seterusnya. Namun, jaringan komputer perlu menggunakan Internet.

Baca Juga  Contoh Gambar Manusia Dengan Alam Sekitarnya

Definisi jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat lain yang terhubung sebagai satu kesatuan untuk berbagi informasi dan data, kata definisi di situs web.

Informasi dan data ini dapat berjalan melalui kabel atau nirkabel untuk memungkinkan pengguna jaringan komputer bertukar dokumen dan data lainnya.

Dapat juga dikatakan bahwa jaringan komputer adalah sekumpulan terminal komunikasi dengan dua komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain.

Pengertian Jaringan Komputer (jenis, Manfaat, Perangkat Dll)

Semua jaringan tersebut dirancang dan diintegrasikan agar informasi dan data yang dikirimkan oleh pengirim dapat diterima dengan cepat dan aman oleh penerima.

Ada berbagai jenis jaringan komputer. Berbagai jenis jaringan komputer dirancang untuk tujuan yang berbeda, yang utama adalah memfasilitasi penyelesaian berbagai tugas secara efisien melalui sistem pertukaran informasi.

Berikut adalah beberapa jenis jaringan komputer beserta definisi dan kegunaannya, seperti dikutip dari Modul Dasar Jaringan 1 terbitan Kemendikbud dan sejumlah sumber lainnya.

PAN adalah jaringan komunikasi satu perangkat ke perangkat lain dalam jarak dekat, biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat menjadi access point untuk berbagai layanan pribadi, seperti komputer, telepon, handphone, televisi, sistem keamanan rumah berbasis data, sarana komunikasi publik seperti internet.

Mengenal Jaringan Komputer Beserta Jenis Dan Manfaatnya

PAN biasanya terhubung ke perangkat komputer, seperti USB dan firewire. Sedangkan kontrol atas PAN dapat menggunakan teknologi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Setidaknya ada 2 fungsi PAN, yaitu untuk menghubungkan perangkat komputasi dan menjadi perangkat komunikasi antar perangkat itu sendiri (komunikasi personal). Contoh penggunaan jaringan PAN adalah menghubungkan ponsel ke laptop melalui Bluetooth.

Jaringan area lokal adalah jaringan komputer yang hanya mencakup area kecil, seperti kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah, dan sejenisnya.

Ada tiga sisi LAN. Ketiganya memiliki kecepatan data tinggi yang mencakup area sempit dan tidak memerlukan jalur komunikasi sewaan dari perusahaan telekomunikasi.

Jelaskan Yang Akan Terjadi Jika Ada Dua Buah Perangkat Yang Memiliki Ip Address Yang Sama!

Selain itu, banyak LAN sekarang menggunakan teknologi 802.11b (sering disebut Wi-Fi). Area yang menawarkan jaringan area lokal berbasis Wi-Fi sering disebut hotspot. Jaringan area lokal nirkabel (WLAN) juga biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal.

3. Wide Area Network (WAN) WAN adalah jaringan komputer yang terletak di area yang luas, seperti antar kota, antar negara bahkan antar benua. Oleh karena itu, jaringan WAN memerlukan router dan saluran komunikasi publik.

Jaringan WAN terdiri dari sekumpulan perangkat yang menjalankan program aplikasi. Peran mesin ini adalah untuk menjadi tuan rumah yang terhubung dengan subnet.

Fungsi subnet adalah untuk membawa pesan dari satu host ke host lainnya, seperti pada jaringan telepon.

Baca Juga  Bagaimana Hanni Bersikap Terhadap Duwi

Jaringan Meristem: Pengertian, Ciri Ciri, Fungsi, Dan Jenisnya

WAN sering disebut sebagai sekelompok jaringan area lokal yang didistribusikan secara geografis. Perangkat jaringan yang disebut router berfungsi untuk menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router digunakan untuk menyimpan alamat LAN dan WAN.

MAN adalah jaringan perkotaan yang menggunakan transmisi data berkecepatan tinggi dan dapat menghubungkan area yang berbeda. MAN menggunakan perangkat dan kabel khusus untuk menghubungkan beberapa LAN.

Awalnya, jaringan MAN dihubungkan dengan kabel LAN untuk menghubungkan beberapa kantor yang jaraknya beberapa kilometer. Namun, setelah WIMAX, banyak pengguna layanan Internet yang tertarik dengan skala MAN nirkabel.

CAN mirip dengan jaringan komputer MAN, tetapi terbatas pada satu lokasi. Jaringan ini sering digunakan untuk kegiatan akademik, seperti praktikum, update kelas, ujian, email, dan pengumuman. Namun, jaringan yang dianggap sangat aman dan cepat ini bisa digunakan untuk keperluan lain.

Pengertian Broadcast Dan Fungsinya Pada Jaringan

Oleh karena itu, Campus Area Network merupakan gabungan dari local area network (LAN) yang saling terhubung satu sama lain dalam satu wilayah suatu lembaga pendidikan. Pada saat yang sama, CAN, yang mengacu pada jaringan area perusahaan dan jaringan area manajemen, memiliki cakupan yang lebih luas daripada LAN karena menggabungkan beberapa fasilitas di area tertentu. Namun, jangkauan CAN kurang dari WAN dan MAN.

Peran CAN adalah untuk menghubungkan komputer dalam suatu lingkungan sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan bertukar data. Sebagian besar CAN terdiri dari kombinasi beberapa LAN yang dihubungkan oleh switch dan router yang membentuk satu jaringan. Dengan cara ini, setiap pengguna Internet dapat berkomunikasi secara langsung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.

Secara bahasa, internet berarti jaringan yang terpusat atau saling terhubung. Sedangkan dari definisi praktisnya, Internet adalah jaringan komputer global yang dihubungkan dengan protokol TCP/IP. Ada jutaan, bahkan miliaran, komputer yang terhubung ke Internet.

Oleh karena itu, melalui Internet, setiap orang di dunia saat ini dapat saling berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jutaan situs web.

Mengenal Apa Itu Komunikasi Dalam Jaringan

Internet telah menjadi semacam perpustakaan besar yang dapat menyediakan berbagai informasi untuk berbagai kebutuhan, baik itu tulisan, gambar, video, dan produk multimedia.

Kemampuan Internet untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, tanpa dibatasi oleh lokasi, memungkinkan fasilitas sosial, bisnis, dan banyak aktivitas lainnya. Karena itu, pusat perbelanjaan online, media sosial, pembelajaran jarak jauh dan banyak lagi berkembang.

Jauh sebelum digunakan secara luas di dunia, Internet sudah didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Saat itu bernama program ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency).

Angkatan Darat AS sedang maju

Teknik Komputer Jaringan

Jelaskan pengertian jaringan komputer, jelaskan pengertian jaringan peer to peer, jelaskan fungsi kabel dan konektor dalam jaringan, jelaskan pengertian jaringan nirkabel, jelaskan pengertian dari jaringan komputer, sebutkan dan jelaskan manfaat jaringan komputer, jelaskan jenis jenis firewall untuk jaringan komputer, jelaskan pengertian jaringan lan, jelaskan jenis jenis komunikasi dalam jaringan, sebutkan dan jelaskan macam macam jaringan komputer, jelaskan pengertian sistem operasi jaringan, jelaskan jaringan