Kegiatan Menghasilkan Atau Menambah Nilai Guna Suatu Barang Disebut – 3. Faktor produksi alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan adalah faktor produksi alam.

4. Faktor-faktor produksi yang berupa seluruh kegiatan manusia, baik fisik maupun mental, yang diperuntukkan bagi proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa, serta manfaat dari barang tersebut merupakan faktor-faktor produksi.

Kegiatan Menghasilkan Atau Menambah Nilai Guna Suatu Barang Disebut

6. Sektor produksi yang mengumpulkan sumber daya alam yang tersedia tanpa mengubah sifatnya adalah sektor ekstraktif.

Berita Produksi Hari Ini

9. Kegiatan mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa atau menggunakannya baik sekaligus maupun sedikit demi sedikit untuk memenuhi kebutuhan adalah konsumsi.

10. Benda mempunyai nilai guna yang lebih tinggi jika dipindahkan pada tempatnya, yaitu nilai guna tempat tersebut.

Produksi adalah suatu proses pengubahan bahan mentah yang tidak bernilai menjadi produk jadi yang mempunyai nilai atau memberi nilai tambah terhadap kegunaan/kemanfaatan produk, barang dan jasa sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Proses produksi mempunyai tugas menciptakan nilai guna barang. Jika diproduksi, bahan mentah yang tidak memiliki nilai guna menjadi barang yang bernilai guna tinggi.

Kegiatan Menghasilkan Atau Menambah Nilai Guna Sua

Tugas proses produksi adalah menambahkan nilai guna pada suatu benda yang sebelumnya mempunyai kegunaan tertentu, sehingga menjadi lebih bernilai guna. Menghapus tindakan objek asli untuk membuat tindakan baru.

Tujuan produksi adalah kegiatan produksi yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan darinya. Tujuan-tujuan ini adalah:

Produsen melakukan kegiatan di bidang manufaktur untuk menghasilkan produk atau memberi nilai tambah pada suatu produk agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara memadai.

Setelah produk diproduksi dan didistribusikan ke masyarakat melalui proses jual beli, maka produsen pasti ingin memperoleh keuntungan dari produk tersebut.

Kegiatan Ekonomi Produksi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Dan Faktor Yang Memengaruhi, Materi Ips

Faktor produksi alami (NDA) adalah segala sesuatu yang tersedia di alam yang dapat digunakan manusia untuk mencapai kekayaan.

Faktor Kerja (SDM) adalah kemampuan atau usaha fisik atau mental seseorang untuk meningkatkan penggunaan suatu barang.

Faktor produksi tenaga kerja dibedakan menjadi tiga, yaitu tenaga kerja terampil, tenaga kerja terampil, dan tenaga kerja tidak terampil atau tidak terampil.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar Cerita

Sumber daya modal adalah alat atau barang yang diproduksi untuk digunakan sebagai alat produksi barang. Barang-barang tersebut tidak dibeli oleh konsumen tetapi oleh produsen.

Pages 1 7

Keahlian merupakan faktor terpenting dalam pelaksanaan proses produksi. Keahlian bertujuan untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan faktor-faktor produksi agar dapat menghasilkan barang dan jasa yang bermutu tinggi.

Pertanyaan baru dalam ilmu sosial: Gerhana bulan memiliki lebih banyak faseā€¦ dibandingkan dengan gerhana matahari. Bagaimana situasi sosial budaya negara-negara yang mempunyai destinasi wisata seperti pada gambar? Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor berikut yang mempengaruhi sistem pertanian di indonesia 5. Berikut ini yang bukan merupakan faktor penentu keberhasilan pemberdayaan masyarakat… A. kerja kerasB. kerjasamaC. akankah D. keegoisan masyarakat adat istiadat, hari raya, keterampilan dan kemampuan serta kerajinan tradisional barat di jawa 1. Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi 2. Kegiatan ekonomi berdasarkan motif dan asas ekonomi 3. Konsumsi 4. Produksi 5. Distribusi 6. Badan usaha dan unit usaha 7. Ide-ide kreatif di bidang perekonomian 8 Kebutuhan dan kekurangan sumber daya 9. Pelaku perekonomian: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan negara

3 10. Pasar 11. Pajak 12. Permintaan, penawaran dan harga pasar 13. Sistem perekonomian 14. Uang 15. Lembaga keuangan 16. Perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia. 17. Kerjasama antar negara di bidang perekonomian

Manusia sebagai makhluk homososial atau sosial bergantung pada manusia lainnya. Orang-orang sebagai homososialis adalah orang-orang yang tindakan-tindakannya dalam kehidupan lebih mempunyai makna sosial dibandingkan tindakan individu.

