Lembah Sungai Terbesar Di Benua Afrika Adalah – Sungai El Nil Ini adalah sungai internasional, panjangnya lebih dari 6.000 kilometer, yang melewati sepuluh negara di benua Afrika. Meskipun dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia, kini menempati peringkat kedua, melampaui Amazon setelah ditentukan asalnya. Itu dulunya merupakan sumber kehidupan yang penting bagi penduduk lembah, menyediakan kelimpahan yang kaya dan melayani perkembangan peradaban Mesir kuno. Ini juga mempengaruhi ekonomi, budaya, pariwisata, dan kehidupan sehari-hari di benua Afrika.

Sungai Nil adalah sungai terpanjang kedua di dunia, dengan total panjang 6.853 kilometer. Rute Utara-Selatan melintasi 10 negara Afrika. Ini memiliki daerah tangkapan air sekitar 3,4 juta kilometer persegi, mencakup sedikit lebih dari 10% luas daratan Afrika. Lebar maksimumnya adalah 2,8 km. Karena sebagian besar daerah yang dilalui Sungai Nil kering, curah hujan sangat sedikit. Sungai ini telah menjadi sungai yang aneh. Artinya, aliran air dari air yang iklimnya mendukung hujan.

Lembah Sungai Terbesar Di Benua Afrika Adalah

Sistem sungainya terdiri dari dua sungai, Nil Putih mewakili 80% dan Nil Biru mewakili 20% musim hujan. Lembah Nil adalah salah satu lembah sungai terkaya di dunia, dan penduduk setempat mampu bercocok tanam.

Lima Sungai Lagi Yang Paling Berbahaya Di Dunia: Mekong Hingga Zambezi

Banyak suku yang tinggal di sepanjang pantai sepanjang sejarah, seperti Siruk, Nuer, dan Sufi. Karena keyakinan mereka yang berbeda (Muslim, Kristen Ortodoks, Yudaisme, tradisi Koptik, dan agama lain), mereka telah hidup melalui masa damai dan perang.

Sungai Nil berkelok-kelok, menyempit di beberapa area dan melebar di area lainnya. Anda mungkin menjumpai air terjun di sepanjang jalan, meski mungkin bisa dilewati di beberapa tempat, namun sulit dinavigasi karena kelelahan di tempat lain.

Selain warna lumpur yang terlihat di sepanjang Sungai Nil, Sungai Nil pada umumnya berwarna biru, kontras dengan warna kuning gurun dan hijaunya pohon palem. Sungai tersebut membentuk pulau-pulau kecil yang beberapa di antaranya menjadi tempat wisata.

Ancaman utama sungai terpanjang kedua di dunia ini adalah pencemaran yang dialaminya, meskipun ada upaya untuk mengeluarkan peraturan untuk membatasi pembuangan limbah ke sungai, industri dan hotel terus menderita akibat pengabaian ini.

Baca Juga  Arah Yang Memengaruhi Pola Lantai Adalah

Sungai Terpanjang Di Dunia, Hingga 6650 Km !

Demikian pula, peningkatan penguapan dari Sungai Nil mempercepat proses pencemaran ini, tidak hanya membahayakan orang-orang yang bergantung pada air untuk bertahan hidup, tetapi juga merusak keanekaragaman hayati yang hidup di Sungai Nil dan sekitarnya.

Kelahirannya selalu menjadi topik kontroversial, meskipun beberapa peneliti, seperti Burkhart Waldecker Jerman, mengklaim bahwa Sungai Nil lahir di Sungai Kagera, yang lain percaya bahwa itu berasal dari Danau Victoria. Pada abad ke-XNUMX Masehi itu diyakini berasal dari Gletser Rovenzori.

Tidak ada konsensus mengenai sumber Sungai Nil, karena meskipun Danau Victoria berukuran besar, namun dialiri oleh sungai lain seperti Sungai Kagera di Tanzania barat. Pada gilirannya, itu juga dipasok oleh sumbernya, Sungai Rukarara (Rukarara), yang berganti nama saat mengalir ke Kagera.

Sumber jauh Nil lainnya adalah Sungai Luvyironza, yang mengalir ke Sungai Ruvubu dan bergabung dengan Sungai Kagera, yang kemudian mengalir ke Danau Victoria. Ini adalah mata air tertua yang diketahui dan tetap menjadi salah satu mata air terbesar di selatan Sungai Nil. Nil Putih, juga dikenal sebagai Nil Atas atau Nil Atas, bergabung dengan Nil Biru di Khartoum atau ibu kota Sudan, Khartoum. Pada titik ini, Sungai Nil Tengah atau Middle Nile dimulai, dengan rute dari Khartoum ke Aswan dengan total panjang sekitar 1.800 kilometer.

