Karakteristik Negara Singapura – Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah lain, salah satunya adalah Asia Tenggara. Ada sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara. Dalam konteks ini, ada negara terkecil di Asia Tenggara yaitu Singapura.

Negara-negara Asia Tenggara antara lain Indonesia, Thailand, Myanmar, Singapura, Laos, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Timur. Kesepuluh negara ini mempunyai wilayah dan ciri khasnya masing-masing.

Karakteristik Negara Singapura

Keistimewaan Singapura adalah negara terkecilnya. Simak ulasannya di bawah ini untuk memahami negara terkecil di Asia Tenggara, Singapura.

Karakteristik Negara Anggota Asean Worksheet

Singapura adalah negara yang terletak di Semenanjung Malaya. Singapura terletak sekitar 85 mil atau 137 km sebelah utara garis khatulistiwa.

Pulau Singapura sangatlah kecil, ditemani 60 pulau kecil lainnya. Pulau utama dipisahkan oleh Selat Johor yang dilintasi jalur kereta api sepanjang setengah mil. Singapura, sebagai negara terkecil di Asia Tenggara, merupakan negara dengan pelabuhan terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, pelabuhan ini merupakan pelabuhan tersibuk di dunia.

Ketinggian tanah di negara terkecil di Asia Tenggara ini kurang dari 50 kaki atau 15 meter di atas permukaan laut. Bukit Timah, puncak tertingginya, hanya setinggi 531 kaki atau 162 meter.

Di sebelah barat dan selatan terdapat lereng terjal dengan Gunung Faber. Bagian timur pulau ini merupakan dataran rendah yang dipotong menjadi pola perbukitan dan lembah yang agak bervariasi.

Ini Alasannya Kenapa Singapura Punya Anak Anak Tercerdas Di Dunia

Singapura terletak di daerah yang sering turun hujan. Iklimnya sangat dingin dan hujan terus berlanjut sepanjang tahun. Suhu rata-rata bulanan adalah sekitar 27°C hingga 25°C pada bulan Januari. Oleh karena itu, Singapura lebih basah dan lebih sejuk. Musim di Singapura ditentukan oleh curah hujan. Periode paling berangin adalah dari bulan November hingga Maret.

Baca Juga  Dimana Kita Dapat Menemukan Gambar Cerita

Fauna dan flora yang dapat bertahan hidup di Singapura adalah reptil seperti kadal, ular kobra, kera ekor panjang, kukang, dan trenggiling. Selain itu, ada burung seperti burung myna India, layang-layang Brahman, dan burung walet rumah.

Masyarakat yang tinggal di negara terkecil di Asia Tenggara ini adalah orang Tionghoa, Malaysia, India, dan lain-lain. Sebanyak 74,3% adalah Tionghoa, 3,2% India, 13,5% Melayu, dan 9,0% berasal dari kelompok etnis lain.

Berdasarkan data di atas, jumlah penduduk Singapura cukup beragam. Hal ini disebabkan banyaknya imigrasi di masa lalu. Tiongkok menguasai wilayah tersebut. Setelah itu, suku Melayu menjadi kelompok etnis terbesar kedua setelah India.

Negara Letak Bujur Letak Lintang Iklim Aktivitas Individu Ips Kelas 8 Halaman 6

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda dapat berhenti berlangganan buletin kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Icon negara singapura, keadaan alam negara singapura, karakteristik kondisi alam negara singapura, makalah tentang negara singapura, peta negara singapura, bentang alam negara singapura, ikon negara singapura, fakta unik negara singapura, karakteristik orang singapura, karakteristik wisatawan singapura, domain negara singapura, karakteristik singapura