Jenis Bahan Tekstil Dari Sutera Memiliki Sifat – Kelompok serat alam yang berasal dari hewan (protein) terdiri atas serat alam dan serat sintetik. Wol dan sutra termasuk dalam kelompok serat alami, sedangkan vikara dan wol susu termasuk dalam kelompok serat sintetis.

Wol adalah kain yang terbuat dari bulu domba. Negara ini merupakan produsen wol terbesar di dunia, diikuti oleh Australia (30%), Rusia (14%) dan Selandia Baru (11%). Negara-negara penghasil wol lainnya meliputi; Perancis, Amerika, Spanyol, Afrika Selatan dan Italia. Wol mulai digunakan di Yunani, Babilonia dan Mesir sekitar 4000 SM. Wol awalnya berasal dari Asia Tengah dan Asia Kecil, sekitar Sungai Efrat, dan diperkenalkan ke negara lain hingga menjadi populer di seluruh dunia. Domba Asia, Afrika, Yunani, dan Italia diyakini telah menghasilkan wol halus yang diperkenalkan orang Tunisia ke Spanyol beberapa ratus tahun sebelum Masehi. Domba merino masih digemari hingga saat ini karena adanya perkawinan silang antara domba tersebut dengan domba lokal.

Jenis Bahan Tekstil Dari Sutera Memiliki Sifat

Kualitas wol sangat dipengaruhi oleh jenis domba, pola makannya, umur dan metode pengolahannya, serta iklim negara tersebut. Pencukuran bulu domba sangat mempengaruhi kualitas wol, misalnya bulu bagian panggul dan bahu menghasilkan wol terbaik, sedangkan bulu perut dan kaki domba menghasilkan wol paling halus. Ada tiga kategori kualitas wol; Wol halus, wol sedang, dan wol kasar atau wol permadani.

Sifat Bahan Tekstil Berbagai Jenisnya, Katun, Wol, Dakron, Hingga Kapas

Wol terbaik didapat dari domba/domba Merino asal Spanyol. Pada abad ke-18, domba Merino diternakkan di seluruh dunia, namun dalam 150 tahun terakhir, kualitas domba Merino Spanyol mengalami penurunan dan tidak lagi menjadi penghasil wol terbaik. Pada tahun 1765, domba Merino Jerman (Saxony dan Silesia) menghasilkan wool terbaik, namun perkembangan Merino Saxony tidak bertahan lama, namun Merino Saxony berperan sangat penting dalam perkembangan domba di Australia, Amerika dan negara lainnya. Satu-satunya jenis domba Merino yang hidup saat ini adalah domba Merino Australia. Pada tahun 1797, Australia membeli domba Merino Spanyol dan domba Merino Jerman (Saxony), dan selama bertahun-tahun, 80% domba Merino Australia diperoleh. Iklim dan kondisi tanah yang mendukung mempercepat pertumbuhan kambing ini.

Baca Juga  Bagaimana Gerakan Awal Berdiri Satu Kaki Menekuk Ke Belakang

Wol sedang berasal dari wol Inggris, bulunya lebih panjang dan berkilau dibandingkan wol halus. Ada 30 jenis domba di Inggris, beberapa diantaranya menghasilkan wol; Wol kilap, wol bulu halus, dan wol roti silang.

Wol kilap adalah jenis wol yang terbuat dari bulu domba Lincoln dan Leicester. Serat wol yang dihasilkan dari domba jenis ini biasanya panjang, kuat dan mengkilat.

Wol bulu halus adalah jenis wol yang terbuat dari bulu domba South Down. Serat yang dihasilkan lebih pendek, lebih halus dan kurang berkilau dibandingkan wol yang dipoles. Seratnya dapat dibuat menjadi benang, sering digunakan untuk kain lembut, selimut atau pakaian rajut.

Modul 3 Paket B Mata Pelajaran Seni Budaya

Wol persilangan adalah wol yang terbuat dari bulu domba persilangan yang merupakan hasil persilangan domba rambullet Merino dengan domba berbulu panjang. Serat pada domba jenis ini sedikit lebih panjang namun domba ini dipelihara untuk diambil dagingnya.

Wol kasar biasanya berasal dari kambing Asia seperti India, Pakistan dan Timur Tengah. Wol ini dihasilkan oleh domba yang mempunyai ekor gemuk, panjang dan lebar. Kambing ini biasanya hidup dalam kondisi primitif. Ada juga domba yang berukuran kecil dan berekor panjang seperti domba Scottis Blackfaca. Warna bulunya bervariasi dari hitam hingga putih, bagian luarnya hitam dan bagian dalamnya halus.

