Langkah Awal Dalam Membuat Kesimpulan Isi Bacaan Adalah – Cara Menyimpulkan yang Benar dan Baik – Bagi mereka yang saat ini berkecimpung di dunia pendidikan, kata penutup akan dikenal di setiap surat kabar yang mereka tulis. Apakah itu surat kabar, artikel ilmiah, artikel ilmiah, disertasi, dll, keberadaannya penting karena fungsinya yang vital. Namun, banyak juga orang yang tidak mengetahui cara menarik kesimpulan sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga terkadang hasil karya yang kita tulis benar-benar menimbulkan banyak pertanyaan di bagian kesimpulan karena kita tidak tahu caranya. Pada bagian inilah penulis harus menyatakan sifat dari apa yang telah dihasilkannya sehingga menambah pemahaman bagi siapa pun yang melihatnya.

Kesimpulan yang kami tulis di akhir artikel menjelaskan keseluruhan atau sifat dari suatu ide atau penelitian. Bagian ini akan sering menarik perhatian pembaca karena berisi pembahasan akhir yang berguna untuk menambah pengetahuan mereka. Seorang penulis harus memperhatikan bagian ini, tidak hanya fokus mengutamakan pendahuluan atau pendahuluan dan tubuh. Sebelum kita mengetahui cara menarik kesimpulan yang baik dan benar, kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan kesimpulan?

Langkah Awal Dalam Membuat Kesimpulan Isi Bacaan Adalah

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kesimpulan adalah keputusan yang diambil dari pemikiran baik secara deduktif maupun induktif dari suatu gagasan atau pembahasan. Definisi umum kesimpulan adalah pernyataan singkat yang diambil dari analisis, pembahasan cerita, atau hasil percakapan. Kesimpulan adalah bagian terpenting dari sebuah karya karena berisi semua pendapat yang dibahas secara ringkas, jelas dan padat, meninggalkan kesan yang baik bagi pembaca. Dengan ini, pembaca akan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang dibacanya yang dapat ditemukan di bagian akhir.

Narasi Pembela Ham Berbasis Korban

Banyak penulis yang kesulitan mengambil kesimpulan, mereka sering kesulitan memutuskan atau memilih sesuatu yang menarik untuk diklimaks. Apalagi jika hasil dari makalah adalah penelitian, kesimpulannya dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di bagian pertama penelitian. Biasanya satu atau dua paragraf sudah cukup untuk memberikan gambaran umum temuan penelitian seperti saat menulis skripsi. Namun untuk beberapa hasil, dibutuhkan lebih dari dua paragraf untuk menjelaskan bagaimana hasil akhir akan dijelaskan. Jadi cara menarik kesimpulan adalah bagian integral dari menjadi seorang penulis.

Baca Juga  Judul Novel Munggaraan Medal Dina Kahirupan Satra Sunda Nya éta

Cara mendefinisikan suatu kesimpulan tidak terlalu sulit ditemukan karena terdapat beberapa ciri yang sebagian bersifat deskriptif. Untuk mengetahui cara membuat kalimat penutup, Anda harus terlebih dahulu memahami ciri-ciri kalimat penutup. Ciri-ciri kesimpulan adalah sebagai berikut.

Ciri pertama adalah kesimpulan harus sederhana, singkat dan jelas. Di dalamnya, merangkum beberapa pendapat atau pernyataan yang telah disampaikan sebelumnya di batang tubuh. Penting untuk tidak menonjolkan ide-ide baru yang belum dikomunikasikan pada bagian sebelumnya, agar tidak menimbulkan kesan multitafsir.

Dalam sebuah teks pasti terdapat informasi atau pesan yang perlu disampaikan untuk menambah pengetahuan bagi khalayaknya. Begitu juga dengan kesimpulan, harus mengandung beberapa informasi atau pesan kepada pembaca.

Simpulan Adalah Hasil Dari Pembicaraan, Kenali Ciri Ciri Dan Cara Membuatnya

Rangkuman adalah rangkuman yang isinya mirip dengan apa yang telah dijelaskan, tetapi menggunakan bahasa yang dikembangkan sendiri. Meskipun singkat, bagian mana pun tidak boleh dikosongkan karena kesimpulan harus mencakup keseluruhan isi teks atau bacaan.