Pdf_20220902_115233_0000 Pages 1 6

Secara individu, manusia mempunyai 3 naluri yaitu : 1. Naluri untuk mempertahankan kehidupan 2. Naluri untuk memelihara keturunan 3. Naluri untuk ingin mengetahui dan mencari kesenangan Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial adalah : Manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan membutuhkan orang lain. /tergantung pada orang lain Naluri selalu hidup bersama orang lain

Anda memiliki keinginan yang berbeda. Anda memiliki jumlah keinginan yang tidak terbatas. Pemikiran rasional. Manusia mempunyai sifat tidak pernah puas

Masyarakat harus memadukan peran mereka sebagai makhluk sosial dan ekonomi. Manusia tidak bisa hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain, karena ia akan mendapat penolakan dari orang lain jika tidak mau peduli dengan orang lain.

Motif ekonomi adalah tujuan seseorang melakukan kegiatan ekonomi yang selalu memperhitungkan untung dan rugi, yaitu segala keinginan yang mendorong orang melakukan kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhannya. Asas ekonomi merupakan pedoman pelaksanaan tindakan ekonomi yang memuat asas bahwa dengan pengorbanan tertentu akan tercapai hasil yang sebesar-besarnya atau dengan pengorbanan sekecil apa pun kita memperoleh hasil tertentu.

Kegiatan Pokok Ekonomi

Konsumsi. Dalam kegiatan konsumen, penerapan prinsip ekonomi berpedoman pada keinginan untuk memperoleh kepuasan sebesar-besarnya atas barang dan jasa yang digunakan. Produksi Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi didorong oleh keinginan untuk menghasilkan barang atau jasa sebanyak-banyaknya dari sumber daya yang digunakan. Perdagangan Penerapan prinsip ekonomi dalam perdagangan didorong oleh keinginan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dari pembelian dan penjualan barang-barang manufaktur.

Baca Juga  Keterangan Berikut Ini Yang Tepat Dengan Pengertian Karawitan Adalah

14 Tujuan asas ekonomi : – hidup hemat – tidak menghabiskan uang – setiap tindakan mendatangkan keuntungan sehingga setiap tindakan selalu penuh perhitungan

Contoh tindakan berdasarkan prinsip ekonomi: 1. Ibu selalu pergi ke toko. 2. Siswa membeli buku di koperasi sekolah karena harganya lebih murah 3. Selalu menghemat uang jajan 4. Menggunakan air, listrik, dan telepon hanya jika diperlukan 5. Jalan kaki ke sekolah (jika jarak rumah tidak terlalu jauh)

16 Macam-macam Asas Ekonomi Pada dasarnya prinsip ekonomi dapat diterapkan oleh siapa saja dan dalam keadaan apa pun, namun secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis: 1. Prinsip produsen 2. Prinsip pedagang 3. Prinsip konsumen

Pendalaman Materi Osn Ekonomi Ips

17 Prinsip produsen: – menghasilkan barang yang dibutuhkan masyarakat – menghasilkan barang yang berkualitas – menghasilkan barang dengan biaya yang relatif rendah – mempunyai karyawan yang berkualitas dan terdidik – memperhatikan selera masyarakat dengan menciptakan model-model baru

18 2. Prinsip Pedagang/Penjual/Distributor Jual Beli Barang Yang Dibutuhkan Masyarakat Jual Beli Barang Yang Kualitasnya Baik Membeli Barang Dengan Harga Yang Relatif Murah Dan Menjualnya Kembali Dengan Harga Yang Tidak Terlalu Mahal Tetapi Menguntungkan Memberikan Pelayanan Yang Baik Kepada Konsumen/ pelanggan Menjual barang dengan harga murah namun menguntungkan dengan harga tertentu

19 3. Prinsip Konsumen – Belilah barang yang dianggap penting/mendesak Belilah barang yang berkualitas/mendesak Saat berbelanja usahakan mendapat harga murah Tawarkan harga serendah mungkin Hitung jumlah uang Anda Hidup hemat dan jangan boros

21 2. Kegiatan konsumen yaitu : – Pemakaian/pemanfaatan/penikmatan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan Akibat kegiatan konsumsi atas barang yang dikonsumsi : – Penyusutan nilai – Barang sudah terpakai seluruhnya. Orang yang melakukan aktivitas konsumen disebut konsumen

Produksi, Distribusi, Dan Konsumsi: Pilar Ekonomi

Contoh kegiatan konsumsi: 1. Saya menulis dengan pulpen 2. Saya memakai baju, celana, dasi, tas, kacamata 3. Saya makan nasi, sayur, buah, dan lain-lain. 4. Saya minum es, susu, kopi, teh, dll. 5 Belilah buku, sate, baju, kue, kabut, dll. 6. Bayar listrik, pompa, sewa 7. Mengendarai mobil, sepeda, motor, taksi

Apabila tingkat pendapatan meningkat maka konsumsi juga meningkat, namun dengan proporsi yang lebih kecil dibandingkan dengan peningkatan pendapatan itu sendiri, karena keinginan untuk mengkonsumsi (Marginal propensity to consume = MPC) lebih kecil atau kurang dari satu).