· Wol daur ulang diperoleh dari sisa-sisa kain wol baru yang telah ditenun atau dicukur, dan dengan memecahnya di dalam mesin, serat wol tersebut diregenerasi lalu dipintal dan ditenun kembali menjadi kain. Ciri-ciri wol ini antara lain seratnya pendek, kurang kenyal, kurang kuat, dan sulit dirasakan karena hilangnya banyak sisik.

· Wol daur ulang juga dikenal sebagai wol yang diperoleh dengan memecah kain tua dari wol bekas. Sebelum dirinci, kain dibersihkan dan disortir terlebih dahulu. Tidak kuat, sehingga tercampur dengan wol segar atau serat kapas selama pemintalan.

Jenis Dan Sifat Bahan Tekstil

Serat hewani selain bulu kambing antara lain bulu kambing dan sejenisnya, misalnya mohair dan kasmir, bulu unta dan sejenisnya, misalnya alpaka, vicuña dan llama, serta hewan berbulu, khususnya kelinci anggora. Serat ini biasanya dicampur dengan wol untuk mendapatkan efek khusus, misalnya untuk menambah keindahan, dan terkadang juga digunakan untuk keperluan khusus, seperti bulu kambing untuk kuas.

Mohair adalah serat yang diperoleh dari bulu kambing Angora. Domba ini telah didomestikasi selama ribuan tahun di provinsi Angora Turki dan kini ditemukan di banyak wilayah di Afrika Selatan dan Amerika Serikat. Warna serat mohair coklat karena kotor, namun setelah dimasak mengkilat putih seperti sutra, sehingga mudah diwarnai dengan warna-warna cerah. Bentuk seratnya hampir seperti wol, hanya saja sisiknya lancip. Lebih sulit untuk memintal dibandingkan wol karena permukaan seratnya licin. Sifat serat mohair mirip dengan wol. Aplikasi serat mohair meliputi kain lembut (selimut), pakaian musim panas, kain rajutan, dan pelapis kursi dan permadani.

Baca Juga  Pubertas Disebabkan Karena Adanya Perubahan

Kasmir diperoleh dari domba Kashmir yang ditemukan di Tibet, Mongolia, Cina, dan pegunungan Himalaya. Kambing kasmir berukuran lebih besar dari Angora dan memiliki bulu yang lebih lurus. Rambut, abu-abu atau putih, rontok setahun sekali.

Alpaca dan vicuna merupakan anggota keluarga unta, banyak didomestikasi di Amerika Latin, panjang serat 20 sampai 30 cm, lembut, halus dan mengkilat dalam warna putih dan hitam.

Kelebihan Batik Sutera

Vicuna berasal dari bulu unta, sejenis llama kecil yang hidup liar di hutan Amerika Selatan. Serat ini mempunyai serat paling lembut dan terbaik diantara serat hewani lainnya. Seratnya pendek, sangat mengkilat dan berwarna coklat muda.

Alpacas mirip dengan llama, hanya saja ukurannya lebih kecil dan bulunya seragam. Warnanya bervariasi, mulai dari putih, coklat kekuningan dan mengkilat. Kekuatannya hampir sama dengan wol.

Serat Llama diperoleh dari hewan termasuk unta di Pegunungan Andes antara Peru dan Bolivia. Sisiknya tidak terlihat jelas. Kebanyakan mempunyai medula, meskipun seratnya halus. Warnanya bervariasi dari putih hingga hitam, tetapi biasanya berwarna coklat.

Berasal dari bulu kuda, surai dan bulu ekor. Seratnya keras, halus, panjang, berwarna coklat kemerahan. Bulu kuda digunakan sebagai campuran serat kapas.

Bahan Sofa Katun Dan Jenis Jenisnya

Bulu kelinci anggora didapat dari kelinci anggora yang banyak diternakkan di Cekoslowakia, Jepang dan Perancis. Seratnya sangat halus, lembut dan berwarna putih. Anda bisa mencukur rambut empat kali setahun. Serat ini biasa digunakan pada topi, pakaian rajut, dan campuran serat wol atau nilon.