Karakteristik Benua Afrika Yang Wajib Kamu Ketahui!

Akhirnya, Sungai Nil mengalir ke Mediterania melalui anak sungainya, membentuk Delta Mekong, salah satu Delta Mekong terbesar di dunia. Daerah yang luas dan subur di Mesir utara, dahulu dikenal sebagai Mesir Hilir, memiliki kepadatan penduduk yang tinggi dan cocok untuk pengembangan pertanian. Anda dapat melihat peta muara sungai Nil di bawah ini.

Sungai Nil sering dikaitkan dengan Mesir dan kota-kota, tetapi mengalir melalui 10 negara Afrika: Burundi, Tanzania, Rwanda, Uganda, Kenya, Sudan Selatan, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, dan Mesir sendiri.

Meskipun iklim Sungai Nil hanya beberapa meter dari padang pasir, airnya yang melimpah memungkinkan tumbuh-tumbuhan di sekitarnya, digunakan tidak hanya untuk keperluan pertanian, tetapi juga indeks terbesarnya adalah pohon papirus, dan itulah sebabnya. Itu digunakan sebelum penemuan kertas.

Selain itu, kawasan ini dikenal banyak jenis rerumputan dan tumbuhan bertangkai panjang seperti alang-alang dan bambu. Jenis pohon yang dijumpai di jalan antara lain duri hasab, eboni dan engakasia yang tingginya bisa mencapai 14 meter.

Gurun Pasir Terluas Di Dunia, Ada Yang Wilayahnya Mencakup Sepertiga Benua Afrika!

Sungai Mekong kaya akan keanekaragaman hayati dan beradaptasi dengan suhu tinggi. Mamalia termasuk kuda nil, gajah, jerapah, okapi, kerbau dan macan tutul.

Baca Juga  Syarat Sah Shalat Qasar Adalah

Spesies seperti kormoran abu-abu, kormoran kerdil, kormoran besar, dan ibis sendok biasa dapat ditemukan di kandang burung. Di antara reptil, elang Nil, buaya terbesar kedua di dunia, dan kura-kura pohon. Sungai Nil adalah rumah bagi sekitar 129 spesies ikan, 26 di antaranya asli gurun pasir, artinya ikan jenis ini dari segi populasi, Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Luasnya mencapai 30.224.050 kilometer persegi atau sekitar 20% dari total luas bumi.

Dari segi fisik, benua Afrika memiliki karakteristik wilayah yang berbeda dengan benua lainnya. Sebagian besar benua Afrika umumnya didominasi oleh dataran tinggi dan gurun yang luas. Sebagian kecil wilayah lainnya terdapat di lembah Sungai Nil dan Zaire yang berada di dataran subur.

Kondisi alam benua Afrika secara keseluruhan berbeda dengan kondisi alam benua lain. Kondisi alam di Afrika sangat mendukung penyebaran dan perkembangan berbagai jenis binatang atau hewan di benua Afrika. Banyak hewan khas benua Afrika antara lain gajah, jerapah, gajah, badak, kuda nil dan lain-lain. Dari segi fisik, ukuran tubuh hewan di Afrika juga cenderung lebih besar dibandingkan hewan serupa di Asia, Eropa, dan benua lainnya.

Sungai Terpanjang Di Dunia Beserta Letak, Penjelasan, Gambar

Dengan jumlah penduduk sekitar 944 juta jiwa, benua Afrika merupakan salah satu benua yang dijuluki Benua Hitam. Hal ini dikarenakan pada abad ke-19 orang Eropa pertama yang mengunjungi benua Afrika dan menemukan penduduk asli Afrika didominasi oleh orang kulit hitam (ras Negroid).

Secara ekonomi, benua Afrika merupakan salah satu benua dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah dibandingkan dengan benua lain seperti Asia, Eropa dan Amerika. Hal ini disebabkan oleh iklim dan sifat gersang di wilayah Afrika, yang membuat orang Afrika sulit memperoleh tanah untuk pekerjaan pertanian dan beternak. Tak heran jika masih banyak negara di Afrika yang masih dilanda kemiskinan.