Makna yang khusus menjadi umum, yaitu merujuk pada hal-hal yang khusus dari suatu konsep dalam suatu kalimat penjelas. Kemudian, di akhir kalimat, susunlah kalimat yang mencakup semua fitur dalam kalimat umum.

Kesimpulan harus mengandung kosa kata baku, menghindari penggunaan frasa yang berada di luar panduan ejaan bahasa Indonesia. Jangan gunakan istilah yang tidak diketahui kebanyakan orang karena akan menimbulkan pertanyaan kontekstual yang mungkin tidak disertakan dalam kesimpulan.

Kesimpulan mungkin berada di akhir kalimat, tetapi biasanya berhubungan dengan kalimat utama dalam paragraf. Untuk menentukan inti, hubungkan kalimat utama dengan kalimat terakhir paragraf untuk membentuk kesimpulan.

Teks Prosedur: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis, Struktur & Contohnya

Hubungan sebab-akibat dalam bacaan dapat menjadi kunci untuk menarik kesimpulan dari bacaan tersebut. Ketika Anda mengetahui hubungan sebab-akibat yang ada di dalamnya, Anda seharusnya tidak mengalami kesulitan untuk sampai ke inti masalah yang sedang Anda bicarakan.

Kesimpulan harus dibangun di atas gagasan utama di setiap paragraf. Selain itu, istilah-istilah dalam caption juga harus dicantumkan agar dapat mencakup isi keseluruhan bagian dalam satu kesatuan yang utuh. Penulis dapat menggunakan teknik parafrase atau menggunakan kalimat sendiri asalkan maknanya tidak berubah.

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan pedoman dalam penulisan kesimpulan di akhir artikel. Panduan penarikan kesimpulan dapat dilihat melalui penjelasan di bawah ini.

Yang pertama adalah memahami dengan benar apa yang ditulis dengan membaca kembali isi teks untuk dengan mudah menarik kesimpulan. Jika pembaca tidak memahami isinya, penulis harus membaca ulang sampai benar-benar paham.

Baca Juga  Jalan Dan Lari Merupakan Gerak Dasar Olahraga

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gempa Di Sekolah?

Menemukan ide pokok dalam teks atau artikel yang telah disusun dalam bentuk ide atau ide pokok merupakan fokus artikel. Hal ini berguna agar peneliti dapat menginterpretasikan kesimpulan dari artikel dan pesan yang akan disampaikan kepada para pembaca.

Kesimpulan pada dasarnya berisi kalimat-kalimat yang sama dengan apa yang dikemukakan di awal. Namun pada bagian ini tulisan disajikan dalam bahasa lain, bukan hasil menyalin apa yang tertulis. Hindari menulis ulang dengan pembahasan sebelumnya menggunakan bahasa yang dikembangkan atau diparafrasakan dengan tetap mengkomunikasikan topik utama artikel.

Bagi seorang penulis, ada banyak teknik yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengambil kesimpulan dari hasil tulisannya. Metode yang dapat digunakan sebagai cara untuk menarik kesimpulan adalah sebagai berikut.

Menurut asal katanya, metode deduktif adalah suatu cara untuk menarik kesimpulan dengan menjelaskan masalah terlebih dahulu kemudian memberikan ringkasan dari apa yang diuraikan. Langkah selanjutnya adalah menggabungkan data atau fakta yang diperoleh dengan inti permasalahan untuk mendapatkan gambaran umum. Kemudian, jelaskan makna dan konsekuensi dari kesimpulan tersebut baik secara teoritis maupun praktis sehingga dapat melibatkan pembaca untuk mengeksplorasinya juga. Sehingga hasil tulisan kita dapat berkontribusi untuk dikembangkan oleh orang lain menjadi hasil tulisan yang lebih menarik lagi.

Cara Menulis Abstrak Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Dan Paper

Metode ini dilakukan dengan cara memberikan pendapat, pandangan atau mengomunikasikan topik penelitian sehingga menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Metode ini banyak digunakan dalam membuat kesimpulan ilmiah seperti penulisan tesis atau penelitian tertentu.

