Karakteristik Negara Malaysia – (ASEAN) adalah sebuah organisasi Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara yang resmi didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Menurut situs Sekretariat Nasional ASEAN, pada tanggal ini lima perwakilan negara-negara Asia Tenggara menandatangani Deklarasi Bangkok (ASEAN Declaration).

Lima di antaranya adalah: Menteri Luar Negeri Indonesia Adam Malik; Wakil Perdana Menteri Tun Abdul Razak, yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Pembangunan Nasional Malaysia saat itu; Menteri Luar Negeri Filipina Narciso Ramos; Thant Khoman, Menteri Luar Negeri Thailand; dan Menteri Luar Negeri Singapura Senathambi Rajaratnam.

Karakteristik Negara Malaysia

Sekarang ada sepuluh negara anggota di ASEAN. Selain lima negara pendiri, terdapat pula Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, dan Kamboja. Aksesi 10 negara ke negara anggota ASEAN dilakukan secara bertahap dari tahun 1970-an hingga akhir 1990-an.

Keunggulan Negara Negara Asean: Indonesia, Malaysia, Singapura

Sejak tahun 1976, Sekretariat ASEAN juga telah dibentuk untuk menyempurnakan struktur organisasi kawasan. Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.

Sekarang Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jack Hui. Seorang birokrat dari Brunei Darussalam telah terpilih sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN untuk periode 2018-2022.

Pemegang jabatan Sekretaris Jenderal ASEAN diangkat pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN untuk masa jabatan 5 tahun. Sekretaris Jenderal dipilih dari antara warga Negara Anggota ASEAN. Pemilihan dilakukan secara bergilir sesuai urutan abjad nama negara dalam bahasa Inggris.

Selain bersatu dalam organisasi regional, anggota ASEAN juga didorong untuk bekerja sama karena memiliki banyak persamaan dan perbedaan.

Contoh Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Smp Mts Halaman 44 K13: Peta Konsep Negara Asean

Kemiripan dan perbedaan antara negara-negara anggota ASEAN dapat dilihat dari segi letak geografis, kekayaan sumber daya alam dan ekonomi, status pemerintahan dan kependudukan masing-masing kawasan.

Alasan pembentukan ASEAN Konflik yang muncul menyebabkan pembentukan ASEAN untuk mendorong negara-negara Asia Tenggara memastikan keamanan nasional dan menyelesaikan konflik secara damai sebelum meningkat.

ASEAN mengadopsi metode kerja sama seperti konsultasi dan dialog untuk memecahkan masalah. Selain itu, organisasi ini juga dapat menjadi penghubung antara negara-negara Asia Tenggara yang sebelumnya terpisah satu sama lain.

Baca Juga  Pembahasan Ilmu Ekonomi Adalah Pembahasan Yang Berkenaan Dengan Asas

(2020) Disusun oleh PV Marisha ASEAN dibentuk berdasarkan kesamaan yang dimiliki oleh negara-negara di Asia Tenggara, antara lain sebagai berikut:

Rangkuman Karakteristik Negara Laos Anggota Asean, Materi Ips Kelas 8 Smp

Kawasan Asia Tenggara yang berada di antara benua Australia dan benua Asia serta samudra Hindia dan Pasifik merupakan kawasan ASEAN.

Hampir semua negara ASEAN dijajah oleh negara lain seperti Malaysia dan Singapura, Belanda oleh Inggris, Indonesia oleh Indonesia, Filipina oleh Spanyol dan Amerika, hanya Thailand yang terbebas dari penjajahan.

Penduduk Asia Tenggara adalah keturunan Mongoloid Melayu. Dalam perkembangannya, ras ini banyak mendapat pengaruh budaya dari daerah India, Arab (Gujarat) dan Cina berupa warna kulit, kebiasaan, makanan lokal dan adat istiadat.

Semua negara ASEAN memiliki tujuan yang sama, yaitu kemakmuran dan ketertiban di tingkat nasional dan regional.

Kronologi Dan Sejarah Jata Negara Malaysia Perlu Dipertahankan

Untuk lebih memahami persamaan dan perbedaan tersebut, serta karakteristik beberapa negara ASEAN, berikut adalah gambaran kondisi demografi beberapa anggota organisasi regional ini.

Filipina, Vietnam, Malaysia dan Myanmar Kondisi Demografi Di antara negara-negara ASEAN yang secara geografis berdekatan adalah Filipina, Vietnam, Malaysia dan Myanmar. Ada juga beberapa perbedaan karakteristik demografis antara 4 negara.

Pada 2015, jumlah penduduk Filipina tercatat 103 juta jiwa, dengan pertumbuhan penduduk tahunan sebesar -0,1 persen.

Agama yang paling banyak dianut di Filipina adalah Katolik Roma (85 persen), Kristen (5 persen), Islam (7 persen) dan Budha (3 persen).

Persamaan Dan Perbedaan Karakteristik Negara Indonesia Dan

Contoh dari efek ini adalah banyaknya orang Filipina yang masuk Katolik. Hanya orang Moro di Pulau Mindanao dan Pulau Palawan yang mayoritas beragama Islam.

Ada juga banyak perkawinan antara orang Spanyol dan anggota ras Melayu, yang keturunannya dikenal sebagai Mestizos atau Filipina. Nama Filipina juga memiliki banyak kemiripan dengan nama Spanyol.

Suku bangsa yang mayoritas tinggal di Filipina adalah suku Filipino (campuran Melayu-Spanyol), Melayu, Spanyol dan Moro Negrito. Tagalog adalah kelompok etnis utama di Filipina. Bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakat Filipina adalah bahasa Inggris dan Tagalog.

Populasi Malaysia adalah 30,8 juta pada tahun 2015, tumbuh 0,3 persen per tahun. Sedangkan kepadatan penduduk Malaysia adalah 3.321 orang per kilometer persegi.

Begini Karakteristik Perilaku Konsumen Dan Preferensi Dalam Berbelanja Online, Siapa E Commerce Yang Paling Unggul?

Dari kategori etnis, komposisi penduduk Malaysia terdiri dari Melayu (sekitar 50 persen), Tionghoa (37 persen) dan India (11 persen). Sisanya adalah keturunan Eurasia, Eropa, dan suku lainnya.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa melayu. Bahasanya hampir identik dengan bahasa Indonesia karena keduanya berakar dari bahasa Melayu. Namun, bahasa Inggris sering digunakan sebagai bahasa nasional di Malaysia.

Lebih dari 50 persen penduduk Malaysia beragama Islam, Budha (12 persen), kepercayaan Tionghoa (Taoisme) 7 persen, dan sisanya beragama Kristen, Hindu, dan agama lainnya.

Baca Juga  Undangan Rapat Rt Merupakan Contoh Undangan

Hukum yang berlaku di Malaysia banyak mengambil hukum yang ditegakkan oleh ajaran Islam. Jadi, di Malaysia, hukuman populer untuk pelanggaran hukum yang serius termasuk rajam, cambuk, dan gantung. Hukum berlaku bagi siapa saja yang melanggar kedaulatan pemerintah Malaysia.

Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk

Populasi Myanmar adalah 52,1 juta pada tahun 2015, tumbuh sebesar -0,1 persen per tahun. Secara etnis, Myanmar terdiri dari beberapa kelompok etnis. Orang Tibet Burma adalah mayoritas, terhitung 72 persen dari total populasi Myanmar.

Etnis lainnya adalah Shan (9 persen), Karen (7 persen), Tionghoa (3 persen), dan India (2 persen). Komunikasi sehari-hari menggunakan bahasa resmi, yaitu Burma.

Sementara itu, mayoritas warga Myanmar (85 persen) yakin akan menerima anggaran tersebut. Oleh karena itu, terdapat banyak kuil Buddha di Myanmar. Agama lain yang diterima oleh orang-orang di Myanmar adalah Kristen, Islam, Hindu, kepercayaan suku, dll.

Populasi Vietnam pada tahun 2015 adalah 91,7 juta. Secara etnis, Vietnam adalah negara homogen di Asia Tenggara. 90 persen penduduknya adalah orang Vietnam.

Perbadanan Perusahaan Kecil Dan Sederhana Malaysia

Memang banyak etnis minoritas di Vietnam, namun tidak sebanyak di negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Sekitar 85 persen dari 7 juta etnis minoritas Vietnam tinggal di wilayahnya. Habitat mereka biasanya pegunungan Vietnam.

Etnis minoritas terbesar di Vietnam adalah Thailand dan Hung. Pada saat yang sama, ada sekitar satu juta orang Tionghoa kelas 6 yang tinggal di pusat perkotaan Vietnam Selatan. Kali ini kita akan membahas karakteristik geografis dan sosial budaya negara-negara ASEAN. Kali ini akan dibahas perbedaan alam antara wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur, situasi ekonomi Singapura, alasan menyebut Thailand sebagai sawahnya Asia, serta kondisi demografis dan sosial di Filipina. Menjelaskan apakah ciri-ciri geografis suatu wilayah dapat mempengaruhi kehidupan sosial budaya masyarakatnya. Karakteristik geografis dan sosial budaya negara-negara ASEAN

Kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya dipengaruhi oleh lingkungan alamnya. Contohnya adalah Sungai Mekong yang mengalir melalui Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Masyarakat di sekitar Sungai Mekong bergantung pada Sungai Mekong untuk pertanian, transportasi, dan perikanan. Fitur geografis Malaysia

Di Tengah Lingkaran, Kamu Dapat Menuliskan Persamaan Karakteristrikyang Dimiliki Oleh Kedua Negara

Wilayah Malaysia Barat terletak di Semenanjung Malaka dan terdiri dari 11 negara bagian. Daerah ini memiliki bentuk alami pegunungan, yaitu Gunung Darat dengan ketinggian 2.190 meter di atas permukaan laut. Wilayah Malaysia Timur terletak di bagian utara pulau Kalimantan, yang meliputi dua negara bagian Sarawak dan Sabah. Daerah ini juga memiliki gunung yang disebut Gunung Kinabalu. Distribusi penduduk di Malaysia Barat lebih banyak daripada Malaysia Timur. Penduduknya meliputi orang Melayu, Cina, India, Eropa, dan Asia.

Baca Juga  Shalat Idul Fitri Berapa Rakaat

Kegiatan ekonomi masyarakat umumnya di bidang pertanian, hortikultura, perdagangan dan industri. Produk pertambangan Malaysia termasuk minyak, bijih besi, gas alam dan timah. Malaysia adalah penghasil timah terbesar di dunia. Fitur geografis Singapura

Wilayah Singapura terdiri dari beberapa pulau. Wilayah barat terdiri dari perbukitan seperti Bukit Timah, Bukit Tumbak dan Bukit Mandhai. Bukit Hill adalah titik tertinggi di Singapura.

Singapura adalah salah satu negara terpadat di dunia. Sebagian besar penduduknya adalah Tionghoa dan sisanya Melayu dan India. Agama yang dipraktikkan oleh orang Singapura termasuk Budha, Hindu, Kristen dan Islam. Fitur geografis Thailand

Solution: Project Ips Kelas 8 Presentasi Asean

Thailand memiliki tanah yang subur karena dialiri oleh Sungai Chao Phraya. Memiliki pegunungan dengan puncak tertingginya, Gunung Ethanon, yaitu 2.694 meter di atas permukaan laut. Mayoritas penduduk Thailand adalah orang Thailand, dengan sisanya adalah Tionghoa dan Melayu. Thailand merupakan gudang beras atau penghasil beras terbesar di Asia Tenggara. Fitur Geografis Filipina

Filipina merupakan negara dengan pulau terbesar seperti pulau Luzon dan pulau Mindanao. Ada banyak gunung di wilayah ini, termasuk Lingkar Pasifik.

Mayoritas penduduknya adalah Melayu dan sisanya berasal dari Cina dan Spanyol. Orang-orang terlibat dalam pertanian, pertambangan dan industri. Filipina menghasilkan mineral berupa kobalt, tembaga, emas, bijih besi, dan minyak bumi. LATIHAN PERTANYAAN Karakteristik geografis dan sosial budaya negara-negara ASEAN dan pembahasannya 1. Apa perbedaan kondisi alam di Malaysia Barat dan Malaysia Timur?

Pembahasan: Wilayah Malaysia Barat di Semenanjung Malaka terdiri dari 11 negara bagian. Daerah ini memiliki bentuk alami pegunungan, yaitu Gunung Darat dengan ketinggian 2.190 meter di atas permukaan laut. Wilayah Malaysia Timur terletak di bagian utara pulau Kalimantan, yang meliputi dua negara bagian Sarawak dan Sabah. Daerah ini juga memiliki gunung yang disebut Gunung Kinabalu. 2. Bagaimana perekonomian Singapura?

Persamaan Indonesia Dan Malaysia Yang Dianggap Sebagai Negara Serumpun

Pembahasan: Perekonomian Singapura merupakan yang paling maju di antara negara-negara ASEAN. Karena selain memiliki letak geografis yang strategis, mayoritas penduduknya bekerja di sektor perdagangan, industri, dan jasa. 3. Mengapa Thailand disebut sebagai Rice Bowl Asia?

Pembahasan: Thailand merupakan penghasil beras terbesar di Asia Tenggara dan Asia. 4. Bagaimana status sosial masyarakat di Filipina?

Pembahasan: Mayoritas penduduk Filipina adalah suku Melayu dan sisanya keturunan Tionghoa dan Spanyol. Orang-orang terlibat dalam pertanian, pertambangan dan industri. 5. Apa ciri-ciri geografis suatu daerah?

Karakteristik negara jepang, karakteristik negara maju dan berkembang, karakteristik negara singapura, karakteristik negara laos, karakteristik administrasi negara, karakteristik malaysia, karakteristik negara sedang berkembang, karakteristik negara inggris, karakteristik negara jerman, karakteristik negara thailand, karakteristik negara, karakteristik negara kesatuan republik indonesia