Langkah Ingsutan Menggunakan Tumpuan – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

80 Buku Siswa Kelas IV SD/MI b. Pre-Standing Apa itu perilaku post-standing? Perhatikan Gambar 4.8. Latihlah sikap ini dengan teman-teman Anda. Lihatlah gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan komentar Anda dengan hormat kepada teman dan guru. Sumber: R.Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.9 Perilaku Mundur Berdiri mundur adalah posisi dengan satu kaki ke depan dan satu kaki ke belakang. Kaki belakang menopang berat tubuh. Posisi kaki depan lurus. Posisi ludah kaki belakang membentuk sudut ± 60°. C. Posisi tengah Amati perilaku posisi tengah seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.10. Dengan teman-teman Anda, berlatihlah berdiri di tengah. Lihatlah gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Beri tahu teman dan guru tentang apa yang Anda lihat. Jika Anda memiliki masalah, tanyakan kepada guru. Sumber: R.Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.10 Perilaku rata-rata posisi

Langkah Ingsutan Menggunakan Tumpuan

Kegiatan Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 81 Bagaimana cara menjaga postur tubuh yang seimbang? Pertama-tama, berdirilah dalam posisi lurus, dan rentangkan kaki ke samping. Tekuk kedua kaki. Berat badan ditopang sama rata oleh kedua kaki. D. Kuda Samping Bagaimana perilaku kuda samping? Perhatikan perilaku lateral seperti pada Gambar 4.11. Dari gambar terlihat posisi kedua kakinya melebar. Badan dan berat badan ditopang oleh satu kaki yang ditekuk. Sumber: R.Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.11 Sikap Jurus Samping Gambar ini merupakan bahasan dari jurus pencak silat. Untuk meningkatkan keterampilan Anda, lakukan kegiatan berikut. Dia belajar berdiri di pencak silat. Dengan seorang teman, lakukan pose depan, pose condong ke depan, pose belakang, pose tengah, dan pose samping. Lakukan pekerjaan ini dengan cara yang sopan dan jujur. Lihatlah gerakan teman Anda dan bandingkan dengan gerakan Anda. Jelaskan komentar Anda dengan hormat kepada teman dan guru. 2. Post Attitude Nonlocomotor Sikap wavelike adalah sikap siap menghadapi lawan untuk melancarkan atau membalas serangan. Sikap bergelombang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan gerakan dasar Pencak Silat. Bagaimana sikap dalam pencak silat?

Pola Langkah Dengan Membentuk Garis Lurus Dan Dimulai Dasar Salah Satu Kuda Kuda Disebut Pola

82 Buku Pedoman Siswa SD/MI Kelas IV Berdasarkan penggunaannya, gelombang terdiri dari gelombang terbuka dan gelombang tertutup. Perhatikan perilaku gelombang seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.12. Gambar tersebut menunjukkan perilaku gelombang terbuka dan tertutup. Latihlah sikap disiplin dan tanggung jawab ini bersama teman-teman Anda. SM Sumber: R.Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.12b Bagaimana medan gelombang terbuka dan tertutup terbuka dan tertutup? Di alam terbuka, posisi tangan dan lengan tidak melindungi tubuh. Kedua tangannya terbuka lebar. Area tubuh yang lemah terlihat. Langkah ini memicu serangan lawan. Kewaspadaan dan reaksi cepat diperlukan di stand pasang terbuka. Dalam posisi tertutup, posisi tangan dan lengan melindungi tubuh. Tangan diletakkan di bagian tubuh yang lemah. Tubuh sedikit membungkuk ke depan. Gerakan ini mengecilkan dan menutup bagian tubuh yang lemah. 3. Gerakan nonlokomotor Postur Apa itu postur? Sikap tegak dalam pencak silat meliputi 1 sikap tegak, 2 sikap tegak, 3 sikap tegak dan 4 sikap tegak. Perhatikan posisi vertikal seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.13.

Baca Juga  Contoh 3 Tindakan Yang Pernah Kamu Lakukan Di Lingkungan Masyarakat

Aktif Olahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 83 BCDE Sumber: R. Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.13 B Tegak 1, C Tegak 2, D Tegak 3, E Tegak 4 Dari Gambar 4.13, jelaskan cara melakukan tegak. Anda dapat menggunakan buku bacaan atau internet untuk mendukung analisis Anda. Ringkas apa yang telah Anda pelajari, dan jelaskan dengan sopan kepada guru. Gunakan ringkasan Anda sebagai sumber belajar. Pembentukan sikap sebagai dasar pembentukan gerak yang berkaitan dengan aspek jasmani dan rohani. Faktor fisiologis berhubungan dengan persiapan fisik untuk bergerak. Aspek spiritual berkaitan dengan persiapan mental dalam kegiatan pencak silat. Keterpaduan perilaku fisik dan mental sangat penting dalam melakukan keterampilan gerak yang efektif dan efisien. Membangun kepercayaan diri melalui Pencak Silat Pencak Silat merupakan warisan budaya bangsa yang memadukan banyak aspek pendidikan. Pencak Silat dapat digunakan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat dan kuat. Seni bela diri ini juga bisa dijadikan alat untuk melatih percaya diri dan kecerdasan anak. Dengan berlatih pencak silat tidak hanya aspek fisik tetapi juga mental dan spiritual dapat ditingkatkan. Padahal, pencak silat ditujukan untuk memberi manfaat bagi orang-orang yang memiliki sifat mulia, mengetahui benar dan salah, serta menjaga kebenaran dan keadilan.

84 Buku Pedoman Siswa Kelas IV SD/MI 4. Gerakan Dasar Non Lokomotor Pencak Silat Serangan adalah tindakan menyerang lawan dengan menggunakan lengan atau kaki. Serangan dapat dilakukan dengan pukulan (lengan) dan tendangan (kaki). Apa jenis serangan dalam pencak silat? A. Pukulan Pukulan dilakukan dengan kepalan tangan. Pukulan ke pukulan sangat penting. Pukulan dalam pencak silat dapat dilakukan dengan pukulan ke depan, pukulan bulat, pukulan samping dan sankol. Perhatikan gambar di bawah ini. B C D E Sumber : R. Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.14 Bagaimana cara memukul pukulan depan B, pukulan lingkaran C, pukulan samping D dan bobbin E seperti pada gambar 4.14? Diskusikan tanggung jawab dengan teman-teman Anda. Anda dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk mendukung hasil diskusi Anda. Catat hasil diskusi Anda, dan jelaskan dengan sopan kepada guru. Lakukan gerakan meninju pencak silat bersama teman-teman Anda. Lakukan pekerjaan ini dengan tekad dan tanggung jawab. Lihat gerakan teman Anda dan bandingkan dengan jujur ​​​​dengan milik Anda. Beri tahu teman dan guru tentang apa yang Anda lihat. Rasakan gerakan yang Anda lakukan. Apakah gerakan ini mudah atau sulit dilakukan?

Baca Juga  Contoh Iklan Internet

Olahraga Aktif – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 85 b. Lihat gambar-gambar di bawah ini untuk iseng. Bagaimana Anda menendangnya? Mengobrol dengan teman Anda. Catat hasil diskusi Anda dan jelaskan dengan sopan kepada guru. SM Sumber: R.Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.15 B Tendangan Langsung dan Knock C Tendangan langsung adalah tendangan sederhana. Tendangan langsung dimulai dengan pasangan mengangkat lutut setinggi target. Kemudian, terus luruskan kaki bagian bawah ke depan hingga benar-benar lurus. Bagaimana cara memindahkan tendangan “T”? Tendangan “T” dimulai dengan mengangkat lutut hingga sejajar. Selanjutnya, panggul diputar ke samping. Gerakan ini mengikuti gerakan telapak kaki yang berputar searah dengan arah tendangan. Latih tendangan lurus dan tendangan “T” dalam pencak silat. Bergiliran menendang dengan teman Anda. Ingat, perhatikan panduan dan langkah-langkah yang telah dibaca sebelumnya. Lakukan pekerjaan ini dengan cara yang sopan dan jujur. 5. Gerakan Dasar Pertahanan Non Lokomotor Dalam Pencak Silat Gerakan dasar pertahanan digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan. Jurus-jurus dasar pertahanan dalam pencak silat antara lain lari dan lari. Bagaimana cara melakukannya?

Buku Panduan B )

86 Buku Siswa Kelas IV SD/MI a. Melarikan diri Bagaimana Anda melarikan diri dari pencak silat? Dodge dilakukan untuk menghindari serangan tanpa bergerak. Perhatikan gambar di bawah ini. SM Sumber: R.Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.16 B menghadap C pada sisi pencak silat, masing-masing escape mempunyai cara yang berbeda. Diskusikan dengan teman Anda bagaimana melakukan berdampingan. Anda dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk mendukung hasil diskusi Anda. Mengembangkan sikap kerjasama (gotong rayong) dan saling menghargai dalam diskusi. Menjelaskan hasil diskusi dengan sopan kepada guru. B. Parry Parry adalah alat bertahan untuk menggagalkan serangan lawan. Ada banyak cara untuk menghalau serangan lawan. Berikut beberapa strategi counter untuk mematahkan serangan lawan. B C D E Sumber : R. Kotot Slamet Hariyadi. 2003 Gambar 4.17 Umpan balik internal, umpan balik eksternal, umpan balik permukaan dan umpan balik pribadi

Baca Juga  Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng

Olahraga Aktif – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 87 Amati dan latih berbagai jenis respons seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4.18. Diskusikan cara membuat counter. Anda dapat menggunakan buku bacaan dan internet untuk mendukung diskusi Anda. Catat hasil diskusi, dan jelaskan dengan sopan kepada guru. Uraian di atas merupakan pembahasan tentang gerak dasar escape dan tangkisan dalam pencak silat. Tingkatkan keterampilan seni bela diri Anda dengan berlatih bersama teman-teman Anda. Anda dapat menguasai keterampilan gerakan dasar ini dengan latihan dan latihan yang teratur. Untuk meningkatkan keterampilan Anda, lakukan hal berikut. Ayo, berlatih menghindar dan bermain! Menghindar dan melawan gerakan pencak silat bersama teman-teman Anda. Ikuti langkah ini. 1. Bentuklah kelompok sesuai petunjuk guru. Setiap kelompok terdiri dari 6-8 orang. Stand oleh masing-masing tim. 2. Setiap kelompok melakukan gerakan dasar ke depan dan ke samping. 3. Kelompok juga melakukan reaksi internal, eksternal, atas dan bawah. Lakukan langkah ini dengan cara yang sopan dan bertanggung jawab. Dalam kegiatan ini, guru dapat menilai sikap dan keterampilan. Ingat, utamakan keselamatan dan keamanan saat melakukan simulasi ini. Mempelajari variasi gerak dasar non lokomotor dalam pencak silat. Belajar menjadi lebih banyak akal, mandiri, etis dan jujur. Nilai kebaikan ini perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

88 Buku Siswa Kelas IV SD/MI 1. Pencak Silat adalah seni bela diri tradisional Indonesia. Sebagai tradisi awal, Pencak Silat mewujudkan nilai-nilai luhur bangsa. Dalam pencak silat terdapat gerak dasar lokomotor dan non lokomotor. 2. Manuver dalam pencak silat ditujukan untuk melakukan gerakan bertahan atau menyerang. Dalam pencak silat, arahnya disebut delapan penjuru mata angin. Arah gerakan dalam pencak silat dilakukan dengan cara mengangkat, menggeser, memutar dan melompat. 3. Pola gerak pencak silat meliputi: • pola langkah lurus, • pola langkah segi empat, • pola langkah U, • pola langkah zigzag, • pola langkah S, • pola langkah segitiga, dan • pola langkah menyilang persegi. 4. Gerak dasar non lokomotor dalam pencak silat meliputi gerak berdiri, berdiri, gerak dasar menyerang dan gerak dasar bertahan. 5. Posisi berdiri menunjukkan kaki dalam posisi non lokomotor. Perilaku kuda meliputi:

Langkah menggunakan skin care, langkah langkah menggunakan excel, langkah langkah menggunakan spss, langkah langkah menggunakan corel draw, langkah langkah menggunakan blender, langkah menggunakan masker wajah, langkah langkah menggunakan tespek, langkah menggunakan skincare wardah, langkah menggunakan ms glow, langkah langkah menggunakan sunscreen, langkah langkah menggunakan skincare, langkah menggunakan make up