Dari asal katanya, korelasi artinya hubungan artinya menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya sehingga menjadi lebih padu dalam suatu penelitian. Langkah pertama adalah mendeskripsikan topik yang dibahas pada bagian awal dan mencari hubungan sebab akibat yang terjadi diantara keduanya. Metode ini digunakan untuk tujuan memvalidasi ide-ide di bagian sebelumnya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pada saat menulis kesimpulan, penulis diperbolehkan untuk menuliskan pendapat pribadi tentang temuan atau fakta yang diperoleh penulis. Namun perlu diingat bahwa opini harus memperkuat data yang ada agar tidak melahirkan konsep baru yang berbeda dengan sebelumnya. Dalam beberapa artikel ilmiah, bagian akhir ini dapat disusun berdasarkan data penelitian atau sejumlah referensi. Menghindari pendapat yang menyimpang dari isi pembahasan mengurangi bobot artikel dan tidak dapat dijadikan sebagai acuan bagi pembaca.

Baca Juga  Menerima Dan Mempertimbangkan Pendapat Sesama Anggota Keluarga

Dalam sebuah penelitian, tidak jarang peneliti menemukan beberapa hal yang menghambat penelitiannya berjalan maksimal seperti yang diharapkan sebelumnya. Ini sering ditemukan dalam penelitian yang disebut keterbatasan. Beberapa keterbatasan membuat penelitian menjadi tidak maksimal seperti penerapan teori yang kurang tepat, metode penelitian yang kurang tepat, dll. Peneliti harus menulis batasan yang dia temukan selama penelitian di bagian kesimpulan untuk dijadikan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan menyelidiki masalah serupa. Tujuannya tentu saja satu, untuk dapat mengembangkan lebih jauh atau mungkin lebih memperluas hasil penelitian dibandingkan temuan sebelumnya.

Kak Tolong Jawab Pliss(ू˃︿˂ ू)​

Hasil akhir dari karya seorang penulis adalah pembaca, karena mereka akan menikmati apa yang telah ditulis, bukan diri mereka sendiri. Hasil artikel bukan media seperti di diary, jadi pikirkan apa yang bisa dilakukan pembaca setelah membaca kesimpulan. Tempatkan diri Anda pada posisi pembaca sehingga Anda dapat mengemukakan poin yang dapat memotivasi Anda untuk membaca keseluruhan teks.

Cara menarik kesimpulan yang tepat bagi penulis diperlukan karena masih ada beberapa kesalahan dalam menarik kesimpulan yang dialami banyak orang. Beberapa kesalahan yang masih penulis lakukan adalah sebagai berikut.

Penggunaan bahasa yang tidak ringkas dan terkesan panjang akan menghalangi akhir artikel untuk menyajikan gambaran keseluruhan yang jelas. Hal inilah yang akan membuat penonton bertanya-tanya apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Pada akhirnya, minat orang untuk membacanya berkurang karena mereka tidak dapat menangkap maksud yang dipaparkan oleh penulis.

Kesalahan kedua penulis adalah sering memperkenalkan ide-ide baru di luar hasil tulisan di badan. Jika Anda ingin menjelaskan ide-ide baru secara tertulis, sebaiknya buat satu atau dua paragraf berdasarkan konten. Kekeliruan semacam itu akan sering membuat pembaca merasa bingung dalam menentukan sifat setelah membaca kesimpulan.

Pengertian, Cara Membuat Dan Contoh Kesimpulan [step By Step]

Sebagian orang masih terpaku pada penggunaan data, terutama hasil penelitian tesis yang menyajikan hasil statistik di bagian akhir makalahnya. Hasil pengolahan data sebaiknya tidak disajikan dalam kesimpulan, karena sudah ada di dalam tubuh. Akan lebih baik jika kesimpulan di bagian akhir berisi ringkasan dari keseluruhan isi seperti yang dikemukakan pada paragraf sebelumnya.

Berikut adalah contoh cara menarik kesimpulan berdasarkan aturan yang dijelaskan dalam artikel ini untuk memberikan gambaran yang lebih jelas. Contohnya dapat dilihat pada kasus berikut.

“Berdasarkan hasil penelitian beberapa peneliti, ditemukan bahwa virus corona merupakan penyakit baru yang tergolong sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit yang parah. Bahkan bagi penderita penyakit bawaan (komorbiditas) dan paparan virus pun akan memperparah penyakitnya. kondisi dan menjadi penyebab kematian

Langkah awal membuat aquascape, langkah awal membuat skripsi, langkah awal membuat usaha, langkah awal membuat blog, langkah awal membuat novel, langkah awal untuk membuat backup data adalah, langkah awal membuat website, langkah awal membuat youtube, langkah awal membuat perusahaan, langkah awal membuat aplikasi, langkah awal membuat bisnis, langkah langkah membuat kesimpulan