Baca Juga  Posisi Terbaik Pada Saat Melakukan Roll Depan Adalah

Apabila pemuasan terhadap suatu kebutuhan suatu jenis barang tertentu dilakukan secara terus-menerus, maka pada mulanya perasaan puas itu tinggi, namun lama kelamaan kepuasan itu menurun hingga akhirnya mencapai titik jenuh. (kepuasan menurun) Hukum Gossen II Konsumen membelanjakan uangnya sedemikian rupa sehingga nilai utilitas marjinal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi adalah sama (kepuasan tetap sama) Hukum Engels Semakin rendah pendapatan seseorang, semakin besar bagian pendapatannya. digunakan untuk konsumsi, begitu pula sebaliknya Semakin tinggi pendapatan maka semakin kecil bagian pendapatan tersebut digunakan untuk konsumsi.

30 Nilai utilitas total Jumlah seluruh kenikmatan yang diperoleh dengan mengonsumsi sejumlah barang tertentu. Nilai utilitas marjinal (marginal utility value) Suatu peningkatan atau penurunan kepuasan akibat peningkatan atau penurunan penggunaan satu unit barang tertentu.

Materi Kuliah Pengantar Bisnis

32 Kegiatan produksi meliputi : – Kegiatan yang menghasilkan barang/jasa – Kegiatan yang dapat meningkatkan nilai/kegunaan/manfaat suatu benda – Kegiatan yang dapat menghasilkan barang/jasa dan meningkatkan manfaat/nilai suatu benda dalam rangka memenuhi kebutuhan. kegiatan produksi disebut produsen

Contoh kegiatan produksi: 1. Petani menanam padi 2. Nelayan mencari ikan 3. Pak Badri mengajar 4. Ibu memasak nasi 5. Pabrik sepatu membuat sepatu Contoh lain: 6. Tukang sepeda memperbaiki sepeda 7. Pak . menyapu halaman 8 Kakak mengecat tembok

34 Produksi adalah pengubahan atau pengubahan faktor-faktor produksi menjadi barang-barang produksi atau proses mengubah masukan menjadi keluaran. Fungsi produksi merupakan fungsi persamaan yang menunjukkan hubungan antara tingkat produksi dengan kombinasi penggunaan input, sehingga fungsi produksi secara matematis dapat dilihat sebagai:

36 Dimana MP = produk marjinal AP = produk rata-rata TP = total output K = jumlah faktor produksi (input) = perubahan total produk = perubahan jumlah faktor produksi (input)

Jenis Jenis Kegiatan Produksi Dan Tujuannya Yang Perlu Diketahui

Nilai guna bentuk (Form Utility) Mengubah wujud barang sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai ekonomi Nilai guna waktu/(time utility) Kegiatan produksi yang menggunakan waktu tertentu. Contoh: Bulog membeli beras pada saat panen raya dan menjualnya kembali pada saat masyarakat membutuhkan. Contoh kegunaan tempat: mengangkut pasir dari tempat yang banyak pasirnya ke tempat yang membutuhkan pasir. Nilai dalam penggunaan modal (proprietary benefit) Kegiatan produksi dimana modal sendiri digunakan untuk mengelola orang lain dan mengambil keuntungan dari hasilnya Nilai penggunaan jasa (utility benefit) Contoh: Pengemudi Wina, pekerja

42 3. Kegiatan Distribusi, yang meliputi : – Kegiatan pendistribusian barang/jasa dari produsen (producer) ke konsumen (user) – Kegiatan

Kegiatan suatu negara untuk mendatangkan barang dari luar negeri disebut a impor b ekspor c importir d eksportir, kegiatan usaha yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa disebut, kegiatan menghasilkan barang dan jasa, kegiatan menyalurkan barang disebut, kegiatan ekspor suatu negara dapat menambah, iklan yang menawarkan suatu barang atau jasa disebut, kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang yaitu, kegiatan mengirim barang keluar negeri disebut, kegiatan menambah barang disebut dengan, kegiatan menjual barang ke luar negeri disebut, iklan yang bertujuan menawarkan suatu barang atau jasa disebut iklan, kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa