Jelaskan Teknik Tumpuan Atau Tolakan Dalam Lompat Jauh Gaya Menggantung – Atlet asal Kuba, Mikel Massou, berlaga di final putra Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Tokyo, Senin (2/8/2021). (Foto: Javier Soriano/AFP)

, JAKARTA – Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dan ke atas dengan berusaha mendorong badan di udara, yang dilakukan dengan cepat dan dengan menekan satu kaki untuk mendapatkan jarak terjauh.

Jelaskan Teknik Tumpuan Atau Tolakan Dalam Lompat Jauh Gaya Menggantung

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah salah satu bentuk olahraga dimana suatu jarak dapat ditempuh dengan memulai dengan satu kaki sambil bergerak maju.

Memahami Tujuan Lompat Jauh Dan Teknik Dasarnya

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang paling digemari dan sering dipertandingkan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade.

Sebagai salah satu cabang olahraga lompat jauh tentunya memiliki tujuan tersendiri dan tidak asal-asalan, melainkan dengan teknik yang mumpuni.

Walaupun terlihat sederhana dan mudah, lompat jauh membutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik dan tepat. Teknik-teknik tersebut harus dipelajari saat melakukan olahraga lompat jauh.

Di bawah ini adalah rangkuman empat teknik dasar lompat jauh yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir pada halaman e.

Jelaskan Teknik Tumpuan Dalam Lompat Jauh​

Video berita aksi pelompat jauh Indonesia Suputur Rahman melakukan tarian kemenangan yang unik usai memecahkan rekor dan meraih medali emas SEA Games 2019.

Atlet Indonesia, Maria Lunda bersiap untuk terjun dalam turnamen invitasi di Cabang Atletik Lompat Jauh SUGBK, Jakarta, Minggu (11/2/2018). Ia meraih medali emas dengan lompat jauh 6,43 meter. (/vitalis Yogi Tresna)

Lompat jauh merupakan gerakan gabungan antara prediksi, penurunan, waktu terbang dan pendaratan. Gerakan-gerakan ini diulang dan terkait satu sama lain.

Oleh karena itu, menguasai setiap gerakan dasar tersebut sangatlah penting. Berikut adalah teknik dasar dalam lompat jauh:

Rpp Lompat Jauh Kls 9

Maju atau jurus adalah gerakan pertama dalam lari untuk mendapatkan kecepatan selama berlari (melompat). Jarak awal yang biasa digunakan oleh pelompat jauh adalah:

Baca Juga  Reklame Yang Terdapat Di Majalah Atau Surat Kabar Disebut

Selain itu, proses pembelajaran di sekolah dasar disesuaikan dengan kemampuan anak usia sekolah dasar, misalnya jarak tempuh anak perempuan 15-20 meter dan jarak tempuh anak laki-laki 15-25 meter.

B. Tingkatkan kecepatan berjalan sedikit sebelum memulai/beristirahat. Stall speed dijaga maksimal hingga mencapai take-off board.

Atlet lompat jauh Indonesia, Maria Natalia Londa, beraksi saat pertandingan lompat jangkit putri SEA Games, Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Rabu (23/8). Maria Natalia Londa meraih medali perak. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lompat Tinggi: Pengertian, Sejarah, Gaya, Tahapan Terlengkap

Tolakan adalah perubahan dari gerakan horizontal ke vertikal dan gerakan yang dipercepat. Dimana pelompat jauh sebelumnya telah bersiap untuk memukul sekeras mungkin pada etape terakhir.

Dengan cara ini, seluruh tubuh akan terangkat dan terangkat ke udara. Dapat dikatakan bahwa perpindahan tersebut berubah dari kecepatan horizontal ke kecepatan vertikal.

Atlet Indonesia Maria Natalia Lunda melompat saat final lompat jauh pada turnamen undangan Asian Games ke-18 di Stadion Utama Bang Karno, Senyan, Minggu (11/2). Maria Natalia Londa meraih medali emas dengan lompatan 6,43 meter

Saat mendaki, tubuh harus dijaga dalam posisi santai kemudian lakukan gerakan tubuh untuk menjaga keseimbangan yang memungkinkan pendaratan lebih sempurna. Gerakan posisi ini disebut gaya lompat jauh.