Selain harganya yang sangat mahal, produksi wol juga masih belum mencukupi kebutuhan. Maka untuk memprediksi hal tersebut, para ahli mulai menciptakan serat protein sintetis yang sifat dan tampilannya menyerupai wol asli. Berbagai percobaan telah dilakukan oleh para ahli di industri tekstil untuk menemukan banyak bahan dasar yang digunakan dalam produksi serat wol sintetis seperti susu, jagung, kedelai, dan kacang tanah. Bahan-bahan tersebut diolah dan dicampur dengan bahan kimia untuk menghasilkan wol sintetis seperti wol susu dan vikara.

Wol susu merupakan eksperimen yang dilakukan pada tahun 1935 oleh seorang ahli tekstil asal Italia bernama Ferretti, yang menghasilkan wol sintetis yang disebut wol susu dengan mengolah bahan keju menjadi serat sintetis yang disebut Lanitol atau Aralac (USA).

Baca Juga  Ketepatan Nada Dalam Suatu Lagu Disebut

Jika dilihat melalui mikroskop, struktur serat wol terdiri dari kutikula di lapisan luar, korteks di lapisan dalam, dan medula di tengah. Medula biasanya terdapat pada wol kasar, sedangkan lapisan terluarnya adalah epidermis. Di bawah mikroskop, bentuk serat wol dapat diamati pada penampang melintang yang bervariasi dari bulat hingga lonjong dan pada bagian memanjang tampak seperti pita bersisik. Jika dilihat sekilas, serat wol terlihat seperti kapas dan berwarna agak coklat.

Manfaat Kain Sutra: Keindahan Alami Dalam Mode

· Pakaian wol harus disikat untuk menghilangkan debu dan kotoran setelah dipakai. Gunakan sikat yang lembut namun kuat untuk menegakkan bulunya dan mendapatkan kembali pegasnya.

· Gantungkan pakaian beberapa saat untuk menghilangkan kerutan dan kembali ke bentuk semula. Menggantung pakaian dengan uap panas akan menghilangkan kerutan dengan cepat.

· Meskipun kain wol dibuat untuk mencegah kerutan, pencucian wol harus dilakukan dengan hati-hati. Cukup peras pakaian untuk menghilangkan kotoran.

Sutra merupakan serat protein berbentuk filamen atau filamen kontinu yang dihasilkan dari sejenis serangga bernama Lepidoptera. Serat ini dihasilkan oleh larva ulat sutera ketika mereka mengembangkan kepompong. Jenis ulat sutera yang menghasilkan serat dengan kualitas terbaik disebut Bombyx mori yang memiliki serat lembut dan mengkilat.

Tolong Dijawab Kak Ini Soal Dari Les ​

Secara historis, ulat sutera ditemukan oleh Permaisuri Tiongkok (Tiongkok) sekitar tahun 2640 SM, namun kenyataannya penggunaan sutera sudah dimulai sebelum itu. Selama berabad-abad sutra merupakan monopoli Tiongkok, dan setelah awal Masehi sutra menyebar ke Jepang, Korea, Persia, Turki, dan Arab. Sutra menyebar ke Eropa pada abad ke-8. Saat ini China, Jepang, Italia dan Perancis merupakan negara penghasil sutra utama. Di Indonesia, sutra banyak dihasilkan dari kota Sulawesi Selatan (Chopeng), sehingga menghasilkan sorban Bugis.

Jenis ulat sutera yang menghasilkan kualitas serat terbaik disebut Bombyx mori yang memiliki serat lembut dan mengkilat.

Selain Bombyx mori, hanya ada beberapa spesies kupu-kupu yang dapat dimanfaatkan untuk produksi sutra. Sutra biasa disebut sutra liar karena serangga penghasilnya hidup di alam liar dan tidak dapat dipelihara.

Sutra liar terpenting adalah sutra yang dihasilkan oleh ulat sutera tusa yang ditemukan di Tiongkok. Ulatnya lebih besar dari spesies Mori dan daun pohon karvela dimakan. Saat membuat Cochones, ulat sutera tusa meninggalkan lubang dan akhirnya menutup

Jenis Bahan Kaos Terbaik

Jenis bahan tekstil, tali tambang memiliki sifat, jenis dan bahan pewarna tekstil, bayangan pada kamera memiliki sifat, bahan wolfis memiliki sifat, bahan bakar dari minyak nabati yang memiliki sifat seperti minyak solar adalah, senar pancing memiliki sifat, tas dari bahan tekstil, jenis dan sifat bahan tekstil, produk kerajinan dari bahan tekstil, enzim memiliki sifat, kerajinan dari bahan tekstil