Meski terlihat kering, benua Afrika memiliki sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6.650 kilometer dan melewati 11 negara: Mesir, Tanzania, Rwanda, Uganda, Burundi, Kongo, Ethiopia, Kenya, Eritrea, Sudan Selatan, dan Sudan. Sumber aliran sungai Nil sendiri berasal dari Danau Victoria, dan merupakan sumber air terpenting bagi Mesir dan Sudan.

Berikut ini beberapa ciri khas benua Afrika yang wajib Anda ketahui. Bagi yang ingin mengikuti Olimpiade Sains Nasional atau kompetisi online, Anda juga dapat menjadi anggota dan mengikuti berbagai lomba dan kompetisi Olimpiade Sains yang diselenggarakan oleh .

Karakteristik Benua Afrika Sebagai Benua Terbesar Kedua Di Dunia

Merupakan salah satu lembaga khusus untuk memajukan OSN dan AKM yang memberikan daya saing dan pengalaman yang tinggi bagi mahasiswa peserta seleksi olimpiade. yang dapat dikembangkan secara maksimal. Tentunya dari data tersebut muncul daftar wilayah terluas di dunia, negara terbesar di dunia, air terjun tertinggi, samudra terluas, danau terbesar dan sungai terpanjang di dunia tidak terkecuali.

Baca Juga  Kalimah Panyaram

Dalam pengumuman sungai terpanjang di dunia, kesatuannya terletak pada sebutan yang berasal dari daerah hulu atau sumber sungai tersebut. Seringkali sumber-sumber ini terletak di tempat-tempat terpencil dan tidak dapat diakses, yang membuat penemuan semacam itu menjadi tugas yang sulit. Periksa di bawah untuk menemukan rangkaian sungai terpanjang di dunia:

Dengan menghitung volume aliran air, tidak diragukan lagi bahwa Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di dunia. Namun, posisi Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang di dunia sedang hangat diperdebatkan karena sebutan yang sudah lama diberikan kepada Sungai Nil di Mesir. Kontroversi muncul untuk menentukan asal usul Amazon.

Kemudian anak sungai lainnya bergabung dengan sungai yang lebih rendah untuk membentuk Sungai Ucayali yang akhirnya bertemu dengan Sungai Marañón untuk membentuk batang Sungai Amazon. . Diperkirakan panjang Amazon adalah 4.325 mil atau 6.853 kilometer, menjadikannya sungai terpanjang di dunia.

Fakta Sungai Nil Yang Harus Kamu Ketahui

Meski sebagian besar dari kita mengenal Sungai Nil sebagai sungai di Mesir, sebenarnya Sungai Nil adalah sungai internasional milik 11 negara Afrika. Namun, itu adalah sumber air utama di dua negara: Mesir dan Sudan. Sungai Biru dan Sungai Putih adalah dua anak sungai Nil.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, panjang Sungai Nil adalah 4.258 mil atau 6.853 kilometer. Menurut informasi ini, Sungai Nil ditetapkan sebagai sungai terpanjang kedua di dunia dan sungai terpanjang di Afrika. Banyak titik di Sungai Nil yang masih banyak digunakan sebagai tempat rekreasi.

Sungai Yangtse adalah sungai terpanjang ketiga di dunia dan sungai terpanjang, keluar di satu negara. Itu juga merupakan sungai terpanjang di Asia. Cekungan Sungai Yangtse adalah rumah bagi 1/3 populasi China, yang merupakan negara terpadat di dunia.

Secara tradisional, pemerintah Republik Rakyat Tiongkok telah mengakui anak sungai Tuotuo yang terletak di Pegunungan Tanggula sebagai sumber sungai. Dengan ketinggian 17.526 kaki di atas permukaan laut, ini tentu saja merupakan sumber tertinggi Sungai Yangtze. Namun menurut informasi, sumber Sungai Yangtse berada di Bukit Jari

Buntut Krisis Iklim, Kehidupan Di Sepanjang Sungai Nil Berada Di Titik Nadir

Sungai di benua afrika, gurun terbesar di benua afrika, negara terbesar di benua afrika, gurun terbesar di benua afrika adalah, agama di benua afrika, iklim di benua afrika, negara di benua afrika, danau terbesar di benua afrika, pegunungan di benua afrika, sungai terpanjang di benua afrika, sungai terbesar di afrika, sungai terpanjang kedua di benua afrika