Teknik Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara

Atlet Filipina Marstila Sanang tampil pada babak final lompat jauh putri Asian Games 2018 di Stadion Utama Bang Karno, Jakarta, Senin (27/8). Sebanyak 11 atlet mengikuti final putri (Antara Photo/INASGOC/M Agung Rajasa)

Saat mendarat, kedua kaki dibawa lurus ke depan, paha ke atas, badan ditekuk ke depan, tangan di depan, lalu mendarat dengan tumit terlebih dahulu dan lutut ditekuk.

Hal ini dimaksudkan agar badan tidak terlalu ke belakang, maka kepala harus diturunkan dan kedua lengan harus diluruskan.

Foto: Awal yang bagus Kylian Mbappe sebagai kapten Prancis, bersama Griezmann untuk membantu skor Belanda di kualifikasi Euro 2024. Lompat jauh adalah olahraga atletik yang melibatkan lompatan ke depan dan ke atas. , terbang sejauh mungkin di udara dan mendarat. Lompat jauh dimulai dengan menurunkan satu kaki dan mengumpulkan kekuatan untuk mencapai sejauh mungkin saat mendarat.

Lompat Tinggi: Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan, Lapangan

Olahraga ini tidak hanya digemari di Indonesia, tetapi juga menjadi kejuaraan kualifikasi kelas dunia, termasuk Olimpiade. Ketika saya di sekolah, itu pasti lebih awal

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang lompat jauh, berikut akan kami bahas lebih detail, pengertian lompat jauh menurut para ahli, jenis gaya, aturan dll. Yuk, tambah wawasan kamu di sini.

Baca Juga  Untuk Melatih Daya Tahan Otot Diharapkan Latihan Kecuali

Menurut Domidar, lompat jauh adalah jurus vertikal yang menghasilkan titik tumpu untuk mencapai kecepatan horizontal.

Sedangkan menurut Aip Syarifudin, lompat jauh diartikan sebagai gerakan berjalan dengan satu kaki, melayang di udara dengan pusat gravitasi tubuh, kemudian mendarat. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menjangkau jauh dari titik tumpu.

Jelaskan Taktik Dan Strategi Dalam Lompat Jauh

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep lompat jauh adalah gerak maju untuk mencapai jarak yang dapat ditempuh. Jarak lompatan yang dihasilkan diukur dari titik alas kaki hingga pendaratan pertama di kotak pasir.

Selain membahas tentang pengertian lompat jauh, mari kita bahas asal usul salah satu cabang olahraga ini. Lompat jauh pertama kali diperkenalkan ke Olimpiade di Yunani kuno

Lompat jauh pertama kali dimasukkan sebagai olahraga dalam Olimpiade pada tahun 708, 13 abad yang lalu. Dulu, lompat jauh merupakan satu-satunya cabang olahraga lompat yang dipertandingkan. Dalam catatan sejarah, peserta Sparta melakukan lompat jauh sejauh 7,05 meter.

Maraknya permainan ini dipercaya dapat melatih ketangkasan para petarung untuk menghindari rintangan seperti parit atau kanal. Pelompat jauh hanya dapat memulai sprint pendek di Olimpiade. Saat itu, para pelompat juga diminta untuk membawa beban dari 1 hingga 4,5 kg dengan kedua tangan, atau yang disebut dengan dumbel.

Teknik Dasar Lompat Jauh Dan Cara Latihannya

Menurut sejarah, pernah ada salah satu atlet lompat jauh olimpiade lama yaitu Cheonius yang mampu melompat lebih dari 5 cm dan 7 meter. Lompat jauh sedang naik daun dan selalu tampil di kompetisi olimpiade sejak tahun 1896.

776 SM hanya di Indonesia. Namun perkembangan lomba lompat jauh baru dimulai sekitar tahun 1869, karena pada tahun tersebut cabang olahraga atletik merupakan bagian dari Olimpiade modern. Kemudian, pada tahun 1928, Olimpiade lompat jauh dimulai dengan atlet putri.

Awalan adalah gerakan dalam lompat jauh yang dilakukan dengan berlari dengan kecepatan tinggi untuk mendapatkan kecepatan maksimal untuk penolakan. Jarak awal ini dimulai dari 40 hingga 45 meter di lintasan lari. Berikut adalah beberapa untuk diperiksa:

Teknik titik tumpu merupakan gerakan yang sangat penting dalam cabang atletik lompat jauh, karena menentukan hasil lompat jauh yang sempurna dan sempurna. Penyeimbangan dilakukan dengan mengangkat papan balok dengan kaki terkuat dan mengubah dari kecepatan horizontal ke vertikal untuk tetap berada di udara sebanyak mungkin. Beberapa unsur yang harus dipahami dari teknik susun ini antara lain:

Baca Juga  Pernyataan Di Atas Merupakan Hasil Perundingan

Teknik Lompat Jauh Yang Baik Dan Benar

Teknik terbang adalah perilaku tubuh selama terbang, yang dilakukan setelah atlet melepaskan pedal. Ada dua pendekatan untuk teknik mengambang ini, antara lain:

Teknik pendaratan untuk lompat jauh atletik harus diusahakan sebersih mungkin dan tidak membiarkan tubuh atau lengan jatuh ke belakang. Mendarat dimulai dengan posisi tumit kaki dan menyatukan kedua kaki, gerakan ini harus dilakukan dengan dua kaki. Kunci dari teknik ini adalah kaki mendarat secara bersamaan dan pinggul didorong ke depan, sehingga tubuh tidak jatuh ke belakang dan tidak berakibat fatal bagi atlet itu sendiri.

Jenis gaya ini sangat mudah dilakukan karena saat terbang di udara pemain hanya perlu menekuk kedua kaki dan terlihat seperti sedang berdiri. Gaya ini harus dilakukan dengan benar dan tegas. Jika badan mengapung, pertahankan posisi seolah-olah orang mengangguk dan badan sedikit bergerak maju. Kemudian posisi lengan di belakang badan dibalik, sedangkan pendaratan diatur dengan benar.

Setelah membahas pengertian lompat jauh, perbedaan teknik dan gaya dalam olahraga atletik ini, mari kita simak beberapa aturan yang perlu diketahui. Berikut beberapa di antaranya:

Cara Menghasilkan Lompatan Yang Jauh

Panjang lintasan lari lompat jauh minimal 40 meter, atau bisa disesuaikan dengan strategi atlet. Rata-rata dilakukan dalam jarak 13 hingga 45 meter. Lebar lintasan 1,22 m hingga 1,25 m. Kemudian jalur untuk awalan harus dibatasi garis putih selebar 5 cm di kiri dan kanan.

Papan start dalam permainan atletik ini biasanya berbentuk persegi panjang dan terbuat dari kayu. Atau bisa juga menggunakan bahan sejenis lainnya, seperti plastisin berwarna putih. Ukuran papan reproduksi ini biasanya panjang 1,21 meter, satu, lebar 19,8 sentimeter dan diameter 10 sentimeter. Bantalan peluncuran dipasang dan setidaknya 1 m dari lokasi pendaratan. Selain itu, jarak landasan peluncuran ke sisi lain kotak pendaratan minimal 10 meter.

Kotak pendaratan lompat jauh harus memiliki lebar minimal 2,75 m dan panjang 9 m – 10 m dari garis start hingga akhir area lompat. Selain itu, tangki pendarat harus diisi dengan pasir berkualitas baik dan tidak boleh mengandung kerikil tajam. Permukaannya dibuat rata atau sejajar dengan papan.

Jika peserta atau lomba lompat jauh lebih dari 8 orang, maka setiap peserta mendapat kesempatan untuk melakukan 3 kali lompat. Kemudian 8 peserta mengambil hasil lompatan tertinggi. Jika ada lompatan dengan hasil yang sama di urutan kedelapan, maka setiap pelompat mendapat tiga kesempatan lagi untuk melompat. Namun, jika hanya ada 8 kontestan atau kurang dalam kompetisi, masing-masing akan memiliki kesempatan untuk melompat sebanyak 6 kali.

Cabang Olahraga Atletik Beserta Penjelasannya

Lompat jauh tidak menentukan pemenang dalam pertandingan atletik

Jelaskan teknik dasar lompat jauh, pengertian lompat jauh gaya menggantung, sejarah lompat jauh gaya jongkok, gambar lompat jauh gaya menggantung, teknik lompat jauh gaya menggantung, lompat jauh gaya menggantung, jelaskan teknik awalan dalam lompat jauh, jelaskan teknik tumpuan dalam lompat jauh, lompat jauh gaya jongkok, teknik awalan lompat jauh, teknik tolakan lompat jauh, teknik lompat jauh gaya jongkok